SOAL UAS PAI

Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK

SOAL UAS SEMESTER GANJIL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2015/2016
MATA DIKLAT                                     : PENDIDIKAN AGAMA ISLAMHARI/TANGGAL                     : Kamis, 03-12-2015 
KELAS/PROG. KEAHLIAN               : XII / Semua Program Keahlian 
WAKTU                                                 : 60 menit 
PENGAJAR                                          : Anang Saepudin, MPdI ;   
 

  Bacalah Basmalah terlebih dahulu !
1.     Identifikasi  problem  (kesalahan) pada ayat  di bawah ini  ( QS. Ali Imran ayat 190-191 )
No.
KESALAHAN AYAT
LOKASI KESALAHAN
PEMBUKTIAN / VERIFIKASI
DENGAN DATA-DATA
1.



2.



3.



4.



5.



2.    Jelaskan keterkaitan antara Berfikir kritis (berfikir beserta alasan) dengan Tanda orang berakal (tafakur)


3.    Identifikasilah Perilaku Iman kpd Hari Akhir dan Perilaku Tanggug Jawab, kemudian Jelaskan keterkaitannya
No.
PERILAKU IMAN PD HARI AKHIR
PERILAKU TANGGUNG JAWAB
KETERKAITAN
1.



2.



3.





4.     Buatkan PETA PEMIKIRAN  berkaitan dengan “BERIMAN KEPADA HARI AKHIR”



SOAL UTS SEMESTER GANJIL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2015/2016

MATA DIKLAT                                     : Pendidikan Agama Islam (PAI)        
KELAS/PROG. KEAHLIAN                                : x
PENGAJAR                                          : Anang Saepudin, MPdI
 
Soal Uraian :
 1.     Kita tentu pernah mengalami sakit atau musibah baik ringan atau berat, sehingga timbul sikap-sikap tertentu dalam diri kita sendiri. Bagaimana cara Anda  menyikapi kehadiran Allah SWT di waktu sakit atau mendapat musibah ?

2.   “Kisah Nabi Ibrahim as Mencari Tuhan”
“Nabi Ibrahim as adalah putra Azar. Ia dilahirkan di wilayah Kerajaan babilonia yang saat itu diperintah oleh Raja Namrud. Namrud adalah raja yang sangat sombong yang mengaku dirinya Tuhan. Raja Namrud juga dikenal sangat kejam kepada siapa saja yang menentang kekuasaannya…………….”

Dari artikel tersebut di atas, hikmah apa yang dapat Anda dapatkan?  Berikan penjelasan mendalam (menganalisis) tentang hikmah tersebut, kaitannya dengan salah satu dari Asmaul Husna ( Al Kariim, Ar-Rohman, al-Wakiil, al-Matiin,          al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)

3.     Banyak mereka yang telah mengubah penampilan menjadi berpakaian yang Islami.
-          Apakah dengan penampilan tersebut sudah bisa mencerminkan pribadi yang baik ? Jelaskan pendapat anda disertai alasan-alasan dan data-data yang mendukung alasan tersebut !
-          Buatkan peta konsep jawaban anda tersebut !

4.     Terdapat pernyataan yang sering muncul di tengah-tengah masyarakat , “…………Lebih baik tidak berjilbab, tetapi sopan pada sesama, menjaga perkataan dusta dan gibah,  daripada berjilbab tetapi tidak berakhlak baik pada sesama………….”.

Evaluasilah dan Kritisilah pernyataan tersebut di atas, dan buatkan peta konsep hasil evaluasi tersebut !

5.     Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGcB7zdg6Wwt1Xvt4irNawd5eJk1XM2Gsl5yjVa8MYGZIsQkjNuHS9Ucq2sRGWdkd1isbdcyfN_Khg1B8vbj7Fp6bRVE6Kj9znzslwPyDv7G5MvUY03JmqT8fIzAsIZ28cKez3imEn9e4/s1600/tentara-wanita-malaysia.jpgDescription: Hasil gambar untuk olimpiade voli pantai di bali yamanDescription: Hasil gambar untuk POLISI JILBABPerhatikan gambar-gambar berikut ini !




 
      Setelah mengamati gambar tersebut di atas, Buatkan minimal  5 pertanyaan berkaitan “Berpakaian Islami ”


ÇÊÊÒÈ  
SOAL UAS SEMESTER GANJIL

SMK MJPS 1 TASIKMALAYA

TAHUN 2015/2016



MATA DIKLAT                                     : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

HARI/TANGGAL                                 : Kamis, 03-12-2015

KELAS/PROG. KEAHLIAN              : X / Semua Program Keahlian

WAKTU                                                 : 60 menit

PENGAJAR                                          : Anang Saepudin, MPdI ;

 

Soal Uraian : 360

1.     Di bawah ini  beberapa perilaku mulia sebagai keutamaan (fungsi) pengamalan berpakaian Islami.
Lakukan Verifikasi  terhadap beberapa perilaku mulia dalam table di bawah ini sebagai keutamaan (fungsi) pengamalan berpakaian Islami.
KEMUDIAN jelaskan keterkaitannya dengan Keimanan !

No.
PERILAKU MULIA
(fungsi berpakaian islami)
VERIFIKASI
(kesesuaian/ketidaksesuaian)
KETERKAITAN DENGAN KEIMANAN
1.
Sopan santun dan ramah tamah


2.
Amar Ma’ruf Nahyi  Munkar



2.    Perhatikan ayat  berikut : QS. At-Taubah : 119 dan Identifikasilah manfaat kejujuran dari ayat tersebut !
119. Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.

3.     Berikan 4 (empat)  alasan bahwa AL-QUR’AN sangat layak dijadikan SUMBER HUKUM  Islam !

4.    Buatkan Peta Konsep tentang  SUMBER  HUKUM  ISLAM !

Rounded Rectangle: SUMBER HUKUM ISLAMContoh :
 

No comments:

Post a Comment