RPP PAI SMK KLS XI - BAB 07 - IMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH SWT



Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian          :
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas                            : XI
Pertemuan Ke               : 1-3
Semester                      : 3
Alokasi Waktu               : 3x45 menit      : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti                         :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar                     :
  3.4      Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
4.4      Menyajikan kaitan antaraiman kepada rasul-rasul Allah Swt  dengan
            keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan,  dan kecintaan
            kepada Allah.


I.    INDIKATOR
1.        Menyajikan kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Ketaatan dan Kecintaan Kepada Allah SWT
2.        Mempetakan tentang Kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Ketaatan
3.        Menyajikan kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Sikap Toleransi
4.        Mengidentifikasi Makna Iman Kepada Rasul-Rasul Allah SWT dari gambar tsb

II.  MATERI POKOK
IMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH SWT
MAKNA IMAN PADA RASUL
KAITAN ANTARA IMAN DAN KETAATAN PADA RASUL
KAITAN ANTARA IMAN PADA RASUL DENGAN KETEGUHAN, KETAUHIDAN, TOLERANSI DAN KETAATAN SERTA KECINTAAN KEPADA ALLAH SWT.

III. PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan  : Scientific ( 5 M )
Model          : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi



IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati gambar
2.    Mengidentifikasi Makna Iman Kepada Rasul-Rasul Allah SWT dari gambar tsb
3.    Mengumpulkan data dari berbagai sumber
4.  Memverifikasi dan mengevaluasi makna  Iman Kepada Rasul-Rasul     
     Allah SWT dengan menggunakan

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Membaca/Mengamati  Buku PAI Kelas XI Halaman 112-120
2.    Menyajikan kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Keteguhan dalam bertauhid.
3.    Membuat peta pemikiran tentang Kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Keteguhan
-         
105
KETIGA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.     Membaca/Mengamati  Buku PAI Kelas XI Halaman 112-120
2.     Menyajikan kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Sikap Toleransi
3.     Membuat peta pemikiran tentang Kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Sikap

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’
KEEMPAT
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
2.     Membaca/Mengamati  Buku PAI Kelas XI Halaman 112-120
3.     Menyajikan kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Ketaatan dan Kecintaan Kepada Allah SWT
4.     Membuat peta pemikiran tentang Kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Ketaatan
5.     Mempresentasikan di depan kelas

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

V.  SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar

VI. PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI


.......................................................................................







LKS BAB VII
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS MAKNA IMAN KEPADA
RASUL-RASUL ALLAH SWT

Mengamati gambar berikut ini.
    
Mengidentifikasi Makna Iman Kepada Rasul-Rasul Allah SWT
BAHAN YG DIAMATI
MAKNA IMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH SWT
Gb. Makam







Gb. Jabal Nuur







Gb. Masjidil Aqsho







Mengumpulkan data dari berbagai sumber
. Misalnya : Sumber 1 dari QS. …………  ; Sumber 2 : Hadits Rasulullah saw “; Sumber 3 : Buku PAI Kelas XII ; dan Sumber 4 dari www.anangsaepudin.com  : “………..………..”             
Memverifikasi dan mengevaluasi makna  Iman Kepada Rasul-Rasul Allah SWT dengan menggunakan data-data yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber kemudian mempresentasikannya.
Verifikasi ke …………..…………………………………………………………………………………………………







LKS BAB VII
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KAITAN IMAN KEPADA RASUL DENGAN  KETEGUHAN DALAM BERTAUHID

Membaca/Mengamati  Buku PAI Kelas XI Halaman 112-120
Menyajikan kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Keteguhan dalam bertauhid.
No.
MAKNA IMAN PD RASUL ALLAH SWT
MAKNA TAUHID
KETERKAITAN

































Membuat peta pemikiran tentang Kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Keteguhan dalam bertauhid, Kemudian mempresentasikan di depan kelas
MEMBUAT PETA KONSEP : ……………………………………………………………………










LKS BAB VII
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KAITAN IMAN KEPADA RASUL DENGAN SIKAP TOLERANSI

Membaca/Mengamati  Buku PAI Kelas XI Halaman 112-120
Menyajikan kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Sikap Toleransi
No.
MAKNA IMAN PD RASUL ALLAH SWT
MAKNA TOLERANSI
KETERKAITAN





















Membuat peta pemikiran tentang Kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Sikap Toleransi  KEMUDIAN mempresentasikan di depan kelas.
MEMBUAT PETA KONSEP : ……………………………………………………………………………………………………………..


LKS BAB VII
PERTEMUAN KE-4
MENYAJIKAN KAITAN IMAN KEPADA RASUL DENGAN 
KETAATAN,  DAN KECINTAAN KEPADA ALLAH SWT

1.    Membaca/Mengamati  Buku PAI Kelas XI Halaman 112-120
2.    Menyajikan kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Ketaatan dan Kecintaan Kepada Allah SWT
No.
MAKNA IMAN PD RASUL ALLAH SWT
MAKNA TAAT DAN CINTA PD ALLAH SWT
KETERKAITAN



















Membuat peta pemikiran tentang Kaitan antara Iman kepada rasul-rasul Allah SWT dengan Ketaatan dan Kecintaan kepada Allah SWT  kemudian mempresentasikan di depan kelas

No comments:

Post a Comment