Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke :
1-4
Alokasi Waktu :
4 x 45 : 1
Minggu
---------------------------------------------------------------------
KOMPETENSI INTI :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR :
3.6 Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
4.6 Menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dg hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan Q.S. Al-Isra’ : 23 dan hadis
I.
INDIKATOR
1.
Menganalisis Perilaku Mulia berkaitan dengan berbakti kepada Orang Tua
2.
Mengaitkan antara tauhid dan Perilaku Mulia berkaitan dengan hormat dan patuh kepada guru.
II.
MATERI PEMBELAJARAN
Berbakti kepada Orang Tua
Berbakti kepada Guru
III.
PENDEKATAN, MODEL DAN
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem
Base Learning, Project Base Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan
pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Buku PAI
Kelas X SMK halaman 128-136 DAN memperhatikan Video berikut :
2.
Memberikan tanggapan terhadap Perilaku Mulia berkaitan
dengan berbakti kepada Orang Tua
3.
Mempresentasikan di depan kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama siswa membuat kesimpulan
pelajaran
b. Memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
b. Merencanakan rencana tindak lanjut
|
15’
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan pertanyaan
ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Buku PAI
Kelas X SMK halaman 127
2.
Memberikan tanggapan terhadap Perilaku Mulia berkaitan
dengan hormat dan patuh kepada guru.
3.
Mempresentasikan di depan kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama siswa membuat kesimpulan
pelajaran
b. Memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
b. Merencanakan rencana tindak lanjut
|
15’
|
V.
SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI.
PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017 NIP.197209102007011019
.......................................................................................
LKS BAB VIII
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS MAKNA HORMAT PADA ORANG TUA
1.
Mengamati Buku PAI
Kelas X SMK halaman 128-136 DAN memperhatikan Video berikut :
2.
Memberikan tanggapan terhadap Perilaku Mulia berkaitan
dengan berbakti kepada Orang Tua
No
|
PERILAKU
BAKTI KEPADA ORANG TUA
|
TANGGAPAN
SISWA
|
Jika Orang
Tua Masih Hidup
|
||
1.
|
Berbakti dengan melaksanakan nasihat & perintahnya
|
|
2.
|
Merawat
dengan ikhlas dan penuh kesabaran
|
|
3.
|
Merendahkan
hati, kasih dan sayang serta sopan
|
|
4.
|
Rela
berkorban untuk orang tua
|
|
5.
|
Meminta
kerelaan orang tua atas perbuatan
|
|
6.
|
Berbuat baik
pada orang tua wlaupun dia aniaya
|
|
No
|
PERILAKU
BAKTI KEPADA ORANG TUA
|
TANGGAPAN
SISWA
|
Jika Orang
Tua telah Meninggal Dunia
|
||
1.
|
Merawat
jenazahnya
|
|
2.
|
Melaksanakan
wasiatnya
|
|
3.
|
Menyambung
tali silaturahmi kepada kerabat orang tua dan temannya
|
|
4
|
Melanjutkan cita-cita
luhurnya
|
|
5.
|
Mendo’akan
dan meminta ampunan Allah SWT
|
3.
Mempresentasikan di depan kelas
LKS BAB VIII
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS MAKNA HORMAT PADA ORANG GURU
1.
Mengamati Buku PAI
Kelas X SMK halaman 127
2.
Memberikan tanggapan terhadap Perilaku Mulia berkaitan
dengan hormat dan patuh kepada guru.
NO.
|
PERILAKU
BAKTI KEPADA GURU
|
TANGGAPAN
|
1.
|
Menghormati, memuliakan
dan mengikuti nasihatnya
|
|
2.
|
Mengamalkan ilmunya dan membagikannya
|
|
3.
|
Tidak melawan, menipu dan
membuka rahasia guru
|
|
4.
|
Memuliakan keluarga dan
sahabatnya
|
|
5.
|
Mengikuti sifat yang baik
guru
|
|
6.
|
Mengagungkan guru dan
meyakini keluruhan ilmunya
|
|
NO.
|
PERILAKU
BAKTI KEPADA GURU
|
TANGGAPAN
|
7.
|
Selalu mengenangnya
meskipun sudah wafat
|
|
8.
|
Bersikap sabar terhadap
perlakuan guru yang kasar
|
|
9.
|
Berterimakasih terhadap
ilmu dan bimbingan guru
|
|
10.
|
Sopan ketika berhadapan
dengan guru
|
|
11.
|
Tak boleh berpaling saat
guru berbicara
|
|
12.
|
Berkomunikasi secara
santun
|
3.
Mempresentasikan di depan kelas
No comments:
Post a Comment