RPP PAI SMK KLS X - BAB 8 - TH.2016-2017 - HORMAT PD ORANG TUA & GURU



Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : X / 1
Pertemuan Ke               : 1-4
Alokasi Waktu               : 4 x 45     : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------

KOMPETENSI INTI :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR :
1.      Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
2.      Menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dg hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan Q.S. Al-Isra’ : 23 dan hadis

I.       INDIKATOR
1.      Menganalisis Perilaku Mulia berkaitan dengan  berbakti kepada Orang Tua
2.      Mengaitkan antara tauhid dan Perilaku Mulia berkaitan dengan  hormat dan patuh kepada guru.

II.      MATERI PEMBELAJARAN
Berbakti kepada Orang Tua
Berbakti kepada Guru

III.    PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
   Pendekatan           : Scientific ( 5 M )
   Model                   : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
   Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi

IV.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati  Buku PAI Kelas X SMK halaman 126-127 DAN memperhatikan Video berikut :
2.    Memberikan tanggapan terhadap Perilaku Mulia berkaitan dengan  berbakti kepada Orang Tua
3.    Mempresentasikan di depan kelas

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Bersama siswa membuat kesimpulan pelajaran
b.   Memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
b.   Merencanakan rencana tindak lanjut

15’


KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati  Buku PAI Kelas X SMK halaman 127
2.    Memberikan tanggapan terhadap Perilaku Mulia berkaitan dengan  hormat dan patuh kepada guru.
3.     Mempresentasikan di depan kelas


105

C. Kegiatan Penutup
a.   Bersama siswa membuat kesimpulan pelajaran
b.   Memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
b.   Merencanakan rencana tindak lanjut

15’

V.     SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar

VI.    PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4


c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017                                                                      NIP.197209102007011019

.......................................................................................







LKS BAB VIII
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS MAKNA HORMAT PADA ORANG TUA

Mengamati  Buku PAI Kelas X SMK halaman 126-127 DAN memperhatikan Video berikut :
Memberikan tanggapan terhadap Perilaku Mulia berkaitan dengan  berbakti kepada Orang Tua
NO.
PERILAKU BAKTI KEPADA ORANG TUA
TANGGAPAN

Jika Orang Tua Masih Hidup

1.
Mengucapkan salam saat berpisah

Benar kita sebagai anak …
2.
Mendengar segala perkataannya dg hormat


3.
Tidak memotong pembicaraannya (menyakiti)


4.
Berpamitan (minta izin) ketika pergi


5.
Mencium tangan kedua ort


6.
Membantu pekerjaan rumah


7.
Berbakti dengan mendengarkan nasihatnya


8.
Merawat dengan ikhlas dan sabar jika sudah tua


9.
Merendahkan hati, kasih, sopan&mendo’akan

10.
Menyambung silaturahmi


11.
Memberikan rizki meskipun mereka tak butuh

12.
Meminta restu & do’a dalam urusan-urusan


Jika Orang Tua telah Meninggal

1.
Melaksanakan wasiat dan menyelesaikan utang

2.
Menyambung silaturahmi kpd krabat/teman ort

3.
Melanjutkan cita-cita luhurnya


4
Mendo’akan ayah ibu seta
memintakan ampun


Mempresentasikan di depan kelas





LKS BAB VIII
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS MAKNA HORMAT PADA ORANG GURU

Mengamati  Buku PAI Kelas X SMK halaman 127
Memberikan tanggapan terhadap Perilaku Mulia berkaitan dengan  hormat dan patuh kepada guru.
NO.
PERILAKU BAKTI KEPADA GURU
TANGGAPAN
1.
Mengucapkan salam dan mencium tangannya


2.
Memperhatikan pembelajarannya dg penuh hormat


3.
Jujur dan terbuka jika berbicara kepada guru


4.
Mengamalkan ilmunya


5.
Tidak melawan, menipu dan membuka rahasia guru


6.
Mengikuti sifat yang baik sang guru sopan, ramah, dll


7.
Mengagungkan guru dan meyakini ilmunya


8.
Bersifat sabar jika guru kasar dan berakhlak buruk


9.
Meemaafkan perlakuan guru yg tidak menyenangkan


10.
Menunjukkan rasa berterimakasih kepada guru


11.
Sopan santun ketika berhadapan dengan guru


12.
Tidak menghina guru dan melecehkannya


13.
Tidak membuang muka ketika guru berbicara pd kita



Mempresentasikan di depan kelas

No comments:

Post a Comment