Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas :
XI
Pertemuan Ke :
1-4
Semester : 3
Alokasi Waktu :
3 x 45 : 1
Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis makna Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-
Taubah/9 : 105, serta hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam
kebaikan, dan etos kerja.
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Maidah/5 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan
makharijulhuruf.: 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-taubah 122
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa59, dan
Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan fasih dan lancar.
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan
Dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan
Q.S. Al-Maidah/5 :48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9: 105.
I.
INDIKATOR
II. MATERI POKOK
Q.S.
An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At-Taubah (9) : 105
III. PENDEKATAN, MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base
Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, dan mengabsen
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Buku PAI Kelas XI
Halaman 86 “Mengkritisi Sekitar Kita”
2. Mengkritisi Bahan Kajian (gambar) terkait “Taat Aturan”
Mempresentasikan di depan kelas.
3.
Mempresentasikan di depan
kelas.
|
105’
|
|
C. Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.
Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman
|
15’
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
Mengkritisi
Bahan Kajian (Buku PAI Halaman 87 tentang “Taat Aturan”
Mempresentasikan
|
105’
|
|
C. Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b. Kesimpulan
materi untuk memantapkan pemahaman
|
15’
|
KETIGA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati QS. Al Maidah :
48 (Buku PAI Kelas XI halaman 95)
2. Membuat peta pemikiran berdasarkan QS. Al maidah ayat 48 dengan
JUDUL “KOMPETISI DALAM KEBAIKAN” kemudian Mempresentasikan di depan kelas.
|
105’
|
|
C. Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.
Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman
|
15’
|
KEEMPAT
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Hadits Rasulullah
Saw - Buku PAI halaman 101
2. Membuat keterkaitan antara Makna Hadits Nabi Saw tentang ETOS KERJA di atas dengan makna
yang ada pada gambar tersebut !
3. Mempresentasikan di depan kelas.
|
105’
|
|
C. Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.
Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman
|
15’
|
V. SUMBER
BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI. PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
..........................................................................................
LKS BAB VI
PERTEMUAN KE-1
TA’AT
ATURAN
Mengamati
Buku PAI Kelas XI Halaman 86
“Mengkritisi Sekitar Kita”
Mengkritisi Bahan Kajian (gambar) terkait “Taat Aturan”
DATA YG DIAMATI
|
PERMASLAHAN
DAN TANGGAPAN
|
TATA
TERTIB
(Buku
halaman 86)
|
1.
Sejauh mana kamu mengetahui tata
tertib di sekolahmu?
|
2.
Apa relevansinya antara aturan yg
dibuat dengan kondisi di lapangan?
|
|
3.
Bagaimana dampak yang terjadi
apabila aturan itu tidak dilaksanakan ?
|
|
4.
Bagaimana dampak yang terjadi
apabila aturan itu di taati
|
Mempresentasikan
di depan kelas.
DATA YG DIAMATI
|
PERMASLAHAN
DAN TANGGAPAN
|
GAMBAR
YG SEDANG SEPAK BOLA
(Buku
halaman 86)
|
1.
Apa yang kamu pahami dari gambar
disamping ?
|
2.
Apa yang harus dilakukan agar
kesebelasannyaa unggul dalam kompetisi ?
|
|
3.
Mengapa dalam berkompetisi
diperlukan kolaborasi ?
|
DATA YG DIAMATI
|
PERMASLAHAN
DAN TANGGAPAN
|
GAMBAR
MENANAM PADI (Buku halaman 86)
|
1.
Apa yang kamu simpulkan dari gambar
di samping ini?
|
2.
Apakah Pa Tani bekerja hanya dengan
menggunakan otot tanpa memakai otak? Mengapa ?
|
|
3.
Apa hubungannya antara kerja keras
dan kerja cerdas?
|
Mempresentasikan
di depan kelas.
LKS PERTEMUAN KE-2
Mengkritisi Bahan Kajian (Buku PAI
Halaman 87 tentang “Taat Aturan”
PERILAKU
SOSIAL :
Akhir-akhir ini sering kita saksikan melalui media, tentang
banyaknya peelanggaran terhadap norma-norma agama, seperti pencuri, penipuan,
perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya. Pelkunya merasa tidak berdosa
dan tidak ada beban sama sekali. Bahkan, dilaporkan seorang anak tega
membunuh ibu kandungnya sendiri lantaran persoalan sepele, yaitu tidak diberi
uang jajan pada saat mau berangkat sekolah.
|
Tanggapan
Anda :
dari
berbagai sudut pandang (dari sisi agama, sosial, budaya, dll)
Tanggapan saya………………………………………………………..
|
PERILAKU
SOSIAL :
Sejak dulu dalam dunia pendidikan sudah ada ujian. Hal ini
dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pendidikan di negeri ini.
Ironisnya setiap kegiatan ujian nasional berlangsung, terjadi perilaku
negative, seperti bocornya soal, saling menyontek dan tipu daya lainnya yang
menjadikan kualitas pendidikan menjadi dipertanyakan. Semangat untuk
berkompetensi sudah musnah, yang ada adalah saling berkompetensi dalam hal
kejahatan atau keburukan. Semangat untuk mendapatkan yang terbaik tidak
pernah tertanam.
|
Tanggapan
Anda :
dari
berbagai sudut pandang (dari sisi agama, sosial, budaya, dll)
Tanggapan saya………………………………………………………
|
PERILAKU
SOSIAL :
Banyak
peminta-minta di jalan, ada yang dengan membawa bayi di gendongannya, ada
yang pura-puraa tangannya diikat, kakinya diikat sehingga dikira ia cacat,
dan berbagai modus lain untuk mengelabui orang lain agar merasa iba lalu
memberi selembar uang rupiah sebagai tanda simpati. Perilaku ini sudah
meresahkan pengguna jalan, sampai-sampai salah seorang kepala daerah membuat
kebijakan “dilarang keras memberi sumbangan kepada peminta-minta di jalan”
|
Tanggapan
Anda :
dari
berbagai sudut pandang (dari sisi agama, sosial, budaya, dll)
Tanggapan saya………………………………………………………..
|
LKS BAB VI
PERTEMUAN KE-3
KOMPETISI
DALAM KEBAIKAN
Mengamati QS. Al Maidah : 48 (Buku PAI Kelas XI halaman
95)
!$uZø9tRr&ur y7øs9Î)
|=»tGÅ3ø9$#
Èd,ysø9$$Î/
$]%Ïd|ÁãB $yJÏj9
ú÷üt/ Ïm÷yt
z`ÏB É=»tGÅ6ø9$# $·YÏJøygãBur Ïmøn=tã
( Nà6÷n$$sù OßgoY÷t/ !$yJÎ/
tAtRr&
ª!$# ( wur
ôìÎ6®Ks? öNèduä!#uq÷dr&
$£Jtã
x8uä!%y` z`ÏB
Èd,ysø9$#
4 9e@ä3Ï9 $oYù=yèy_ öNä3ZÏB Zptã÷Å°
%[`$yg÷YÏBur 4 öqs9ur
uä!$x© ª!$#
öNà6n=yèyfs9 Zp¨Bé&
ZoyÏnºur
`Å3»s9ur öNä.uqè=ö7uÏj9 Îû !$tB
öNä38s?#uä ( (#qà)Î7tFó$$sù ÏNºuöyø9$# 4 n<Î) «!$#
öNà6ãèÅ_ötB $YèÏJy_
Nä3ã¥Îm6t^ãsù $yJÎ/ óOçGYä. ÏmÏù tbqàÿÎ=tFørB ÇÍÑÈ
48. dan Kami telah
turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang
sebelumnya, Yaitu Kitab-Kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian[421]
terhadap Kitab-Kitab yang lain itu; Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa
yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan
meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. untuk tiap-tiap umat
diantara kamu[422], Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah
menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak
menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, Maka berlomba-lombalah berbuat
kebajikan. hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya
kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,
3.
Membuat peta pemikiran berdasarkan QS.
Al maidah ayat 48 dengan JUDUL “KOMPETISI DALAM KEBAIKAN” kemudian Mempresentasikan
di depan kelas.
MEMBUAT
PETA PEMIKIRAN (PETA KONSEP)
………………………………………………………………
LKS BAB VI
PERTEMUAN KE-4
ETOS
KERJA
Mengamati Hadits Rasulullah Saw - Buku PAI halaman 101
4.
Membuat keterkaitan antara Makna
Hadits Nabi Saw tentang ETOS KERJA di
atas dengan makna yang ada pada gambar tersebut !
KETERKAITAN
ANTARA MAKNA GB & MAKNA HADITS
|
Gb :
Peminta-minta
|
Gb.
Sedang menghayal
|
5.
Mempresentasikan di depan kelas.
No comments:
Post a Comment