KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt,
shalawat serta salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw serta kepada
seluruh umatnya yang mentaati ajaran-ajaran beliau.
Alhamdulillah peneliti telah melaksanakan penelitian
tindakan kelas dan sudah menyelesaikannya. Hal ini dilakukan dalam rangka lebih
meningkatkan kemajuan proses pembelajaran di SMK-MJPS 1 Tasikmalaya, karena
tanpa diketahui apa yang harus dilakukan maka tak akan ada usaha-usaha yang
dilakukan dan tak akan ada keberhasilan yang dicapai. Oleh karena itu
dilaksanakanlah penelitian ini guna mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan.
Dengan selesainya penelitian ini, peneliti mengucapkan
banyak terimakasih kepada :
1)
Kepala Sekolah, Drs.H.Imat Ruhimat, yang telah
melakukan dorongan moril kepada peneliti untuk dilaksanakannya penelitian ini.
2)
Bidang Kurikulum, Drs.
Siradjudin yang telah memberikan informasi tentang kurikulum untuk keberhasilan
penelitian ini.
3)
Juga kepada seluruh guru dan
tata usaha yang sama-sama telah membantu demi terselesaikannya penelitian ini.
Akhirnya penulis menyadari bahwa dalam
penelitian ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran sangat
dinantikan oleh peneliti.
PTK
( PENELITIAN TINDAKAN KELAS )
PENGGUNAAN BUKU MULTI SUMBER
UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN
SISWA
DALAM MENGANALISA DATA
PADA PEMBELAJARAN IJTIHAD
DI SMK MJPS 1
TASIKMALAYA
DISUSUN OLEH :
ANANG SAEPUDIN, MPdI
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
MJPS 1
KELOMPOK TEKNOLOGI DAN
INDUSTRI
JALAN CIGEUREUNG NO.19
TLP.335633
TASIKMALAYA
LEMBAR PENGESAHAN
Penelitian
ini disyahkan pada tanggal :
Penyusun,
ANANG SAEPUDIN, MPdI
Disyahkan
oleh :
Kepala
Sekolah,
Drs.
H. IMAT RUHIMAT
ABSTRAKSI
Kemampuan menganalisa bagi siswa yang meningkat dalam suatu proses pembelajaran adalah merupakan hal
yang sangat diharapkan, karena tolok ukur berhasil atau tidaknya sebuah proses pembelajaran saintifik adalah adanya kemampuan menganalisa data yang cukup baik dan memenuhi standar. Walaupun dilain pihak indikator
keberhasilan tersebut tidak selamanya harus seperti itu karena banyak faktor
yang mendukung tingkat keberhasilan tersebut. Yang menjadi permasalahan adalah kemampuan
menganalisa siswa dalam pembelajaran IJTIHAD di SMK MJPS 1 kurang memuaskan dan
memungkinkan disebabkan oleh banyak faktor juga.
Melihat kenyataan ini perlu diadakan penelitian
agar dapat dilihat penyebab utama mengapa terjadi hal seperti itu dan dapat
diberikan solusi yang terbaik demi tercapainya hasil pembelajaran yang baik.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang
dilaksanakan di SMK-MJPS 1 Tasikmalaya, yaitu siswa kelas XI-TKR1 dengan jumlah
30 orang dengan dikelompokan menjadi 5 kelompok.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran IJTIHAD dan bagaimana cara memperbaikinya sehingga
didapatkan siswa yang mempunyai prestasi meningkat.
Dari hasil penelitian yang dilakukan ternyata dengan menggunakan buku
multi sumber dapat meningkatkan kemampuan menganlisa bagi
siswa dalam bentuk nilai hasil test, terbukti dengan nilai
setiap siklus meningkat.
Aplikasi penelitian ini diharapkan dapat diterapkan baik oleh diri
sendiri maupun oleh teman sejawat apabila mempunyai permasalahan yang sama
yaitu rendahnya hasil pembelajaran
pendidikan agama islam.
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt,
shalawat serta salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw serta kepada
seluruh umatnya yang mentaati ajaran-ajaran beliau.
Alhamdulillah peneliti telah melaksanakan penelitian
tindakan kelas dan sudah menyelesaikannya. Hal ini dilakukan dalam rangka lebih
meningkatkan kemajuan proses pembelajaran di SMK-MJPS 1 Tasikmalaya, karena
tanpa diketahui apa yang harus dilakukan maka tak akan ada usaha-usaha yang
dilakukan dan tak akan ada keberhasilan yang dicapai. Oleh karena itu
dilaksanakanlah penelitian ini guna mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan.
Dengan selesainya penelitian ini, peneliti mengucapkan
banyak terimakasih kepada :
1)
Kepala Sekolah, Drs.H.Imat Ruhimat, yang telah
melakukan dorongan moril kepada peneliti untuk dilaksanakannya penelitian ini.
2)
Bidang Kurikulum, Drs.
Siradjudin yang telah memberikan informasi tentang kurikulum untuk keberhasilan
penelitian ini.
3)
Juga kepada seluruh guru dan
tata usaha yang sama-sama telah membantu demi terselesaikannya penelitian ini.
Akhirnya penulis menyadari bahwa dalam
penelitian ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran sangat
dinantikan oleh peneliti.
Demikian semoga kedepan dapat lebih
maju dan berhasil.
Tasikmalaya, November 2013
Penulis,
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
BAB I PENDAHULUAN
1)
Latar Belakang Masalah
A.
Rumusan Masalah dan
Pemecahannya
B.
Tujuan Penelitian
C.
Manfaat Hasil Penelitian
D.
Hipotesis Tindakan
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.
Kajian Teori
B.
Temuan Hasil Penelitian yang
Relevan
C.
Kerangka Pikir
BAB III PELAKSANAAN
PENELITIAN
A.
Lokasi dan Waktu Penelitian
B.
Subjek Penelitian
C.
Prosedur Penelitian
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Hasil Penelitian
B.
Pembahasan
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A.
Simpulan
B.
Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Indikator
keberhasilan
Table Indikator
keberhasilan
BAB I
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG MASALAH
Kita menyadari betapa pentingnya
pendidikan agama di sekolah untuk diterapkan, sehubungan dengan pembentukan
karakter siswa yang islami.
Pada kenyataannya bahwa pendidikan agama menempati kedudukan yang sangat
penting, tetap saja mengalami hambatan-hambatan dan kegagalan-kegagalan yang
ditunjukkan dengan rendahnya prestasi siswa dalam pembelajaran IJTIHAD pada khususnya.
Rendahnya tingkat
prestasi siswa dalam pembelajaran IJTIHAD merupakan hal yang sering ditemukan dan merupakan
salah satu bukti bahwa pembelajaran ilmu ini kurang terserap dengan baik. Hal ini terjadi
diakibatkan beberapa faktor penghambat baik dari diri siswa itu sendiri, guru,
maupun faktor lingkungan atau media yang ada hubungannya dengan pembelajaran
Ilmu waris.
Menyadari bahwa faktor penyebab
terjadinya hal ini sangat banyak, maka perlu mengadakan penelitian dimana letak
faktor penghambat itu berada.
Hal utama yang harus dilakukan adalah
mengadakan gerakan baru baik penambahan media pembelajaran atau hal lainya yang dapat membantu meningkatkan prestasi
pembelajaran IJTIHAD,
misalnya dengan mencoba menggunakan buku multi sumber. Dengan menggunakan
buku ini dirasa akan lebih memicu dan
merangsang siswa untuk lebih
mendalami materi dan meningkatkan prestasi pembelajaran,
karena buku multi sumber ini merupakan
buku yang sangat bermanfaat dalam upaya menambah
hasanah keilmuan, kedewasaan berfikir, maupun menambah ketajaman analisa data
bagi para siswa, sehingga pada akhirnya kualitas pembelajaran ilmu IJTIHAD ini
akan meningkat.
- RUMUSAN MASALAH DAN PEMECAHANNYA
1. Rumusan
Masalah
Idealnya para siswa
memiliki prestasi yang baik dalam pembelajaran IJTIHAD, seiring dengan banyaknya pendidikan keagamaan
yang sudah didapatkan dirumah atau dilingkungan mereka sendiri, akan tetapi
tidak demikian adanya, bahkan prestasi pendidikan IJTIHAD cukup mengkhawatirkan, dan ini merupakan
permasalahan yang akan dicari penyelesaiannya melalui penelitian tindakan kelas
ini. Adapun Permasalahan ini dapat dirumuskan sebagai
berikut :
1.
Bagaimana keadaan prestasi
siswa dalam pembelajaran IJTIHAD?
2.
Apakah prestasi siswa lebih baik jika digunakan buku multi sumber ?
3. Apa ada perbedaan antara
antara prestasi siswa yang menggunakan buku multi sumber dibanding siswa yang
menggunakan buku mono sumber?
2. Pemecahan Masalah
Masalah ini memerlukan penanganan
yang serius dan mendesak diantaranya adalah dengan mengadakan penambahan sumber pembelajaran yaitu dengan
menggunakan buku multi sumber dimana ketika pembelajaran dimulai siswa dapat
mengeksplorasi data dari satu buku berbagai sumber.
Disamping itu kontrol guru yang
melekat sangat diperlukan yaitu dengan mengadakan pemeriksaan terhadap tugas yang diberikan kepada
siswa termasuk tugas presentasi.
Dengan digunakannya buku multi sumber ini akan timbul harapan baru dimana pembelajaran
yang dilakukan di kelas akan lebih kaya materi dari
satu buku. Disamping itu adanya
setengah paksaan kepada siswa untuk mempresentasikan
hasil analisa data setelah adanya
tugas presentasi, yang pada akhirnya lebih adanya kecenderungan siswa memahami secara
mendalam tentang materi pembelajaran itu.
- TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah menemukan cara atau media dan sumber dalam pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dalam
proses pembelajaran dan dapat
meningkatkan prestasi pembelajaran IJTIHAD.
Tujuan lain untuk mendapatkan
cara-cara lain yang dapat menunjang keberhasilan jika dipadukan dengan media dan metode pembelajaran yang disajikan.
- MANFAAT PENELITIAN
Manfaat yang dapat diambil dari
penelitian ini adalah agar bertambahnya ilmu pengetahuan ataupun
wawasan-wawasan yang dapat mendorong tercapainya keberhasilan pembelajaran
yaitu tercapainya prestasi
pembelajaran yang tinggi.
Disamping itu dengan tercapainya
hasil penelitian dapat dimanfaatkan dan dipraktikkan dalam keseharian yaitu
waktu pembelajaran di kelas.
Mudah-mudahan proses pembelajaran di
sekolah dapat berhasil dan lebih maju baik tingkat keilmuannya maupun
mentalnya.
- HIPOTESIS TINDAKAN
Pada umumnya
prestasi siswa dalam pembelajaran IJTIHAD kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa
factor, yaitu kemungkinan kurang tepatnya penggunaan buku
sumber pembelajaran.
Dalam rangka
meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajara IJTIHAD memerlukan usaha-usaha serius yag diantaranya adalah dengan
menggunakan buku multi sumber.
Berdasarkan uraian
di atas maka diajukan hipotesis tindakan yaitu :
“Buku Muti Sumber dalam upaya
Meningkatkan Kemampuan menganalisa data pada Pembelajaran IJTIHAD di SMK MJPS 1
Tasikmalaya”.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Materi ..........................................................................................................................................
Materi ..........................................................................................................................................
C) Temuan
a.
Manfaat
Manfaat yang akan diraih adalah
adanya peningkatan kemampuan menganalisa data bagi siswa yang bisa ditunjukan dengan hasil test yang tinggi. Dengan
dimilikinya buku multi sumber pembelajaran siswa akan merasa lebih tenang dalam memperdalam dan
memahami pengetahuan, karena tidak ada rasa takut materi yang diperlukan tidak
ada sebagai bahan analisa dengan berbagaisumber.
b.
Kendala
Masih banyak siswa
yang masih belum sadar untuk membaca dan mencari data
dari buku.
Kendala lain yang
didapati adalah masih adanya siswa yang leha-leha dan merasa cukup dengan hanya
memiliki bahan ajar berupa buku mono sumber, padahal
ini tidak akan cukup jika dimaksudkan untuk menggali dan menganalisa data yang
memerlukan adanya hubungan-hungan antar sumber yang satu dengan yang lainnya.
c.
Alternatif pemecahan
Sebagai alternatif
agar penggunaan buku multi sumber ini maksimal perlu diadakan upaya-upaya maksimal juga
dari guru yang bersangkutan. Upaya tersebut harus mengarah kepada pemanfaatan buku tersebut, misalnya
dengan memberikan tugas kepada siswa untuk merangkum apa yang ada dalam buku tersebut.
Insya Allah dengan
memaksimalkan penggunaan media tersebut hasil pembelajaranpun akan meningkat
dan prestasi siswa akan meningkat.
BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN
A.
Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SMK-MJPS
1
Tasikmalaya, Jl. Cigeureung No.19 Tasikmalaya.
B. Subjek Penelitian
Sebagai alternatif
agar penggunaan buku multi sumber ini maksimal perlu diadakan upaya-upaya maksimal juga
dari guru yang bersangkutan. Upaya tersebut harus mengarah kepada pemanfaatan buku tersebut, misalnya
dengan memberikan tugas kepada siswa untuk merangkum apa yang ada dalam buku tersebut.
Insya Allah dengan
memaksimalkan penggunaan media tersebut hasil pembelajaranpun akan meningkat
dan prestasi siswa akan meningkat.
C. Setting Penelitian
1) Menentukan
variable penelitian
Variabel yang menjadi pokok utama
dalam PTK ini adalah peningkatan kemampuan menganalisa data pada pembelajaran IJTIHAD.
Disamping itu ada beberapa variable yang
diajukan yaitu : 1) input: sarana pembelajaran, lingkungan belajar, bahan ajar, guru,
siswa, prosedur evaluasi dsb. 2) proses
KMB: Interaksi belajar, gaya guru
mengajar, implementasi berbagai metode perbaikan dsb. 3) Out put : Hasil belajar siswa berupa peningkatan prestasi dalam
bentuk penilaian.
2) Pelaksanaan
Penelitian
a.
Prosedur Tindakan
Sesuai dengan
jenis penelitian yang dipilih, yaitu penelitian tindakan, maka penelitian ini
menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart (dalam Sugiarti,
1997), yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya.
Setiap siklus meliputi planning
(rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Langkah pada
siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan,
dan refleksi. Sebelum masuk pada siklus 1 dilakukan tindakan pendahuluan yang
berupa identifikasi permasalahan. Siklus spiral dari tahap-tahap penelitian
tindakan kelas dapat dilihat pada gambar berikut.
b.
Implementasi Tindakan
Agar pelaksanaan presentasi berhasil
maka disusun scenario pelaksanaan pembelajaran, mulai dari persiapan, pelaksanaan dan sampai kepada pembuatan
pelaporannya.
Tahap awal
dilakukan proses pembelajaran dan dilakukan perekaman dengan software camtasia
oleh guru.
Setelah selesai
pembelajaran hasil rekaman dibagikan kepada seluruh siswa untuk diputar ulang
dirumah masing-masing dalam rangka mengerjakan tugas dari guru untuk meresume
hasil pembelajaran dan presentasi hasil resume.
Selanjutnya
pada waktu yang lain dilakukan test prestasi dengan cara diberikan soal
ulangan.
3)
Pengumpulan Data
Data dalam penelitian ini
dikumpulkan melalui observasi atau penilaian dari hasil test.
Observasi
dilakukan dalam rangka memperoleh data tentang adanya perubahan situasi pembelajaran.
Sedangkan test
pembelajaran dilakukan untuk memperoleh data dan mengukur tingkat keberhasilan
prestasi sswa.
1.
Indikator kinerja
Sebagai tolok ukur keberhasilan dalam
menjalankan pembelajaran dengan buku multi sumbert ini adalah meningkatnya
prosentase hasil test dari masing-masing siswa.
2.
Personalia
Nama : Anang Saepudin, MPdI (Ketua)
NIP. :
197209102007011019
Alamat : Tasikmalaya
Lulusan : S1 PAI
Nama : Drs.H. Dadang Suparhan (Anggota)
NIP. :
197209102007011019
Alamat : Tasikmalaya
Lulusan : S1 PAI
3.
Waktu Penelitian : Selama 2 bulan ( Oktober 2013 s.d. November
2013 )
4.
Jadwal Penelitian
Tidak ada penjadwalan khusus dalam penelitian ini, yaitu
dilakukan mengikuti jadwal pembelajaran di sekolah.
No
|
KEGIATAN
|
MINGGU KE……..
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
||
1
|
Perencanaan
|
||||||||||||
2
|
Proses pembelajaran
|
||||||||||||
3
|
Evaluasi
|
||||||||||||
4
|
Pengumpulan Data
|
||||||||||||
5
|
Analisis Data
|
||||||||||||
6
|
Penyusunan Hasil
|
||||||||||||
7
|
Pelaporan Hasil
|
5.
Biaya
Biaya penelitian ditanggung oleh lembaga pendidikan
tempat mengadakan penelitian yaitu SMK-MJPS 1 Tasikmalaya.
NO.
|
ALAT/BAHAN
|
JML
|
HARGA
|
JUMLAH HARGA
|
1
|
Kertas
|
1
|
30.000,-
|
30.000,-
|
2
|
Ples Disk
|
1
|
45.000,-
|
45.000,-
|
3
|
Katrid
|
1
|
110.000,-
|
110.000,-
|
4
|
Tinta
|
1
|
40.000,-
|
40.000,-
|
5
|
Kertas Jilid
|
1
|
25.000,-
|
25.000,-
|
6
|
Cutter
|
1
|
3.500,-
|
3.500,-
|
7
|
Mistar
|
1
|
2.500,-
|
2.500,-
|
8
|
Konsumsi
|
500.000,-
|
||
9
|
Transportasi
|
750.000,-
|
||
JUMLAH
|
1.506.000,-
|
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN
Proses penelitian telah selesai dilakukan dengan
seperangkat alat penilaian yang dilakukan oleh peneliti. Tahap awal peneliti
mengadakan tes awal awal (t0) dengan hasil jumlah nilai 2224, rata-rata 74,11
Tabel 1
Hasil pembelajaran secara Konvensional (t0)
No.
|
NAMA SISWA
|
HASIL TES PERHITUNGAN
HARTA WARIS
|
1.
|
Agus Salim
|
70
|
2.
|
Ahmad
|
75
|
3.
|
Andri
|
70
|
4.
|
Candra
|
70
|
5.
|
Dadang
|
70
|
6..
|
Giri
|
73
|
7.
|
Handika
|
77
|
8
|
Handika
|
75
|
9
|
Hayat
|
73
|
10
|
Helmi
|
74
|
11
|
Ilham
|
75
|
12
|
Indra
|
74
|
13
|
Irham
|
75
|
14
|
Jakaria
|
76
|
15
|
Jarwanto
|
76
|
16
|
Kamaludin
|
75
|
17
|
Kansa
|
75
|
18
|
Komarudin
|
74
|
19
|
Kusnadi
|
75
|
20
|
Kuswanto
|
70
|
21
|
Maman
|
74
|
22
|
Manda
|
73
|
23
|
Maulana
|
76
|
24
|
Muhammad
|
76
|
2t5
|
Munir
|
75
|
26
|
Novi
|
76
|
27
|
Purwanto
|
75
|
28
|
Sandi
|
76
|
29
|
Sandra
|
76
|
30
|
Sulaiman
|
75
|
JML
|
2224
|
|
RATA-RATA
|
74,11
|
Selanjutnya peneliti membagi tahapan-tahapan penelitian dengan
menggunakan 3 (tiga) siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
A. Siklus-siklus
Siklus 1
1) Perencanaan
Untuk mendukung terlaksananya Penelitian Tindakan Kelas
ini, dibuatlah segala sesuatu yang diperlukan seperti: Perangkat Pembelajaran
(RP), dan observasi.
2) Pelaksanaan
Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan buku Multi sumber, setelah proses pembelajaran
dilakukan kemudian dilakukan test (ulangan) dan ini disebut sebagai tes-1 (t-1)
3) Pengamatan
Dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti maka di dapatkan hasil
sebagai berikut : jumlah nilai yang didapat untuk seluruh siswa satu kelas = 2260
rata-rata = 75,33 dengan table sbb :
Tabel 2
Prestasi Siswa dengan Menggunakan
Buku Multi Sumber
No.
|
NAMA SISWA
|
HASIL TES PERHITUNGAN
HARTA WARIS
|
1.
|
Agus Salim
|
76
|
2.
|
Ahmad
|
72
|
3.
|
Andri
|
72
|
4.
|
Candra
|
74
|
5.
|
Dadang
|
72
|
6..
|
Giri
|
76
|
7.
|
Handika
|
77
|
8
|
Handika
|
76
|
9
|
Hayat
|
72
|
10
|
Helmi
|
75
|
11
|
Ilham
|
75
|
12
|
Indra
|
76
|
13
|
Irham
|
75
|
14
|
Jakaria
|
76
|
15
|
Jarwanto
|
75
|
16
|
Kamaludin
|
78
|
17
|
Kansa
|
77
|
18
|
Komarudin
|
76
|
19
|
Kusnadi
|
74
|
20
|
Kuswanto
|
74
|
21
|
Maman
|
75
|
22
|
Manda
|
76
|
23
|
Maulana
|
77
|
24
|
Muhammad
|
77
|
25
|
Munir
|
77
|
26
|
Novi
|
77
|
27
|
Purwanto
|
76
|
28
|
Sandi
|
76
|
29
|
Sandra
|
76
|
30
|
Sulaiman
|
75
|
JML
|
2260
|
|
RATA-RATA
|
75,33
|
Dengan demikian dari siklus pertama dapat diketahui adanya
peningkatan prestasi siswa.
4) Refleksi
Dari hasil pengamatan pertama ada beberapa hal yang
masih belum tercapai yaitu: hasil nilai
masih belum memuaskan.
Adapun hal lain yang terjadi adalah banyaknya siswa yang tidak ikut mencari data dari buku. Hal ini
dimungkinkan karena kurangnya kesadaran dari siswa itu sendiri.
Untuk mengurangi masalah tersebut pada siklus ke dua diberikan
tambahan perangkat yaitu diberikan informasi bahwa dalam pembelajaran akan di
berikan nilai bagi siswa yang mencari data dan menemukan data serta tercatat
dalam LKS.
Siklus 2
1) Perencanaan
Pada siklus ke dua ini di siapkan perangkat tambahan
yaitu informasi bahwa dalam pembelajaran akan di berikan nilai bagi siswa yang
mencari data dan menemukan data serta tercatat dalam LKS
2) Pelaksanaan
Berdasarkan refleksi pada siklus pertama, maka pada
siklus ke dua ini ditambahkan perangkat belajar
yaitu informasi bahwa dalam pembelajaran akan di berikan nilai bagi siswa yang
mencari data dan menemukan data serta tercatat dalam LKS Setelah selesai
pembelajaran kemudian kemudian diadakan test berikutnya, dan ini disebut
sebagai tes-2 (t-2)
3) Pengamatan
Dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti maka di
dapatkan hasil sebagai berikut : jumlah nilai yang didapatkan adalah 2283 rata-rata
76,10 dengan table sbb :
Tabel 3
Prestasi Siswa dengan
Menggunakan Buku Multi Sumber dan Penilaian hasil pencarian
No.
|
NAMA SISWA
|
HASIL TES PERHITUNGAN
HARTA WARIS
|
1.
|
Agus Salim
|
77
|
2.
|
Ahmad
|
75
|
3.
|
Andri
|
74
|
4.
|
Candra
|
75
|
5.
|
Dadang
|
75
|
6..
|
Giri
|
76
|
7.
|
Handika
|
78
|
8
|
Handika
|
76
|
9
|
Hayat
|
77
|
10
|
Helmi
|
76
|
11
|
Ilham
|
75
|
12
|
Indra
|
76
|
13
|
Irham
|
76
|
14
|
Jakaria
|
76
|
15
|
Jarwanto
|
77
|
16
|
Kamaludin
|
78
|
17
|
Kansa
|
77
|
18
|
Komarudin
|
77
|
19
|
Kusnadi
|
75
|
20
|
Kuswanto
|
75
|
21
|
Maman
|
75
|
22
|
Manda
|
76
|
23
|
Maulana
|
77
|
24
|
Muhammad
|
77
|
2t5
|
Munir
|
77
|
26
|
Novi
|
77
|
27
|
Purwanto
|
76
|
28
|
Sandi
|
76
|
29
|
Sandra
|
76
|
30
|
Sulaiman
|
75
|
JML
|
2283
|
|
RATA-RATA
|
76,10
|
Dengan demikian pada siklus kedua dapat diketahui prestasi siswa
meningkat menjadi 76,10.
4) Refleksi
Dari hasil pengamatan pertama ada beberapa hal yang
masih belum tercapai yaitu: peningkatan
nilai prestasi masih belum memuaskan seluruhnya.
Adapun hal lain yang terjadi adalah banyaknya siswa yang setengah hati dalam mengerjakan tugas pencarian
data. Hal ini dimungkinkan karena kurangnya kontrol dari guru untuk melaksanakan tugas
tersebut selain daripada hasilnya yang dikumpulkan.
Untuk mengurangi masalah tersebut pada siklus ketiga
diberikan tugas tambahan yaitu adanya nilai bagi siswa yang memberikan komentar
terhadap hasil pencarian data.
Siklus 3
1) Perencanaan
Pada siklus ke tiga ini di siapkan dijelaskan kepada
para siswa bahwa adanya nilai bagi siswa yang memberikan komentar terhadap
hasil pencarian data.
2) Pelaksanaan
Berdasarkan refleksi pada siklus kedua, maka pada siklus
ke tiga ini diinformasikan kepada siswa adanya nilai bagi siswa yang memberikan
komentar terhadap hasil pencarian data..
Setelah selesai pembelajaran, kemudian diadakan test
berikutnya, dan ini disebut sebagai tes-3 (t-3)
3) Pengamatan
Dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti maka di
dapatkan hasil sebagai berikut : jumlah nilai yang didapat adalah 2341
rata-rata 78,03 dengan table sbb :
Tabel
4
Prestasi
Siswa dengan Menggunakan Buku Muti
Sumber dan tugas memberi komentar pada setiap data yang ditemukan.
No.
|
NAMA SISWA
|
HASIL TES PERHITUNGAN
HARTA WARIS
|
|
1.
|
Agus Salim
|
78
|
|
2.
|
Ahmad
|
76
|
|
3.
|
Andri
|
76
|
|
4.
|
Candra
|
76
|
|
5.
|
Dadang
|
76
|
|
6..
|
Giri
|
77
|
|
7.
|
Handika
|
80
|
|
8
|
Handika
|
80
|
|
9
|
Hayat
|
80
|
|
10
|
Helmi
|
80
|
|
11
|
Ilham
|
77
|
|
12
|
Indra
|
79
|
|
13
|
Irham
|
80
|
|
14
|
Jakaria
|
78
|
|
15
|
Jarwanto
|
79
|
|
16
|
Kamaludin
|
80
|
|
17
|
Kansa
|
80
|
|
18
|
Komarudin
|
80
|
|
19
|
Kusnadi
|
77
|
|
20
|
Kuswanto
|
77
|
|
21
|
Maman
|
77
|
|
22
|
Manda
|
77
|
|
23
|
Maulana
|
78
|
|
24
|
Muhammad
|
78
|
|
25
|
Munir
|
78
|
|
26
|
Novi
|
78
|
|
27
|
Purwanto
|
77
|
|
28
|
Sandi
|
77
|
|
29
|
Sandra
|
77
|
|
30
|
Sulaiman
|
78
|
|
JML
|
2341
|
||
RATA-RATA
|
78,03
|
||
Dengan demikian pada siklus ketiga dapat diketahui prestasi nilai
siswa meningkat menjadi rata-rata 78,03.
4) Refleksi
Dari hasil observasi selama siklus
tiga berlangsung, didapatkan kondisi berikut ini: setelah tugas tambahan
dilakukan, maka siswa lebih meningkat prestasinya, yakni peningkatannya sudah
menyeluruh tidak sebagian siswa saja.
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal
sebagai berikut :
Sebelum dijalankannya Buku Muti Sumber prestasi siswa
sangat rendah dibuktikan dengan nilai yang didapatkan sangat kecil.
Setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan Buku
Multi Sumber ini maka prestasi siswa
meningkat dan lebih baik nilainya setelah ditambah dengan tugas mencari data
bagi setiap anggota kelompok tersebut. Bahkan prestasi mereka signifikan
bertambah ketika diberikan tugas tambahan yaitu adanya penilaian bagi mereka
yang mengomentari hasil pencasrian data.
Jadi pada akhirnya bahwa pembelajaran dengan menggunakan
Buku Multi Sumber lebih baik daripada pembelajaran konvensional biasa.
B. Saran
Berdasarkan temuan-temuan yang didapat, maka peneliti
memberikan saran kepada pihak sekolah agar lebih memperhatikan Sumber
pembelajaran sebagai inventaris pembelajaran di sekolah ini.
Demikian mudah-mudahan pembelajaran lebih maju dan
bermanfaat.
DAFTAR PUSTAKA
Endro, 2011, BUKU SEBAGAI SUMBER
PENGETAHUAN, From : https://edoendrikaputra.wordpress.com/2011/05/29/buku-sebagai-sumber-pengetahuan/
Akmad Sudrajat, 2011, KEMAMPUAN MENGANALISA DATA, From : https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/05/08/kemampuan-menganalisis-dalam-pembelajaran/
Ali, Mukti, Ijtihad
dalam Pandangan Muhammad Abduh, Ahmad Dakhlan, dan Muhammad Iqbal,
Jakarta: PT Bulan Bintang, 1990
Basyir, Ahmad Azhar, dkk, Ijtihad
dalam Sorotan, Bandung: Penerbit Mizan, 1988
Lismanto dalam Pembaharuan
Hukum Islam Berbasis Tradisi: Upaya Meneguhkan Universalitas Islam dalam
Bingkai Kearifan Lokal
Qardawi,Yusuf, Ijtihad dalam Syariat Islam, Jakarta: PT
Bulan Bintang, 1987
DAFTAR
HADIR
SEMINAR
PTK
PENGGUNAAN BUKU
MULTI SUMBER
UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA
DALAM MENGANALISA
DATA
PADA PEMBELAJARAN
IJTIHAD
DI SMK
MJPS 1 TASIKMALAYA
NO.
|
NAMA
|
TANDA TANGAN
|
No comments:
Post a Comment