TENTANG : MENUNTUT ILMU, LARANGAN ZINA
KELAS X SEMESTER GENAP
TAHUN : 2015/2016
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
Soal-Soal :
1. Identifikasilah dua sikap atau perbuatan yang menunjukkan adanya proses Penerapan Ilmu
dalam kehidupan sehari-hari, kemudian beri penjelasan !
2. Uraikan keterkaitan antara mencari ilmu agama dengan jihad ? seperti yang terdapat dalam
QS. At Taubah : 22, yang artinya :
Tidak
sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). mengapa tidak
pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam
pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya
apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga
dirinya.
3. Buatklah Peta Pemikiran (mind mapping) dari penjelasan no.2 !
4. Jelaskan keterkaitan antara larangan berzina dengan kekejian yang ditimbulkannya ! Seperti yang
dijelaskan dalam QS. Al Isra : 32
Artinya :
Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji.
dan suatu jalan yang buruk.
5. Buatkan Peta Pemikiran (mind mapping) dari penjelasan no. 4 !
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
MATA DIKLAT :
PENDIDIKAN AGAMA & BUDI PEKERTI
HARI/TANGGAL : Senin, 30-05-2015
WAKTU : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN :
X /
Semua Program Keahlian
PENGAJAR :
Anang Saepudin, MPdI ; Drs. Aman Rochman ; Latief Surjana, SPdI
Petunjuk
:
1.
Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan soal !
2.
Jawablah soal secara mandiri dan jawaban tidak
boleh sama dengan orang lain !
SOAL :
1.
Identifikasilah dua sikap atau perbuatan yang menunjukkan adanya proses Penerapan
Ilmu
dalam kehidupan sehari-hari, kemudian beri penjelasan !
2. Uraikan keterkaitan antara mencari ilmu agama dengan jihad ? seperti yang terdapat dalam
QS. At Taubah : 22, yang artinya :
dalam kehidupan sehari-hari, kemudian beri penjelasan !
2. Uraikan keterkaitan antara mencari ilmu agama dengan jihad ? seperti yang terdapat dalam
QS. At Taubah : 22, yang artinya :
Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke
medan perang). mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka
beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk
memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya,
supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.
3. Buatklah
Peta Pemikiran (mind mapping) dari penjelasan no.2 !
4. Jelaskan keterkaitan antara larangan berzina dengan kekejian yang ditimbulkannya ! Seperti
4. Jelaskan keterkaitan antara larangan berzina dengan kekejian yang ditimbulkannya ! Seperti
yang dijelaskan dalam QS. Al Isra : 32
Artinya :
Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang
Artinya :
Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang
keji. dan
suatu jalan yang buruk.
5. Buatkan Peta Pemikiran (mind mapping) dari penjelasan no. 4 !
5. Buatkan Peta Pemikiran (mind mapping) dari penjelasan no. 4 !
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1
TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA DIKLAT :
BAHASA INGGRIS
HARI/TANGGAL : Rabu, 01-07-2015
WAKTU : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN :
X / Semua Program Keahlian
PENGAJAR :
Dea Ahadiyah, SPd ; Drs. Aman Rochman
Yusi Salbiah, SPd ; Abdul Aziz Fahrudin, SPd
Petunjuk
:
3. Bacalah
Basmallah sebelum mengerjakan soal !
SOAL :
1.
Translete this paragraph into a good Indonesian!
Afgan has always been my favourite singer. I had
always been thinking of how i would feel when i met him. Then i was suddenly
hit by lightning when i found out afgan when coming to town for a concert in a
local auditorium. A day before the concert, there would be a meet and greet
event at a local radio station.
2.
Complete this paragraph using Was and Were!
The radio station .............full of fans. They ...... excited to wait
for afgan. They ....ready to see his performance on the meet and greet. When he
.... finished with the song, the host announced that it .... time to
autgraphing memorabilia.
-
Sunny day
-
Amazing moment
-
Happy person
4.
Have you ever write a diary? Can you explain to
me why do people write a diary?
5.
Please write down your short personal experience
in a diary!
6.
Make a short biography from BJ. Habibie!
7.
Complete the following sentence using the words
in the box!
a.
The newly married ...............have just moved
into the new house.
b.
I feel thankful for the way my parents
have...............me.
c.
The school has a very excellent program to stop
..................
Raised
Couple Demon Bullying
8.
Put the following direct sentence into reported
speech!
a.
The lord said,” i ‘ll employ you”.
b.
Jihn said,” I’m feeling ill”.
c.
Issumboshi said to the princess, “I’ll stay in
your pocket and guard you form all harm”.
9.
Please describe about the characteristic of Issumboshi!
10. Create
a question as you can based this sentences!
-
They lived in a small house near the village
forest.
-
His name is Issumboshi
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK
MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN
2014/2015
MATA DIKLAT : FISIKA
HARI/TANGGAL : Jum’at,
03-07-2015
WAKTU : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN : X TKJ
1,2 dan X TKR 3
PENGAJAR :
Citria Anita, S.Pd
Petunjuk
:
4.
Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan
soal !
5.
Jawablah soal secara mandiri dan
jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
SOAL :
1. Sebuah
buku fisika terletak di atas meja perpustakaan yang tingginya 120 cm dari
lantai. Jika massa buku tersebut 250 gram, berapa besar energi potensial yang
dimiliki buku tersebut?
2. Sebuah
kereta mainan massanya 500 gram meluncur dengan kecepatan 30 m/s. Hitunglah
energi kinetik yang dimiliki oleh kereta mainan selama bergerak?
3. Lampu
pijar 100 Watt mampu mengubah energi listrik yang diterimanya menjadi energi
cahaya sebesar 40 J tiap sekon. Berapa efisiensi lampu pijar tersebut?
4. Sebuah
benda bergerak dengan kecepatan 25 m/s. Momentum yang dimiliki benda tersebut
adalah 5000 kg.m/s. Berapa massa benda tersebut?
5. Seorang
pemain baseball memukul bola dengan gaya sebesar 75 N, jika lama bola mengenai
pemukul adalah 0,4 sekon, hitung impuls bola tersebut?
6. Jelaskan
3 ciri-ciri tumbukan lenting sempurna!
7. Seutas
kawat memiliki luas penampang 0,07 mm2, dikenai gaya sebesar 36 N.
Hitung tegangan kawat tersebut!
8. Sebuah
pegas yang mempunyai konstanta pegas 500 N/m ditarik dengan gaya 12 N, hitung
pertambahan panjang pegasnya!
9. Tiga
buah pegas masing-masing mempunyai konstanta pegas 200 N/m, 200 N/m dan 400 N/m
disusun secara paralel, jika pegas ditarik dengan gaya sebesar 240 N, berapa
pertambahan panjang yang dialami pegas tersebut?
10. Seorang
penyelam menyelami lautan hingga kedalaman 50 m, jika massa jenis air laut 1200
kg/m3 da percepatan gravitasi di tempat itu 10 m/s2,
berapa tekanan hidrostatis yang dialami penyelam tersebut?
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA
DIKLAT :
PPKn
HARI/TANGGAL : Senin, 30-05-2015
WAKTU : 60 menit
PENGAJAR : Lela Nurlela, SP, MPd
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Petunjuk
:
6. Bacalah Basmallah sebelum
mengerjakan soal !
7. Jawablah soal secara mandiri
dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
SOAL :
1.
Bagaimana menurut kalian tentang
lembaga KPU ? Apakah sudah berperan sesuai fungsinya ?
2.
Apakah unjuk rasa /demontrasi sesuai
dengan budaya bangsa ?
3.
Bila hak kalian dilanggar, apa tindakan
kalian ? Bolehkah bertindak sewenang –
wenang ?
4.
Apa
saja yang menjadi alat – alat pemersatu bangsa !
5.
Bagaimana
upaya penyelesainnya agar peristiwa bentrok atau perbedaan pendapat tidak
terjadi lagi ?
6.
Tuliskan
syarat integrasi !
7.
Apa
arti ancaman serta tulisankan bentuk ancaman di luar negeri dan dalam negeri !
8.
Apa
saja yang menjadi bentuk usaha bela negara ?
9.
Dalam
Piagam Jakarta atau Jakarta Charter, dalam piagam tersebut tercantum rumusan
Pancasila, yaitu Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi
pemeluknya, yang kemudian diganti menjadi “ Ketuhanan Yang Maha Esa “, mengapa
demikian jelaskan !
10.
Apa
akibatnya jika Indonesia menjadi bangsa yang lemah !
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA
DIKLAT :
PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
HARI/TANGGAL : Kamis, 02-07-2015
WAKTU : 60 menit
KELAS/PROG.
KEAHLIAN : X - TMP1,2, TSM1,2,
TKJ1,2
PENGAJAR : ELA
SRI MULYANI, SE
Petunjuk
:
8.
Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan soal !
9.
Jawablah soal secara mandiri dan jawaban tidak
boleh sama dengan orang lain !
Jawablah pertanyaan berikut ini !
1.
Identifikasi jenis produk pembersih :
a.
Produk industri besar
b.
Produk industri kecil
c.
Produk industri tradisional
2. Jelaskan
menurut pendapat kalian, apa yang menjadi tujuan produk pembersih modern di
produksi oleh perusahaan besar !
3. Menurut
pendapat kalian, apa yang menjadi kelemahan produk pembersih tradisional yang
memanfaatkan bahan-bahan alami !
4.
Bahan –bahan alami yang bisa digunakan sebagai
produk pembersih diantaranya :
a.
Lerak
b.
Minyak zaitun
Jelaskan bagian-bagian dari bahan alami tersebut yang
digunakan sebagai produk pembersih, dan sebutkan manfaat atau kegunaannya !
5.
KEMASAN :
a.
Menurut pendapat kaian apa yang dimaksud dengan
kemasan !
b.
Sebutkan fungsi dari kemasan !
c.
Apa saja yang harus tercantum dalam label
kemasan !
....selamat
bekerja....
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA
DIKLAT :
PRAKARYA & KEWIRAUSAHAAN
HARI/TANGGAL : Kamis, 02-07-2015
WAKTU : 60 menit
KELAS/PROG.
KEAHLIAN : X-TKR1,2,3
PENGAJAR :
Patah Yasin Setiadi, SPd
Petunjuk
:
10. Bacalah
Basmallah sebelum mengerjakan soal !
11. Jawablah
soal secara mandiri dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
SOAL :
1. Apa yang disebut industri “Fully Machinal/Otomatis” ?
2. Apa yang disebut Garmen dan
Konveksi ?
3. Bagaimana industri menurut
“Kapasitas Produksi”. Sebutkan apa saja !
4. Bagaimana syarat untuk menjadi
wirausaha yang berhasil ?
5. Bagaimana industri dilihat dari
“proses produksi” Sebutkan apa saja !
6. Apa yang dikatakan Makrame ?
7. Bagaimana ciri-ciri atau sifat
serat non organik atau sintesis ?
8. Apa yang disebut Quilting ?
9. Bagaimana isi dari sumber daya
usaha dalam berwirausaha atau dikenal dengan 6M ?
10. Sebutkan macaam-macam limbah padat
!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS
SMK
MJPS 1
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
MATA
DIKLAT : SEJARAH
INDONESIA
HARI/TANGGAL : Rabu, 01-07-2015
WAKTU :60 menit
KELAS/PROG.KEAHLIAN : X / TMR 1,2, ; TKJ 1,2 ; TKR
1, 2, 3
PENGAJAR : NITA DIANTI
SEVIANI, S.Pd
Bacalah
basmallah dan berdo’alah sebelum mengerjakan soal-soal berikut !
1.
Islam
masuk ke Jawa melalui pesisir pantai pulau Jawa. Beberapa kerajaan Islam di
Jawa memiliki latar belakang sejarah yang berbeda satu sama lain.
a)
Jelaskan
tentang latar belakang berdirinya Kerajaan Demak !
b)
Jelaskan
bagaimana proses keruntuhan Kerajaan Banten oleh VOC !
2.
Buatlah
peta tentang letak Kerajaan Islam yang berada di Kalimantan dan Sulawesi,
berikan penjelasan tentang peta tersebut !
3.
Di
daerah Sulawesi tumbuh kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam. Munculnya
kerajaan-kerajaan Islam di Sulawesi tidak terlepas dari perdagangan yang
berlangsung ketika itu.
a)
Jelaskan
bagaimana proses masuknya Islam di Sulawesi !
b)
Jelaskan
makna dan pelajaran yang dapat diproleh dari Perjanjian Bongaya di Sulawesi !
c)
Ceritakan
secara singkat mengenai Sultan Hasanudin dan perannya di Kerajaan Makassar !
4.
Kepulauan
Maluku menduduki posisi penting dalam perdagangan dunia di kawasan timur
Nusantara. Mengingat keberadaan Maluku ini maka tidak mengherankan jika sejak
abad ke – 15 hingga abad ke – 19 kawasan ini menjadi wilayah perebutan antara
bangsa Spanyol, Portugis, dan Belanda.
a)
Jelaskan
proses Islamisasi di Maluku !
b)
Ceritakan
secara singkat tentang Sultan Baabullah !
c)
Jelaskan
hubungan antara kerajaan Ternate-Tidore dengan tokoh-tokoh ulama dari Gresik !
5.
Bagaimana
proses perkembangan keilmuan di Nusantara setelah pendidikan Islam masuk di
istana-istana raja? Jelaskan !
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL UJIAN AKHIR SMESTER
GENAP
SMK MJPS 1
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
MATA
DIKLAT : SEJARAH INDONESIA
KELAS/PROG.KEAHLIAN : XI / TKJ 1, TKJ 2
PENGAJAR : NITA DIANTI
SEVIANI, S.Pd
Bacalah
basmallah dan berdo’alah sebelum mengerjakan soal-soal berikut !
1.
Salah
satu peristiwa penting yang terjadi sebelum proklamasi kemerdekaan RI adalah
terjadinya peristiwa Rengasdengklok. Dalam peristiwa Rengasdengklok, terjadi
perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda tentang waktu
pelaksanaan proklamasi kemerdekaan.
a)
Jelaskan
inti dari perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda tersebut !
b)
Sebutkan
beberapa tokoh dari golongan tua dan golongan muda yang terlibat dalam
peristiwa Rengasdengklok !
c)
Jelaskan
hasil dari kesepakatan dalam peristiwa Rengasdengklok !
2.
Perjuangan
bangsa Indonesia untuk menuju kebebasan di mulai dari pengorbanan fisik untuk
melawan penjajahan sampai kepada perjuangan-perjuangan yang sifatnya
diplomatis. Hal ini menandakan, bahwa semua bangsa di dunia tidak berkehendak
dengan adanya penjajahan.
a)
Jelaskan
beberapa peristiwa-peristiwa penting setelah Proklamasi Pembentukan
Pemerintahan pertama RI !
b)
Dalam
peristiwa sekitar Proklamasi, nilai perjuangan seperti apa yang harus kita
lestarikan dan terapkan dalam kehidupan bernegara saat ini !
3.
Buat
biografi perjalanan salah satu tokoh proklamator yang kalian ketahui, dan
perannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia !
4.
Setelah
teks proklamasi dibacakan, tidak berarti kemerdekaan negara dan bangsa
Indonesia tersebut bebas dari ancaman dan gangguan bangsa lain. Kemerdekaan
yang sudah diraih harus tetap dipertahankan. Ancaman yang dihadapi bangsa
Indonesia yang baru merdeka itu dating baik dari dalam maupun luar negeri.
a)
Jelaskan
bagaimana latar belakang kedatangan Sekutu ke Indonesia, setelah Indonesia
memproklamirkan kemerdekaannya !
b) Jelaskan tujuan dibentuknya AFNEI dan jelaskan
mengenai tugas-tugasnya !
5.
Perjuangan
bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan di berbagai daerah dilakukan dengan
berbagai macam cara. Rakyat Indonesia melakukan perjuangan melalui perlawanan
bersenjata, maupun dengan cara diplomasi.
a)
Sebutkan
pertempuran apa saja yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, dan jelaskan
arti penting dari perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan tersebut
!
b)
Nilai
apa yang dapat kalian peroleh dari mempelajari proses perjuangan bangsa
Indonesia dari perjuangan melalui pertempuran, maupun perjuangan dari jalan
diplomasi!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA
DIKLAT :
BAHASA INGGRIS
HARI/TANGGAL : Rabu, 01-07-2015
WAKTU : 60 menit
KELAS/PROG.
KEAHLIAN : XI / Semua Program Keahlian
PENGAJAR : Dea
Ahadiyah,SPd ; Drs. Aman Rochman
Abdul Aziz Fahrudin, SPd
Petunjuk
:
12. Bacalah Basmallah sebelum
mengerjakan soal !
SOAL :
1.
What is the worst
earthquake that indonesia has witnessed? How much damage did it cause?how did
respond to the disaster? Explain!
2.
Complete the
following conditional sentences!
-
If i get a red
sport car, ...
-
If i have much
money, ...
-
If it did’nt rain,
we...
3.
Match the “if”
clause with the correct second clause.
If clause
|
Second clause
|
-
If i live in a
village,
|
-
I would meet
reza rahardian
|
-
If i could meet
someone famous
|
-
I would have a
farm
|
-
If you heat ice
|
-
It melts
|
4.
Please make a
simple procedure, “How To Make a Cup of Coffee”!
5.
Complete the
dialogue use do/ does!
Anita : ... you like banana ice cream mira?
Mira : No, i ... not like it. How about you?
6.
Rearrange this
procedure text to be a good procedure!
-
After that,
prepare the handheld juicer and put the oranges on the juicer and squeeze them
one by one.
-
Continue doing
this till all oranges have been juiced
-
First, wash the
oranges and put them on a cuting board
-
Then, cut the
oranges into halves
-
Now, add 2
teaspoons of sugar and a pinch of cinamon if you want and stir till tyhe sugar
and cinamon has completely dissolved
-
If you want your
juice without pulp use the sieve to take out all the pulp
-
Finally your
oranges juice is ready to be served
7.
What is the
function of procedure text!
8.
Make a short
biography from Cut Nyak Dien!
9.
Translete this
text into a good indonesian!
The development of good character should be the heart
and soul of education, and shuold dominate the spirit of teaching. This was the
philosophy of the “Father of Indonesian Education”, Ki Hajar Dewantara. The
reason , he said , was that teaching and character building are like two sides
of a coin and cannot, and should not be separated.
10.
Have you ever used
a procedure text to do something? What have you used it for? Was it helpful?
Was it easy to follow? Explain it!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
MATA DIKLAT :
MATEMATIKA
HARI/TANGGAL :
Selasa, 31-05-2015
WAKTU :
60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN :
XI / Semua Program
PENGAJAR :
Pepi Nurpiani, S. Pd. dan Restu Novitasamya, S. Pd.
Bacalah basmallah dan berdo’alah sebelum mengerjakan
soal-soal berikut !
SOAL ESSAY
: (1-10)
Perhatikan tabel distribusi frekuensi
berikut untuk soal
nomor 1 sampai no 3!
Nilai
|
Frekuensi
|
31 - 40
|
4
|
41 - 50
|
10
|
51 - 60
|
15
|
61 - 70
|
9
|
71 - 80
|
2
|
1.
Tentukan nilai
rata-rata dari data di atas!
2.
Tentukan median dari
data tersebut!
3.
Berapakah modus dari
data tersebut?
4.
Dari 5 orang calon
pengurus akan dipilih seorang ketua, wakil, dan seorang bendahara. Tentukan
banyaknya susunan pengurus yang mungkin!
5.
Dari sepuluh orang
siswa akan dipilih 4 orang untuk menjadi perwakilan lomba. Tentukan banyaknya
susunan yang dapat terjadi!
6.
Tentukan persamaan
lingkaran yang berpusat di (2,4) dan melalui titik (10,-2)!
7.
Tentukan persamaan
garis singgung pada lingkaran x2 + y2 = 13 yang melalui
titik (3,-2)!
8.
Tentukan bayangan dari
titik A(3,4) di dilatasi dengan pusat (-1,1) dengan skala pembesaran 4!
9.
Tentukan f’(2) dari
f(x) = x3 – 6x2 – 9x + 1!
10.
Tentukan nilai dari !
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA
DIKLAT :
PPKn
HARI/TANGGAL : Senin, 30-05-2015
WAKTU : 60 menit
KELAS/PROG.
KEAHLIAN : XI / TMR 1,2
PENGAJAR : Lela
Nurlela, SP, MPd
Petunjuk
:
13. Bacalah Basmallah
sebelum mengerjakan soal !
14. Jawablah
soal secara mandiri dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
SOAL :
1.
Jelaskan strategi Bangsa Indonesia
dalam mengatasi ancaman – ancaman yang bersifat Non Militer !
2.
Mengapa pembangunan belum merata sampai
kedaerah perbatasan ?
3.
Seperti apakah keadaan Indonesia
digambarkan dalam lagu “ Tanah Airku “ ciptaan Ibu Sud.
4.
Nilai –nilai apa saja yang terdapat
dalam lagu tersebut yang dapat kalian lakukan dalam kehidupan sehari - hari ?
5.
Apa saja yang telah kalian perbuat
sebagai wujud kebanggaan kalian sebagai warga negara Indonesia ?
6.
Terdapat tiga perbedaan budaya politik
di dalam masyarakat yaitu, apatis, dimobilisasi dan partisipan, faktor apa saja
penyebab tiga perbedaan tersebut ?
7.
Apa yang menjadi ciri – ciri masyarakat
politik ?
8.
Jelaskan apa yang dimaksud Budaya
Politik Parokial !
9.
Menurut pendapat mu, apa tujuan
dilakukannya kegiatan Demontrasi/ unjukrasa ?
10. Bagaimana
cara untuk meningkatkan kembali partisipasi warga negara dalam pemilihan kepala
daerah ?
************* Selamat
bekerja *************
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA
DIKLAT :
Prakarya dan Kewirausahaan
HARI/TANGGAL : Kamis, 02-07-2015
WAKTU : 60 menit
KELAS/PROG.
KEAHLIAN : XI TMP2, TKR1, 2, 3,
TKJ1, 2
PENGAJAR : Dra
Euis Rusyani
Petunjuk
:
15. Bacalah
Basmallah sebelum mengerjakan soal !
16. Jawablah
soal secara mandiri dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
1.
Apa yang dimaksud dengan bahan keras?
2.
Jelaskan jenis-jenis bahan keras alami dan bahan
keras buatan?
3.
Jelaskan yang dimaksud dengan kerajinan benda
pakai dan kerajinan benda hias? Berikut contohnya!
4.
Sebuatkan langkah-langkah budidaya ikan hias!
5.
Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
penyiapan sarana produksi pembenihan ikan hias!
6.
Jelaskan faktor teknis yang dipertimbangkan
dalam memilih lokasi budidaya ikan hias!
7.
Jelaskan strategi yang dapat diterapkan dalam
budidaya ikan hias!
8.
Sebutkan bahan-bahan nabati dan hewani yang
dapat dijadikan sebagai produk kosmetik!
9.
Mengapa produk kosmetik dari bahan pangan nabati
dan hewani lebih aman digunakan?
10.
Jelaskan desain proses produsi kosmetik
berdasarkan prosedur berkarya!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL UJIAN
KENAIKAN KELAS GENAP
SMK MJPS 1
TASIKMALAYA
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
MATA DIKLAT :
Prakarya dan Kewirausahaan
HARI/TANGGAL :
Kamis, 02-07-2015
WAKTU :
60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN : XI
TMP 1 ; XI TMR 1, 2
PENGAJAR :
Nana Suryana, SPd
Bacalah basmallah dan berdo’alah sebelum mengerjakan
soal-soal berikut !
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar dan jelas !
1.
Menurut kalian kenapa kita harus belajar
prakarya dan kewirausahaan.?
2.
Sebutkan tujuan wirausaha untuk siswa dan
dunia pendidikan.?
3. Sebutkan 5
manfaat kewirausahaan.?
4.
Jelaskan alasanmu mengapa peluang yang ada
harus segera diambil?
5.
Tuliskan langkah-langkah melakukan wirausaha!
6.
Apa yang di sebut resiko dalam wirausahawan?
7.
Dalam wirausaha ada yang di sebut analisis
SWOT apa arti dan kegunaannya?
8.
Dalam Produksi ada yang di sebut dengan Break
Event Point (BEP) tujuanya untuk apa?
9.
Carilah jumlah BEP! Jika biaya produksi Rp.
2.500.000,- dan total produksi sebanyak 250 produk, dengan harga jual Rp. 20.000,- maka :
10.
Sebutkan faktor-faktor kegagalan dalam wirausaha!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS
SMK
MJPS 1
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
MATA
DIKLAT : SEJARAH
INDONESIA
HARI/TANGGAL : Rabu, 01-07-2015
WAKTU : 60 menit
KELAS/PROG.KEAHLIAN : XI / TKJ 1, TKJ 2
PENGAJAR : NITA DIANTI
SEVIANI, S.Pd
Bacalah
basmallah dan berdo’alah sebelum mengerjakan soal-soal berikut !
6.
Salah
satu peristiwa penting yang terjadi sebelum proklamasi kemerdekaan RI adalah
terjadinya peristiwa Rengasdengklok. Dalam peristiwa Rengasdengklok, terjadi
perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda tentang waktu
pelaksanaan proklamasi kemerdekaan.
d)
Jelaskan
inti dari perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda tersebut !
e)
Sebutkan
beberapa tokoh dari golongan tua dan golongan muda yang terlibat dalam
peristiwa Rengasdengklok !
f)
Jelaskan
hasil dari kesepakatan dalam peristiwa Rengasdengklok !
7.
Perjuangan
bangsa Indonesia untuk menuju kebebasan di mulai dari pengorbanan fisik untuk
melawan penjajahan sampai kepada perjuangan-perjuangan yang sifatnya
diplomatis. Hal ini menandakan, bahwa semua bangsa di dunia tidak berkehendak
dengan adanya penjajahan.
c)
Jelaskan
beberapa peristiwa-peristiwa penting setelah Proklamasi Pembentukan
Pemerintahan pertama RI !
d)
Dalam
peristiwa sekitar Proklamasi, nilai perjuangan seperti apa yang harus kita
lestarikan dan terapkan dalam kehidupan bernegara saat ini !
8.
Buat
biografi perjalanan salah satu tokoh proklamator yang kalian ketahui, dan
perannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia !
9.
Setelah
teks proklamasi dibacakan, tidak berarti kemerdekaan negara dan bangsa
Indonesia tersebut bebas dari ancaman dan gangguan bangsa lain. Kemerdekaan
yang sudah diraih harus tetap dipertahankan. Ancaman yang dihadapi bangsa
Indonesia yang baru merdeka itu dating baik dari dalam maupun luar negeri.
Jelaskan
bagaimana latar belakang kedatangan Sekutu ke Indonesia, setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya !
Jelaskan tujuan dibentuknya AFNEI dan jelaskan
mengenai tugas-tugasnya !
10.
Perjuangan
bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan di berbagai daerah dilakukan dengan
berbagai macam cara. Rakyat Indonesia melakukan perjuangan melalui perlawanan
bersenjata, maupun dengan cara diplomasi.
c)
Sebutkan
pertempuran apa saja yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, dan jelaskan
arti penting dari perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan tersebut
!
d)
Nilai
apa yang dapat kalian peroleh dari mempelajari proses perjuangan bangsa
Indonesia dari perjuangan melalui pertempuran, maupun perjuangan dari jalan
diplomasi!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA
DIKLAT :
BAHASA SUNDA
HARI/TANGGAL : Jum’at ,
03-07-2015
WAKTU : 60 menit
KELAS/PROG.
KEAHLIAN : XI / Semua Program Keahlian
PENGAJAR :
Resti Tandiani Utami, SPd ; Restu
Novitasamya, SPd
Petunjuk
:
17. Bacalah
Basmallah sebelum mengerjakan soal !
18. Jawablah
soal secara mandiri dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
SOAL :
Pék
eusian patalekan ku jawaban anu merenah !
1.
Hartikeun paribasa di handap ieu!
a. Adéan
ku kuda beureum :
b. Cikaracak
ninggang batu laun-laun jadi legok :
2.
Hartikeun babasan di handap ieu!
a. Gedé
hulu :
b. Héjo
tihang :
3.
Tengetan ungkara basa kapamalian di
handap ieu!
Kapamalian
|
Alesan Karuhun
|
Tapsir Logis
|
Ulah cicing di
lawang panto
|
........................................
|
..........................................
|
4.
a.
Sora manuk bebencé, nandakeun.......
b. Ngimpi
newak lauk, nandakeun.......
5.
Titénan kabudayaan Sunda di handap ieu!
Wewengkon
|
Has Kadaharan
|
a.
Ciamis
b.
Garut
|
.............................
.............................
|
6.
Titénan kasenian Sunda di handap ieu !
Ngaran Waditra
|
Bahan
|
Gambar
|
Suling
|
..........................................
..........................................
..........................................
|
7.
Sebutkeun rupa-rupa pungsi wawancara!
8.
Sebutkeun katangtuan samemeh jeung prak-prakan
ngawawancara!
9.
Nilik dumasar cara nepikeunana, warta
téh dibagi jadi sababaraha wanda, nya éta.......
10. Sebutkeun
5 conto majalah atawa koran Sunda
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1
TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA DIKLAT : BAHASA SUNDA
HARI/TANGGAL : Jum’at, 03-07-2015
WAKTU :
60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN : X / Semua
Program Keahlian
PENGAJAR : Helmi Noviani Latifah,
SPd
Petunjuk :
19. Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan
soal !
20. Jawablah soal secara mandiri dan
jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
SOAL :
1. Sebutkeun
nu kaasup papasingan dongeng!
2. Naon
nu dimaksud mite jeung legenda!
3. Naon
nu disebut carpon!
4. Sebutkeun
unsur – unsur carpon!
5. Sabaraha
ukuran kecap carpon?
6. Carpon
sunda kabuktian geus ngebrehkeun rupaning aspek sosial masyarakat sunda.
Sebutkeun aspek naon wae!
7. Naon
nu disebut guguritaan!
8. Sebutkeun
rupa – rupa pupuh!
9. Naon
nu disebut sisindiran!
10. Pek
jieun sisindiran tema na bebas!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA
DIKLAT :
MATEMATIKA
HARI/TANGGAL : Selasa, 31-05-2015
WAKTU : 60 menit
KELAS/PROG.
KEAHLIAN : X – TSM 1,2
PENGAJAR : Isye
Nuraisyah, SSi
Petunjuk
:
21. Bacalah
Basmallah sebelum mengerjakan soal !
22. Jawablah
soal secara mandiri dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
SOAL :
1.
Persamaan kuadrat x2+(m-2)x + 2m-4=0
mempunyai akar-akar real, maka batas nilai m yang memenuhi adalah …….
2.
Akar-akar persamaan kuadrat x2-2x-3=0
adalah α
dan β.
Persamaan kuadrat yang akar- akanya adalah (α-2) dan (β-2)
adalah…………………
3.
Segitiga ABC memiliki koordinat titik A(-4,-3),
B(4,-3), dan C(4,3)
a)
Gambarlah segitiga ABC pada bidang kartesius
b)
Tentukan nilai sin A, cos A, tan A
4.
Tentukanlah nilai trigonometri dari
5.
Diberikan kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 6
cm. Jarak titik B ke diagonal ruang AG adalah ………….
6.
Diketahui
kubus ABCD.EFGH dengan sudut α adalah sudut antara bidang BDG dengan
bidabg BDHF. Nilai tan α adalah …….
7.
8.
Data berikut untuk
menjawab no 9 dan 10
2,2 1,3
1,9 1,6 1,2
1,8 1,7 1,5
1,3 1,4
1,9 1,8
2,1 2,0 1,9
1,8 1,5 1,6
1,2 1,3
1,4 1,5
1,7 1,6 1,4
1,5 1,9 2,0
2,2 2,1
2,2 2,1
2,0 1,7 1,6
1,5 1,4 1,5
1,9 1,8
9.
Tentukan :
a)
Banyak data
b)
Data terkecil
c)
Data terbesar
d)
Jangkauan
e)
Banyak kelas
f)
Panjang kelas
10.
Tentukan :
a)
Batas kelas 1 – 6
b)
Buat tabel distribusi frekuensi data
berkelompok dari data di atas !
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA
DIKLAT :
BAHASA INDONESIA
HARI/TANGGAL : Selasa, 31-05-2015
WAKTU : 60 menit
KELAS/PROG.
KEAHLIAN : XI / Semua Program Keahlian
PENGAJAR :
Rafita Humaira, SPd ; Enung Hotimah, SPd
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
tepat!
1.
Teks Cerita Pendek meliputi 6 (enam) struktur
yaitu Abstrak, Orientasi, Komplikasi, Evaluasi, Resolusi, dan Koda. Jelaskan
keenam struktur teks cerita pendek tersebut!
2.
Pemilihan dan susunan katanya ditempatkan
sedemikian rupa, sehingga kata dalam pantun tidak dapat dipertukarkan letaknya
atau diganti dengan kata lain yang memiliki makna yang sama, seandainya kata
itu diganti susunannya, akan menimbulkan kekacauan bunyi. Susunlah pantun di
bawah ini menjadi pantun yang tepat!
a.
Jika hendak menuntut ilmu
Kalau hendak pergi meramu
Carilah ilmu yang bermanfaat
Carilah kayu berbuah lebat
b.
Yang besar si jalar-jalar
Yang besar disebut gelar
Yang kecil sigama-gama
Yang kecil disebut nama
3. Sebagai pemahaman, dalam pembelajaran
bahasa Indonesia siswa harus memahami struktur dan kaidah kebahasaan pada teks.
Sebutkan struktur teks Cerita Ulang Biografi!
4. Sebagai pemahaman, dalam pembelajaran
bahasa Indonesia siswa harus memahami struktur dan kaidah kebahasaan pada teks.
Sebutkan kaidah kebahasaan teks Eksplanasi!
5. Pada pembelajaran kaidah kebahasaan teks
Ulasan terdapat nomina turunan yang dibentuk dengan menambahkan prefix, sufiks,
atau konfiks. Coba kalian buat nomina turunan (pe-+N, peng-+N+-an, N+-an,
per-+-an, ke-+N+-an) masing-masing satu!
6. Dalam pembelajaran teks Cerita Pendek
terdapat unsure intrinsic dan unsure ekstrinsik. Apa perbedaan kedua unsure
tersebut!
7. Berikan penafsiran pada pantun di bawah
ini!
a.
Bunga mawar tangkai berduri
Salak markisa dibuatkan cendol
Aku tersenyum malu sekali
Banyak bicara, tapi ulangan nol
b.
Berjalan-jalan pakai saja taksi
Bayarnya saja malah kapok
Selagi muda banyak beraksi
Tuanya bisa kena encok
1. Berikut ini yang bukan merupakan
ciri-ciri dari basa adalah…….
a.
Bersifat
alkalis
b. pH > 7
c.
Dalam
air terionisasi menghasilkan ion OH-
d. Umumnya memiliki rasa sakit
e. Mengubah warna kertas lakmus biru
menjadi merah
2. Nilai pH larutan H2SO4
0,01 M adalah …….
a.
2 d. 2-log 2
b. 3 e.2-log
3
c.
2+
log 2
3. Larutan NH4SO4
0,05 M Kb=2x10-5 memiliki pH sebesar …..
a.
3 d.10
b. 8 e.11
c.
9
4. Aerosol merupakan koloid yang terdiri
dari…..
a.
Fase
terdispersi gas dalam pendispersi cair
b. Fase terdispersi cair dalam
pendispersi gas
c.
Fase
terdispersi gas dalam pendispersi padat
d. Fase terdispersi cair dalam
pendispersi padat
e. Fase terdispersi cair dalam
pendispersi cair
5. Efek tyndall terjadi karena koloid
…..
a.
Menyerap
cahaya
b. Memancarkan cahaya
c.
Meneruskan
cahaya
d. Memadukan cahaya
e. Menghamburkan cahaya
6. Koloid pelindung yang ditambahkan
pada pembuatan es krim adalah ……
a.
Susu d. gelatin
b. Pewarna e. garam
c.
Coklat
7. Senyawa haloalkana yang disemprotkan
pada kaki pemaian sepak bola yang cedera adalah….
a.
Halotan
b. Iodoform
c.
Etil
klorida
d. Karbon tetraklorida
e. Difenil trikloroetana
8. Perhatikan reaksi berikut
R-COO-R’ + NaOH R-COO-Na + R’-OH
Reaksi tersebut merupakan reaksi …..
a.
Adisi d. Substitusi
b. Hidrolisis e. esterifikasi
c.
Netralisasi
9. Berikut adalah daftar beberapa
polimer
1. Selulosa 4. Poliester
2. Nilon 6,6 5.Protein
3. Teflon
Diantara polimer
tersebut, polimer yang termasuk polimer sintesis adalah….
a.
1
dan 3 d. 2,3, dan
4
b.
2
dan 3 e.3,4, dan 5
c.
1,3,
dan 5
10. Polimer berikut yang bersifat
termoseting adalah …..
a.
Polietilena d. bakelit
b. PVC e.soluloid
c.
Nilon
ESSAI
1. Sebanyak 50 ml larutan asam klorida
0,1 M ditetesi dengan larutan kalium hidroksida 0,1 M.Tentukan pH campuran pada
saat volume larutan kalium hidroksida yang ditambahkan:
a.
25
ml b.50 ml c.75 ml
2. Sebutkan contoh sifat efek
tyndal,adsorpsi dan dialysis dalam kehidupan sehari-hari!
3. Berdasarkan hasil pembahasan kelompok
masing-masing jelaskan tata nama dan kegunaan dari senyawa karbon tersebut!
4. Berikan setidaknya satu contoh dari
polimer berikut:
a.Polimer adisi d.
Polimer sintetis
b.Polimer Kondensasi e.Plastik
termoseting
c. Polimer alam f.Plastik
termoplastik
5. Kemukakan berbagai masalah yang
timbul dari penggunaan plastic dan bagaimanakah cara terbaik untuk
menanggulanginya!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
MATA PELAJARAN : PAI (PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM)
HARI/TANGGAL : SENIN
WAKTU : 60 MENIT
KELAS/PROGRAM KEAHLIAN : XI / Semua Program Keahlian
PENGAJAR : Drs. H. Dadang Habib Suparhan
Petunjuk
:
1. Bacalah doa sebelum mengerjakan !
2.
Jawablah
soal-soal dengan jujur dan mandiri, tidak boleh sama dengan orang lain !
Soal
uraian :
يَٰٓأَيُّهَاٱلَّذِينَءَامَنُوٓاْإِذَاتَدَايَنتُمبِدَيۡنٍإِلَىٰٓأَجَلٖمُّسَمّٗىفَٱكۡتُبُوهُۚوَلۡيَكۡتُببَّيۡنَكُمۡكَاتِبُۢبِٱلۡعَدۡلِۚوَلَايَأۡبَكَاتِبٌأَنيَكۡتُبَكَمَاعَلَّمَهُٱللَّهُۚفَلۡيَكۡتُبۡوَلۡيُمۡلِلِٱلَّذِيعَلَيۡهِٱلۡحَقُّوَلۡيَتَّقِٱللَّهَرَبَّهُۥوَلَايَبۡخَسۡمِنۡهُشَيۡٔٗاۚفَإِنكَانَٱلَّذِيعَلَيۡهِٱلۡحَقُّسَفِيهًاأَوۡضَعِيفًاأَوۡلَايَسۡتَطِيعُأَنيُمِلَّهُوَفَلۡيُمۡلِلۡوَلِيُّهُۥبِٱلۡعَدۡلِۚٞ٢٨٢
1. Identifikasilah Substansi Surat Al Baqoroh Ayat
282 diatas !
2.
Kemukakan
syarat syarat jual beli menurut Islam !
3.
Sebutkan
macam macam khiyar !
4.
Apa yang
kamu ketahui tentang Riba’? kemudian ada berapa macam kah Riba’ itu?
5.
Berilah
contoh Syirkah ‘Abdan yang sering
dilakukan oleh sebagian besar masyarakat!
6.
Kemukakan
pemikiran pemikiran tokoh yang ada pada gambar!
Muhammad iqbal
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA
DIKLAT :
SENI BUDAYA
HARI/TANGGAL : Kamis, 02-07-2015
WAKTU : 60 menit
KELAS/PROG.
KEAHLIAN : XI / Semua
Program Keahlian
PENGAJAR :
Septa Harry Perana, SPd
Petunjuk
:
3. Bacalah doa sebelum mengerjakan !
4. Jawablah soal-soal dengan jujur dan mandiri,
tidak boleh sama dengan orang lain !
A.
Soal Essay: (1-10)
1.
Jelaskan pengertian komposisi,
aransemen dan improvisasi?
2.
Jelaskan pengertian pitch, enharmonik,
interval dan tanda aksidental. Tanda aksidental terdiri dari? (Jelaskan dan
gambarkan)
3.
Jelaskan pengertian akor, akor trinada
dan inversi akor?
4.
Sebutkan manfaat belajar akor dan
inversi akor?
5.
Akor apa saja yang termasuk akor
trinada? (Jelaskan)
6.
Tuliskan akor C Mayor sampai E Mayor pada
piano beserta pitch dan gambarnya?
7.
Tuliskan akor F minor sampai B minor
pada gitar
beserta pitch dan gambarnya?
8.
Tuliskan akor C Dim sampai E Dim pada piano
beserta pitch dan gambarnya?
9.
Hal-hal apa saja yang harus
diperhatikan dalam menulis lirik lagu
10. Buat
lirik lagu karya sendiri (minimal 3 bait) bertemakan politik dan religi?
No comments:
Post a Comment