Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK
Pendekatan Pembelajaran Kurikulum 2013 (Kurikulum Nasional) menggunakan Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran : Discovery Learning (Inquiry Learning), Problem Base Learning dan Project Base Learning.
Pendekatan Pembelajaran Kurikulum 2013 (Kurikulum Nasional) menggunakan Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran : Discovery Learning (Inquiry Learning), Problem Base Learning dan Project Base Learning.
Berikut saya sampaikan Contoh : Pendekatan Saintifik 5 M
MENGAMATI (OBSERVING)
-
Guru tidak cukup berbekal buku teks ke
dalam kelas.
-
Guru menyiapkan media pembelajaran yang akan diamati peserta didik.
-
Guru tidak memulai dengan memberi tahu peserta didik, tapi
mengajak peserta didik mencari tahu.
Aktivitas Belajar
- Peserta didik
Mengamati : Melihat,
membaca, mencermati, menyimak, memperhatika (tayangan
video, gambar, benda, diri, alam, selebaran, artikel, Koran, majalah, dll)
MENANYA (QUESTIONING)
-
Peserta didik bertanya dari hasil pengamatannya dan Guru menahan diri
untuk tidak bertanya.
-
Membuat peserta didik suka bertanya,
bukan guru yang sering bertanya
-
Jika hasil pengamatan berupa pertanyaan apa atau masalah maka dikembangkan problem
based learning.
-
Jika hasil pengamatan berupa pertanyaan mengapa
maka dikembangkan discovery learning/inquiry learning.
-
Jika hasil pengamatan berupa pertanyaan bagaimana maka
dikembangkan Project
learning.
-
Pertanyaan harus mengandung
jawaban multidimensi dan memiliki variatif jawaban, tidak mengandung jawaban tunggal,
tidak tektual, harus menginspirasi jawaban, dan fokus pada satu masalah.
Aktivitas Belajar :
-
Peserta didik membuat pertanyaan, baik secara TERTULIS
maupun LISAN.
- Peserta didik Mengajukan
pertanyaan dari yang faktual sampai ke yang bersifat hipotesis
- Diawali
dengan bimbingan guru sampai dengan mandiri
- Guru mensortir atau memeriksa
kualitas pertanyaan, apakah memenuhi persyaratan atau tidak ?
MENGEKSPLORASI =
PENGUMPULAN DATA (EXSPERIMENTING)
Berpikir kritis, berdiskusi, mencoba
menggunakan pendekatan, peserta
didik belajar aktif baik secara individu, kelompok, maupun klasikal.
Aktivitas Belajar :
Aktivitas Belajar :
- Guru menjawab pertanyaan peserta didik tadi dan dijadikan oleh peserta
didik sebagai salah satu data.
- Peserta didik Menentukan data yang diperlukan dari
pertanyaan yang diajukan
- Peserta didik Menentukan sumber data ( Internet, benda, dokumen,
buku, ekperimen,
pendapat seseorang, dll)
- Peserta didik Mengumpulkan data dari berbagai sumber
MENGKOMUNIKASIKAN
(COMUNICATING)
Mempresentasikan, Mendialogkan, mengklarifikasikan, Membuat jejaring sosial.
Aktivitas Belajar :
- Peserta didik Menyampaikan hasil konseptualisasi dalam bentuk
lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar, dll.
CATATAN :
- Dalam Kurikulum 2013
Pembelajaran DI KELAS adalah untuk memperdalam
materi, bukan memperluas materi.
- Materi diperluas secara mandiri
dari berbagai sumber di luar kelas.
Assalaamu'alaikum Wr. Wb.
ReplyDelete