Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke :
1-4
Alokasi Waktu :
4 x 45 : 1
Minggu
---------------------------------------------------------------------
KOMPETENSI INTI :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR :
1. Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
2. Menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dg hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan Q.S. Al-Isra’
: 23 dan hadis
I.
INDIKATOR
1.
Menganalisis Perilaku Mulia berkaitan dengan berbakti kepada Orang Tua
2.
Mengaitkan antara tauhid dan Perilaku Mulia berkaitan dengan hormat dan patuh kepada guru.
II.
MATERI PEMBELAJARAN
Berbakti kepada Orang Tua
Berbakti kepada Guru
III.
PENDEKATAN, MODEL DAN
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem
Base Learning, Project Base Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan
pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Buku PAI
Kelas X SMK halaman 126-127 DAN memperhatikan Video berikut :
2.
Memberikan tanggapan terhadap Perilaku Mulia berkaitan
dengan berbakti kepada Orang Tua
3.
Mempresentasikan di depan kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama siswa membuat kesimpulan
pelajaran
b. Memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
b. Merencanakan rencana tindak lanjut
|
15’
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan
pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Buku PAI
Kelas X SMK halaman 127
2.
Memberikan tanggapan terhadap Perilaku Mulia berkaitan
dengan hormat dan patuh kepada guru.
3.
Mempresentasikan di depan kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama siswa membuat kesimpulan
pelajaran
b. Memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
b. Merencanakan rencana tindak lanjut
|
15’
|
V.
SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI.
PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017 NIP.197209102007011019
.......................................................................................
LKS BAB VIII
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS MAKNA HORMAT PADA ORANG TUA
Mengamati Buku PAI Kelas X SMK halaman 126-127 DAN
memperhatikan Video berikut :
Memberikan
tanggapan terhadap Perilaku Mulia berkaitan dengan berbakti kepada Orang Tua
NO.
|
PERILAKU
BAKTI KEPADA ORANG TUA
|
TANGGAPAN
|
Jika Orang
Tua Masih Hidup
|
||
1.
|
Mengucapkan
salam saat berpisah
|
Benar kita
sebagai anak …
|
2.
|
Mendengar segala
perkataannya dg hormat
|
|
3.
|
Tidak
memotong pembicaraannya (menyakiti)
|
|
4.
|
Berpamitan
(minta izin) ketika pergi
|
|
5.
|
Mencium
tangan kedua ort
|
|
6.
|
Membantu
pekerjaan rumah
|
|
7.
|
Berbakti
dengan mendengarkan nasihatnya
|
|
8.
|
Merawat
dengan ikhlas dan sabar jika sudah tua
|
|
9.
|
Merendahkan
hati, kasih, sopan&mendo’akan
|
|
10.
|
Menyambung
silaturahmi
|
|
11.
|
Memberikan
rizki meskipun mereka tak butuh
|
|
12.
|
Meminta restu
& do’a dalam urusan-urusan
|
|
Jika Orang
Tua telah Meninggal
|
||
1.
|
Melaksanakan
wasiat dan menyelesaikan utang
|
|
2.
|
Menyambung
silaturahmi kpd krabat/teman ort
|
|
3.
|
Melanjutkan
cita-cita luhurnya
|
|
4
|
Mendo’akan
ayah ibu seta
memintakan
ampun
|
Mempresentasikan di depan
kelas
LKS BAB VIII
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS MAKNA HORMAT PADA ORANG GURU
Mengamati Buku PAI Kelas X SMK halaman 127
Memberikan
tanggapan terhadap Perilaku Mulia berkaitan dengan hormat dan patuh kepada guru.
NO.
|
PERILAKU
BAKTI KEPADA GURU
|
TANGGAPAN
|
1.
|
Mengucapkan
salam dan mencium tangannya
|
|
2.
|
Memperhatikan
pembelajarannya dg penuh hormat
|
|
3.
|
Jujur dan
terbuka jika berbicara kepada guru
|
|
4.
|
Mengamalkan
ilmunya
|
|
5.
|
Tidak
melawan, menipu dan membuka rahasia guru
|
|
6.
|
Mengikuti
sifat yang baik sang guru sopan, ramah, dll
|
|
7.
|
Mengagungkan
guru dan meyakini ilmunya
|
|
8.
|
Bersifat
sabar jika guru kasar dan berakhlak buruk
|
|
9.
|
Meemaafkan
perlakuan guru yg tidak menyenangkan
|
|
10.
|
Menunjukkan
rasa berterimakasih kepada guru
|
|
11.
|
Sopan santun
ketika berhadapan dengan guru
|
|
12.
|
Tidak
menghina guru dan melecehkannya
|
|
13.
|
Tidak
membuang muka ketika guru berbicara pd kita
|
Mempresentasikan di depan
kelas
No comments:
Post a Comment