SOAL UAS
SEMESTER GANJIL
SMK MJPS
1 TASIKMALAYA
TAHUN
2015/2016
KELAS/PROG. KEAHLIAN : XII / Semua Program Keahlian
WAKTU : 60 menit
PENGAJAR : Anang Saepudin, MPdI ;
Bacalah
Basmalah terlebih dahulu !
1. Identifikasi problem (kesalahan) pada ayat di bawah ini ( QS. Ali Imran ayat 190-191 )
No.
|
KESALAHAN AYAT
|
LOKASI KESALAHAN
|
PEMBUKTIAN / VERIFIKASI
DENGAN DATA-DATA
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
2. Jelaskan keterkaitan antara
Berfikir kritis (berfikir beserta alasan) dengan Tanda orang berakal (tafakur)
3. Identifikasilah Perilaku Iman
kpd Hari Akhir dan Perilaku Tanggug Jawab, kemudian Jelaskan keterkaitannya
No.
|
PERILAKU IMAN PD HARI
AKHIR
|
PERILAKU TANGGUNG JAWAB
|
KETERKAITAN
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
4. Buatkan PETA PEMIKIRAN berkaitan dengan “BERIMAN KEPADA HARI AKHIR”
SMK MJPS
1 TASIKMALAYA
TAHUN
2015/2016
MATA DIKLAT :
Pendidikan Agama Islam (PAI)
KELAS/PROG. KEAHLIAN : x
PENGAJAR :
Anang Saepudin, MPdI
Soal
Uraian :
1. Kita tentu pernah mengalami
sakit atau musibah baik ringan atau berat, sehingga timbul sikap-sikap tertentu
dalam diri kita sendiri. Bagaimana cara Anda
menyikapi kehadiran Allah SWT di waktu sakit atau mendapat musibah ?
2. “Kisah Nabi Ibrahim as
Mencari Tuhan”
“Nabi Ibrahim as adalah putra Azar. Ia
dilahirkan di wilayah Kerajaan babilonia yang saat itu diperintah oleh Raja
Namrud. Namrud adalah raja yang sangat sombong yang mengaku dirinya Tuhan. Raja
Namrud juga dikenal sangat kejam kepada siapa saja yang menentang
kekuasaannya…………….”
Dari
artikel tersebut di atas, hikmah apa yang dapat Anda dapatkan? Berikan penjelasan mendalam (menganalisis)
tentang hikmah tersebut, kaitannya dengan salah satu dari Asmaul Husna ( Al
Kariim, Ar-Rohman, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
3. Banyak mereka yang telah
mengubah penampilan menjadi berpakaian yang Islami.
-
Apakah
dengan penampilan tersebut sudah bisa mencerminkan pribadi yang baik ? Jelaskan
pendapat anda disertai alasan-alasan dan data-data yang mendukung alasan
tersebut !
-
Buatkan
peta konsep jawaban anda tersebut !
4. Terdapat pernyataan yang
sering muncul di tengah-tengah masyarakat , “…………Lebih baik tidak berjilbab, tetapi sopan
pada sesama, menjaga perkataan dusta dan gibah,
daripada berjilbab tetapi tidak berakhlak baik pada sesama………….”.
Evaluasilah
dan Kritisilah pernyataan tersebut di atas, dan buatkan peta konsep hasil
evaluasi tersebut !
5. Perhatikan gambar-gambar berikut ini !
Setelah mengamati gambar tersebut di
atas, Buatkan minimal 5 pertanyaan
berkaitan “Berpakaian Islami ”
ÇÊÊÒÈ
SOAL UAS
SEMESTER GANJIL
SMK MJPS
1 TASIKMALAYA
TAHUN
2015/2016
MATA DIKLAT :
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HARI/TANGGAL :
Kamis, 03-12-2015
KELAS/PROG. KEAHLIAN : X / Semua Program Keahlian
WAKTU :
60 menit
PENGAJAR : Anang Saepudin, MPdI ;
Soal
Uraian : 360
1. Di bawah ini beberapa perilaku mulia sebagai keutamaan
(fungsi) pengamalan berpakaian Islami.
Lakukan
Verifikasi terhadap beberapa perilaku
mulia dalam table di bawah ini sebagai keutamaan (fungsi) pengamalan berpakaian
Islami.
KEMUDIAN
jelaskan keterkaitannya dengan Keimanan !
No.
|
PERILAKU MULIA
(fungsi berpakaian
islami)
|
VERIFIKASI
(kesesuaian/ketidaksesuaian)
|
KETERKAITAN DENGAN
KEIMANAN
|
1.
|
Sopan santun dan ramah tamah
|
||
2.
|
Amar Ma’ruf Nahyi Munkar
|
2. Perhatikan ayat berikut : QS. At-Taubah : 119 dan Identifikasilah manfaat kejujuran
dari ayat tersebut !
119. Hai
orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama
orang-orang yang benar.
3. Berikan 4 (empat) alasan bahwa AL-QUR’AN sangat layak dijadikan
SUMBER HUKUM Islam !
4. Buatkan Peta Konsep
tentang SUMBER HUKUM
ISLAM !
Contoh
:
No comments:
Post a Comment