Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
( Download RPP-XI-Bab 11 – Toleransi )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas :
XI
Pertemuan Ke :
1-4
Semester : 3
Alokasi Waktu :
3x45 menit
: 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah/5 : 32,
tentang toleransi
rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
4.2.1 Membaca Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. Al-Maidah/5: 32 sesuai dengan kaidah
tajwid dan makharijul huruf.
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. Al- Maidah/5: 32
4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara kerukunan dan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10: 40-41
dengan menghindari tindak kekerasan Sesuai Pesan Q.S. al-Maidah/5: 32.
I.
INDIKATOR
Menganalisis makna ayat Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah/5 : 32,
tentang toleransi
rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
Menjelaskan keterkaitan
antara kerukunan/toleransi dengan menghindari tindak kekerasan.
Analisislah kedua ayat di
atas (dari segi isi kandungan) :
II.
MATERI POKOK
Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan
Q.S. Al-Maidah (5) : 32
III.
PENDEKATAN, MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base
Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Amatilah ayat Al-Qur'an berikut : QS.
Al Maidah : 32
2.
Analisislah kedua ayat di atas (dari
segi isi kandungan) :
3.
Membuat peta konsep (peta pemikiran)
tentang ayat-ayat di atas
4.
Mengkomunikasikan
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. Al-Maidah/5: 32
2.
Menjelaskan keterkaitan antara kerukunan/toleransi dengan
menghindari tindak kekerasan.
3.
Mempresentasikan di depan kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
IV.
PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
.........................................................................................................
LKS BAB XI
PERTEMUAN KE-1
MENGHINDARI
TINDAK KEKERASAN
(ANALISIS
QS.AL-MAIDAH : 32 )
1.
Amatilah ayat Al-Qur'an berikut : QS. Al Maidah : 32
ô`ÏB È@ô_r& y7Ï9ºs $oYö;tF2 4n?tã ûÓÍ_t/ @ÏäÂuó Î) ¼çm¯Rr& `tB @tFs% $G¡øÿtR ÎötóÎ/ C§øÿtR ÷rr& 7$|¡sù Îû ÇÚöF{$# $yJ¯Rr'x6sù @tFs% }¨$¨Z9$# $YèÏJy_ ô`tBur $yd$uômr& !$uK¯Rr'x6sù $uômr& }¨$¨Y9$# $YèÏJy_ 4
ôs)s9ur óOßgø?uä!$y_ $uZè=ßâ ÏM»uZÉit7ø9$$Î/ ¢OèO ¨bÎ) #ZÏWx. Oßg÷YÏiB y÷èt/ Ï9ºs Îû ÇÚöF{$# cqèùÎô£ßJs9 ÇÌËÈ
32. oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani
Israil, bahwa: Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang
itu (membunuh) orang lain[411], atau bukan karena membuat kerusakan dimuka
bumi, Maka seakan-akan Dia telah membunuh manusia seluruhnya[412]. dan
Barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, Maka seolah-olah Dia
telah memelihara kehidupan manusia semuanya. dan Sesungguhnya telah datang
kepada mereka Rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang
jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu[413] sungguh-sungguh melampaui
batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi.
MENGAMATI
Ayat Al-Qur'an berikut : QS. Yunus 40-41
Nåk÷]ÏBur `¨B ß`ÏB÷sã ¾ÏmÎ/ Nåk÷]ÏBur `¨B w ÚÆÏB÷sã ¾ÏmÎ/ 4
y7/uur ÞOn=÷ær& tûïÏÅ¡øÿßJø9$$Î/ ÇÍÉÈ bÎ)ur x8qç/¤x. @à)sù Ík< Í?yJtã öNä3s9ur öNä3è=yJtã (
OçFRr& tbqä«ÿÌt/ !$£JÏB ã@yJôãr& O$tRr&ur ÖäüÌt/ $£JÏiB tbqè=yJ÷ès? ÇÍÊÈ
2.
Analisislah kedua ayat di atas (dari segi isi kandungan) :
Langkah-langkah :
a.
Mengidentifikasi isi kandungan ayat tersebut !
No.
|
ISI KANDUNGAN
QS. ALMAIDAH : 32,
|
KETERANGAN
|
1.
|
||
No.
|
ISI KANDUNGAN
QS. YUNUS 40-41
|
KETERANGAN
|
1.
|
||
Membuat peta konsep (peta
pemikiran) tentang ayat-ayat di atas
PETA KONSEP ………………………………………………………………………………..
LKS BAB XI
PERTEMUAN KE-2
KETERKAITAN
ANTARA QS. AL MAIDAH 32 (kerukunan/toleransi)
DENGAN
QS. YUNUS 40-41
(menghindari
kekerasan)
Mengamati Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. Al-Maidah/5: 32
Menjelaskan keterkaitan
antara kerukunan/toleransi dengan menghindari tindak kekerasan.
No.
|
ISI KANDUNGAN
QS. MAIDAH 32
|
ISI KANDUNGAN
QS. YUNUS 40-41
|
KETERKAITAN
|
1.
|
|||
Mempresentasikan di depan kelas
No comments:
Post a Comment