LEMBAR KERJA SISWA (LKS) - PAI - KELAS X - KURIKULUM 2013



KATA PENGANTAR
Alhamdulillah segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Swt yang telah memberikan banyak nikmat kepada kita semua, juga rohmat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjunan umat Rasulullah Saw, keluarga sahabat dan seluruh umat yang memegang teguh ajaran-ajarannya.
Pemberlakuan Kurikulum 2013 merupakan hal yang sangat positif dan mendukung kearah kemajuan karena proses pembelajaran pada kurikulum 2013 ini benar-benar mengaktifkan siswa dan membuat siswa berfikir lebih mendalam dan kritis.
Namun satu hal yang menjadi ganjalan dimana guru sebagai pembimbing kearah ketercapaian kurikulum 2013 ini masih banyak yang belum memiliki pegangan (buku) yang memadai untuk menjalankan kurikulum 2013 ini.
Kami sebagai guru mencoba mencari jalan agar tercapainya tujuan di atas yaitu dengan menyusun Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dengan pendekatan Saintifik dan model discovery learning, projek base learning dan problem base learning. Dimana diharapkan pada proses pembelajaran benar-benar sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.
Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh teman-teman yang telah mendukung keterlaksanaannya pembuatan Buku Langkah Mengajar ini, baik itu dukungan moril maupun dukungan materil.
Akhirnya kami menyadari bahwa penyusunan buku ini sangat jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mohon kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan di masa mendatang.


 
BAB I
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS MAKNA ASMAUL HUSNA
KOMPETENSI DASAR :
3.3       Menganalisis makna Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-          
             Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
4.3        Menyajikan hubungan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-
Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku  keluhuran 
budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN : (DL)
1.    Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 4-7  tentang : Makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min.
2.    Mengidentifikasi Makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min
No.
MAKNA ASMAUL HUSNA
AL-KARIM
SUMBER
1.
Allah SWT yang memberikan segala nikmat kepada manusia
-Buku PAI Kls X
-QS. Al Infithar : 6
-Hadits Nabi SAW
-Internet
2.




3.






AL-MU’MIN
SUMBER
1.




2.





3.    Memverifikasi makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min (menjelaskan hubungan Makna Al-Karim atau Al-Mu’min dengan berbagai Sumber.
Contoh : Verifikasi ke-1 : Berdasarkan salah satu sumber yang meyebutkan bahwa “Allah SWT lah yang memberikan segala nikmat kepada manusia”, maka dapat diyakini bahwa Allah SWT yang memberikan segala nikmat kepada manusia merupakan MAKNA dari AL-KARIM. Hal ini di dijelaskan dalam QS………………………… dan dalam hadits riwayat ……………………
Verifikasi ke ……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
BAB I
PERTEMUAN KE-2

MENGANALISIS MAKNA ASMAUL HUSNA

KOMPETENSI DASAR :
3.3       Menganalisis makna Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-          
             Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
4.3        Menyajikan hubungan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-
Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku  keluhuran 
budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN : (5M)
1.    Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 7-9  tentang : Makna Asmaul Husna Al-Wakil dan Al-Matin.
2.    Membuat pertanyaan terkait Makna Asmaul Husna Al Wakil dan Al-Matin
No.
PERTANYAAN MAKNA ASMAUL HUSNA
AL-WAKIL
AL-MATIN
1.
Bagaimana cara Allah SWT memlihara seluruh alam ini ?


2.




3.




4.




5.





3.    Mengumpulkan data-data terkait pertanyaan tersebut dari berbagai sumber :
(Dari Al-Qur’an, Hadits, Internet, Buku PAI, dll)
4.    Mengolah data dan menyimpulkan hasil pengolahan sebagai jawaban atas pertanyaan tadi.

Kesimpulan untuk pertanyaan ke……….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAB I
PERTEMUAN KE-3

MENGANALISIS MAKNA ASMAUL HUSNA

KOMPETENSI DASAR :
3.3       Menganalisis makna Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-          
             Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
4.3        Menyajikan hubungan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-
Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku  keluhuran 
budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN : (IL)
1.    Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 7-9  tentang :
2.    Memfokuskan permasalahan (Makna Asmul Husna Al-Jami, Al-Adil, Al-Akhir)
3.    Membuat Peta Konsep mengenai Makna Asmaul Husna Al-Jami, Al-Adil dan Al-Akhir, dan mempresentasikan di depan kelas.
PETA PEMIKIRAN DENGAN JUDUL :
………………………………………………………………………………………………..



























BAB I
PERTEMUAN KE-4

MENYAJIKAN HUBUNGAN ASMAUL HUSNA DENGAN KELUHURAN BUDI


KOMPETENSI DASAR :
3.3       Menganalisis makna Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-          
             Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
4.3        Menyajikan hubungan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-
Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku  keluhuran 
budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil.

KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN : (DL)
1.    Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 16 – 17
2.    Mengidentifikasi hubungan makna asmaul husna dengan perilaku sehari-hari
No.
MAKNA ASMAUL HUSNA
AL-KARIM
PERILAKU SEHARI-HARI
1.
Allah swt Maha dermawan

Mengembangkan sifat dermawan
2.




AL-WAKIL

1.



2.




AL-MATIN

1.



2.




AL-JAMI

1.



2.




AL-ADIL

1.



2.




AL-AKHIR

1.



2.




3.    Mengumpulkan data dari berbagai sumber dan Membuat Peta Konsep dalam rangka memverifikasi hubungan makna asmaul husna dengan perilaku. Kemudian mempresentasikan (memverifikasi) di depan kelas.
MEMBUAT PETA PEMIKIRAN
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
BAB II
PERTEMUAN  KE-1

MENGANALISIS KETENTUAN BERPAKAIAN SESUAI SYARIAT ISLAM

KOMPETENSI DASAR :
3.5    Menganalisisketentuan berpakaian sesuai syariat Islam.
4.5    Menyajikan keutamaan tatacara berpakaian sesuai syariat Islam.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN : (PBL)
1.    Mengamati Video atau Gambar
 
Gb. Orang Sedang membakar Jilbab
2.    Mengidentifikasi Problem (Masalah)
1.       Masalah ke-1 ……………………………………………………………………………………………………………………………….
2.       Masalah ke-2 ……………………………………………………………………………………………………………………………….
3.       Masalah ke-3 ……………………………………………………………………………………………………………………………….
4.       Masalah ke-4 ……………………………………………………………………………………………………………………………….
5.       Masalah ke-5 ……………………………………………………………………………………………………………………………….
3.    Mengumpulkan data-data dari Buku Halaman 21-29, dan dari media lain
4.    Mengolah data untuk mencari solusi dengan dukungan dat-data dari berbagai sumber :
Dilanjutkan dengan membuat Peta Konsep dan Presentasi di depan kelas
1.         Solusi dari masalah ke- ………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAB II
PERTEMUAN KE-2

MENGANALISIS KETENTUAN BERPAKAIAN SESUAI SYARIAT ISLAM

KOMPETENSI DASAR :
3.5    Menganalisis ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam.
4.5    Menyajikan keutamaan tata cara berpakaian sesuai syariat Islam.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN : (5M)
1.     Mengamati gambar-gambar berikut ini !

2.      Setelah mengamati gambar tersebut di atas, Buatkan minimal  5 pertanyaan berkaitan “Berpakaian Islami ”
1.       Pertanyaan ke-1 ………………………………………………………………………………………………………………………….
2.       Pertanyaan ke-2 ………………………………………………………………………………………………………………………….
3.       Pertanyaan ke-3 ………………………………………………………………………………………………………………………….
4.       Pertanyaan ke-4 ………………………………………………………………………………………………………………………….
5.       Pertanyaan ke-5 ………………………………………………………………………………………………………………………….
3.     Mengumpulkan data-data terkait pertanyaan yang diajukan dari berbagai sumber.
6.     Mengolah data dan menyimpulkannya dilanjutkan dengan membuat Peta Pemikiran dan Presentasi.
1.       Kesimpulan pertanyaan ke  …………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

BAB II

PERTEMUAN KE-3

MENYAJIKAN KEUTAMAAN TATA CARA BERPAKAIAN SESUAI SYARIAT ISLAM

KOMPETENSI DASAR :
3.5    Menganalisisketentuan berpakaian sesuai syariat Islam.
4.5    Menyajikan keutamaan tata cara berpakaian sesuai syariat Islam.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN : (DL)
1.         Mengamati Menerapkan perilaku mulia pada BUKU PAI SMK Kelas XII  halaman 28.
2.         Memverifikasi dan mengevaluasi  Keutamaan (Fungsi) Berpakaian sesuai syari’at islam (Pada halaman 28)

No.
PERILAKU MULIA
 BERPAKAIAN ISLAMI
VERIFIKASI
1.
Sopan santun dan ramah

Merupakan manfaat dari berpakaian Islami karena…………….. (didukung data dari berbagai sumber)







2.
Jujur dan amanah







3.
Gemar beribadah







4.
Gemar Menolong







5.
Amar Ma’ruf Nahi Munkar













3.         Mempresentasikan di depan kelas
BAB III
PERTEMUAN KE-1

MENGANALISIS MANFAAT KEJUJURAN

KOMPETENSI DASAR :
3.6        Menganalisismanfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
  4.6        Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-    
                Hari dengan keimanan
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN : (DL)
1. Mengamati artikel di Buku halaman 32 s.d. 39
    Contoh mengamati buku halaman 37  : yaitu :
    QS. At-Taubah 119 :
$pkšr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qà)®?$# ©!$# (#qçRqä.ur yìtB šúüÏ%Ï»¢Á9$# ÇÊÊÒÈ  
119. Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.
2. Mengidentifikasi  manfaat-manfaat Kejujuran !
No.
MANFAAT KEJUJURAN
KETERANGAN
1
Digolongkan kepada orang beriman dan bertakwa


Buku halaman 35
QS. At Taubah : 119
2




3




4




4. Kumpulkan data-data berkaitan dengan hasil identifikasi tersebut !
5. Lakukan Pembuktian / Verifikasi ! dan dilanjutkan dengan membuat Peta Konsep dan Presentasi
Contoh : Setelah diadakan pengamatan terhadap ayat di atas maka dapat diambil salah satu manfaat kejujuran yaitu :“Akan digolongkan kepada orang beriman dan orang yang bertakwa”. Hal ini dapat di benarkan karena ……………
(alasan diambil dari data-data yang dikumpulkan)
Verifikasi ke-  …………………………………………………………….……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAB III
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KAITAN PERILAKU JUJUR DENGAN KEIMANAN
KOMPETENSI DASAR :
3.6        MenganalisisNmanfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
  4.6        Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-    
                Hari dengan keimanan
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN : (DL)
1. Mengamati Buku Halaman 41 : Menerapkan Perilaku Mulia
2. Mengevaluasi penerapan perilaku jujur pada halaman 41 di atas, apakah ke-11 point tersebut benar-benar merupakan Penerapan Perilaku Jujur ? Berikan alasan dengan di dukung data-data yang ada.
NO
PERILAKU JUJUR
VERIFIKASI
KETERKAITAN DENGAN KEIMANAN
1.
Meminta izin / pamitan




2.
Tidak minta sesuatu diluar kemampuan ort
Bukan merupakan indikator perilaku jujur karena…………..



Tidak ada keterkaitan dengan keimanan karena…………………..
3.
Mengembalikan uang sisa belanja walau tak diketahui



4.





5.







6.







7.







8.







9.







10.







11.







4.    Membuat Peta Konsep  dan  Mempresentasikan di depan kelas
BAB IV
PERTEMUAN KE-1

MENGANALISIS KEDUDUKAN ALQUR'AN SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM

KOMPETENSI DASAR :
3.8       Menganalisis kedudukan al-Qur’an, hadis, dan  ijtihad sebagai sumber
Hukum Islam.
      4.8    Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN : (DL)
1. Mengamati buku PAI Kelas X halaman 45 - 49
2. Mengidentifikasi  bukti-bukti dan alasan bahwa Al-Qur'an berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam atau sebagai sumber hukum Islam.
No.
BUKTI/ALASAN AL-QUR’AN SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
KETERANGAN
1.
Ditetapkan Allah SWT untuk mentaati Allah SWT ( Al-Qur’an)
- Buku PAI Kelas XII hal.47
- QS. An-nisa : 59
- Hadits Riwayat…………..
2.




3.




4.




5.





3.. Mencari data pendukung lainnya untuk proses Verifikasi dan Evaluasi
4.. Melakukan Proses Verifikasi :  Contoh sbb :
Pada buku tertulis :"Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa : 59 - Wahai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul-Nya (Muhammad saw) dan ulil amri diantara kamu. Kemudian jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.....". Maka dapat diidentifikasi bukti/alasan  Al-Qur'an sebagai sumber hukum Islam, yaitu disebabkan telah ditetapkan oleh Allah SWT untuk mentaati Allah SWT dan taat kepada Allah SWT dilakukan melalui Al-Qur'an yg di bawakan oleh Rasul-Nya. Jadi Al-Qur'an berkedudukan sebagai sumber hukum Islam.
VERIFIKASI KE- .……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB IV
PERTEMUAN KE-2

MENGANALISIS KEDUDUKAN AL-HADITS SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM

KOMPETENSI DASAR :
3.8    Menganalisis kedudukan al-Qur’an, hadits, dan  ijtihad sebagai sumber 
          Hukum Islam
4.8    Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati buku PAI Kelas X halaman 49-52
2. Mengidentifikasi  bukti-bukti dan alasan bahwa Al-Hadits berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam.
No.
BUKTI/ALASAN AL-HADITS SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
KETERANGAN
1.
Ditetapkan Allah SWT untuk mentaati Rasul-Nya ( Al-Hadits)
- Buku PAI Kelas XII hal.47
- QS. An-nisa : 59















3.. Mencari data pendukung lainnya untuk proses Verifikasi dan Evaluasi
4.. Melakukan Proses Verifikasi : Contoh sbb :
Pada buku tertulis :"Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa : 59 - Wahai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul-Nya (Muhammad saw) dan ulil amri diantara kamu. Kemudian jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.....".
Maka dapat diidentifikasi bukti/alasan  Al-Hadits  sebagai sumber hukum Islam, yaitu disebabkan telah ditetapkan oleh Allah SWT untuk mentaati Rasul-Nya dan taat kepada Rasul-Nya dilakukan melalui Al-Hadits (Sunnah)  yg di bawakan oleh Rasul-Nya. Jadi Al-Hadits  berkedudukan sebagai sumber hukum Islam.
VERIFIKASI KE- .……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB IV
PERTEMUAN KE-3

MENGANALISIS KEDUDUKAN IJTIHAD SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM

KOMPETENSI DASAR :
3.8    Menganalisis kedudukan al-ur’an, hadis, dan  ijtihad sebagai sumber hukum
Islam.
4.8    Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati buku PAI Kelas X halaman 52 - 56
2. Mengidentifikasi  bukti-bukti dan alasan bahwa Ijtihad berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam.

No.
BUKTI/ALASAN IJTIHAD SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
KETERANGAN
1.
Rasulullah Saw membolehkan kepada Muad Bin Jabal untuk melakukan Ijtihad jika tidak ada di Qur’an-Hadits
- Buku PAI Kelas  X hal …..
- Hadits
 Rasulullah Saw

















3.. Mencari data pendukung lainnya untuk proses Verifikasi dan Evaluasi
4.. Melakukan Proses Verifikasi : Contoh sbb :
Pada buku tertulis :"………………......".
Maka dapat diidentifikasi bukti/alasan  Al-Qur'an sebagai sumber hukum Islam, yaitu …………………………………………………………… Jadi Ijtihad berkedudukan sebagai sumber hukum Islam.
VERIFIKASI KE- .……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAB IV
PERTEMUAN KE-4

MENDESKRIPSIKAN MACAM-MACAM SUMBER HUKUM ISLAM


KOMPETENSI DASAR :
3.8    Menganalisis kedudukan al-ur’an, hadis, dan  ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
4.8    Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam.

KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.  Mengamati video tentang macam-macam sumber hukum Islam dan mengamati buku PAI SMK kelas X halaman 44-55.

      
     Video Khazanah : Trans7

2. Membuat Peta Pemikiran tentang Sumber Hukum Islam dan Macamnya. Kemudian mempresentasikan di depan kelas.
MEMBUAT PETA PEMIKIRAN
……………………………………………………………













BAB V
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS SUBSTANSI DAKWAH RASULULLAH SAW    
 DI MEKKAH
KOMPETENSI DASAR :
3.10  Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah
4.10  Menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan
dakwah Nabi Muhammad saw.di Makkah.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.    Mengamati Buku PAI KELAS X  Halaman  63 - 65
2.    Mengidentifikasi Substansi  Dakwah di Mekah
NO.
SUBSTANSI DAKWAH DI MEKKAH
KETERANGAN
1.
Dalam bidang Tauhid (Keesaan Allah SWT)
Buku PAI Halaman 63












3.    Memverifikasi/Evaluasi
Memverifikasi Hasil identifikasi substansi dakwah pada No. 2 yang didukung oleh data-data dari berbagai sumber.
Verifikasi ke ………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..

4.    Membuat Peta Konsep tentang Substansi Dakwah di Mekkah kemudian mempresentasikan
BAB V
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS STRATEGI DAKWAH RASULULLAH  SAW
DI MEKKAH
KOMPETENSI DASAR :
3.10  Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad
            saw. di Makkah
4.10  Menyajikan keterkaitan antarasubstansi dan strategi dengan keberhasilan
dakwah Nabi Muhammad saw.di Makkah.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.    Mengamati Buku PAI KELAS X  Halaman  65 - 78
2.    Membuat Peta Konsep tentang Strategi Dakwah di Mekkah kemudian Mempresentasikan di depan kelas.
Contoh :
MEMBUAT PETA KONSEP/PETA PEMIKIRAN
……………………………………………………………………….
STRATEGI DAKWAH
UMUM DIKETAHUI
BELUM DIKETAHUI
SEMBUNYI2
TERANG2AN
 


 BAB V
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KETERKAITAN ANTARA SUBSTANSI DAN STRATEGI DAKWAH DENGAN KEBERHASILAN DAKWAH RASULULLAH SAW DI MEKKAH
KOMPETENSI DASAR :
3.10  Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad
            saw. di Makkah
4.10  Menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan
dakwah Nabi Muhammad saw.di Makkah.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.    Mengamati Video / Gambar waktu “Pembebasan Kota Mekkah”

 
Video : Pembebasan Kota Makkah (Putuh Makkah)
2.    Membuat 5 pertanyaan terkait keberhasilan dakwah Rasul di Mekkah  dengan substansi dan strategi yang dilakukan oleh Rasulullah SAW di Mekkah.
1.       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
2.       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
3.       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
4.       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
5.       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

3.    Mengumpulkan data-data pendukung  dan Melakukan analisis (Pengolahan Data), selanjutnya membuat kesimpulan kemudian mempresentasikannya.
Pengolahan data dan menyimpulkannya sebagai jawaban untuk pertanyaan ke.…..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

3 comments: