RPP PAI SMK KLS XII - BAB 08 - TH.2016-2017 - MAWARIS



Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian          :
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas                            : XII
Pertemuan Ke               : 1-4
Semester                      : 6
Alokasi Waktu               : 3x45 menit      : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti                         :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar                     :
3.7    Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam  


I.  INDIKATOR
1.    Menghitung Waris
2.    Mencari Kasus / Masalah Pembagian Waris yang pernah terjadi di masyarakat
3.    Mengidentifikasi Ketentuan Waris dalam Islam (Buku PAI  Kelas XII Halaman : 140-149.

II.MATERI POKOK
     ILMU WARIS
     PERHITUNGAN WARIS
     KETENTUAN WARIS

III.     PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan         : Scientific ( 5 M )
Model     : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode   : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi


IV.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Buku PAI Kelas XII halaman 140-149
2.    Mengidentifikasi Ketentuan Waris dalam Islam (Buku PAI  Kelas XII Halaman : 140-149.
3.    Mengumpulkan data-data
4.    Memverifikasi temuan terkait Ketentuan Waris dalam Islam.

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’
Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Contoh perhitungan Waris dalam BUKU PAI Kelas XII Halaman 156
2.    Mencari Kasus / Masalah Pembagian Waris yang pernah terjadi di masyarakat
3.    Mengumpulkan data-data :
4.    Verifikasi / Pembuktian
5.    Presentasi

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

V.  SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar

VI. PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2



Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI


...................................................................................................................


LKS BAB VIII
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS DAN EVALUASI KETENTUAN WARIS
DALAM ISLAM

Mengamati Buku PAI Kelas XII halaman 140-149
Mengidentifikasi Ketentuan Waris dalam Islam (Buku PAI  Kelas XII Halaman : 140-149.
No.
KETENTUAN WARIS
KETERANGAN
1.
Adanya waris setelah wafatnya pemilik harta


Buku PAI Kelas XII halaman 140

Mengumpulkan data-data
Misalnya : Sumber 1 dari Al-Qur’an ; Sumber 2 : Hadits Rasulullah saw; Sumber 3 : Buku PAI Kelas XII ; dan Sumber 4 dari www.anangsaepudin.com  : ……….
Memverifikasi temuan terkait Ketentuan Waris dalam Islam.
Ketentuan waris : Adanya waris setelah wafatnya pemilik harta.
Berdasarkan data yang saya temukan dalam Al-Qur’an yaitu QS…… yang maknanya ……………………..
Data lain ditemukan dari Hadits Rasulullah SAW …………………………………….
Jadi memang dapat dibenarkan bahwa hal tadi termasuk ketentuan dari mawaris dalam Islam
     VERIFIKASI KE …………………………………………………………………………………………………………………
    

LKS BAB VIII
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS DAN EVALUASI KETENTUAN WARIS
DALAM ISLAM

1.    Mengamati Contoh perhitungan Waris dalam BUKU PAI Kelas XII Halaman 156
2.    Mencari Kasus / Masalah Pembagian Waris yang pernah terjadi di masyarakat
Misalnya : Tetangga meninggal dunia dengan meninggalkan ahli waris : Istri, anak, adik, cucu, dll. Sedangkan harta yang ditinggalkan adalah Rp. ……………..
Jadi perhitungannya adalah ……… ?
3.    Mengumpulkan data-data :
4.    Verifikasi / Pembuktian
5.    Presentasi








No comments:

Post a Comment