BANK SOAL SMK MJPS 1 TASIKMALAYA

SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TENTANG : MENUNTUT ILMU, LARANGAN ZINA
KELAS X SEMESTER GENAP
TAHUN : 2015/2016
 SMK MJPS 1 TASIKMALAYA

 Soal-Soal :
1.  Identifikasilah dua sikap atau perbuatan yang menunjukkan  adanya proses Penerapan Ilmu
     dalam kehidupan sehari-hari, kemudian beri penjelasan !
2.  Uraikan keterkaitan antara mencari ilmu agama dengan jihad ? seperti yang terdapat dalam
     QS. At Taubah : 22, yang artinya :

Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya. 

3. Buatklah Peta Pemikiran (mind mapping) dari penjelasan no.2 !
4. Jelaskan keterkaitan antara larangan berzina dengan kekejian yang ditimbulkannya ! Seperti yang
    dijelaskan dalam QS. Al Isra : 32
    Artinya :
     Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. 
    dan suatu jalan yang buruk.
5. Buatkan Peta Pemikiran (mind mapping) dari penjelasan no. 4 !

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 

BANK SOAL

SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
MATA DIKLAT                                     : PENDIDIKAN AGAMA & BUDI PEKERTI
HARI/TANGGAL                                 : Senin, 30-05-2015
WAKTU                                                 : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN                : X / Semua Program Keahlian
PENGAJAR                                          : Anang Saepudin, MPdI ; Drs. Aman Rochman ; Latief Surjana, SPdI
Petunjuk :
1.    Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan soal !
2.    Jawablah soal secara mandiri dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
SOAL :
1.  Identifikasilah dua sikap atau perbuatan yang menunjukkan  adanya proses Penerapan Ilmu
     dalam kehidupan sehari-hari, kemudian beri penjelasan !
2.  Uraikan keterkaitan antara mencari ilmu agama dengan jihad ? seperti yang terdapat dalam
     QS. At Taubah : 22, yang artinya :
Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya. 
3. Buatklah Peta Pemikiran (mind mapping) dari penjelasan no.2 !
4. Jelaskan keterkaitan antara larangan berzina dengan kekejian yang ditimbulkannya ! Seperti   
    yang dijelaskan dalam QS. Al Isra : 32
    Artinya :
     Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang  
     keji. dan suatu jalan yang buruk.
5. Buatkan Peta Pemikiran (mind mapping) dari penjelasan no. 4 !

------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA DIKLAT                                     : BAHASA INGGRIS
HARI/TANGGAL                                 : Rabu, 01-07-2015
WAKTU                                                 : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN                : X / Semua Program Keahlian
PENGAJAR                                          : Dea Ahadiyah, SPd  ;  Drs. Aman Rochman
                                                                  Yusi Salbiah, SPd   ; Abdul Aziz Fahrudin, SPd
Petunjuk :
3.    Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan soal !
SOAL :
1.    Translete this paragraph into a good Indonesian!
Afgan has always been my favourite singer. I had always been thinking of how i would feel when i met him. Then i was suddenly hit by lightning when i found out afgan when coming to town for a concert in a local auditorium. A day before the concert, there would be a meet and greet event at a local radio station.
2.    Complete this paragraph using Was and Were!
The radio station .............full of fans. They ...... excited to wait for afgan. They ....ready to see his performance on the meet and greet. When he .... finished with the song, the host announced that it .... time to autgraphing memorabilia.
3.    Make a sentence using past form ( past tense)
-       Sunny day
-       Amazing moment
-       Happy person
4.    Have you ever write a diary? Can you explain to me why do people write a diary?
5.    Please write down your short personal experience in a diary!
6.    Make a short biography from BJ. Habibie!
7.    Complete the following sentence using the words in the box!
a.         The newly married ...............have just moved into the new house.
b.        I feel thankful for the way my parents have...............me.
c.         The school has a very excellent program to stop ..................
Raised                     Couple                Demon           Bullying
8.    Put the following direct sentence into reported speech!
a.       The lord said,” i ‘ll employ you”.
b.      Jihn said,” I’m feeling ill”.
c.       Issumboshi said to the princess, “I’ll stay in your pocket and guard you form all harm”.
9.    Please describe about the characteristic of Issumboshi!
10. Create a question as you can based this sentences!
-          They lived in a small house near the village forest.
-          His name is Issumboshi

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA DIKLAT                                     : FISIKA
HARI/TANGGAL                                 : Jum’at, 03-07-2015
WAKTU                                                 : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN               : X TKJ 1,2 dan X TKR 3
PENGAJAR                                          : Citria Anita, S.Pd

Petunjuk :
4.    Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan soal !
5.    Jawablah soal secara mandiri dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
SOAL :
      1.       Sebuah buku fisika terletak di atas meja perpustakaan yang tingginya 120 cm dari lantai. Jika massa buku tersebut 250 gram, berapa besar energi potensial yang dimiliki buku tersebut?
      2.       Sebuah kereta mainan massanya 500 gram meluncur dengan kecepatan 30 m/s. Hitunglah energi kinetik yang dimiliki oleh kereta mainan selama bergerak?
     3.       Lampu pijar 100 Watt mampu mengubah energi listrik yang diterimanya menjadi energi cahaya sebesar 40 J tiap sekon. Berapa efisiensi lampu pijar tersebut?
     4.       Sebuah benda bergerak dengan kecepatan 25 m/s. Momentum yang dimiliki benda tersebut adalah 5000 kg.m/s. Berapa massa benda tersebut?
    5.       Seorang pemain baseball memukul bola dengan gaya sebesar 75 N, jika lama bola mengenai pemukul adalah 0,4 sekon, hitung impuls bola tersebut?
     6.       Jelaskan 3 ciri-ciri tumbukan lenting sempurna!
    7.       Seutas kawat memiliki luas penampang 0,07 mm2, dikenai gaya sebesar 36 N. Hitung tegangan kawat tersebut!
    8.       Sebuah pegas yang mempunyai konstanta pegas 500 N/m ditarik dengan gaya 12 N, hitung pertambahan panjang pegasnya!
     9.      Tiga buah pegas masing-masing mempunyai konstanta pegas 200 N/m, 200 N/m dan 400 N/m disusun secara paralel, jika pegas ditarik dengan gaya sebesar 240 N, berapa pertambahan panjang yang dialami pegas tersebut?
     10.   Seorang penyelam menyelami lautan hingga kedalaman 50 m, jika massa jenis air laut 1200 kg/m3 da percepatan gravitasi di tempat itu 10 m/s2, berapa tekanan hidrostatis yang dialami penyelam tersebut?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA DIKLAT                  : PPKn 
HARI/TANGGAL              : Senin, 30-05-2015 
WAKTU                             : 60 menit 
PENGAJAR                       : Lela Nurlela, SP, MPd
Petunjuk :

6.    Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan soal !
7.    Jawablah soal secara mandiri dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
SOAL :
1.             Bagaimana menurut kalian tentang lembaga KPU ? Apakah sudah berperan sesuai fungsinya ?
2.             Apakah unjuk rasa /demontrasi sesuai dengan budaya bangsa ?
3.             Bila hak kalian dilanggar, apa tindakan kalian ?    Bolehkah bertindak sewenang – wenang ?
4.             Apa saja yang menjadi alat – alat pemersatu bangsa !
5.             Bagaimana upaya penyelesainnya agar peristiwa bentrok atau perbedaan pendapat tidak terjadi lagi ?
6.             Tuliskan syarat integrasi !
7.             Apa arti ancaman serta tulisankan bentuk ancaman di luar negeri dan dalam negeri !
8.             Apa saja yang menjadi bentuk usaha bela negara ?
9.             Dalam Piagam Jakarta atau Jakarta Charter, dalam piagam tersebut tercantum rumusan Pancasila, yaitu Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya, yang kemudian diganti menjadi “ Ketuhanan Yang Maha Esa “, mengapa demikian jelaskan !
10.         Apa akibatnya jika Indonesia menjadi bangsa yang lemah !

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA DIKLAT                                     : PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
HARI/TANGGAL                                 : Kamis, 02-07-2015
WAKTU                                                 : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN                  : X - TMP1,2,  TSM1,2,  TKJ1,2
PENGAJAR                                          : ELA SRI MULYANI, SE
Petunjuk :
8.    Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan soal !
9.    Jawablah soal secara mandiri dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
Jawablah pertanyaan berikut ini !
1.       Identifikasi jenis produk pembersih :
a.       Produk industri besar
b.      Produk industri kecil
c.       Produk industri tradisional
2.       Jelaskan menurut pendapat kalian, apa yang menjadi tujuan produk pembersih modern di produksi oleh perusahaan besar !
3.       Menurut pendapat kalian, apa yang menjadi kelemahan produk pembersih tradisional yang memanfaatkan bahan-bahan alami !
4.       Bahan –bahan alami yang bisa digunakan sebagai produk pembersih diantaranya :
a.       Lerak
b.      Minyak zaitun
Jelaskan bagian-bagian dari bahan alami tersebut yang digunakan sebagai produk pembersih, dan sebutkan manfaat atau kegunaannya !
5.       KEMASAN :
a.       Menurut pendapat kaian apa yang dimaksud dengan kemasan !
b.      Sebutkan fungsi dari kemasan !
c.       Apa saja yang harus tercantum dalam label kemasan !
....selamat bekerja....

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA DIKLAT                                     : PRAKARYA & KEWIRAUSAHAAN
HARI/TANGGAL                                 : Kamis, 02-07-2015
WAKTU                                                 : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN                   : X-TKR1,2,3
PENGAJAR                                          : Patah Yasin Setiadi, SPd
 

Petunjuk :
10. Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan soal !
11. Jawablah soal secara mandiri dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
SOAL :
1.       Apa yang disebut  industri “Fully Machinal/Otomatis” ?
2.       Apa yang disebut Garmen dan Konveksi ?
3.       Bagaimana industri menurut “Kapasitas Produksi”. Sebutkan apa saja !
4.       Bagaimana syarat untuk menjadi wirausaha yang berhasil ?
5.       Bagaimana industri dilihat dari “proses produksi” Sebutkan apa saja !
6.       Apa yang dikatakan Makrame ?
7.       Bagaimana ciri-ciri atau sifat serat non organik atau sintesis ?
8.       Apa yang disebut  Quilting ?
9.       Bagaimana isi dari sumber daya usaha dalam berwirausaha atau dikenal dengan 6M ?
10.    Sebutkan macaam-macam limbah padat !


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS
                                                                                           SMK MJPS 1        
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MATA DIKLAT                      : SEJARAH INDONESIA
HARI/TANGGAL                    : Rabu, 01-07-2015
WAKTU                                  :60 menit
KELAS/PROG.KEAHLIAN     : X / TMR 1,2, ; TKJ 1,2  ;  TKR 1, 2, 3
PENGAJAR                             : NITA DIANTI SEVIANI, S.Pd

Bacalah basmallah dan berdo’alah sebelum mengerjakan soal-soal berikut !

1.       Islam masuk ke Jawa melalui pesisir pantai pulau Jawa. Beberapa kerajaan Islam di Jawa memiliki latar belakang sejarah yang berbeda satu sama lain.
a)      Jelaskan tentang latar belakang berdirinya Kerajaan Demak !
b)      Jelaskan bagaimana proses keruntuhan Kerajaan Banten oleh VOC !

2.       Buatlah peta tentang letak Kerajaan Islam yang berada di Kalimantan dan Sulawesi, berikan penjelasan tentang peta tersebut !

3.       Di daerah Sulawesi tumbuh kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam. Munculnya kerajaan-kerajaan Islam di Sulawesi tidak terlepas dari perdagangan yang berlangsung ketika itu.
a)      Jelaskan bagaimana proses masuknya Islam di Sulawesi !
b)      Jelaskan makna dan pelajaran yang dapat diproleh dari Perjanjian Bongaya di Sulawesi !
c)      Ceritakan secara singkat mengenai Sultan Hasanudin dan perannya di Kerajaan Makassar !

4.       Kepulauan Maluku menduduki posisi penting dalam perdagangan dunia di kawasan timur Nusantara. Mengingat keberadaan Maluku ini maka tidak mengherankan jika sejak abad ke – 15 hingga abad ke – 19 kawasan ini menjadi wilayah perebutan antara bangsa Spanyol, Portugis, dan Belanda.
a)      Jelaskan proses Islamisasi di Maluku !
b)      Ceritakan secara singkat tentang Sultan Baabullah !
c)      Jelaskan hubungan antara kerajaan Ternate-Tidore dengan tokoh-tokoh ulama dari Gresik !

5.       Bagaimana proses perkembangan keilmuan di Nusantara setelah pendidikan Islam masuk di istana-istana raja? Jelaskan !


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL UJIAN AKHIR SMESTER GENAP
SMK MJPS 1
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MATA DIKLAT                      : SEJARAH INDONESIA
KELAS/PROG.KEAHLIAN     : XI / TKJ 1, TKJ 2
PENGAJAR                             : NITA DIANTI SEVIANI, S.Pd

Bacalah basmallah dan berdo’alah sebelum mengerjakan soal-soal berikut !

1.       Salah satu peristiwa penting yang terjadi sebelum proklamasi kemerdekaan RI adalah terjadinya peristiwa Rengasdengklok. Dalam peristiwa Rengasdengklok, terjadi perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda tentang waktu pelaksanaan proklamasi kemerdekaan.
a)      Jelaskan inti dari perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda tersebut !
b)      Sebutkan beberapa tokoh dari golongan tua dan golongan muda yang terlibat dalam peristiwa Rengasdengklok !
c)      Jelaskan hasil dari kesepakatan dalam peristiwa Rengasdengklok !

2.       Perjuangan bangsa Indonesia untuk menuju kebebasan di mulai dari pengorbanan fisik untuk melawan penjajahan sampai kepada perjuangan-perjuangan yang sifatnya diplomatis. Hal ini menandakan, bahwa semua bangsa di dunia tidak berkehendak dengan adanya penjajahan.
a)      Jelaskan beberapa peristiwa-peristiwa penting setelah Proklamasi Pembentukan Pemerintahan pertama RI !
b)      Dalam peristiwa sekitar Proklamasi, nilai perjuangan seperti apa yang harus kita lestarikan dan terapkan dalam kehidupan bernegara saat ini !

3.       Buat biografi perjalanan salah satu tokoh proklamator yang kalian ketahui, dan perannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia !

4.       Setelah teks proklamasi dibacakan, tidak berarti kemerdekaan negara dan bangsa Indonesia tersebut bebas dari ancaman dan gangguan bangsa lain. Kemerdekaan yang sudah diraih harus tetap dipertahankan. Ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia yang baru merdeka itu dating baik dari dalam maupun luar negeri.
a)      Jelaskan bagaimana latar belakang kedatangan Sekutu ke Indonesia, setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya !
b)      Jelaskan tujuan dibentuknya AFNEI dan jelaskan mengenai tugas-tugasnya !

5.       Perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan di berbagai daerah dilakukan dengan berbagai macam cara. Rakyat Indonesia melakukan perjuangan melalui perlawanan bersenjata, maupun dengan cara diplomasi.
a)      Sebutkan pertempuran apa saja yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, dan jelaskan arti penting dari perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan tersebut !
b)      Nilai apa yang dapat kalian peroleh dari mempelajari proses perjuangan bangsa Indonesia dari perjuangan melalui pertempuran, maupun perjuangan dari jalan diplomasi!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA DIKLAT                                     : BAHASA INGGRIS
HARI/TANGGAL                                 : Rabu, 01-07-2015
WAKTU                                                 : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN                : XI / Semua Program Keahlian
PENGAJAR                                          : Dea Ahadiyah,SPd  ;  Drs. Aman Rochman
                                                                  Abdul Aziz Fahrudin, SPd
 

Petunjuk :
12. Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan soal !
SOAL :
1.        What is the worst earthquake that indonesia has witnessed? How much damage did it cause?how did respond to the disaster? Explain!

2.        Complete the following conditional sentences!
-          If i get a red sport car, ...
-          If i have much money, ...
-          If it did’nt rain, we...
3.        Match the “if” clause with the correct second clause.

If clause
Second clause
-          If i live in a village,
-          I would meet reza rahardian
-          If i could meet someone famous
-          I would have a farm
-          If you heat ice
-          It melts
4.        Please make a simple procedure, “How To Make a Cup of Coffee”!

5.        Complete the dialogue use do/ does!
Anita       : ... you like banana ice cream mira?
Mira        : No, i ... not like it. How about you?

6.        Rearrange this procedure text to be a good procedure!
-          After that, prepare the handheld juicer and put the oranges on the juicer and squeeze them one by one.
-          Continue doing this till all oranges have been juiced
-          First, wash the oranges and put them on a cuting board
-          Then, cut the oranges into halves
-          Now, add 2 teaspoons of sugar and a pinch of cinamon if you want and stir till tyhe sugar and cinamon has completely dissolved
-          If you want your juice without pulp use the sieve to take out all the pulp
-          Finally your oranges juice is ready to be served

7.        What is the function of procedure text!
8.        Make a short biography from Cut Nyak Dien!
9.        Translete this text into a good indonesian!

The development of good character should be the heart and soul of education, and shuold dominate the spirit of teaching. This was the philosophy of the “Father of Indonesian Education”, Ki Hajar Dewantara. The reason , he said , was that teaching and character building are like two sides of a coin and cannot, and should not be separated.

10.     Have you ever used a procedure text to do something? What have you used it for? Was it helpful? Was it easy to follow? Explain it!

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
MATA DIKLAT                                                                    : MATEMATIKA
HARI/TANGGAL                                                                 : Selasa, 31-05-2015
WAKTU                                                                                 : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN                                               : XI / Semua Program
PENGAJAR                                                                          : Pepi Nurpiani, S. Pd. dan Restu Novitasamya, S. Pd.
                                                                     
Bacalah basmallah dan berdo’alah sebelum mengerjakan soal-soal berikut !




          SOAL ESSAY : (1-10)
          Perhatikan tabel distribusi frekuensi berikut untuk soal        
          nomor 1 sampai no 3!
Nilai
Frekuensi
31 - 40
4
41 - 50
10
51 - 60
15
61 - 70
9
71 - 80
2

1.       Tentukan nilai rata-rata dari data di atas!
2.       Tentukan median dari data tersebut!
3.       Berapakah modus dari data tersebut?
4.       Dari 5 orang calon pengurus akan dipilih seorang ketua, wakil, dan seorang bendahara. Tentukan banyaknya susunan pengurus yang mungkin!
5.       Dari sepuluh orang siswa akan dipilih 4 orang untuk menjadi perwakilan lomba. Tentukan banyaknya susunan yang dapat terjadi!
6.       Tentukan persamaan lingkaran yang berpusat di (2,4) dan melalui titik (10,-2)!
7.       Tentukan persamaan garis singgung pada lingkaran x2 + y2 = 13 yang melalui titik (3,-2)!
8.       Tentukan bayangan dari titik A(3,4) di dilatasi dengan pusat (-1,1) dengan skala pembesaran 4!
9.       Tentukan f’(2) dari f(x) = x3 – 6x2 – 9x + 1!
10.   Tentukan nilai dari !

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015

MATA DIKLAT                                     : PPKn
HARI/TANGGAL                                 : Senin, 30-05-2015
WAKTU                                                 : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN                                : XI / TMR 1,2
PENGAJAR                                          : Lela Nurlela, SP, MPd
 

Petunjuk :
13. Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan soal !
14. Jawablah soal secara mandiri dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !

SOAL :
1.         Jelaskan strategi Bangsa Indonesia dalam mengatasi ancaman – ancaman yang bersifat Non Militer !
2.        Mengapa pembangunan belum merata sampai kedaerah perbatasan ?
3.        Seperti apakah keadaan Indonesia digambarkan dalam lagu “ Tanah Airku “ ciptaan Ibu Sud.
4.        Nilai –nilai apa saja yang terdapat dalam lagu tersebut yang dapat kalian lakukan dalam kehidupan sehari - hari ?
5.        Apa saja yang telah kalian perbuat sebagai wujud kebanggaan kalian sebagai warga negara Indonesia ?
6.        Terdapat tiga perbedaan budaya politik di dalam masyarakat yaitu, apatis, dimobilisasi dan partisipan, faktor apa saja penyebab tiga perbedaan tersebut ?
7.        Apa yang menjadi ciri – ciri masyarakat politik ?
8.        Jelaskan apa yang dimaksud Budaya Politik Parokial !
9.        Menurut pendapat mu, apa tujuan dilakukannya kegiatan Demontrasi/ unjukrasa ?
10.     Bagaimana cara untuk meningkatkan kembali partisipasi warga negara dalam pemilihan kepala daerah ?
************* Selamat bekerja *************

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015

MATA DIKLAT                                     : Prakarya dan Kewirausahaan
HARI/TANGGAL                                 : Kamis, 02-07-2015
WAKTU                                                 : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN                                : XI TMP2, TKR1, 2, 3, TKJ1, 2
PENGAJAR                                          : Dra Euis Rusyani
 

Petunjuk :
15. Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan soal !
16. Jawablah soal secara mandiri dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
1.       Apa yang dimaksud dengan bahan keras?
2.       Jelaskan jenis-jenis bahan keras alami dan bahan keras buatan?
3.       Jelaskan yang dimaksud dengan kerajinan benda pakai dan kerajinan benda hias? Berikut contohnya!
4.       Sebuatkan langkah-langkah budidaya ikan hias!
5.       Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyiapan sarana produksi pembenihan ikan hias!
6.       Jelaskan faktor teknis yang dipertimbangkan dalam memilih lokasi budidaya ikan hias!
7.       Jelaskan strategi yang dapat diterapkan dalam budidaya ikan hias!
8.       Sebutkan bahan-bahan nabati dan hewani yang dapat dijadikan sebagai produk kosmetik!
9.       Mengapa produk kosmetik dari bahan pangan nabati dan hewani lebih aman digunakan?
10.   Jelaskan desain proses produsi kosmetik berdasarkan prosedur berkarya!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS GENAP
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
MATA DIKLAT                                                                    : Prakarya dan Kewirausahaan
HARI/TANGGAL                                                                                : Kamis, 02-07-2015
WAKTU                                                                                                : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN                                                               : XI TMP 1   ; XI TMR 1, 2
PENGAJAR                                                                          : Nana Suryana, SPd                                                                 

Bacalah basmallah dan berdo’alah sebelum mengerjakan soal-soal berikut !
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar dan jelas !
1.       Menurut kalian kenapa kita harus belajar prakarya dan kewirausahaan.?
2.       Sebutkan tujuan wirausaha untuk siswa dan dunia pendidikan.?
3.       Sebutkan 5 manfaat kewirausahaan.?
4.       Jelaskan alasanmu mengapa peluang yang ada harus segera diambil?
5.       Tuliskan langkah-langkah melakukan wirausaha!
6.       Apa yang di sebut resiko dalam wirausahawan?
7.       Dalam wirausaha ada yang di sebut analisis SWOT apa arti dan kegunaannya?
8.       Dalam Produksi ada yang di sebut dengan Break Event Point (BEP) tujuanya untuk apa?
9.       Carilah jumlah BEP! Jika biaya produksi Rp. 2.500.000,- dan total produksi sebanyak 250 produk, dengan harga jual  Rp. 20.000,- maka :
10.   Sebutkan faktor-faktor kegagalan dalam wirausaha!

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS
 SMK MJPS 1        
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MATA DIKLAT                      : SEJARAH INDONESIA
HARI/TANGGAL                    : Rabu, 01-07-2015
WAKTU                                  : 60 menit
KELAS/PROG.KEAHLIAN     : XI / TKJ 1, TKJ 2
PENGAJAR                             : NITA DIANTI SEVIANI, S.Pd
Bacalah basmallah dan berdo’alah sebelum mengerjakan soal-soal berikut !

6.       Salah satu peristiwa penting yang terjadi sebelum proklamasi kemerdekaan RI adalah terjadinya peristiwa Rengasdengklok. Dalam peristiwa Rengasdengklok, terjadi perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda tentang waktu pelaksanaan proklamasi kemerdekaan.
d)      Jelaskan inti dari perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda tersebut !
e)      Sebutkan beberapa tokoh dari golongan tua dan golongan muda yang terlibat dalam peristiwa Rengasdengklok !
f)       Jelaskan hasil dari kesepakatan dalam peristiwa Rengasdengklok !

7.       Perjuangan bangsa Indonesia untuk menuju kebebasan di mulai dari pengorbanan fisik untuk melawan penjajahan sampai kepada perjuangan-perjuangan yang sifatnya diplomatis. Hal ini menandakan, bahwa semua bangsa di dunia tidak berkehendak dengan adanya penjajahan.
c)      Jelaskan beberapa peristiwa-peristiwa penting setelah Proklamasi Pembentukan Pemerintahan pertama RI !
d)      Dalam peristiwa sekitar Proklamasi, nilai perjuangan seperti apa yang harus kita lestarikan dan terapkan dalam kehidupan bernegara saat ini !

8.       Buat biografi perjalanan salah satu tokoh proklamator yang kalian ketahui, dan perannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia !

9.       Setelah teks proklamasi dibacakan, tidak berarti kemerdekaan negara dan bangsa Indonesia tersebut bebas dari ancaman dan gangguan bangsa lain. Kemerdekaan yang sudah diraih harus tetap dipertahankan. Ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia yang baru merdeka itu dating baik dari dalam maupun luar negeri.
    Jelaskan bagaimana latar belakang kedatangan Sekutu ke Indonesia, setelah Indonesia            memproklamirkan kemerdekaannya !
            Jelaskan tujuan dibentuknya AFNEI dan jelaskan mengenai tugas-tugasnya !

10.    Perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan di berbagai daerah dilakukan dengan berbagai macam cara. Rakyat Indonesia melakukan perjuangan melalui perlawanan bersenjata, maupun dengan cara diplomasi.
c)      Sebutkan pertempuran apa saja yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, dan jelaskan arti penting dari perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan tersebut !
d)      Nilai apa yang dapat kalian peroleh dari mempelajari proses perjuangan bangsa Indonesia dari perjuangan melalui pertempuran, maupun perjuangan dari jalan diplomasi!

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015

MATA DIKLAT                                     : BAHASA SUNDA
HARI/TANGGAL                                 : Jum’at ,  03-07-2015
WAKTU                                                 : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN                                : XI / Semua Program Keahlian
PENGAJAR                                          : Resti Tandiani Utami, SPd  ; Restu Novitasamya, SPd
 

Petunjuk :
17. Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan soal !
18. Jawablah soal secara mandiri dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !

SOAL :

Pék eusian patalekan ku jawaban anu merenah !
1.        Hartikeun paribasa di handap ieu!
a.     Adéan ku kuda beureum :
b.    Cikaracak ninggang batu laun-laun jadi legok :
2.        Hartikeun babasan di handap ieu!
a.       Gedé hulu :
b.      Héjo tihang :
3.        Tengetan ungkara basa kapamalian di handap ieu!
Kapamalian
Alesan Karuhun
Tapsir Logis
Ulah cicing di lawang panto
........................................
..........................................
4.        a.   Sora manuk bebencé, nandakeun.......
b.      Ngimpi newak lauk, nandakeun.......
5.        Titénan kabudayaan Sunda di handap ieu!
Wewengkon
Has Kadaharan
a.       Ciamis
b.      Garut
.............................
.............................
6.        Titénan kasenian Sunda di handap ieu !
Ngaran Waditra
Bahan
Gambar

Suling
..........................................
..........................................
..........................................

7.        Sebutkeun rupa-rupa pungsi wawancara!
8.        Sebutkeun katangtuan samemeh jeung prak-prakan ngawawancara!
9.        Nilik dumasar cara nepikeunana, warta téh dibagi jadi sababaraha wanda, nya éta.......
10.    Sebutkeun 5 conto majalah atawa koran Sunda

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA DIKLAT                                     : BAHASA SUNDA
HARI/TANGGAL                                 : Jum’at, 03-07-2015
WAKTU                                                 : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN                                : X / Semua Program Keahlian
PENGAJAR                                          : Helmi Noviani Latifah, SPd
 

Petunjuk :
19. Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan soal !
20. Jawablah soal secara mandiri dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
SOAL :
1.       Sebutkeun nu kaasup papasingan dongeng!
2.       Naon nu dimaksud mite jeung legenda!
3.       Naon nu disebut carpon!
4.       Sebutkeun unsur – unsur carpon!
5.       Sabaraha ukuran kecap carpon?
6.       Carpon sunda kabuktian geus ngebrehkeun rupaning aspek sosial masyarakat sunda. Sebutkeun aspek naon wae!
7.       Naon nu disebut guguritaan!
8.       Sebutkeun rupa – rupa pupuh!
9.       Naon nu disebut sisindiran!
10.   Pek jieun sisindiran tema na bebas!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA DIKLAT                                     : MATEMATIKA
HARI/TANGGAL                                 : Selasa, 31-05-2015
WAKTU                                                 : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN                                : X – TSM 1,2
PENGAJAR                                          : Isye Nuraisyah, SSi
 

Petunjuk :
21. Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan soal !
22. Jawablah soal secara mandiri dan jawaban tidak boleh sama dengan orang lain !
SOAL :
1.       Persamaan kuadrat x2+(m-2)x + 2m-4=0 mempunyai akar-akar real, maka batas nilai m yang memenuhi adalah …….
2.       Akar-akar persamaan kuadrat x2-2x-3=0 adalah α dan β. Persamaan kuadrat yang akar- akanya adalah (α-2) dan (β-2) adalah…………………
3.       Segitiga ABC memiliki koordinat titik A(-4,-3), B(4,-3), dan C(4,3)
a)      Gambarlah segitiga ABC pada bidang kartesius
b)      Tentukan nilai sin A, cos A, tan A
4.       Tentukanlah nilai trigonometri dari
5.       Diberikan kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 6 cm. Jarak titik B ke diagonal ruang AG adalah ………….
6.       Diketahui  kubus ABCD.EFGH dengan sudut α adalah sudut antara bidang BDG dengan bidabg BDHF. Nilai tan α adalah …….
7.      
8.      
Data berikut untuk menjawab no 9 dan 10
2,2   1,3   1,9   1,6   1,2   1,8   1,7   1,5   1,3   1,4 
1,9   1,8   2,1   2,0   1,9   1,8   1,5   1,6   1,2   1,3
1,4   1,5   1,7   1,6   1,4   1,5   1,9   2,0   2,2   2,1
2,2   2,1   2,0   1,7   1,6   1,5   1,4   1,5   1,9   1,8
9.       Tentukan :
a)      Banyak data
b)      Data terkecil
c)       Data terbesar
d)      Jangkauan
e)      Banyak kelas
f)       Panjang kelas
           10.   Tentukan :
a)      Batas kelas  1 – 6
b)      Buat tabel distribusi frekuensi data berkelompok dari data di atas !

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015
MATA DIKLAT                                     : BAHASA INDONESIA
HARI/TANGGAL                                 : Selasa, 31-05-2015
WAKTU                                                 : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN                                : XI / Semua Program Keahlian
PENGAJAR                                          : Rafita Humaira, SPd  ;  Enung Hotimah, SPd
 

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.       Teks Cerita Pendek meliputi 6 (enam) struktur yaitu Abstrak, Orientasi, Komplikasi, Evaluasi, Resolusi, dan Koda. Jelaskan keenam struktur teks cerita pendek tersebut!
2.       Pemilihan dan susunan katanya ditempatkan sedemikian rupa, sehingga kata dalam pantun tidak dapat dipertukarkan letaknya atau diganti dengan kata lain yang memiliki makna yang sama, seandainya kata itu diganti susunannya, akan menimbulkan kekacauan bunyi. Susunlah pantun di bawah ini menjadi pantun yang tepat!
a.       Jika hendak menuntut ilmu
Kalau hendak pergi meramu
Carilah ilmu yang bermanfaat
Carilah kayu berbuah lebat
b.      Yang besar si jalar-jalar
Yang besar disebut gelar
Yang kecil sigama-gama
Yang kecil disebut nama
3.    Sebagai pemahaman, dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa harus memahami struktur dan kaidah kebahasaan pada teks. Sebutkan struktur teks Cerita Ulang Biografi!
4.    Sebagai pemahaman, dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa harus memahami struktur dan kaidah kebahasaan pada teks. Sebutkan kaidah kebahasaan teks Eksplanasi!
5.    Pada pembelajaran kaidah kebahasaan teks Ulasan terdapat nomina turunan yang dibentuk dengan menambahkan prefix, sufiks, atau konfiks. Coba kalian buat nomina turunan (pe-+N, peng-+N+-an, N+-an, per-+-an, ke-+N+-an) masing-masing satu!
6.    Dalam pembelajaran teks Cerita Pendek terdapat unsure intrinsic dan unsure ekstrinsik. Apa perbedaan kedua unsure tersebut!
7.    Berikan penafsiran pada pantun di bawah ini!
        a.    Bunga mawar tangkai berduri
               Salak markisa dibuatkan cendol
               Aku tersenyum malu sekali
               Banyak bicara, tapi ulangan nol
        b.   Berjalan-jalan pakai saja taksi
              Bayarnya saja malah kapok
              Selagi muda banyak beraksi
              Tuanya bisa kena encok

1.       Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri dari basa adalah…….
a.        Bersifat alkalis
b.       pH > 7
c.        Dalam air terionisasi menghasilkan ion OH-
d.       Umumnya memiliki rasa sakit
e.       Mengubah warna kertas lakmus biru menjadi merah
2.       Nilai pH larutan H2SO4 0,01 M adalah …….
a.        2                                      d. 2-log 2
b.       3                                      e.2-log 3
c.        2+ log 2
3.       Larutan NH4SO4 0,05 M Kb=2x10-5 memiliki pH sebesar …..
a.        3                                      d.10
b.       8                                      e.11
c.        9
4.       Aerosol merupakan koloid yang terdiri dari…..
a.        Fase terdispersi gas dalam pendispersi cair
b.       Fase terdispersi cair dalam pendispersi gas
c.        Fase terdispersi gas dalam pendispersi padat
d.       Fase terdispersi cair dalam pendispersi padat
e.       Fase terdispersi cair dalam pendispersi cair
5.       Efek tyndall terjadi karena koloid …..
a.        Menyerap cahaya
b.       Memancarkan cahaya
c.        Meneruskan cahaya
d.       Memadukan cahaya
e.       Menghamburkan cahaya
6.       Koloid pelindung yang ditambahkan pada pembuatan es krim adalah ……
a.        Susu                                d. gelatin
b.       Pewarna                        e. garam
c.        Coklat
7.       Senyawa haloalkana yang disemprotkan pada kaki pemaian sepak bola yang cedera adalah….
a.        Halotan
b.       Iodoform
c.        Etil klorida
d.       Karbon tetraklorida
e.       Difenil trikloroetana
8.       Perhatikan reaksi berikut
R-COO-R’ + NaOH             R-COO-Na + R’-OH
Reaksi tersebut merupakan reaksi …..
a.        Adisi                               d. Substitusi
b.       Hidrolisis                        e. esterifikasi
c.        Netralisasi
9.       Berikut adalah daftar beberapa polimer
1.       Selulosa                         4. Poliester
2.       Nilon 6,6                        5.Protein
3.       Teflon
Diantara polimer tersebut, polimer yang termasuk polimer sintesis adalah….
a.          1 dan 3                         d. 2,3, dan 4
b.          2 dan 3                         e.3,4, dan 5
c.          1,3, dan 5
10.    Polimer berikut yang bersifat termoseting adalah …..
a.        Polietilena                     d. bakelit
b.       PVC                                 e.soluloid
c.        Nilon
ESSAI
1.       Sebanyak 50 ml larutan asam klorida 0,1 M ditetesi dengan larutan kalium hidroksida 0,1 M.Tentukan pH campuran pada saat volume larutan kalium hidroksida yang ditambahkan:
a.        25 ml       b.50 ml         c.75 ml
2.       Sebutkan contoh sifat efek tyndal,adsorpsi dan dialysis dalam kehidupan sehari-hari!
3.       Berdasarkan hasil pembahasan kelompok masing-masing jelaskan tata nama dan kegunaan dari senyawa karbon tersebut!
4.       Berikan setidaknya satu contoh dari polimer berikut:
a.Polimer adisi                      d. Polimer sintetis
b.Polimer Kondensasi         e.Plastik termoseting
c. Polimer alam                     f.Plastik termoplastik
5.       Kemukakan berbagai masalah yang timbul dari penggunaan plastic dan bagaimanakah cara terbaik untuk menanggulanginya!

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA 
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MATA PELAJARAN                           : PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
HARI/TANGGAL                                : SENIN
WAKTU                                              : 60 MENIT
KELAS/PROGRAM KEAHLIAN        : XI / Semua Program Keahlian
PENGAJAR                                         : Drs. H. Dadang Habib Suparhan

Petunjuk :
1.      Bacalah doa sebelum mengerjakan !
2.      Jawablah soal-soal dengan jujur dan mandiri, tidak boleh sama dengan orang lain !

Soal uraian :
يَٰٓأَيُّهَاٱلَّذِينَءَامَنُوٓاْإِذَاتَدَايَنتُمبِدَيۡنٍإِلَىٰٓأَجَلٖمُّسَمّٗىفَٱكۡتُبُوهُۚوَلۡيَكۡتُببَّيۡنَكُمۡكَاتِبُۢبِٱلۡعَدۡلِۚوَلَايَأۡبَكَاتِبٌأَنيَكۡتُبَكَمَاعَلَّمَهُٱللَّهُۚفَلۡيَكۡتُبۡوَلۡيُمۡلِلِٱلَّذِيعَلَيۡهِٱلۡحَقُّوَلۡيَتَّقِٱللَّهَرَبَّهُۥوَلَايَبۡخَسۡمِنۡهُشَيۡ‍ٔٗاۚفَإِنكَانَٱلَّذِيعَلَيۡهِٱلۡحَقُّسَفِيهًاأَوۡضَعِيفًاأَوۡلَايَسۡتَطِيعُأَنيُمِلَّهُوَفَلۡيُمۡلِلۡوَلِيُّهُۥبِٱلۡعَدۡلِۚٞ٢٨٢
1.      Identifikasilah Substansi Surat Al Baqoroh Ayat 282 diatas !
2.      Kemukakan syarat syarat jual beli menurut Islam !
3.      Sebutkan macam macam khiyar !
4.      Apa yang kamu ketahui tentang Riba’? kemudian ada berapa macam kah Riba’ itu?
5.      Berilah contoh Syirkah ‘Abdan yang sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat!
6.      Kemukakan pemikiran pemikiran tokoh yang ada pada gambar!
             Muhammad iqbal
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BANK SOAL
SMK MJPS 1 TASIKMALAYA
TAHUN 2014/2015

MATA DIKLAT                                     : SENI BUDAYA
HARI/TANGGAL                                 : Kamis, 02-07-2015
WAKTU                                                 : 60 menit
KELAS/PROG. KEAHLIAN                : XI / Semua Program Keahlian
PENGAJAR                                          : Septa Harry Perana, SPd
 

Petunjuk :
3.      Bacalah doa sebelum mengerjakan !
4.      Jawablah soal-soal dengan jujur dan mandiri, tidak boleh sama dengan orang lain !
A.        Soal Essay: (1-10)
1.      Jelaskan pengertian komposisi, aransemen dan improvisasi?
2.      Jelaskan pengertian pitch, enharmonik, interval dan tanda aksidental. Tanda aksidental terdiri dari? (Jelaskan dan gambarkan)
3.      Jelaskan pengertian akor, akor trinada dan inversi akor?
4.      Sebutkan manfaat belajar akor dan inversi akor?
5.      Akor apa saja yang termasuk akor trinada? (Jelaskan)
6.      Tuliskan akor C Mayor sampai E Mayor pada piano beserta pitch dan gambarnya?
7.      Tuliskan akor F minor sampai B minor pada gitar beserta pitch dan gambarnya?
8.      Tuliskan akor C Dim sampai E Dim pada piano beserta pitch dan gambarnya?
9.      Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menulis lirik lagu
10.  Buat lirik lagu karya sendiri (minimal 3 bait) bertemakan politik dan religi?



 

No comments:

Post a Comment