Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas :
XII
Pertemuan Ke :
1-4
Semester : 6
Alokasi Waktu :
3x45 menit : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.9 Menganalisis dan mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di
di Indonesia.
I.
INDIKATOR
Menganalisis dan mengevaluasi
faktor-faktor kemunduran peradaban Islam di dunia
II.
MATERI POKOK
ISLAM
DUNIA
FAKTOR
KEMUNDURAN PERADABAN ISLAM
III.
PENDEKATAN, MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base
Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Gambar berikut ini. Buku Halaman 196
2. Menemukan pesan-pesan yang ada pada
gambar di atas.
3. Mengkomunikasikan
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
|
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
-
Mengamati Buku PAI KELAS XII Halaman 199-205
-
Memverifikasi/Evaluasi
-
Mempresentasikan di depan kelas.
-
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
V.
SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
I.
PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
...................................................................................................................
LKS BAB X
PERTEMUAN KE-1
ANALISIS
DAN EVALUASI FAKTOR KEMAJUAN PERADABAN ISLAM DUNIA
KOMPETENSI DASAR :
3.10 Menganalisisdan mengevaluasi faktor-faktor kemajuan peradaban
Islam di dunia.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
4.
Mengamati Gambar berikut ini. Buku Halaman 196
5.
Menemukan
pesan-pesan yang ada pada gambar
di atas.
LKS BAB X
PERTEMUAN KE-2
ANALISIS
DAN EVALUASI FAKTOR KEMUNDURAN PERADABAN ISLAM DUNIA
KOMPETENSI DASAR :
3.11 Menganalisis dan mengevaluasi
faktor-faktor kemunduran peradaban
Islam di
dunia
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.
Mengamati Buku PAI KELAS XII Halaman 199-205
NO.
|
PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA
|
FAKTOR KEMUNDURAN
|
1.
|
Perkembangan
Islam Di India
|
|
2.
|
Perkembangan
Islam Di Pakistan
|
|
3.
|
Perkembangan
Islam Di Afganistan
|
|
4.
|
Perkembangan
Islam Di Tiongkok
|
|
5.
|
Perkembangan
Islam Di Singapura
|
|
6.
|
Perkembangan
Islam di Thailand
|
|
7.
|
Perkembangan
Islam di Filifina
|
|
8.
|
Perkembangan
Islam di Malaysia
|
|
9.
|
Perkembangan
Islam di Brunei Darussalam
|
Mengamati
Buku PAI KELAS XII Halaman 199-205
NO.
|
PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA
|
FAKTOR PE NDUKUNG
|
10.
|
Perkembangan
Islam Di Ethiopia
|
|
11.
|
Perkembangan
Islam Di Mesir
|
|
12.
|
Perkembangan
Islam Di Afrika Utara
|
|
13.
|
Perkembangan
Islam Di Amerika
|
|
14.
|
Perkembangan
Islam Di Eropa
|
|
15.
|
Perkembangan
Islam di Spanyol
|
|
16.
|
Perkembangan
Islam di Rusia
|
|
17.
|
Perkembangan
Islam di Inggris
|
|
18.
|
Perkembangan
Islam di Australia
|
2.
Memverifikasi/Evaluasi
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
3.
Mempresentasikan di depan kelas.
No comments:
Post a Comment