RPP PAI SMK KLS XII - BAB 01 - TH.2016-2017 - HARI AKHIR



Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas                            : XII
Pertemuan Ke               : 1-3
Semester                      : 5
Alokasi Waktu               : 3x45 menit      : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti                         :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar                     :


I.    INDIKATOR
1.        Mempetakan dan menggambarkan keterkaitan antara BERIMAN  KEPADA HARI AKHIR dengan PERILAKU ADIL
2.        Menjelaskan keterkaitan antara BERIMAN  KEPADA HARI AKHIR dengan PERILAKU TANGGUNGJAWAB
3.      Mengidentifikasi  MAKNA-MAKNA Iman kepada hari akhir  sebagai hasil dari pengamatan. Misalnya :

II.    MATERI POKOK
Iman Kepada Hari Akhir
Makna Iman kepada Hari Akhir
Keterkaitan beriman kepada hari akhir dengan perilaku adil
Keterkaitan antara beriman kepada hari akhir dengan tanggung jawab

III.    PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan          : Scientific ( 5 M )
Model                  : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi

IV.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.   Mengamati Gambar halaman 2 Buku GPAI Kelas XII
2.   Mengamati  bacaan  yang  ada  pada  Buku  PAI  Kelas  XII  Halaman 3 -11  tentang Beriman kepada hari akhir.
3.   Mengidentifikasi  MAKNA-MAKNA Iman kepada hari akhir  sebagai hasil dari pengamatan. Misalnya :
5.   Melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap makna yang ditemukan tadi. Jangan lupa terlebih

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’
KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.  Mengamati buku PAI Halaman 12-13 tentang Menerapkan perilaku mulia.
2.  Setelah mengamati buku PAI halaman 12-13 , Buatkan TABEL dan Mind Mapping yang dapat menggambarkan keterkaitan antara BERIMAN  KEPADA HARI AKHIR dengan PERILAKU TANGGUNGJAWAB.
3.  Membuat Peta Konsep Keterkaitan iman pd hari akhir dengan tanggung jawab kemudian
4.  mempresentasi di depan kelas

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

KETIGA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1. Mengamati buku PAI Halaman 12-13 tentang Menerapkan perilaku mulia.
2. Membuat  TABEL dan Mind Mapping yang dapat menggambarkan keterkaitan antara BERIMAN  KEPADA HARI AKHIR dengan PERILAKU ADIL
3.  Membuat Peta Konsep Keterkaitan iman pd hari akhir dengan tanggung jawab  kemudian mempresentasikan di depan kelas.

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

V.    SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
     Video/Slide/Gambar

VI.    PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst


















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2

Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,



Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI


...................................................................................................................


LKS BAB I
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI
MAKNA IMAN KEPADA HARI AKHIR

1.  Mengamati Gambar halaman 2 Buku GPAI Kelas XII

     
    
2.  Mengamati  bacaan  yang  ada  pada  Buku  PAI  Kelas  XII  Halaman            3 -11  tentang Beriman kepada hari akhir.

3. Mengidentifikasi  MAKNA-MAKNA Iman kepada hari akhir  sebagai hasil dari pengamatan. Misalnya :

No.
BAHAN YANG DIAMATI
MAKNA YANG TERKANDUNG
1.
Gambar  gempa
Meyakini kehancuran dunia

2.
Gambar  meteor


3.
Gambar gunung meletus


4.
Gambar timbangan


5.
Buku PAI hal 3


6.
Buku PAI hal 7


7.
Buku PAI  s.d. hal 11



5. Melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap makna yang ditemukan tadi. Jangan lupa terlebih dahulu mengumpulkan data-data dari berbagai sumber terkait MAKNA yang ditemukan untuk melakukan verifikasi terhadap makna yang ditemukan tadi. Misalnya : Sumber 1 dari QS. Al Zalzalah : 1-8  ; Sumber 2 : Hadits Rasulullah saw “; Sumber 3 : Buku PAI Kelas XII ; dan Sumber 4 dari www.anangsaepudin.com
     Contoh : Verifikasi Makna ke-1 :  “Dari hasil pengamatan tadi  telah diidentifikasi makna Iman kepada hari akhir yaitu meyakini akan kehancuran alam semesta…”. Makna ini diambil dan di dukung oleh  data-data sebagai berikut :
QS. Al-Zalzalah 1-8 dimana didalamnya dijelaskan bahwa ………dst
Hadits Rasulullah Saw ”……………………………..”
Buku PAI Kelas XII”……………………..”

LKS BAB I
 PERTEMUAN KE-2

MENYAJIKAN KETERKAITAN IMAN KEPADA

 HARI AKHIR DENGAN TANGGUNG JAWAB


1.  Mengamati buku PAI Halaman 12-13 tentang Menerapkan perilaku mulia.
2.  Setelah mengamati buku PAI halaman 12-13 , Buatkan TABEL dan Mind Mapping yang dapat menggambarkan keterkaitan antara BERIMAN  KEPADA HARI AKHIR dengan PERILAKU TANGGUNG JAWAB.
No.
PERILAKU IMAN PADA HARI AKHIR
PERILAKU
TANGGUNG JAWAB
KETERKAITAN
1
Menyadari bahwa semua perbuatan selama di dunia akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah S
Menjaga amanat



Amanat akan selalu dijaga karena disadari bahwa semua perbuatan akan dipinta tanggung jawabnya.
2
Menyadari bahwa manusia itu sangat kecil dihadapan kebesaran Allah SWT sehingga diharapkan dapat menghilangkan sikap takabur atau sombong dalam dirinya.



3
Selalu berusaha melakukan amal salih dan menghindari semua perbuatan yang bertentangan dengan norma agama


4
Membiasakan diri dengan akhlak karimah seperti mawas diri, rendah hati & peduli kepada sesama


No.
PERILAKU IMAN PADA HARI AKHIR
PERILAKU
TANGGUNG JAWAB
KETERKAITAN
5
Selalu berusaha mendektkan diri kepada Allah SWT baik dengan melakukan ibadah ritual (solat) maupun ibadah sosial, yaitu semua kegiatan yg bermanfaat bagi sesama.



6
Termotivasi untuk selalu bekerja keras dan kemalasan.





3.  Membuat Peta Konsep Keterkaitan iman pd hari akhir dengan tanggung jawab kemudian mem      


LKS BAB I
PERTEMUAN KE-3

MENYAJIKAN KETERKAITAN IMAN KPD HARI AKHIR

DENGAN SIKAP ADIL


1.  Mengamati buku PAI Halaman 12-13 tentang Menerapkan perilaku mulia.
2. Setelah mengamati buku PAI halaman 12-13 , Buatkan TABEL dan Mind Mapping yang dapat menggambarkan keterkaitan antara BERIMAN  KEPADA HARI AKHIR dengan PERILAKU ADIL
No.
PERILAKU IMAN PADA HARI AKHIR
PERILAKU
ADIL
KETERKAITAN
1
Menyadari bahwa semua perbuatan selama di dunia akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT

Memberikan hak yang sesuai kepada orang lain



Dengan menyadari pertanggung jawaban di akhirat secara adil, maka akan selalu memberikan hak secara adil.
2
Menyadari bahwa manusia itu sangat kecil dihadapan kebesaran Allah SWT sehingga diharapkan dapat menghilangkan sikap takabur atau sombong dalam dirinya


3
Selalu berusaha melakukan amal salih dan menghindari semua perbuatan yang bertentangan dengan norma agama


No.
PERILAKU IMAN PADA HARI AKHIR
PERILAKU
ADIL
KETERKAITAN
4
Membiasakan diri dengan akhlak karimah seperti mawas diri, rendah hati & peduli kepada sesama


5
Selalu berusaha mendektkan diri kepada Allah SWT baik dengan melakukan ibadah ritual (solat) maupun ibadah sosial, yaitu semua kegiatan yg bermanfaat bagi sesama.



6
Termotivasi untuk selalu bekerja keras dan menjauhi kemalasan.


3.  Membuat Peta Konsep Keterkaitan iman pd hari akhir dengan tanggung jawab  kemudian mempresentasikan di depan kelas.
         PETA KONSEP ……………………………………………

No comments:

Post a Comment