KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah
segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Swt yang telah
memberikan banyak nikmat kepada kita semua, juga rohmat dan salam semoga
senantiasa dilimpahkan kepada junjunan umat Rasulullah Saw, keluarga sahabat
dan seluruh umat yang memegang teguh ajaran-ajarannya.
Pemberlakuan Kurikulum 2013 merupakan hal yang
sangat positif dan mendukung kearah kemajuan karena proses pembelajaran pada
kurikulum 2013 ini benar-benar mengaktifkan siswa dan membuat siswa berfikir
lebih mendalam dan kritis.
Namun satu hal yang menjadi ganjalan dimana
guru sebagai pembimbing kearah ketercapaian kurikulum 2013 ini masih banyak
yang belum memiliki pegangan (buku) yang memadai untuk menjalankan kurikulum
2013 ini.
Kami sebagai guru mencoba mencari jalan agar
tercapainya tujuan di atas yaitu dengan menyusun Lembar Aktivitas Siswa (LAS)
dengan pendekatan Saintifik dan model discovery learning, projek base learning
dan problem base learning. Dimana diharapkan pada proses pembelajaran
benar-benar sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.
Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh
teman-teman yang telah mendukung keterlaksanaannya pembuatan Buku Langkah
Mengajar ini, baik itu dukungan moril maupun dukungan materil.
Akhirnya kami menyadari bahwa penyusunan buku
ini sangat jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mohon kritik dan saran yang
membangun untuk perbaikan di masa mendatang.
BAB I
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS MAKNA ASMAUL HUSNA
KOMPETENSI
DASAR :
3.3 Menganalisis makna Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-
Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
4.3 Menyajikan hubungan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-
Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku
keluhuran
budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil.
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN : (DL)
1. Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 4-7 tentang : Makna Asmaul Husna Al-Karim dan
Al-Mu’min.
2. Mengidentifikasi Makna Asmaul Husna Al-Karim
dan Al-Mu’min
No.
|
MAKNA ASMAUL HUSNA
|
|
AL-KARIM
|
SUMBER
|
|
1.
|
Allah SWT yang memberikan segala nikmat kepada manusia
|
-Buku PAI Kls X
-QS. Al Infithar : 6
-Hadits Nabi SAW
-Internet
|
2.
|
||
3.
|
||
AL-MU’MIN
|
SUMBER
|
|
1.
|
||
2.
|
3. Memverifikasi makna Asmaul Husna Al-Karim dan
Al-Mu’min (menjelaskan hubungan Makna Al-Karim atau Al-Mu’min dengan berbagai Sumber.
Contoh : Verifikasi
ke-1 : Berdasarkan salah satu sumber
yang meyebutkan bahwa “Allah SWT lah yang memberikan segala nikmat kepada
manusia”, maka dapat diyakini bahwa Allah SWT yang memberikan segala nikmat
kepada manusia merupakan MAKNA dari AL-KARIM. Hal ini di dijelaskan dalam
QS………………………… dan dalam hadits riwayat ……………………
Verifikasi
ke ……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
BAB I
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS MAKNA ASMAUL HUSNA
KOMPETENSI
DASAR :
3.3 Menganalisis makna Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-
Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
4.3 Menyajikan hubungan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-
Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku
keluhuran
budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil.
KEGIATAN
INTI
PEMBELAJARAN : (5M)
1. Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 7-9 tentang : Makna Asmaul Husna Al-Wakil dan
Al-Matin.
2. Membuat pertanyaan terkait Makna Asmaul Husna
Al Wakil dan Al-Matin
No.
|
PERTANYAAN MAKNA ASMAUL HUSNA
|
|
AL-WAKIL
|
AL-MATIN
|
|
1.
|
Bagaimana cara Allah SWT memlihara seluruh alam ini ?
|
|
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
3. Mengumpulkan data-data terkait pertanyaan
tersebut dari berbagai sumber :
(Dari
Al-Qur’an, Hadits, Internet, Buku PAI, dll)
4. Mengolah data dan menyimpulkan hasil
pengolahan sebagai jawaban atas pertanyaan tadi.
Kesimpulan untuk pertanyaan
ke……….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAB I
PERTEMUAN KE-3
MENGANALISIS MAKNA ASMAUL HUSNA
KOMPETENSI
DASAR :
3.3 Menganalisis makna Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-
Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
4.3 Menyajikan hubungan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-
Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku
keluhuran
budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil.
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN : (IL)
1. Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman
7-9 tentang :
2. Memfokuskan permasalahan (Makna Asmul Husna Al-Jami,
Al-Adil, Al-Akhir)
3. Membuat Peta Konsep mengenai Makna Asmaul
Husna Al-Jami, Al-Adil dan Al-Akhir, dan mempresentasikan di depan kelas.
PETA
PEMIKIRAN DENGAN JUDUL :
………………………………………………………………………………………………..
BAB I
PERTEMUAN KE-4
MENYAJIKAN HUBUNGAN ASMAUL HUSNA DENGAN KELUHURAN BUDI
KOMPETENSI
DASAR :
3.3 Menganalisis makna Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-
Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
4.3 Menyajikan hubungan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-
Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku
keluhuran
budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil.
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN : (DL)
1. Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 16 –
17
2. Mengidentifikasi hubungan makna asmaul husna
dengan perilaku sehari-hari
No.
|
MAKNA ASMAUL HUSNA
|
|
AL-KARIM
|
PERILAKU SEHARI-HARI
|
|
1.
|
Allah swt Maha dermawan
|
Mengembangkan sifat
dermawan
|
2.
|
||
AL-WAKIL
|
||
1.
|
||
2.
|
||
AL-MATIN
|
||
1.
|
||
2.
|
||
AL-JAMI
|
||
1.
|
||
2.
|
||
AL-ADIL
|
||
1.
|
||
2.
|
||
AL-AKHIR
|
||
1.
|
||
2.
|
3. Mengumpulkan data dari berbagai sumber dan Membuat
Peta Konsep dalam rangka memverifikasi hubungan makna asmaul husna dengan
perilaku. Kemudian mempresentasikan (memverifikasi) di depan kelas.
MEMBUAT PETA
PEMIKIRAN
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
BAB II
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS KETENTUAN BERPAKAIAN SESUAI SYARIAT ISLAM
KOMPETENSI
DASAR :
3.5 Menganalisisketentuan berpakaian sesuai syariat Islam.
4.5 Menyajikan keutamaan tatacara berpakaian sesuai syariat Islam.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN : (PBL)
1. Mengamati Video atau Gambar
Gb. Orang Sedang membakar Jilbab
2. Mengidentifikasi Problem (Masalah)
1. Masalah ke-1
……………………………………………………………………………………………………………………………….
2. Masalah ke-2
……………………………………………………………………………………………………………………………….
3. Masalah ke-3 ……………………………………………………………………………………………………………………………….
4. Masalah ke-4
……………………………………………………………………………………………………………………………….
5. Masalah ke-5
……………………………………………………………………………………………………………………………….
3. Mengumpulkan data-data dari Buku Halaman
21-29, dan dari media lain
4. Mengolah data untuk mencari solusi dengan
dukungan dat-data dari berbagai sumber :
Dilanjutkan dengan membuat Peta
Konsep dan Presentasi di depan kelas
1.
Solusi
dari masalah ke- ………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAB II
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS KETENTUAN BERPAKAIAN SESUAI SYARIAT ISLAM
KOMPETENSI
DASAR :
3.5 Menganalisis ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam.
4.5 Menyajikan keutamaan tata
cara berpakaian sesuai syariat Islam.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN : (5M)
1. Mengamati gambar-gambar
berikut ini !
2. Setelah
mengamati gambar tersebut di atas, Buatkan minimal 5 pertanyaan berkaitan “Berpakaian Islami ”
1. Pertanyaan ke-1
………………………………………………………………………………………………………………………….
2. Pertanyaan ke-2
………………………………………………………………………………………………………………………….
3. Pertanyaan ke-3
………………………………………………………………………………………………………………………….
4. Pertanyaan ke-4 ………………………………………………………………………………………………………………………….
5. Pertanyaan ke-5
………………………………………………………………………………………………………………………….
3. Mengumpulkan
data-data terkait pertanyaan yang diajukan dari berbagai sumber.
6. Mengolah data dan
menyimpulkannya dilanjutkan dengan membuat Peta Pemikiran dan Presentasi.
1. Kesimpulan pertanyaan ke …………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAB II
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KEUTAMAAN TATA CARA BERPAKAIAN SESUAI SYARIAT ISLAM
KOMPETENSI
DASAR :
3.5 Menganalisisketentuan berpakaian sesuai syariat Islam.
4.5 Menyajikan keutamaan tata
cara berpakaian sesuai syariat Islam.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN : (DL)
1.
Mengamati Menerapkan perilaku mulia pada BUKU PAI SMK Kelas
XII halaman 28.
2.
Memverifikasi dan mengevaluasi Keutamaan (Fungsi) Berpakaian sesuai syari’at
islam (Pada halaman 28)
No.
|
PERILAKU MULIA
BERPAKAIAN ISLAMI
|
VERIFIKASI
|
1.
|
Sopan santun dan ramah
|
Merupakan manfaat dari berpakaian Islami karena……………..
(didukung data dari berbagai sumber)
|
2.
|
Jujur dan amanah
|
|
3.
|
Gemar beribadah
|
|
4.
|
Gemar Menolong
|
|
5.
|
Amar Ma’ruf Nahi Munkar
|
3.
Mempresentasikan di depan kelas
BAB III
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS MANFAAT KEJUJURAN
KOMPETENSI
DASAR :
3.6 Menganalisismanfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
4.6
Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-
Hari dengan keimanan
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN : (DL)
1. Mengamati
artikel di Buku halaman 32 s.d. 39
Contoh mengamati buku halaman 37 :
yaitu :
QS. At-Taubah 119 :
$pkr'¯»t úïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qà)®?$# ©!$# (#qçRqä.ur yìtB úüÏ%Ï»¢Á9$# ÇÊÊÒÈ
119. Hai orang-orang
yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang
yang benar.
2. Mengidentifikasi
manfaat-manfaat Kejujuran !
No.
|
MANFAAT KEJUJURAN
|
KETERANGAN
|
1
|
Digolongkan kepada orang beriman dan bertakwa
|
Buku halaman 35
QS. At Taubah : 119
|
2
|
||
3
|
||
4
|
4. Kumpulkan
data-data berkaitan dengan hasil identifikasi tersebut !
5. Lakukan
Pembuktian / Verifikasi ! dan dilanjutkan dengan
membuat Peta Konsep dan Presentasi
Contoh
: Setelah diadakan pengamatan terhadap ayat di atas maka dapat diambil salah
satu manfaat kejujuran yaitu :“Akan digolongkan kepada orang beriman dan orang
yang bertakwa”. Hal ini dapat di benarkan karena ……………
(alasan
diambil dari data-data yang dikumpulkan)
Verifikasi ke-
…………………………………………………………….……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAB III
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN
KAITAN PERILAKU JUJUR DENGAN KEIMANAN
KOMPETENSI
DASAR :
3.6 MenganalisisNmanfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
4.6
Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-
Hari dengan keimanan
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN : (DL)
1. Mengamati Buku
Halaman 41 : Menerapkan Perilaku Mulia
2. Mengevaluasi penerapan perilaku jujur pada halaman 41 di atas, apakah
ke-11 point tersebut benar-benar merupakan Penerapan Perilaku Jujur ? Berikan
alasan dengan di dukung data-data yang ada.
NO
|
PERILAKU
JUJUR
|
VERIFIKASI
|
KETERKAITAN
DENGAN KEIMANAN
|
1.
|
Meminta
izin / pamitan
|
||
2.
|
Tidak minta sesuatu
diluar kemampuan ort
|
Bukan merupakan
indikator perilaku jujur karena…………..
|
Tidak ada keterkaitan
dengan keimanan karena…………………..
|
3.
|
Mengembalikan
uang sisa belanja walau tak diketahui
|
||
4.
|
|||
5.
|
|||
6.
|
|||
7.
|
|||
8.
|
|||
9.
|
|||
10.
|
|||
11.
|
4. Membuat Peta Konsep dan
Mempresentasikan di depan kelas
BAB IV
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS KEDUDUKAN ALQUR'AN SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
KOMPETENSI DASAR :
3.8 Menganalisis kedudukan al-Qur’an, hadis, dan ijtihad sebagai sumber
Hukum Islam.
4.8 Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
: (DL)
1. Mengamati buku PAI Kelas
X halaman 45 - 49
2. Mengidentifikasi bukti-bukti dan
alasan bahwa Al-Qur'an berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam atau sebagai
sumber hukum Islam.
No.
|
BUKTI/ALASAN AL-QUR’AN
SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
|
KETERANGAN
|
1.
|
Ditetapkan Allah SWT
untuk mentaati Allah SWT ( Al-Qur’an)
|
- Buku PAI Kelas XII
hal.47
- QS. An-nisa : 59
- Hadits Riwayat…………..
|
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
3.. Mencari data pendukung lainnya
untuk proses Verifikasi dan Evaluasi
4.. Melakukan Proses Verifikasi : Contoh sbb :
Pada buku
tertulis :"Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa : 59 - Wahai orang-orang
yang beriman, taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul-Nya (Muhammad saw)
dan ulil amri diantara kamu. Kemudian jika kamu berbeda pendapat tentang
sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.....". Maka
dapat diidentifikasi bukti/alasan Al-Qur'an sebagai sumber hukum Islam,
yaitu disebabkan telah ditetapkan oleh Allah SWT untuk mentaati Allah SWT dan
taat kepada Allah SWT dilakukan melalui Al-Qur'an yg di bawakan oleh Rasul-Nya.
Jadi Al-Qur'an berkedudukan sebagai sumber hukum Islam.
VERIFIKASI KE- .……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB IV
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS KEDUDUKAN AL-HADITS SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
KOMPETENSI
DASAR :
3.8 Menganalisis kedudukan al-Qur’an, hadits, dan ijtihad sebagai sumber
Hukum Islam
4.8 Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati buku PAI Kelas
X halaman 49-52
2. Mengidentifikasi bukti-bukti dan
alasan bahwa Al-Hadits berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam.
No.
|
BUKTI/ALASAN AL-HADITS
SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
|
KETERANGAN
|
1.
|
Ditetapkan Allah SWT
untuk mentaati Rasul-Nya ( Al-Hadits)
|
- Buku PAI Kelas XII
hal.47
- QS. An-nisa : 59
|
3.. Mencari data pendukung lainnya
untuk proses Verifikasi dan Evaluasi
4.. Melakukan Proses Verifikasi :
Contoh sbb :
Pada buku
tertulis :"Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa : 59 - Wahai orang-orang
yang beriman, taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul-Nya (Muhammad saw)
dan ulil amri diantara kamu. Kemudian jika kamu berbeda pendapat tentang
sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.....".
Maka dapat
diidentifikasi bukti/alasan Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam, yaitu disebabkan
telah ditetapkan oleh Allah SWT untuk mentaati Rasul-Nya dan taat kepada Rasul-Nya
dilakukan melalui Al-Hadits (Sunnah) yg
di bawakan oleh Rasul-Nya. Jadi Al-Hadits berkedudukan sebagai sumber hukum Islam.
VERIFIKASI KE- .……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB IV
PERTEMUAN KE-3
MENGANALISIS KEDUDUKAN IJTIHAD SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
KOMPETENSI
DASAR :
3.8 Menganalisis kedudukan al-ur’an, hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum
Islam.
4.8 Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati buku PAI Kelas
X halaman 52 - 56
2. Mengidentifikasi bukti-bukti dan
alasan bahwa Ijtihad berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam.
No.
|
BUKTI/ALASAN IJTIHAD
SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
|
KETERANGAN
|
1.
|
Rasulullah Saw
membolehkan kepada Muad Bin Jabal untuk melakukan Ijtihad jika tidak ada di
Qur’an-Hadits
|
- Buku PAI Kelas X hal …..
- Hadits
Rasulullah Saw
|
3.. Mencari data pendukung lainnya
untuk proses Verifikasi dan Evaluasi
4.. Melakukan Proses Verifikasi :
Contoh sbb :
Pada buku
tertulis :"………………......".
Maka dapat
diidentifikasi bukti/alasan Al-Qur'an sebagai sumber hukum Islam, yaitu ……………………………………………………………
Jadi Ijtihad berkedudukan sebagai sumber hukum Islam.
VERIFIKASI KE- .……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAB IV
PERTEMUAN KE-4
MENDESKRIPSIKAN MACAM-MACAM SUMBER HUKUM ISLAM
KOMPETENSI
DASAR :
3.8 Menganalisis kedudukan al-ur’an, hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
4.8 Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati video tentang macam-macam sumber
hukum Islam dan mengamati buku PAI SMK kelas X halaman 44-55.
Video Khazanah : Trans7
2. Membuat Peta
Pemikiran tentang Sumber Hukum Islam dan Macamnya. Kemudian mempresentasikan di
depan kelas.
MEMBUAT PETA
PEMIKIRAN
……………………………………………………………
BAB V
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS
SUBSTANSI DAKWAH RASULULLAH SAW
DI MEKKAH
KOMPETENSI
DASAR :
3.10 Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah
4.10 Menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan
dakwah Nabi Muhammad saw.di Makkah.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati Buku PAI KELAS X Halaman
63 - 65
2. Mengidentifikasi Substansi Dakwah di Mekah
NO.
|
SUBSTANSI DAKWAH DI MEKKAH
|
KETERANGAN
|
1.
|
Dalam bidang Tauhid (Keesaan Allah SWT)
|
Buku PAI Halaman 63
|
3. Memverifikasi/Evaluasi
Memverifikasi Hasil identifikasi substansi dakwah pada No. 2 yang
didukung oleh data-data dari berbagai sumber.
Verifikasi ke
………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
4.
Membuat Peta
Konsep tentang Substansi Dakwah di Mekkah kemudian mempresentasikan
BAB V
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS
STRATEGI DAKWAH RASULULLAH SAW
DI MEKKAH
KOMPETENSI
DASAR :
3.10 Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad
saw. di Makkah
4.10 Menyajikan keterkaitan antarasubstansi dan strategi dengan keberhasilan
dakwah Nabi Muhammad saw.di Makkah.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati Buku PAI KELAS X Halaman
65 - 78
2. Membuat Peta Konsep tentang Strategi Dakwah di Mekkah kemudian Mempresentasikan
di depan kelas.
Contoh :
MEMBUAT PETA
KONSEP/PETA PEMIKIRAN
……………………………………………………………………….
STRATEGI
DAKWAH
|
UMUM
DIKETAHUI
|
BELUM
DIKETAHUI
|
SEMBUNYI2
|
TERANG2AN
|
BAB V
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN
KETERKAITAN ANTARA SUBSTANSI DAN STRATEGI DAKWAH DENGAN KEBERHASILAN DAKWAH
RASULULLAH SAW DI MEKKAH
KOMPETENSI
DASAR :
3.10 Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad
saw. di Makkah
4.10 Menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan
dakwah Nabi Muhammad saw.di Makkah.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati Video / Gambar waktu
“Pembebasan Kota Mekkah”
Video :
Pembebasan Kota Makkah (Putuh Makkah)
2. Membuat 5 pertanyaan
terkait keberhasilan dakwah Rasul di Mekkah
dengan substansi dan strategi yang dilakukan oleh Rasulullah SAW di
Mekkah.
1. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
2. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
3. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
4. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
5. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
3. Mengumpulkan data-data
pendukung dan Melakukan analisis
(Pengolahan Data), selanjutnya membuat kesimpulan kemudian mempresentasikannya.
Pengolahan data dan menyimpulkannya sebagai jawaban untuk pertanyaan
ke.…..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Izin copas ya pak
ReplyDeleteIzin download pa
ReplyDeletega bisa di download ya?
ReplyDelete