Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas :
XI
Pertemuan Ke :
1-2-3-4
Semester : 6
Alokasi Waktu :
3x45 menit : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.9 Menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
4.9 Mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
I.
INDIKATOR
II. MATERI
POKOK
Ekonomi Islam
Prinsip ekonomi Islam
Praktik ekonomi Islam
III.
PENDEKATAN, MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem
Base Learning, Project Base Learing
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Gambar
pada Buku PAI KELAS XI Halaman 141 :
2.
Memberikan tanggapan terhadp masing-masing gambar tersebut
3.
Memverifikasi/evaluasi dengan membandingkan data-data yang ada dari berbagai sumber, kemudian
4. Mempresentasikan
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Buku PAI KELAS XI Halaman 143 - 159
2.
Membuat 3 (tiga
buah) Peta Pemikiran dari hasil pengamatannya, dengan rincian sbb :
-
Peta Pemikiran 1 : Tentang Jual Beli
-
Peta Pemikiran 2 : Tentang Utang – Piutang
-
Peta Pemikiran 3 : Tentang Sewa-menyewa
3.
Mempresentasikan/mengkomunikasikan
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
KETIGA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Buku PAI KELAS XI Halaman 143 - 159
2.
Membuat 3 (tiga
buah) Peta Pemikiran dari hasil pengamatannya, dengan rincian sbb :
-
Peta Pemikiran 4 : Syirkah
-
Peta Pemikiran 5 : Perbankan
-
Peta Pemikiran 6 : Asuransi
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
IV.PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
.........................................................................................
LKS BAB IX
PERTEMUAN KE-1
MENELAAH
PRINSIP DAN PRAKTIK EKONOMI ISLAM
1.
Mengamati Gambar pada Buku PAI
KELAS XI Halaman 141 :
2.
Memberikan tanggapan terhadp masing-masing gambar tersebut
NO.
|
BAHAN PENGAMATAN
|
TANGGAPAN SISWA
TENTANG
PRINSIP&PRAKTIK EKONOMI ISLAM
|
Gb.Berjualan
|
||
Gb. Menimbang
|
||
Gb. Bank Syariah
|
3.
Memverifikasi/evaluasi dengan
membandingkan data-data yang ada dari
berbagai sumber, kemudian mempresentasikan di depan kelas.
Verifikasi
LKS BAB IX
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN
PRINSIP DAN PRAKTIK EKONOMI ISLAM
KOMPETENSI DASAR :
3.9 Menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
4.9 Mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
4.
Mengamati Buku PAI KELAS XI Halaman 143 - 159
5.
Membuat 3 (tiga buah) Peta
Pemikiran dari hasil pengamatannya, dengan rincian sbb :
-
Peta Pemikiran 1 : Tentang Jual Beli
-
Peta Pemikiran 2 : Tentang Utang – Piutang
-
Peta Pemikiran 3 : Tentang Sewa-menyewa
Membuat Peta Pemikiran tentang :
……………………………………………………………………………………………………
LKS BAB IX
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN
PRINSIP DAN PRAKTIK EKONOMI ISLAM
Mengamati Buku PAI KELAS XI
Halaman 143 - 159
Membuat 3 (tiga buah) Peta Pemikiran dari hasil
pengamatannya, dengan rincian sbb :
-
Peta Pemikiran 4 : Syirkah
-
Peta Pemikiran 5 : Perbankan
-
Peta Pemikiran 6 : Asuransi
Membuat Peta Pemikiran tentang :
……………………………………………………………………………………………………
No comments:
Post a Comment