KI-KD PAI - TERBARU

TERBARU
KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMK
UNTUK KI-3 DAN KI-4





KELAS X
KI-KD KURIKULUM 2013 - PAI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNTUK SMK
3.1    Menganalisis Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri
         (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
3.2    Menganalisis Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24 : 2, serta hadis tentang
         larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.3    Menganalisis makna Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-
         Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
3.4    Menganalisismakna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
3.5    Menganalisisketentuan berpakaian sesuai syariat Islam.
3.6    Menganalisismanfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
3.7    Menganalisis semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya
         kepada sesama.
3.8    Menganalisis kedudukan al-Qur’an, hadis, dan  ijtihad sebagai sumber hukum
         Islam.
3.9    Menganalisishikmah ibadah haji, zakat, dan wakaf bagi individu dan
         masyarakat.
3.10  Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad
         saw. di Makkah.
3.11 Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilandakwah Nabi Muhammad saw.

4.1.1 Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan
         makharijul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12dengan fasih dan
         lancar.
4.1.3 Menyajikan hubunganantara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah
         an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai
         dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta hadis terkait.
4.2.1 Membaca Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24:2 sesuai dengan kaidah
         tajwid dan makharijul huruf.
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24:2 dengan
         fasihdan lancar.
4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara larangan berzina dengan berbagai kekejian
         (fahisyah) yang ditimbulkannya dan perangai yang buruk (saa-a sabila) sesuai
         pesanQ.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24:2
4.3    Menyajikan hubunganmakna-makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-
         Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhirdenganperilaku keluhuran budi,
          kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil.
4.4    Menyajikan hubungan antara beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
        dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada.
4.5    Menyajikan keutamaan tatacara berpakaian sesuai syariat Islam.
4.6    Menyajikankaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
         dengan keimanan
4.7    Menyajikan kaitan antarakewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela
         agama sesuai perintah Q.S. At-Taubah/9: 122 dan hadis terkait.
4.8    Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam.
4.9    Menyimulasikan ibadahhaji, zakat, dan wakaf.
4.10  Menyajikan keterkaitan antarasubstansi dan strategi dengan keberhasilan
         dakwah Nabi Muhammad saw.di Makkah.
4.11  Menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan
         dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah.

KELAS XI
3.1    Menganalisismakna Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-
         Taubah/9 : 105, serta hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan,
         dan etos kerja.
3.2    MenganalisismaknaQ.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah/5 : 32, serta hadis
         tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
3.3    Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt
3.4    Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
3.5    Menganalisis makna syaja’ah(berani membela kebenaran)dalam mewujudkan
         kejujuran.
3.6    Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
3.7    Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
3.8    Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah.
3.9    Menelaah  prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
3.10  Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
3.11  Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa modern (1800-sekarang).
4.1.1 Membaca  Q.S.  Al-Maidah/5  :  48;  Q.S.  An-Nisa/4:  59,  dan  Q.S.  At-Taubah/9:
         105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S.
         At-Taubah/9: 105 dengan fasih dan lancar.
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan dengan
         kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. Al-Maidah/5 :
         48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9: 105.
4.2.1 Membaca   Q.S.   Yunus/10:   40-41   dan   Q.S.   Al-Maidah/5:   32sesuai   dengan
         kaidah tajwid dan makharijul huruf.
4.2.2  Mendemonstrasikan  hafalan  Q.S.  Yunus/10:  40-41  dan  Q.S.  Al-Maidah/5:  32
          dengan fasih danlancar.
4.2.3  Menyajikan keterkaitan antara kerukunan dan toleransi sesuai pesan Q.S.
          Yunus/10: 40-41 dengan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. al-
          Maidah/5: 32.
4.3     Menyajikan keterkaitan antaraberiman kepada kitab-kitab suci Allah
          Swt,dengan perilaku sehari-hari.
4.4     Menyajikan kaitan antaraiman kepada rasul-rasul Allah Swt dengan keteguhan
          dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah.
4.5     Menyajikan kaitan antara syaja’ah(berani membela kebenaran)dengan
          upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
4.6     Menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dengan hormat dan
          patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan Q.S. Al-Isra’/17: 23 dan hadis
          terkait.
4.7     Menyajikanprosedur penyelenggaraan jenazah.
4.8     Menyajikanketentuan khutbah, tablig, dan dakwah.
4.9     Mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
4.10   Menyajikan kaitan antara perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
          dengan prinsip-prinsip yang mempengaruhinya.
4.11.1 Menyajikan prinsip-prinsip perkembangan peradaban Islam pada masa modern
          (1800-sekarang)
4.11.2 Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan

KELAS XII
3.1    Menganalisisdan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali
         Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
3.2    Menganalisisdan mengevaluasi maknaQ.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-
         Baqarah/2: 83, serta hadis tentang kewajibanberibadah dan bersyukur kepada
         Allah sertaberbuat baik kepada sesama manusia.
3.3    Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir.
3.4    Menganalisis dan mengevaluasimakna iman kepada qada dan qadar.
3.5    Menganalisis dan mengevaluasiperilaku bekerja kerasdan tanggung jawab dalam
         kehidupan sehari-hariyang berkembang di masyarakat
3.6    Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam.
3.7    Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam.
3.8    Menganalisis dan mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di
         Indonesia.
3.9    Menganalisisdan mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
3.10  Menganalisisdan mengevaluasi faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
3.11  Menganalisis dan mengevaluasifaktor-faktor kemunduran peradaban Islam di

4.1.1  Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159; sesuai dengan
          kaidah tajwid dan makharijulhuruf.
4.1.2  Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3:
          159 dengan lancar.
4.1.3  Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil
          albab) sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191.
4.1.4  Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak memaksakan
          kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159.
4.2.1  Membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 sesuai dengan
          kaidah tajwid dan makharijulhuruf.
4.2.2  Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83
          dengan lancar.
4.2.3  Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur kepada
          Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S.
          Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.
4.3     Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur,
          tanggung jawab, dan berbuat adil.
4.4     Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. dengan
          sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
4.5     Mengaitkan perilaku bekerja keras, jujur, tanggung jawab, adil, dan toleransi

Sumber : https://www.dropbox.com/sh/ib2udnegphs9su7/AAASp9dEWWqRDofbOzuV3e1Ea?dl=0


1 comment: