Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK PERWARI Kota Tasikmalaya
Program Keahlian :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas :
XI
Pertemuan Ke :
1
Semester : 3
Alokasi Waktu :
2 x 45 : 1
Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya
kepada sesama.
4.7 Menyajikan kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban
Membela
agama sesuai perintah Q.S. At-Taubah/9: 122 dan hadis terkait.
I.
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi sikap dan perbuatan yang mencerminkan
semangat menuntut ilmu, menerapkan ilmu dan menyampaikan ilmu yang dimiliki.
2.
Menyajikan keterkaitan antara
kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban Membela agama
sesuai perintah Q.S. At-Taubah/9: 122.
3.
Mempeta Konsepkan hasil anaLisis keterkaitan, kemudian
4.
Mempresentasikan
II. MATERI POKOK
1. Semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya
kepada sesama
2. Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadis terkait tentang semangat menuntut ilmu,
menerapkan, dan menyampaikan kepada sesama;
3. Sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada
sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-taubah (9) : 122 dan hadis
terkait.
III. PENDEKATAN
DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
2.
Model : Discovery Learning, Problem
Base Learning, Project Base Learing
3.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, dan mengabsen
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
|
B. Kegiatan Inti
5.
Mengamati Buku PAI SMK Kelas X Halaman 168 – 170
6.
Mengidentifikasi sikap dan perbuatan yang mencerminkan
semangat menuntut ilmu, menerapkan ilmu dan menyampaikan ilmu yang dimiliki.
7.
Memverifikasi sikap-sikap menuntut ilmu, menerapkan ilmu
dan menyampaikan ilmu dengan data-data dan sumber yang banyak. Kemudian Mempresentasikan
di depan kelas.
|
105’
|
|
C. Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan
materi untuk memantapkan pemahaman
|
15’
|
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, dan mengabsen
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati QS. At-Taubah : 122
2. Menyajikan keterkaitan antara
kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban Membela agama
sesuai perintah Q.S. At-Taubah/9: 122.
3.
Mempeta Konsepkan hasil anaisis keterkaitan, kemudian
4.
Mempresentasikan di depan kelas.
|
105’
|
|
C. Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan
materi untuk memantapkan pemahaman
|
15’
|
V. SUMBER
BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI. PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017 NIP.197209102007011019
...................................................................................................................
LKS BAB XI
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS SEMANGAT MENUNTUT ILMU,
MENERAPKAN DAN MENYAMPAIKANNYA
Mengamati Buku
PAI SMK Kelas X Halaman 168 – 170
Mengidentifikasi
sikap dan perbuatan yang mencerminkan semangat menuntut ilmu, menerapkan ilmu
dan menyampaikan ilmu yang dimiliki.
NO.
|
SIKAP DAN
PERILAKU
|
||
MENUNTUT
ILMU
|
MENERAPKAN
ILMU
|
MENYAMPAIKAN
ILMU
|
|
1.
|
Menghargai setiap
informasi yang disampaikan orang lain
|
Menerapkan informasi
yang baik dalam kehidupan dirinya
|
Menginformasikan kepada
orang lain hal-hal yang bermanfaat
|
Memverifikasi sikap-sikap
menuntut ilmu, menerapkan ilmu dan menyampaikan ilmu dengan data-data dan
sumber yang banyak. Kemudian Mempresentasikan di depan kelas.
Verifikasi Ke..............
LKS BAB XI
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KAITAN ANTARAV KEWAJIBAN MENUNTUT
ILMU DENGAN MEMBELA AGAMA (QS. AT-TAUBAH : 122)
Mengamati QS.
At-Taubah : 122
*
$tBur c%x. tbqãZÏB÷sßJø9$# (#rãÏÿYuÏ9 Zp©ù!$2 4
wöqn=sù txÿtR `ÏB Èe@ä. 7ps%öÏù öNåk÷]ÏiB ×pxÿͬ!$sÛ (#qßg¤)xÿtGuÏj9 Îû Ç`Ïe$!$# (#râÉYãÏ9ur óOßgtBöqs% #sÎ) (#þqãèy_u öNÍkös9Î) óOßg¯=yès9 crâxøts ÇÊËËÈ
122. tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan
perang). mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa
orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi
peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka
itu dapat menjaga dirinya.
Menyajikan keterkaitan antara
kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban Membela
agama
sesuai perintah Q.S. At-Taubah/9: 122.
Keterkaitan Ke…………………….…………………………………………………………………….
Mempeta Konsepkan hasil
anaisis keterkaitan, kemudian Mempresentasikan di depan kelas.
No comments:
Post a Comment