KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMK
UNTUK KI-3 DAN KI-4
KELAS X
KI-KD KURIKULUM 2013 - PAI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNTUK SMK
3.1 Menganalisis Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri |
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah). |
3.2 Menganalisis Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24 : 2, serta hadis tentang |
larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina. |
3.3 Menganalisis makna Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al- |
Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir. |
3.4 Menganalisismakna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT. |
3.5 Menganalisisketentuan berpakaian sesuai syariat Islam. |
3.6 Menganalisismanfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. |
3.7 Menganalisis semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya |
kepada sesama. |
3.8 Menganalisis kedudukan al-Qur’an, hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum |
Islam. |
3.9 Menganalisishikmah ibadah haji, zakat, dan wakaf bagi individu dan |
masyarakat. |
3.10 Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad |
saw. di Makkah. |
3.11 Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilandakwah Nabi Muhammad saw. |
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan |
makharijul huruf. |
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12dengan fasih dan |
lancar. |
4.1.3 Menyajikan hubunganantara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah |
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai |
dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait. |
4.2.1 Membaca Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24:2 sesuai dengan kaidah |
tajwid dan makharijul huruf. |
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24:2 dengan |
fasihdan lancar. |
4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara larangan berzina dengan berbagai kekejian |
(fahisyah) yang ditimbulkannya dan perangai yang buruk (saa-a sabila) sesuai |
pesanQ.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24:2 |
4.3 Menyajikan hubunganmakna-makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al- |
Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhirdenganperilaku keluhuran budi, |
kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil. |
4.4 Menyajikan hubungan antara beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. |
dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada. |
4.5 Menyajikan keutamaan tatacara berpakaian sesuai syariat Islam. |
4.6 Menyajikankaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari |
dengan keimanan |
4.7 Menyajikan kaitan antarakewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela |
agama sesuai perintah Q.S. At-Taubah/9: 122 dan hadis terkait. |
4.8 Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam. |
4.9 Menyimulasikan ibadahhaji, zakat, dan wakaf. |
4.10 Menyajikan keterkaitan antarasubstansi dan strategi dengan keberhasilan |
dakwah Nabi Muhammad saw.di Makkah. |
4.11 Menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan |
dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah. |
KELAS XI
3.1 Menganalisismakna Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At- |
Taubah/9 : 105, serta hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, |
dan etos kerja. |
3.2 MenganalisismaknaQ.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah/5 : 32, serta hadis |
tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan. |
3.3 Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt |
3.4 Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt. |
3.5 Menganalisis makna syaja’ah(berani membela kebenaran)dalam mewujudkan |
kejujuran. |
3.6 Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru. |
3.7 Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah. |
3.8 Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah. |
3.9 Menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam. |
3.10 Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. |
3.11 Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa modern (1800-sekarang). |
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9: |
105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf. |
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. |
At-Taubah/9: 105 dengan fasih dan lancar. |
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan dengan |
kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. Al-Maidah/5 : |
48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9: 105. |
4.2.1 Membaca Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. Al-Maidah/5: 32sesuai dengan |
kaidah tajwid dan makharijul huruf. |
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. Al-Maidah/5: 32 |
dengan fasih danlancar. |
4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara kerukunan dan toleransi sesuai pesan Q.S. |
Yunus/10: 40-41 dengan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. al- |
Maidah/5: 32. |
4.3 Menyajikan keterkaitan antaraberiman kepada kitab-kitab suci Allah |
Swt,dengan perilaku sehari-hari. |
4.4 Menyajikan kaitan antaraiman kepada rasul-rasul Allah Swt dengan keteguhan |
dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah. |
4.5 Menyajikan kaitan antara syaja’ah(berani membela kebenaran)dengan |
upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. |
4.6 Menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dengan hormat dan |
patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan Q.S. Al-Isra’/17: 23 dan hadis |
terkait. |
4.7 Menyajikanprosedur penyelenggaraan jenazah. |
4.8 Menyajikanketentuan khutbah, tablig, dan dakwah. |
4.9 Mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam. |
4.10 Menyajikan kaitan antara perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan |
dengan prinsip-prinsip yang mempengaruhinya. |
4.11.1 Menyajikan prinsip-prinsip perkembangan peradaban Islam pada masa modern |
(1800-sekarang) |
4.11.2 Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan |
3.1 Menganalisisdan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali |
Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis. |
3.2 Menganalisisdan mengevaluasi maknaQ.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al- |
Baqarah/2: 83, serta hadis tentang kewajibanberibadah dan bersyukur kepada |
Allah sertaberbuat baik kepada sesama manusia. |
3.3 Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir. |
3.4 Menganalisis dan mengevaluasimakna iman kepada qada dan qadar. |
3.5 Menganalisis dan mengevaluasiperilaku bekerja kerasdan tanggung jawab dalam |
kehidupan sehari-hariyang berkembang di masyarakat |
3.6 Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam. |
3.7 Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam. |
3.8 Menganalisis dan mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di |
Indonesia. |
3.9 Menganalisisdan mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia. |
3.10 Menganalisisdan mengevaluasi faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia. |
3.11 Menganalisis dan mengevaluasifaktor-faktor kemunduran peradaban Islam di |
4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159; sesuai dengan |
kaidah tajwid dan makharijulhuruf. |
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: |
159 dengan lancar. |
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil |
albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191. |
4.1.4 Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak memaksakan |
kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159. |
4.2.1 Membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 sesuai dengan |
kaidah tajwid dan makharijulhuruf. |
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 |
dengan lancar. |
4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur kepada |
Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. |
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83. |
4.3 Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, |
tanggung jawab, dan berbuat adil. |
4.4 Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. dengan |
sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal. |
4.5 Mengaitkan perilaku bekerja keras, jujur, tanggung jawab, adil, dan toleransi |
Sumber : https://www.dropbox.com/sh/ib2udnegphs9su7/AAASp9dEWWqRDofbOzuV3e1Ea?dl=0
Saya sangat menyukai ini ...
ReplyDelete