Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas :
XI
Pertemuan Ke :
1
Semester : 3
Alokasi Waktu :
3x45 menit : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.3 Menyajikan keterkaitan antara
beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt,
dengan perilaku sehari-hari.
I.
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi
MAKNA Iman kepada kitab-kitab Allah swt
2.
Mengkritisi perilaku berikut ini
3.
Memberikan tanggapan dari beberapa sudut pandang
4.
Mempetakan Keterkaitan iman pd kitab dengan perilaku sehari-hari
II. MATERI POKOK
Makna Iman
Kepada Kitab Allah SWT
Perilaku
Iman kepada kitab Allah SWT
Keterkaitan
antara Iman pada kitab dengan perilaku sehari-hari
III.
PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Bagan
berikut ini. Buku PAI Kelas XI SMK Halaman 1
2.
Mengidentifikasi MAKNA Iman kepada
kitab-kitab Allah swt
3. Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber
terkait
4.Melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap
makna yang ditemukan
5. Mengkomunikasikan dengan guru dan teman siswa
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati buku PAI Halaman 4 …
“Mengkritisi Sekitar Kita”
2. Mengkritisi perilaku berikut ini, kemudian
memberikan tanggapan dari beberapa sudut pandang (contoh
3. Mempresentasikan di depan
kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
|
KETIGA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati buku PAI Halaman 13 tentang
Menerapkan perilaku mulia.
2. Memverifikasi Tabel terkait
beriman kepada Kitab Allah SWT
3. Membuat Peta Pemikiran
Keterkaitan iman pd kitab dengan perilaku sehari-hari
4. Melakukan konfirmasi baik
dengan guru atau teman diskusi.
5. Presentasi di depan kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
|
V.
SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI.
PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
.....................................................................................
LKS BAB I
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS
DAN MENGEVALUASI
MAKNA
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT
1. Mengamati Bagan berikut ini. Buku PAI Kelas XI
SMK Halaman 1
KITAB-KITAB
ALLAH SWT
|
Menerapkan
perilaku toleransi –saling hargai
|
TAURAT
|
ZABUR
|
INJIL
|
AL-QUR’AN
|
Diketahui
Sejarahnya diyakini keberadaannya
|
Diketahui
Sejarahnya diyakini keberadaannya, dibaca,dipahami,dipedomani isinya.
|
Menerapkan
perilaku mencintai Al-qur’an,ibadah,jauhi maksiat
|
AL-QUR’AN
SEBAGAI PEDOMAN
|
2.
Mengidentifikasi MAKNA Iman kepada kitab-kitab
Allah swt
No.
|
KITAB-KITAB ALLAH
SWT
|
MAKNA IMAN
|
1.
|
Taurat
|
1.
Meyakini keberadaan kitab
taurat
2.
……………………………
3.
|
2.
|
Zabur
|
|
3.
|
Injil
|
|
4.
|
Al-Qur’an
|
3. Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber terkait MAKNA yang
ditemukan untuk melakukan verifikasi terhadap makna yang ditemukan tadi.
Misalnya : Sumber 1 dari QS. ……… ; Sumber 2 : Hadits Rasulullah saw “; Sumber 3
: Buku PAI Kelas XI ; dan Sumber 4 dari www.anangsaepudin.com : “………..………..”
4. Melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap makna yang ditemukan tadi.
Tahapan ini akan membuktikan
bahwa makna yang ditemukan tidak keliru karena di dukung oleh data-data dari
berbagai sumber tadi.
Contoh : Verifikasi Makna ke-1 : “Dari hasil pengamatan tadi telah diidentifikasi makna Iman kepada kitab
Allah swt yaitu meyakini keberadaan kitab tersbut…”. Makna ini diambil dan di
dukung oleh data-data sebagai berikut :
1.
QS. Al-Zalzalah 1-8 dimana didalamnya
dijelaskan bahwa ………dst
2.
Hadits Rasulullah Saw ”……………………………..”
3.
Buku PAI Kelas XII”……………………..”
4.
dst
Verifikasi Ke………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………...
LKS BAB I
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS
MAKNA IMAN KEPADA KITAB-KITAB
ALLAH
SWT
1. Mengamati buku PAI Halaman 4 … “Mengkritisi
Sekitar Kita”
2. Mengkritisi perilaku berikut ini, kemudian
memberikan tanggapan dari beberapa sudut pandang (contoh dari sisi agama,
sosial, budaya, dsb), dengan menyertakan alasan-alasan serta data-data yang
memperkuat.
a). Pada bulan suci
ramadhan, hampir diseluruh masjid dan mushala terdengar suara lantunan
al-Qur’an, tidak terkecuali di rumah-rumah orang Islam. Sungguh pengalaman yang
menakjubkan. Akan tetapi, setelah selesai Ramadhan, selesai pula tradisi
tersebut. Mengapa, ya ? padahal Rasulullah Saw menegaskan bahwa “sebaik-baik
kamu adalah orang yang belajar al-Qur’an dan mengamalkannya”.
b). Dalam kehidupan
sehari-hari masih kita rasakan banyaknya problem
kehidupan yang sulit diatasi. Berbagai
macam penyakit timbul seolah-olah tanpa diketahui cara pengobatannya. Bencana
yang terjadi tidak disangka-sangka, tawuran antarwarga, tawuran antarpelajar,
dll. Semua ini merupakan dampak perilaku manusia yang sudah meninggalkan
al-Qur’an.
c). Perlu disadari, bahwa
membaca dan mempelajari al-Qur’an akan meminimalisir kegelisahan batin, bahkan
gangguan jiwa yang erat kaitannya dengan penyakit jasmani. Memperbanyak membaca
dan mempelajari al-Qur’an akan meningkatkan kewaspadaan diri dan termotivasi
untuk selalu taat kepada Allah SWT dan Rasul-rasulnya. Dengan banyak mengkaji
dan mengamalkan isi al-Qur’an kehidupan akan menjadi aman, tenteram, damai,
sejahtera, selamat dunia dan akhirat serta mendapat ridha Allah SWT. Betulkah
demikian adanya ?
3. Mempresentasikan di depan kelas
Mengkritisi
Perilaku ke……………………………………………………
LKS BAB I
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KETERKAITAN IMAN KPD KITAB DENGAN PERILAKU SEHARI-HARI
1. Mengamati buku PAI Halaman 13 tentang Menerapkan
perilaku mulia.
2. Setelah mengamati buku
PAI halaman 13 , VERIFIKASILAH TABEL keterkaitan antara BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT dengan PERILAKU
SEHARI-HARI DI BAWAH INI !
No.
|
KAITAN BERIMAN KEPADA
KITAB-KITAB DENGAN PERILAKU SEHARI-HARI
|
VERIFIKASI
KETERKAITAN
|
1
|
Meyakini
bahwa kitab-kitab suci sebelum al-Qur’an datang dari Allah swt, tetapi
akhirnya tidak murni lagi sebab dicampuradukan dengan ide-ide manusia di
zamannya
|
Belum ada keterkaitan antara iman pd
kitab dengan perilaku sehari-hari, seharusnya ditambah dengan riil
perilakunya. Misalnya …………….
|
2
|
Al-Qur’an
sudah dijaga kemurniannya oleh Allah Swt sampai sekarang. Umat Islam juga
sebagai penjaganya. Menjaga kemurnian al-Qur’an adalah tugas kita sebagai
muslim. Salah satu cara menjaga al-Qur’an adalah dengan berusaha menghormati,
memuliakan dan menjunjung tinggi al-Qur’an
|
|
3
|
Menjadikan al-Qur’an
sebagai petunjuk dan pedoman hidup, dan tidak sekali-kali berpedoman kepada
selain al-Qur’an.
|
|
4
|
Berusaha
untuk membaca al-Qur’an dalam segala kesempatan dikala suka maupun duka,
kemudian belajar memahami arti dan isinya.
|
|
5
|
Berusaha
untuk mengamalkan isi Al-Qur’an di dalam kehidupan sehari-hari, baik di waktu
sempit maupun di waktu lapang.
|
3.
Membuat Peta Pemikiran Keterkaitan iman pd kitab dengan perilaku
sehari-hari
4.
Melakukan konfirmasi baik dengan guru atau teman diskusi.
5. Presentasi di depan kelas
No comments:
Post a Comment