RPP PAI SMK KLS XI - BAB 01 - TH. 2016-2017 - IMAN PADA KITAB ALLAH SWT



Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
( Download RPP-XI-Bab 1-Beriman Kepada Kitab Allah SWT )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian          :
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas                            : XI
Pertemuan Ke               : 1
Semester                      : 3
Alokasi Waktu               : 3x45 menit      : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti                         :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar                     :
3.3    Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.3    Menyajikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt,
          dengan perilaku sehari-hari.


I.      INDIKATOR
1.  Mengidentifikasi  MAKNA Iman kepada kitab-kitab Allah swt
2.    Mengkritisi perilaku berikut ini
3.    Memberikan tanggapan dari beberapa sudut pandang
4.    Mempetakan Keterkaitan iman pd kitab dengan perilaku sehari-hari 

II.   MATERI POKOK
Makna Iman Kepada Kitab Allah SWT
Perilaku Iman kepada kitab Allah SWT
Keterkaitan antara Iman pada kitab dengan perilaku sehari-hari

III.  PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan            : Scientific
Strategi                  : Cooperative Learning
Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

IV.  KEGIATAN PEMBELAJARAN


Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.  Mengamati Bagan berikut ini. Buku PAI Kelas XI SMK Halaman 1
2. Mengidentifikasi  MAKNA Iman kepada kitab-kitab Allah swt
3. Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber terkait
4.Melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap makna yang ditemukan
5. Mengkomunikasikan dengan guru dan teman siswa

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.  Mengamati buku PAI Halaman 4 … “Mengkritisi Sekitar Kita”
2.  Mengkritisi perilaku berikut ini, kemudian memberikan tanggapan dari beberapa sudut pandang (contoh
3.  Mempresentasikan di depan kelas

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’
KETIGA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.  Mengamati buku PAI Halaman 13 tentang Menerapkan perilaku mulia.
2.  Memverifikasi Tabel terkait beriman kepada Kitab Allah SWT
3.  Membuat Peta Pemikiran Keterkaitan iman pd kitab dengan perilaku sehari-hari 
4.  Melakukan konfirmasi baik dengan guru atau teman diskusi.
5.  Presentasi di depan kelas
105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’




V.   SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI.  PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI


.....................................................................................

LKS BAB I
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI
MAKNA IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT

1.  Mengamati Bagan berikut ini. Buku PAI Kelas XI SMK Halaman 1
KITAB-KITAB ALLAH SWT
 
    
Menerapkan perilaku toleransi –saling hargai
TAURAT
ZABUR
INJIL
AL-QUR’AN
Diketahui Sejarahnya diyakini keberadaannya
Diketahui Sejarahnya diyakini keberadaannya, dibaca,dipahami,dipedomani isinya.
Menerapkan perilaku mencintai Al-qur’an,ibadah,jauhi maksiat
 












    
AL-QUR’AN SEBAGAI PEDOMAN
 





2. Mengidentifikasi  MAKNA Iman kepada kitab-kitab Allah swt
No.
KITAB-KITAB ALLAH SWT
MAKNA IMAN
1.
Taurat
1.  Meyakini keberadaan kitab taurat
2.  ……………………………
3.   
2.
Zabur





3.
Injil



4.
Al-Qur’an






3. Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber terkait MAKNA yang ditemukan untuk melakukan verifikasi terhadap makna yang ditemukan tadi. Misalnya : Sumber 1 dari QS. ……… ; Sumber 2 : Hadits Rasulullah saw “; Sumber 3 : Buku PAI Kelas XI ; dan Sumber 4 dari www.anangsaepudin.com  : “………..………..”             
    
4. Melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap makna yang ditemukan tadi.
    Tahapan ini akan membuktikan bahwa makna yang ditemukan tidak keliru karena di dukung oleh data-data dari berbagai sumber tadi.
     Contoh : Verifikasi Makna ke-1 :  “Dari hasil pengamatan tadi  telah diidentifikasi makna Iman kepada kitab Allah swt yaitu meyakini keberadaan kitab tersbut…”. Makna ini diambil dan di dukung oleh  data-data sebagai berikut :
1.    QS. Al-Zalzalah 1-8 dimana didalamnya dijelaskan bahwa ………dst
2.    Hadits Rasulullah Saw ”……………………………..”
3.    Buku PAI Kelas XII”……………………..”
4.    dst

 Verifikasi Ke………………………………………………………………………………………………
  ……………………………………………………………………………………………………………...


LKS BAB I
 PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS MAKNA IMAN KEPADA KITAB-KITAB
ALLAH SWT

1.   Mengamati buku PAI Halaman 4 … “Mengkritisi Sekitar Kita”
2.  Mengkritisi perilaku berikut ini, kemudian memberikan tanggapan dari beberapa sudut pandang (contoh dari sisi agama, sosial, budaya, dsb), dengan menyertakan alasan-alasan serta data-data yang memperkuat.
a). Pada bulan suci ramadhan, hampir diseluruh masjid dan mushala terdengar suara lantunan al-Qur’an, tidak terkecuali di rumah-rumah orang Islam. Sungguh pengalaman yang menakjubkan. Akan tetapi, setelah selesai Ramadhan, selesai pula tradisi tersebut. Mengapa, ya ? padahal Rasulullah Saw menegaskan bahwa “sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar al-Qur’an dan mengamalkannya”.
b). Dalam kehidupan sehari-hari masih kita rasakan banyaknya problem
       kehidupan yang sulit diatasi. Berbagai macam penyakit timbul seolah-olah tanpa diketahui cara pengobatannya. Bencana yang terjadi tidak disangka-sangka, tawuran antarwarga, tawuran antarpelajar, dll. Semua ini merupakan dampak perilaku manusia yang sudah meninggalkan al-Qur’an.
c). Perlu disadari, bahwa membaca dan mempelajari al-Qur’an akan meminimalisir kegelisahan batin, bahkan gangguan jiwa yang erat kaitannya dengan penyakit jasmani. Memperbanyak membaca dan mempelajari al-Qur’an akan meningkatkan kewaspadaan diri dan termotivasi untuk selalu taat kepada Allah SWT dan Rasul-rasulnya. Dengan banyak mengkaji dan mengamalkan isi al-Qur’an kehidupan akan menjadi aman, tenteram, damai, sejahtera, selamat dunia dan akhirat serta mendapat ridha Allah SWT. Betulkah demikian adanya ?
3.  Mempresentasikan di depan kelas

Mengkritisi Perilaku ke……………………………………………………

LKS BAB I
PERTEMUAN KE-3

MENYAJIKAN KETERKAITAN IMAN KPD KITAB DENGAN PERILAKU SEHARI-HARI


1.  Mengamati buku PAI Halaman 13 tentang Menerapkan perilaku mulia.
2. Setelah mengamati buku PAI halaman 13 , VERIFIKASILAH TABEL keterkaitan antara BERIMAN  KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT dengan PERILAKU SEHARI-HARI DI BAWAH INI !

No.
KAITAN BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB  DENGAN PERILAKU SEHARI-HARI

VERIFIKASI KETERKAITAN
1
Meyakini bahwa kitab-kitab suci sebelum al-Qur’an datang dari Allah swt, tetapi akhirnya tidak murni lagi sebab dicampuradukan dengan ide-ide manusia di zamannya
Belum ada keterkaitan antara iman pd kitab dengan perilaku sehari-hari, seharusnya ditambah dengan riil perilakunya. Misalnya …………….
2
Al-Qur’an sudah dijaga kemurniannya oleh Allah Swt sampai sekarang. Umat Islam juga sebagai penjaganya. Menjaga kemurnian al-Qur’an adalah tugas kita sebagai muslim. Salah satu cara menjaga al-Qur’an adalah dengan berusaha menghormati, memuliakan dan menjunjung tinggi al-Qur’an

3
Menjadikan al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup, dan tidak sekali-kali berpedoman kepada selain al-Qur’an.

4
Berusaha untuk membaca al-Qur’an dalam segala kesempatan dikala suka maupun duka, kemudian belajar memahami arti dan isinya.

5
Berusaha untuk mengamalkan isi Al-Qur’an di dalam kehidupan sehari-hari, baik di waktu sempit maupun di waktu lapang.

3.  Membuat Peta Pemikiran Keterkaitan iman pd kitab dengan perilaku sehari-hari 
4.  Melakukan konfirmasi baik dengan guru atau teman diskusi.
5.  Presentasi di depan kelas

No comments:

Post a Comment