RPP PAI SMK KLS XII - BAB 05 - TH.2016-2017 - SALING NASIHATI



Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI








 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian          :
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas                            : XII
Pertemuan Ke               : 1-4
Semester                      : 5
Alokasi Waktu               :  3x45 menit     : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti                         :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar                     :
3.2       Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-
Baqarah:83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur 
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
4.2.1    Membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah:83 
4.2.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan  Q.S. Al Baqarah: 83
4.2.3    Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur
             kepada Allah dengan berbuat baik terhadap  sesama manusia sesuai
             pesan Q.S. Luqman/31: 13-14  dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.


I.    INDIKATOR
Menganalisis Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits tentang saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
Mengidentifikasi permasalahan yang ada pada QS. Luqman : 13-14 dan Hadits Nabi Muhammad SAW ditinjau  dari segi tazwid
Mengidentifikasi  pesan-pesan yang terdapat pada gambar  di atas kaitannya dengan saling menasihati

II.  MATERI POKOK
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah:83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur 
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.

Keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur   kepada Allah dengan berbuat baik terhadap  sesama manusia sesuai  Pesan Q.S. Luqman/31: 13-14  dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.

III. PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan  : Scientific ( 5 M )
Model          : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi



IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN


Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, dan mengabsen
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.        Mengamati gambar di bawah ini, terdapat pada Buku PAI Kelas XII halaman 78
2.        Mengidentifikasi  pesan-pesan yang terdapat pada gambar  di atas kaitannya dengan saling menasihati
3.        Mencari data pendukung terkait dengan pesan-pesan yang teridentifikasi mislnya : dari Alqur’an, Hadits Nabi Saw, Buku Agama, Internet, dll.
4.        Membuat Peta Konsep  kemudian mempresentasikan di depan kelas

105

C. Kegiatan Akhir
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.   Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman

15’

KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati TULISAN QS. Luqman : 13-14 pada BUKU PAI Kels XII halaman 81.
2.    Mengidentifikasi permasalahan yang ada pada QS. Luqman : 13-14 dan Hadits Nabi Muhammad SAW ditinjau  dari segi tazwid.
3.    Memverifikasi permasalahan dengan bantuan data-data dan memberikan solusi terkait permasalahan yang ditemukan, KEMUDIAN mempresentasikan di depan kelas

105

C. Kegiatan Akhir
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.   Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman

15’






V.  SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar

VI. PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI


...................................................................................................................


LKS BAB V
PERTEMUAN KE-1
SALING MENASIHATI
(ANALISIS DAN EVALUASI QS. LUQMAN : 13-14)

Mengamati gambar di bawah ini, terdapat pada Buku PAI Kelas XII halaman 78
    

Mengidentifikasi  pesan-pesan yang terdapat pada gambar  di atas kaitannya dengan saling menasihati
1.      GAMBAR
PESAN PADA GAMBAR







1.      GAMBAR
PESAN PADA GAMBAR



Mencari data pendukung terkait dengan pesan-pesan yang teridentifikasi mislnya : dari Alqur’an, Hadits Nabi Saw, Buku Agama, Internet, dll.
Membuat Peta Konsep  kemudian mempresentasikan di depan kelas


LKS BAB V
PERTEMUAN KE-2
SALING MENASIHATI
(ANALISIS DAN EVALUASI QS. LUQMAN : 13-14)

Mengamati TULISAN QS. Luqman : 13-14 pada BUKU PAI Kels XII halaman 81.
Hadits Nabi Muhammad Saw : Buku PAI Kelas XII Halaman 85.
QS. Al Baqoroh : 83  ( Buku PAI Kelas XII Halaman 102 )
Mengidentifikasi permasalahan yang ada pada QS. Luqman : 13-14 dan Hadits Nabi Muhammad SAW ditinjau  dari segi tazwid.
NO.
PROBLEM
PADA KATA/KALIMAT
SOLUSI AWAL
1.
Huruf WAWU ada sukun


Huruf wawu tidak pakai tanda sukun
2.



Memverifikasi permasalahan dengan bantuan data-data dan memberikan solusi terkait permasalahan yang ditemukan, KEMUDIAN mempresentasikan di depan kelas

No comments:

Post a Comment