QS. ALI IMRAN 190-191 :
Tertulis di Buku PAI SMK Kelas XII halaman 41
1. Perhatikan dan amatilah cuplikan Ayat Al Qur'an di atas yang terdapat pada buku PAI SMK Kelas XII halaman 41!
2. Melalui pengamatan anda, temukanlah PROBLEM apa saja yang ada, jika ditinjau dari segi kaidah ILMU TAZWID !
3. Kumpulkan data-data berkaitan dengan problem tersebut : ( dari Al-Qur'an dan buku ilmu tazwid )
atau dari sumber lain : (hasil diskusi dg teman, dan pendapat guru)
4. Lakukan pembuktian (verifikasi) (evaluasi)
5. Simpulkanlah hasil verifikasi tersebut
6. Uraikan solusi apa saja yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut.
6. Buatkan peta pemikirannya (peta konsep)
7. Presentasikan
Usaha Online |
NAMA KELOMPOK;
ReplyDelete1.ADIN
2.ARIS
3.FAHRI
4.RIZAL
5.YASKUR
6.YUDI
7.ANGGA
KELAS; XII TKJ 2
1. Temuan problem
Problem pertama pada huruf ل dan ف di sambung&tertulis pendek pada kalimat وَا’ختِلَفِ
Problem kedua pada huruf ذ tidak ada tanfda baca pada kalimat يَذ’كُرُونَ
Problem ketiga pada huruf ب di sambung&tertulis pendek pada kalimat ا’لاَلبَبِ
Problem ke empat pada huruf و tidak ada tasdid pada kalimat قِيَماً وَ قُعُو’
2. pengumpulan data surat Al-imran ayat ( 190-191)
• Data surat Al-imran ayat
Inna fi khalqis samawati wal-ardli wakhtilafil laili wannahari la-ayatil li-ulil –albab(90)alladzina yadzkurunal laha qiyamau waqu’udau wa’ala junubihim wayatafakkaruna fi khalqis samawati wal-ardli rabbana ma khalaqta hadza bathilan subhanaka faqina ’adzaban nar(91).
Sumber: http:protonica tv.blogspot.co.id
• Data kedua dari buku halaman 77
1. Mad adalah memanjangkan lama suara ketika mengucapkan huruf mad .
Huruf mad ada 3 yaitu:
و (wawu sukun) yang huruf seelumnya berharakat dhomah
ي (ya’sukun) yang huruf sebelumnya berharokat kasroh
ا (alif )yang huruf sebelumnya berharakat fat-ah
Contoh:
نُو حِبِهَا
Catatan:
Huruf hamzah yang bertanwin fat-hah terkadang di sudahi dengan alif,atau di dahului alif, cara membaca tetap sama 2haraakat.dan pengecualian berhenti pada Ta’marbuthah yang bertanwin fat-hah cara membacanya Ta’harus mati dan berubah menjadi Ha’
Contoh:
عَلِيمًا حَكِيْمَا
2. Mad Badal, yaitu apabia terdapat hamzah bertemu dengan mad. Panjangnya 2 harakaat
Contoh:
اُو’نِيَ
3. Idghom
Jika ن /tanwin bertemu huruf berikut: ي ن م و ل ر makaن / tanwin di baca di masukan ke huruf berikutnya
Conto:
من مسد
idghom bigunnah= di sertai dengung ى ن م و
-idghom bilagunah= tidak di sertai dengung ل ر-
4. Mad Thabi’i,yaitu mad yang tidak terpengaruh oleh sebab hamzah atau sukun, tetapi di dalamnya ada salah satu huruf mad yang tiga; ا ى و contoh;
فِي’جِىدِ-اِ ىّا كَ
3.perifikasi data
Menurut pendapat saya kalimat يَذ’كُرُونَ terdapat perbedaan penulisan antara buku dan quran.
PAK ETA JAWABANNA LERES TE?
ReplyDelete