Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : XII
Pertemuan Ke :
1-3
Semester : 5
Alokasi Waktu :
3x45 menit : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
I.
INDIKATOR
1.
Mempetakan dan menggambarkan keterkaitan antara BERIMAN KEPADA HARI AKHIR dengan PERILAKU ADIL
2.
Menjelaskan keterkaitan antara
BERIMAN KEPADA HARI AKHIR dengan
PERILAKU TANGGUNGJAWAB
3.
Mengidentifikasi MAKNA-MAKNA Iman kepada hari akhir sebagai hasil dari pengamatan. Misalnya :
II.
MATERI POKOK
Iman Kepada Hari Akhir
Makna Iman kepada Hari Akhir
Keterkaitan beriman kepada hari akhir dengan perilaku adil
Keterkaitan antara beriman kepada hari akhir dengan tanggung jawab
III.
PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem
Base Learning, Project Base Learing
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Gambar halaman 2 Buku GPAI Kelas XII
2. Mengamati bacaan
yang ada pada
Buku PAI Kelas
XII Halaman 3 -11 tentang
Beriman kepada hari akhir.
3. Mengidentifikasi
MAKNA-MAKNA Iman kepada hari akhir
sebagai hasil dari pengamatan. Misalnya :
5. Melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap makna yang
ditemukan tadi. Jangan lupa terlebih
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati buku PAI Halaman
12-13 tentang Menerapkan perilaku mulia.
2. Setelah mengamati buku PAI
halaman 12-13 , Buatkan TABEL dan Mind Mapping yang dapat menggambarkan
keterkaitan antara BERIMAN KEPADA HARI
AKHIR dengan PERILAKU TANGGUNGJAWAB.
3. Membuat Peta Konsep
Keterkaitan iman pd hari akhir dengan tanggung jawab kemudian
4. mempresentasi
di depan kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
KETIGA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati buku PAI Halaman 12-13 tentang Menerapkan
perilaku mulia.
2. Membuat
TABEL dan Mind Mapping yang dapat
menggambarkan keterkaitan antara BERIMAN
KEPADA HARI AKHIR dengan PERILAKU ADIL
3. Membuat Peta Konsep
Keterkaitan iman pd hari akhir dengan tanggung jawab kemudian mempresentasikan di depan kelas.
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
V.
SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI.
PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
...................................................................................................................
LKS BAB I
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS
DAN MENGEVALUASI
MAKNA
IMAN KEPADA HARI AKHIR
1. Mengamati Gambar halaman 2 Buku GPAI Kelas XII
2. Mengamati bacaan yang
ada pada Buku
PAI Kelas XII
Halaman 3 -11 tentang Beriman
kepada hari akhir.
3.
Mengidentifikasi MAKNA-MAKNA Iman kepada
hari akhir sebagai hasil dari
pengamatan. Misalnya :
No.
|
BAHAN YANG DIAMATI
|
MAKNA YANG
TERKANDUNG
|
1.
|
Gambar
gempa
|
Meyakini kehancuran dunia
|
2.
|
Gambar
meteor
|
|
3.
|
Gambar gunung meletus
|
|
4.
|
Gambar timbangan
|
|
5.
|
Buku PAI hal 3
|
|
6.
|
Buku PAI hal 7
|
|
7.
|
Buku PAI
s.d. hal 11
|
5. Melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap makna yang ditemukan tadi.
Jangan lupa terlebih dahulu mengumpulkan data-data dari berbagai sumber terkait
MAKNA yang ditemukan untuk melakukan verifikasi terhadap makna yang ditemukan
tadi. Misalnya : Sumber 1 dari QS. Al Zalzalah : 1-8 ; Sumber 2 : Hadits Rasulullah saw “; Sumber
3 : Buku PAI Kelas XII ; dan Sumber 4 dari www.anangsaepudin.com
Contoh : Verifikasi Makna ke-1 : “Dari hasil pengamatan tadi telah diidentifikasi makna Iman kepada hari
akhir yaitu meyakini akan kehancuran alam semesta…”. Makna ini diambil dan di
dukung oleh data-data sebagai berikut :
QS. Al-Zalzalah 1-8 dimana didalamnya dijelaskan bahwa ………dst
Hadits Rasulullah Saw ”……………………………..”
Buku PAI Kelas XII”……………………..”
LKS BAB I
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KETERKAITAN IMAN KEPADA
HARI AKHIR DENGAN TANGGUNG JAWAB
1. Mengamati buku PAI Halaman 12-13 tentang
Menerapkan perilaku mulia.
2. Setelah mengamati buku PAI halaman 12-13 ,
Buatkan TABEL dan Mind Mapping yang dapat menggambarkan keterkaitan antara
BERIMAN KEPADA HARI AKHIR dengan
PERILAKU TANGGUNG JAWAB.
No.
|
PERILAKU IMAN PADA HARI
AKHIR
|
PERILAKU
TANGGUNG JAWAB
|
KETERKAITAN
|
1
|
Menyadari bahwa semua perbuatan selama di dunia akan dipertanggung
jawabkan di hadapan Allah S
|
Menjaga amanat
|
Amanat akan selalu dijaga karena
disadari bahwa semua perbuatan akan dipinta tanggung jawabnya.
|
2
|
Menyadari bahwa manusia itu sangat kecil dihadapan kebesaran Allah SWT
sehingga diharapkan dapat menghilangkan sikap takabur atau sombong dalam
dirinya.
|
||
3
|
Selalu berusaha melakukan
amal salih dan menghindari semua perbuatan yang bertentangan dengan norma
agama
|
||
4
|
Membiasakan diri dengan
akhlak karimah seperti mawas diri, rendah hati & peduli kepada sesama
|
||
No.
|
PERILAKU IMAN PADA HARI
AKHIR
|
PERILAKU
TANGGUNG JAWAB
|
KETERKAITAN
|
5
|
Selalu
berusaha mendektkan diri kepada Allah SWT baik dengan melakukan ibadah ritual
(solat) maupun ibadah sosial, yaitu semua kegiatan yg bermanfaat bagi sesama.
|
||
6
|
Termotivasi untuk selalu bekerja keras dan kemalasan.
|
3. Membuat Peta
Konsep Keterkaitan iman pd hari akhir dengan tanggung jawab kemudian mem
LKS BAB
I
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KETERKAITAN IMAN KPD HARI AKHIR
DENGAN SIKAP ADIL
1. Mengamati buku PAI Halaman 12-13 tentang
Menerapkan perilaku mulia.
2. Setelah mengamati buku
PAI halaman 12-13 , Buatkan TABEL dan Mind Mapping yang dapat menggambarkan
keterkaitan antara BERIMAN KEPADA HARI
AKHIR dengan PERILAKU ADIL
No.
|
PERILAKU IMAN PADA HARI
AKHIR
|
PERILAKU
ADIL
|
KETERKAITAN
|
1
|
Menyadari bahwa semua perbuatan selama di dunia akan dipertanggung
jawabkan di hadapan Allah SWT
|
Memberikan hak yang sesuai kepada orang
lain
|
Dengan menyadari pertanggung jawaban di
akhirat secara adil, maka akan selalu memberikan hak secara adil.
|
2
|
Menyadari bahwa manusia itu sangat kecil dihadapan kebesaran Allah SWT
sehingga diharapkan dapat menghilangkan sikap takabur atau sombong dalam
dirinya
|
||
3
|
Selalu berusaha melakukan
amal salih dan menghindari semua perbuatan yang bertentangan dengan norma
agama
|
||
No.
|
PERILAKU IMAN PADA HARI
AKHIR
|
PERILAKU
ADIL
|
KETERKAITAN
|
4
|
Membiasakan diri dengan
akhlak karimah seperti mawas diri, rendah hati & peduli kepada sesama
|
||
5
|
Selalu berusaha
mendektkan diri kepada Allah SWT baik dengan melakukan ibadah ritual (solat)
maupun ibadah sosial, yaitu semua kegiatan yg bermanfaat bagi sesama.
|
||
6
|
Termotivasi untuk selalu bekerja keras dan menjauhi kemalasan.
|
3. Membuat Peta Konsep Keterkaitan iman pd hari
akhir dengan tanggung jawab kemudian
mempresentasikan di depan kelas.
PETA KONSEP ……………………………………………
No comments:
Post a Comment