RPP PAI SMK KLS XI - BAB 06 - TAAT ATURAN, ETOS KERJA



Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian          :
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas                            : XI
Pertemuan Ke               : 1-4
Semester                      : 3
Alokasi Waktu               : 3 x 45     : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti                         :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar                     :
  3.1    Menganalisis makna Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-
          Taubah/9 : 105, serta hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam 
          kebaikan, dan etos kerja.
4.1.1 Membaca  Q.S.  Al-Maidah/5  105 sesuai dengan kaidah tajwid dan 
          makharijulhuruf.:  48;  Q.S.  An-Nisa/4:  59,  dan  Q.S.  At-taubah 122
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa59, dan 
          Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan fasih dan lancar.
4.1.3  Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan 
           Dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan
             Q.S. Al-Maidah/5 :48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9: 105.


I.    INDIKATOR

II.  MATERI POKOK
Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At-Taubah (9) : 105 

III. PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan  : Scientific ( 5 M )
Model          : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi

IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN



Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, dan mengabsen
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati  Buku PAI Kelas XI Halaman 86  “Mengkritisi Sekitar Kita”
2.    Mengkritisi Bahan Kajian (gambar) terkait “Taat Aturan”
Mempresentasikan di depan kelas.
3.     Mempresentasikan di depan kelas.

105

C. Kegiatan Akhir
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.   Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman

15’

KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
Mengkritisi Bahan Kajian (Buku PAI Halaman 87  tentang “Taat Aturan”
Mempresentasikan

105

C. Kegiatan Akhir
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.   Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman

15’

KETIGA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’


B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati  QS. Al Maidah : 48 (Buku PAI Kelas XI halaman 95)
2.    Membuat peta pemikiran berdasarkan QS. Al maidah ayat 48 dengan JUDUL “KOMPETISI DALAM KEBAIKAN” kemudian Mempresentasikan di depan kelas.

105

C. Kegiatan Akhir
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.   Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman
15’

KEEMPAT
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati  Hadits Rasulullah Saw - Buku PAI halaman 101
2.    Membuat keterkaitan antara Makna Hadits Nabi Saw  tentang ETOS KERJA di atas dengan makna yang ada pada gambar tersebut !
3.    Mempresentasikan di depan kelas.

105

C. Kegiatan Akhir
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.   Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman
15’

V.  SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar

VI. PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI


..........................................................................................








LKS BAB VI
PERTEMUAN KE-1
TA’AT ATURAN

Mengamati  Buku PAI Kelas XI Halaman 86  “Mengkritisi Sekitar Kita”
Mengkritisi Bahan Kajian (gambar) terkait “Taat Aturan”
DATA YG DIAMATI
PERMASLAHAN DAN TANGGAPAN

TATA TERTIB
(Buku halaman 86)
1.     Sejauh mana kamu mengetahui tata tertib di sekolahmu?


2.     Apa relevansinya antara aturan yg dibuat dengan kondisi di lapangan?


3.     Bagaimana dampak yang terjadi apabila aturan itu tidak dilaksanakan ?



4.    Bagaimana dampak yang terjadi apabila aturan itu di taati



Mempresentasikan di depan kelas.

DATA YG DIAMATI
PERMASLAHAN DAN TANGGAPAN
GAMBAR YG SEDANG SEPAK BOLA
(Buku halaman 86)
1.    Apa yang kamu pahami dari gambar disamping ?



2.     Apa yang harus dilakukan agar kesebelasannyaa unggul dalam kompetisi ?


3.     Mengapa dalam berkompetisi diperlukan kolaborasi ?




DATA YG DIAMATI
PERMASLAHAN DAN TANGGAPAN
GAMBAR MENANAM PADI (Buku halaman 86)
1.      Apa yang kamu simpulkan dari gambar di samping ini?



2.      Apakah Pa Tani bekerja hanya dengan menggunakan otot tanpa memakai otak? Mengapa ?



3.      Apa hubungannya antara kerja keras dan kerja cerdas?


Mempresentasikan di depan kelas.

LKS PERTEMUAN KE-2
Mengkritisi Bahan Kajian (Buku PAI Halaman 87  tentang “Taat Aturan”
PERILAKU SOSIAL :
Akhir-akhir ini sering kita saksikan melalui media, tentang banyaknya peelanggaran terhadap norma-norma agama, seperti pencuri, penipuan, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya. Pelkunya merasa tidak berdosa dan tidak ada beban sama sekali. Bahkan, dilaporkan seorang anak tega membunuh ibu kandungnya sendiri lantaran persoalan sepele, yaitu tidak diberi uang jajan pada saat mau berangkat sekolah.
Tanggapan Anda :
dari berbagai sudut pandang (dari sisi agama, sosial, budaya, dll)
Tanggapan saya………………………………………………………..









PERILAKU SOSIAL :
Sejak dulu dalam dunia pendidikan sudah ada ujian. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pendidikan di negeri ini. Ironisnya setiap kegiatan ujian nasional berlangsung, terjadi perilaku negative, seperti bocornya soal, saling menyontek dan tipu daya lainnya yang menjadikan kualitas pendidikan menjadi dipertanyakan. Semangat untuk berkompetensi sudah musnah, yang ada adalah saling berkompetensi dalam hal kejahatan atau keburukan. Semangat untuk mendapatkan yang terbaik tidak pernah tertanam.
Tanggapan Anda :
dari berbagai sudut pandang (dari sisi agama, sosial, budaya, dll)
Tanggapan saya………………………………………………………










PERILAKU SOSIAL :

Banyak peminta-minta di jalan, ada yang dengan membawa bayi di gendongannya, ada yang pura-puraa tangannya diikat, kakinya diikat sehingga dikira ia cacat, dan berbagai modus lain untuk mengelabui orang lain agar merasa iba lalu memberi selembar uang rupiah sebagai tanda simpati. Perilaku ini sudah meresahkan pengguna jalan, sampai-sampai salah seorang kepala daerah membuat kebijakan “dilarang keras memberi sumbangan kepada peminta-minta di jalan”
Tanggapan Anda :
dari berbagai sudut pandang (dari sisi agama, sosial, budaya, dll)
Tanggapan saya………………………………………………………..









LKS BAB VI
PERTEMUAN KE-3
KOMPETISI DALAM KEBAIKAN

Mengamati  QS. Al Maidah : 48 (Buku PAI Kelas XI halaman 95)
!$uZø9tRr&ur y7øs9Î) |=»tGÅ3ø9$# Èd,ysø9$$Î/ $]%Ïd|ÁãB $yJÏj9 šú÷üt/ Ïm÷ƒytƒ z`ÏB É=»tGÅ6ø9$# $·YÏJøygãBur Ïmøn=tã ( Nà6÷n$$sù OßgoY÷t/ !$yJÎ/ tAtRr& ª!$# ( Ÿwur ôìÎ6®Ks? öNèduä!#uq÷dr& $£Jtã x8uä!%y` z`ÏB Èd,ysø9$# 4 9e@ä3Ï9 $oYù=yèy_ öNä3ZÏB Zptã÷ŽÅ° %[`$yg÷YÏBur 4 öqs9ur uä!$x© ª!$# öNà6n=yèyfs9 Zp¨Bé& ZoyÏnºur `Å3»s9ur öNä.uqè=ö7uŠÏj9 Îû !$tB öNä38s?#uä ( (#qà)Î7tFó$$sù ÏNºuŽöyø9$# 4 n<Î) «!$# öNà6ãèÅ_ötB $YèÏJy_ Nä3ã¥Îm6t^ãŠsù $yJÎ/ óOçGYä. ÏmŠÏù tbqàÿÎ=tFøƒrB ÇÍÑÈ  
48. dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, Yaitu Kitab-Kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian[421] terhadap Kitab-Kitab yang lain itu; Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. untuk tiap-tiap umat diantara kamu[422], Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, Maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,
3.    Membuat peta pemikiran berdasarkan QS. Al maidah ayat 48 dengan JUDUL “KOMPETISI DALAM KEBAIKAN” kemudian Mempresentasikan di depan kelas.

MEMBUAT PETA PEMIKIRAN (PETA KONSEP)
………………………………………………………………

LKS BAB VI
PERTEMUAN KE-4
ETOS KERJA

Mengamati  Hadits Rasulullah Saw - Buku PAI halaman 101

4.      Membuat keterkaitan antara Makna Hadits Nabi Saw  tentang ETOS KERJA di atas dengan makna yang ada pada gambar tersebut !


KETERKAITAN ANTARA MAKNA GB & MAKNA HADITS
 Gb : Peminta-minta

 Gb. Sedang menghayal




5.      Mempresentasikan di depan kelas.

No comments:

Post a Comment