Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas :
XI
Pertemuan Ke :
1-3
Semester : 3
Alokasi Waktu :
3x45 menit : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.4
Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
4.4 Menyajikan kaitan antaraiman kepada rasul-rasul Allah Swt
dengan
keteguhan
dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan
kepada Allah.
I.
INDIKATOR
1.
Menyajikan kaitan antara
Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Ketaatan dan Kecintaan Kepada Allah
SWT
2.
Mempetakan tentang Kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT
dengan Ketaatan
3.
Menyajikan kaitan antara
Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Sikap Toleransi
4.
Mengidentifikasi Makna Iman
Kepada Rasul-Rasul Allah SWT dari gambar
tsb
II.
MATERI POKOK
IMAN
KEPADA RASUL-RASUL ALLAH SWT
MAKNA IMAN
PADA RASUL
KAITAN
ANTARA IMAN DAN KETAATAN PADA RASUL
KAITAN
ANTARA IMAN PADA RASUL DENGAN KETEGUHAN, KETAUHIDAN, TOLERANSI DAN KETAATAN
SERTA KECINTAAN KEPADA ALLAH SWT.
III.
PENDEKATAN, MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base
Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati gambar
2. Mengidentifikasi Makna Iman Kepada Rasul-Rasul Allah SWT dari gambar tsb
3. Mengumpulkan data dari berbagai sumber
4. Memverifikasi dan
mengevaluasi makna Iman Kepada
Rasul-Rasul
Allah SWT dengan menggunakan
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Membaca/Mengamati Buku PAI
Kelas XI Halaman 112-120
2. Menyajikan kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan
Keteguhan dalam bertauhid.
3. Membuat peta pemikiran tentang Kaitan antara Iman
kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Keteguhan
-
|
105’
|
|
KETIGA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Membaca/Mengamati Buku PAI
Kelas XI Halaman 112-120
2. Menyajikan kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan
Sikap Toleransi
3. Membuat peta pemikiran tentang Kaitan antara Iman
kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Sikap
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
|
KEEMPAT
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
2. Membaca/Mengamati Buku PAI
Kelas XI Halaman 112-120
3. Menyajikan kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan
Ketaatan dan Kecintaan Kepada Allah SWT
4. Membuat peta pemikiran tentang Kaitan antara Iman
kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Ketaatan
5. Mempresentasikan di depan
kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
V.
SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI.
PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
.......................................................................................
LKS BAB VII
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS
MAKNA IMAN KEPADA
RASUL-RASUL
ALLAH SWT
Mengamati gambar berikut ini.
Mengidentifikasi Makna Iman Kepada Rasul-Rasul
Allah SWT
BAHAN YG DIAMATI
|
MAKNA IMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH SWT
|
Gb.
Makam
|
|
Gb.
Jabal Nuur
|
|
Gb.
Masjidil Aqsho
|
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
.
Misalnya : Sumber 1 dari QS. ………… ;
Sumber 2 : Hadits Rasulullah saw “; Sumber 3 : Buku PAI Kelas XII ; dan Sumber
4 dari www.anangsaepudin.com : “………..………..”
Memverifikasi dan mengevaluasi makna Iman Kepada Rasul-Rasul Allah SWT dengan
menggunakan data-data yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber kemudian
mempresentasikannya.
Verifikasi
ke …………..…………………………………………………………………………………………………
LKS BAB VII
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KAITAN IMAN KEPADA RASUL
DENGAN KETEGUHAN DALAM BERTAUHID
Membaca/Mengamati Buku PAI Kelas XI Halaman 112-120
Menyajikan kaitan antara Iman kepada
rasul-rasul Allah SWT dengan Keteguhan dalam bertauhid.
No.
|
MAKNA
IMAN PD RASUL ALLAH SWT
|
MAKNA
TAUHID
|
KETERKAITAN
|
Membuat peta pemikiran tentang Kaitan antara
Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Keteguhan dalam bertauhid, Kemudian mempresentasikan
di depan kelas
MEMBUAT
PETA KONSEP : ……………………………………………………………………
LKS BAB VII
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KAITAN IMAN KEPADA RASUL
DENGAN SIKAP TOLERANSI
Membaca/Mengamati Buku PAI Kelas XI Halaman 112-120
Menyajikan kaitan antara Iman kepada
rasul-rasul Allah SWT dengan Sikap Toleransi
No.
|
MAKNA
IMAN PD RASUL ALLAH SWT
|
MAKNA
TOLERANSI
|
KETERKAITAN
|
Membuat peta pemikiran tentang Kaitan antara
Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Sikap Toleransi KEMUDIAN mempresentasikan di depan kelas.
MEMBUAT
PETA KONSEP : ……………………………………………………………………………………………………………..
LKS BAB VII
PERTEMUAN KE-4
MENYAJIKAN KAITAN IMAN KEPADA RASUL
DENGAN
KETAATAN, DAN KECINTAAN KEPADA ALLAH
SWT
1.
Membaca/Mengamati Buku PAI Kelas XI Halaman 112-120
2.
Menyajikan kaitan antara Iman kepada
rasul-rasul Allah SWT dengan Ketaatan dan Kecintaan Kepada Allah SWT
No.
|
MAKNA
IMAN PD RASUL ALLAH SWT
|
MAKNA
TAAT DAN CINTA PD ALLAH SWT
|
KETERKAITAN
|
Membuat
peta pemikiran tentang Kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan
Ketaatan dan Kecintaan kepada Allah SWT kemudian mempresentasikan di depan kelas
No comments:
Post a Comment