PENDEKATAN SAINTIFIK (5M)

Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK
Pendekatan Pembelajaran Kurikulum 2013 (Kurikulum Nasional) menggunakan Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran : Discovery Learning (Inquiry Learning), Problem Base Learning dan Project Base Learning.
Berikut saya sampaikan Contoh : Pendekatan Saintifik 5 M

     MENGAMATI (OBSERVING)
-          Guru tidak cukup berbekal buku teks ke dalam kelas.
-          Guru menyiapkan media pembelajaran yang akan diamati peserta didik.
-          Guru tidak memulai dengan memberi tahu peserta didik, tapi mengajak peserta didik mencari tahu.
            Aktivitas Belajar
            -      Peserta didik Mengamati : Melihat, membaca, mencermati, menyimak, memperhatika (tayangan video, gambar, benda, diri, alam, selebaran, artikel, Koran, majalah,  dll)
 MENANYA (QUESTIONING)
-          Peserta didik bertanya dari hasil pengamatannya dan Guru menahan diri untuk tidak bertanya.
-          Membuat peserta didik suka bertanya, bukan guru yang sering bertanya
-          Jika hasil pengamatan berupa pertanyaan apa atau masalah maka dikembangkan  problem based learning.
-          Jika hasil pengamatan berupa pertanyaan mengapa maka dikembangkan discovery learning/inquiry learning.
-          Jika hasil pengamatan berupa pertanyaan bagaimana maka dikembangkan  Project learning.
-          Pertanyaan harus mengandung jawaban multidimensi dan memiliki variatif jawaban, tidak mengandung jawaban tunggal, tidak tektual, harus menginspirasi jawaban, dan fokus pada satu masalah.
Aktivitas Belajar :
-          Peserta didik membuat pertanyaan, baik secara TERTULIS maupun LISAN.
                -       Peserta didik Mengajukan pertanyaan dari yang faktual sampai ke yang bersifat hipotesis
            -       Diawali dengan bimbingan guru sampai dengan mandiri
                -       Guru mensortir atau memeriksa kualitas pertanyaan, apakah memenuhi persyaratan atau tidak ?
MENGEKSPLORASI = PENGUMPULAN DATA  (EXSPERIMENTING)
           Berpikir kritis, berdiskusi, mencoba menggunakan pendekatan, peserta didik belajar aktif baik            secara individu, kelompok, maupun klasikal.
              Aktivitas Belajar :
             -  Guru menjawab pertanyaan peserta didik tadi dan dijadikan oleh peserta didik sebagai salah satu data.
          - Peserta didik Menentukan data yang diperlukan dari pertanyaan yang diajukan
          - Peserta didik Menentukan sumber data ( Internet, benda, dokumen, buku, ekperimen, pendapat                            seseorang, dll)
          - Peserta didik Mengumpulkan data dari berbagai sumber
MENGKOMUNIKASIKAN (COMUNICATING)
          Mempresentasikan, Mendialogkan, mengklarifikasikan, Membuat jejaring sosial.
             Aktivitas Belajar :
         - Peserta didik Menyampaikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan,                gambar, dll.

            CATATAN :
            - Dalam Kurikulum 2013 Pembelajaran DI KELAS adalah untuk memperdalam materi, bukan memperluas                        materi.
           - Materi diperluas secara mandiri dari berbagai sumber di luar kelas.



1 comment: