RPP PAI SMK KLS X - BAB 9 - TH.2016-2017 - WAKAF



Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
 





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian          :
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : X / 1
Pertemuan Ke               : 1-2
Semester                      : 2
Alokasi Waktu               : 3x45      : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------

Kompetensi Inti                         :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar                     :
3.9       Menganalisis hikmah  wakaf bagi individu dan  masyarakat.
4.9       Menyajikan keterkaitan antara perbuatan berwakaf dengan keimanan


I.    INDIKATOR
1.    Mengidentifikasi hikmah wakaf dari buku halaman 132-138
2.    Keterkaitan antara Perbuatan Berwakaf dengan Keimanan

II.  MATERI POKOK
  1. Pengertian Wakaf
  2. Hikmah Wakaf
  3. Keterkaitan antara perbuatan wakaf dengan keimanan

III. PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan  : Scientific
Strategi        : Cooperative Learning
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati buku PAI SMK Kelas X Halaman 132-138
2.    Mengidentifikasi hikmah wakaf dari buku halaman 132-138
3.    Memverifikasi hikmah wakaf yang telah ditemukan kemudian
4.    Mempresentasikan  di depan kelas

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.  Mengamati artikel di Buku PAI 
2.  Menganalisis  Keterkaitan antara Perbuatan Berwakaf dengan Keimanan
2.    Membuat Peta Konsep sesuai isi table di atas dg tema : Keterkaitan antara Perbuatan Berwakaf dengan Keimanan,  kemudian
3.    Mempresentasikan di depan kelas.

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

V.  SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar

VI. PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017                                                                      NIP.197209102007011019

...................................................................................................................


LKS BAB IX
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS HIKMAH BER-WAKAF

Mengamati buku PAI SMK Kelas X Halaman 132-138
Mengidentifikasi hikmah wakaf dari buku halaman 132-138
NO.
HIKMAH WAKAF
KETERANGAN
1.
Memberikan manfaat yang lama bagi sesama


Analisis buku halaman 138

























Memverifikasi hikmah wakaaf yang telah ditemukan kemudian mempresentasikan  di depan kelas
Contoh :
Salah satu hikmah wakaf adalah “memberikan manfaat yang lama bagi sesame”. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah saw bahwa wakaf dirauskan dengan benda yang tidak habis pakai. Hal ini menunjukkan bahwa harta wakaf harus dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama, dan hal ini pula menunjukkan bahwa harta wakaf dapat memberi manfaat yang lama.

VERIFIKASI KE…….
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………


LKS BAB IX
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KETERKAITAN ANTARA BERWAKAF DENGAN KEIMANAN

Keterkaitan antara Perbuatan Berwakaf dengan Keimanan
NO.
PERBUATAN BERWAKAF
NILAI KEIMANAN
1.
Memberikan Al-Qur’an ke masjid untuk umum
-   Keyakinan Kebenaran Al-qur’an
-   Mengorbankan uangnya untuk membeli barang wakaf
























Membuat Peta Konsep sesuai isi table di atas daam tema : Keterkaitan antara Perbuatan Berwakaf dengan Keimanan,  kemudian Mempresentasikan di depan kelas.




















No comments:

Post a Comment