RPP PAI SMK KLS XI - BAB 09 - TH.2016-2017 - EKONOMI ISLAM



Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas                            : XI
Pertemuan Ke               : 1-2-3-4
Semester                      : 6
Alokasi Waktu               : 3x45 menit      : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti                         :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar                     :
3.9    Menelaah  prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
4.9    Mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.


I.  INDIKATOR
II. MATERI POKOK
Ekonomi Islam
Prinsip ekonomi Islam
Praktik ekonomi Islam

III.     PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan          : Scientific ( 5 M )
Model                  : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi

IV.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Gambar  pada Buku PAI KELAS XI Halaman 141 :
2.    Memberikan tanggapan terhadp masing-masing gambar tersebut
3.    Memverifikasi/evaluasi  dengan membandingkan data-data  yang ada dari berbagai sumber, kemudian
4.    Mempresentasikan

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Buku PAI KELAS XI Halaman 143 - 159
2.    Membuat  3 (tiga buah) Peta Pemikiran dari hasil pengamatannya, dengan rincian sbb :
-          Peta Pemikiran 1 : Tentang Jual Beli
-          Peta Pemikiran 2 : Tentang Utang – Piutang
-          Peta Pemikiran 3 : Tentang Sewa-menyewa
3.    Mempresentasikan/mengkomunikasikan

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
KETIGA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Buku PAI KELAS XI Halaman 143 - 159
2.    Membuat  3 (tiga buah) Peta Pemikiran dari hasil pengamatannya, dengan rincian sbb :
-          Peta Pemikiran 4 : Syirkah
-          Peta Pemikiran 5 : Perbankan
-          Peta Pemikiran 6 : Asuransi

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

IV.PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI


.........................................................................................


LKS BAB IX
PERTEMUAN KE-1
MENELAAH PRINSIP DAN PRAKTIK EKONOMI ISLAM
1.    Mengamati Gambar  pada Buku PAI KELAS XI Halaman 141 :
                        

2.    Memberikan tanggapan terhadp masing-masing gambar tersebut
NO.
BAHAN PENGAMATAN
TANGGAPAN SISWA
TENTANG PRINSIP&PRAKTIK EKONOMI ISLAM

Gb.Berjualan



Gb. Menimbang


Gb. Bank Syariah



3.    Memverifikasi/evaluasi  dengan membandingkan data-data  yang ada dari berbagai sumber, kemudian mempresentasikan di depan kelas.
Verifikasi

LKS BAB IX
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN PRINSIP DAN PRAKTIK EKONOMI ISLAM
KOMPETENSI DASAR :
3.9    Menelaah  prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
4.9    Mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
4.    Mengamati Buku PAI KELAS XI Halaman 143 - 159
5.    Membuat  3 (tiga buah) Peta Pemikiran dari hasil pengamatannya, dengan rincian sbb :
-          Peta Pemikiran 1 : Tentang Jual Beli
-          Peta Pemikiran 2 : Tentang Utang – Piutang
-          Peta Pemikiran 3 : Tentang Sewa-menyewa
Membuat Peta Pemikiran tentang : ……………………………………………………………………………………………………

LKS BAB IX
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN PRINSIP DAN PRAKTIK EKONOMI ISLAM

Mengamati Buku PAI KELAS XI Halaman 143 - 159
Membuat  3 (tiga buah) Peta Pemikiran dari hasil pengamatannya, dengan rincian sbb :

-          Peta Pemikiran 4 : Syirkah
-          Peta Pemikiran 5 : Perbankan
-          Peta Pemikiran 6 : Asuransi
Membuat Peta Pemikiran tentang : ……………………………………………………………………………………………………



No comments:

Post a Comment