RPP PAI SMK KLS X - BAB 11 - TH.2016-2017 - MENCARI ILMU



Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK PERWARI Kota Tasikmalaya
Program Keahlian          :
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas                            : XI
Pertemuan Ke               : 1
Semester                      : 3
Alokasi Waktu               : 2 x 45     : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------

Kompetensi Inti                         :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar                     :
3.7   Menganalisis semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya
           kepada sesama.
4.7    Menyajikan kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban 
          Membela agama sesuai perintah Q.S. At-Taubah/9: 122 dan hadis terkait.


I.    INDIKATOR
1.        Mengidentifikasi sikap dan perbuatan yang mencerminkan semangat menuntut ilmu, menerapkan ilmu dan menyampaikan ilmu yang dimiliki.
2.        Menyajikan keterkaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban Membela agama 
       sesuai perintah Q.S. At-Taubah/9: 122.
3.        Mempeta Konsepkan hasil anaLisis keterkaitan, kemudian
4.        Mempresentasikan


II.  MATERI POKOK
1.    Semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
2.    Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadis terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan, dan menyampaikan kepada sesama;
3.    Sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-taubah (9) : 122 dan hadis terkait.

III. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.   Pendekatan         : Scientific ( 5 M )
2.   Model     : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
3.   Metode   : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi


IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )

A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, dan mengabsen
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
5.    Mengamati Buku PAI SMK Kelas X Halaman 168 – 170
6.    Mengidentifikasi sikap dan perbuatan yang mencerminkan semangat menuntut ilmu, menerapkan ilmu dan menyampaikan ilmu yang dimiliki.
7.    Memverifikasi sikap-sikap menuntut ilmu, menerapkan ilmu dan menyampaikan ilmu dengan data-data dan sumber yang banyak. Kemudian Mempresentasikan di depan kelas.

105

C. Kegiatan Akhir
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.   Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman

15’
KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, dan mengabsen
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati QS. At-Taubah : 122
2.    Menyajikan keterkaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban Membela agama 
    sesuai perintah Q.S. At-Taubah/9: 122.
3.    Mempeta Konsepkan hasil anaisis keterkaitan, kemudian
4.    Mempresentasikan di depan kelas.

105

C. Kegiatan Akhir
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.   Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman

15’

V.  SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar

VI. PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017                                                                      NIP.197209102007011019

...................................................................................................................


LKS BAB XI
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS SEMANGAT MENUNTUT ILMU, MENERAPKAN DAN MENYAMPAIKANNYA

Mengamati Buku PAI SMK Kelas X Halaman 168 – 170
Mengidentifikasi sikap dan perbuatan yang mencerminkan semangat menuntut ilmu, menerapkan ilmu dan menyampaikan ilmu yang dimiliki.

NO.
SIKAP DAN PERILAKU
MENUNTUT
 ILMU
MENERAPKAN
 ILMU
MENYAMPAIKAN ILMU
1.
Menghargai setiap informasi yang disampaikan orang lain
Menerapkan informasi yang baik dalam kehidupan dirinya
Menginformasikan kepada orang lain hal-hal yang bermanfaat


















Memverifikasi sikap-sikap menuntut ilmu, menerapkan ilmu dan menyampaikan ilmu dengan data-data dan sumber yang banyak. Kemudian Mempresentasikan di depan kelas.
Verifikasi Ke..............

LKS BAB XI
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KAITAN ANTARAV KEWAJIBAN MENUNTUT ILMU DENGAN MEMBELA AGAMA (QS. AT-TAUBAH : 122)


Mengamati QS. At-Taubah : 122
* $tBur šc%x. tbqãZÏB÷sßJø9$# (#rãÏÿYuŠÏ9 Zp©ù!$Ÿ2 4 Ÿwöqn=sù txÿtR `ÏB Èe@ä. 7ps%öÏù öNåk÷]ÏiB ×pxÿͬ!$sÛ (#qßg¤)xÿtGuŠÏj9 Îû Ç`ƒÏe$!$# (#râÉYãŠÏ9ur óOßgtBöqs% #sŒÎ) (#þqãèy_u öNÍköŽs9Î) óOßg¯=yès9 šcrâxøts ÇÊËËÈ  
122. tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.

Menyajikan keterkaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban Membela agama 
    sesuai perintah Q.S. At-Taubah/9: 122.

Keterkaitan Ke…………………….…………………………………………………………………….

Mempeta Konsepkan hasil anaisis keterkaitan, kemudian Mempresentasikan di depan kelas.

No comments:

Post a Comment