Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke :
1-4
Semester : 1
Alokasi Waktu :
3x45 menit
: 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24 : 2, serta hadis tentang
larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
4.2.1 Membaca Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24:2 sesuai dengan kaidah
tajwid dan makharijul huruf.
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24:2
dengan fasih dan lancar.
4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara larangan berzina dengan berbagai kekejian
(fahisyah) yang ditimbulkannya dan perangai yang buruk (saa-a sabila)
Sesuai
pesanQ.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24:2
I.
INDIKATOR
Mengidentifikasi makna ayat
tersebut kemudian
Mentabelkan keterkaitan antara larangan berzina dengan
akibat buruknya
Mempetakan kandungan ayat
II.
MATERI POKOK
Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24 : 2, serta hadis tentang
larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
III. PENDEKATAN, MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base
Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati QS. Al Isra : 32
2.
Mempetakonsepkan QS. Al Isra ayat 32
3.
Mengidentifikasi makna ayat
tersebut kemudian
4.
Mempresentasikan di depan kelas.
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati QS. An Nuur : 2
2.
Mempetakonsepkan QS. Annuur ayat 32
3.
Mengidentifikasi makna ayat
tersebut kemudian
4.
mempresentasikan di depan kelas.
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
KETIGA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Buku PAI
SMK Kelas X Halaman 183-185
2.
Membuat tabel keterkaitan antara larangan berzina dengan
akibat buruknya
3.
Mengumpulkan data-data pendukung terkait tabel di atas
4.
Mempresentasikan di depan kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
V. SUMBER
BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI. PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
|
|
2
|
|
|
1
|
|
|
Menanya
|
4
|
|
3
|
|
|
2
|
|
|
1
|
|
|
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
|
|
2
|
|
|
1
|
|
|
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
|
|
2
|
|
|
1
|
|
|
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
|
|
2
|
|
|
1
|
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|
||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
|
-
|
|
|
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
|
|
|
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017 NIP.197209102007011019
...................................................................................................................
LKS BAB XII
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS QS. AL ISRA : 32
Mengamati QS. Al
Isra : 32
wur (#qç/tø)s? #oTÌh9$# (
¼çm¯RÎ) tb%x. Zpt±Ås»sù uä!$yur WxÎ6y ÇÌËÈ
dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu
adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.
Mempetakonsepkan
QS. Al Isra ayat 32
MEMBUAT PETA KO NSEP TENTANG ……..
……………………………………………………
Mengidentifikasi
makna ayat tersebut kemudian mempresentasikan di depan kelas.
Makna
ke-1………………………………………………………………………………………
Makna
ke-2…………………………………………………………………………………………
Makna ke-3…………………………………………………………………………………………
LKS BAB XII
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS QS. AN-NUUR :2
Mengamati QS. An Nuur : 2
èpuÏR#¨9$# ÎT#¨9$#ur (#rà$Î#ô_$$sù ¨@ä. 7Ïnºur $yJåk÷]ÏiB sps($ÏB ;ot$ù#y_ (
wur /ä.õè{ù's? $yJÍkÍ5 ×psùù&u Îû ÈûïÏ «!$# bÎ) ÷LäêZä. tbqãZÏB÷sè? «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ÌÅzFy$# (
ôpkô¶uø9ur $yJåku5#xtã ×pxÿͬ!$sÛ z`ÏiB tûüÏZÏB÷sßJø9$# ÇËÈ
2. perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, Maka
deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas
kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika
kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan)
hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman.
Mempetakonsepkan
QS. Annuur ayat 32
MEMBUAT PETA KO NSEP TENTANG ……..
Mengidentifikasi
makna ayat tersebut kemudian mempresentasikan di depan kelas.
Makna ke-1………………………………………………………………................................…….
Makna ke-2……………………………………………………….......................………………….
Makna ke-3…………………………….................………………………………………………….
LKS BAB XII
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KETERKAITAN ANTARA LARANGAN
BERZINA DENGAN AKIBATNYA (PERANGAI BURUK)
Mengamati Buku PAI SMK Kelas X Halaman 183-185
Membuat tabel
keterkaitan antara larangan berzina dengan akibat buruknya
NO.
|
LARANGAN
BERZINA
|
AKIBAT BURUK
|
KETERKAITAN
|
1.
|
Berpacaran
|
Terjerumus dosa besar
|
Jika berpacaran besar
kemungkinan terjerumus ke dosa besar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Mengumpulkan data-data pendukung terkait tabel di atas
6.
Mempresentasikan di depan kelas
No comments:
Post a Comment