PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) - 2

Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt, shalawat serta salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw serta kepada seluruh umatnya yang mentaati ajaran-ajaran beliau.
Alhamdulillah peneliti telah melaksanakan penelitian tindakan kelas dan sudah menyelesaikannya. Hal ini dilakukan dalam rangka lebih meningkatkan kemajuan proses pembelajaran di SMK-MJPS 1 Tasikmalaya, karena tanpa diketahui apa yang harus dilakukan maka tak akan ada usaha-usaha yang dilakukan dan tak akan ada keberhasilan yang dicapai. Oleh karena itu dilaksanakanlah penelitian ini guna mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan.
Dengan selesainya penelitian ini, peneliti mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1)      Kepala Sekolah, Drs.H.Imat Ruhimat, yang telah melakukan dorongan moril kepada peneliti untuk dilaksanakannya penelitian ini.
2)      Bidang Kurikulum, Drs. Siradjudin yang telah memberikan informasi tentang kurikulum untuk keberhasilan penelitian ini.
3)      Juga kepada seluruh guru dan tata usaha yang sama-sama telah membantu demi terselesaikannya penelitian ini.
Akhirnya penulis menyadari bahwa dalam penelitian ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran sangat dinantikan oleh peneliti.
Demikian semoga kedepan dapat lebih maju dan berhasil.

PTK
( PENELITIAN TINDAKAN KELAS )


PENGGUNAAN BUKU MULTI SUMBER
UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA
DALAM MENGANALISA DATA 
PADA PEMBELAJARAN IJTIHAD
DI SMK MJPS 1 TASIKMALAYA

DISUSUN OLEH :

ANANG SAEPUDIN, MPdI


SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MJPS 1
KELOMPOK TEKNOLOGI DAN INDUSTRI
JALAN CIGEUREUNG NO.19 TLP.335633
TASIKMALAYA


LEMBAR PENGESAHAN


Penelitian ini disyahkan pada tanggal :  

Penyusun,



ANANG SAEPUDIN, MPdI


Disyahkan oleh :
Kepala Sekolah,


Drs. H. IMAT RUHIMAT


ABSTRAKSI

Kemampuan menganalisa bagi siswa yang meningkat dalam suatu proses pembelajaran adalah merupakan hal yang sangat diharapkan, karena tolok ukur berhasil atau tidaknya sebuah proses pembelajaran saintifik adalah adanya kemampuan menganalisa data yang cukup baik dan memenuhi standar. Walaupun dilain pihak indikator keberhasilan tersebut tidak selamanya harus seperti itu karena banyak faktor yang mendukung tingkat keberhasilan tersebut. Yang menjadi permasalahan adalah kemampuan menganalisa siswa dalam pembelajaran IJTIHAD di SMK MJPS 1 kurang memuaskan dan memungkinkan disebabkan oleh banyak faktor juga.
Melihat kenyataan ini perlu diadakan penelitian agar dapat dilihat penyebab utama mengapa terjadi hal seperti itu dan dapat diberikan solusi yang terbaik demi tercapainya hasil pembelajaran yang baik.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan di SMK-MJPS 1 Tasikmalaya, yaitu siswa kelas XI-TKR1 dengan jumlah 30 orang dengan dikelompokan menjadi 5 kelompok.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran IJTIHAD dan bagaimana cara memperbaikinya sehingga didapatkan siswa yang mempunyai prestasi meningkat.
Dari hasil penelitian yang dilakukan ternyata dengan menggunakan buku multi sumber dapat meningkatkan kemampuan menganlisa bagi siswa dalam bentuk nilai hasil test, terbukti dengan nilai setiap siklus meningkat.
Aplikasi penelitian ini diharapkan dapat diterapkan baik oleh diri sendiri maupun oleh teman sejawat apabila mempunyai permasalahan yang sama yaitu rendahnya hasil pembelajaran pendidikan agama islam.


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt, shalawat serta salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw serta kepada seluruh umatnya yang mentaati ajaran-ajaran beliau.
Alhamdulillah peneliti telah melaksanakan penelitian tindakan kelas dan sudah menyelesaikannya. Hal ini dilakukan dalam rangka lebih meningkatkan kemajuan proses pembelajaran di SMK-MJPS 1 Tasikmalaya, karena tanpa diketahui apa yang harus dilakukan maka tak akan ada usaha-usaha yang dilakukan dan tak akan ada keberhasilan yang dicapai. Oleh karena itu dilaksanakanlah penelitian ini guna mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan.
Dengan selesainya penelitian ini, peneliti mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1)      Kepala Sekolah, Drs.H.Imat Ruhimat, yang telah melakukan dorongan moril kepada peneliti untuk dilaksanakannya penelitian ini.
2)      Bidang Kurikulum, Drs. Siradjudin yang telah memberikan informasi tentang kurikulum untuk keberhasilan penelitian ini.
3)      Juga kepada seluruh guru dan tata usaha yang sama-sama telah membantu demi terselesaikannya penelitian ini.
Akhirnya penulis menyadari bahwa dalam penelitian ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran sangat dinantikan oleh peneliti.
Demikian semoga kedepan dapat lebih maju dan berhasil.

                                                                        Tasikmalaya,  November 2013
                                                                                    Penulis,
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
BAB    I           PENDAHULUAN
1)      Latar Belakang Masalah
A.    Rumusan Masalah dan Pemecahannya
B.     Tujuan Penelitian
C.     Manfaat Hasil Penelitian
D.    Hipotesis Tindakan

BAB    II         KAJIAN PUSTAKA
A.    Kajian Teori
B.     Temuan Hasil Penelitian yang Relevan
C.     Kerangka Pikir

BAB    III        PELAKSANAAN PENELITIAN
A.    Lokasi dan Waktu Penelitian
B.     Subjek Penelitian
C.     Prosedur Penelitian

BAB    IV        HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil Penelitian
B.     Pembahasan

BAB    V         SIMPULAN DAN SARAN
A.    Simpulan
B.     Saran-saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

DAFTAR TABEL
Tabel Indikator keberhasilan
Table Indikator keberhasilan

BAB I
PENDAHULUAN
  1. LATAR BELAKANG MASALAH
Kita menyadari betapa pentingnya pendidikan agama di sekolah untuk diterapkan, sehubungan dengan pembentukan karakter siswa yang islami.
Pada kenyataannya bahwa pendidikan agama menempati kedudukan yang sangat penting, tetap saja mengalami hambatan-hambatan dan kegagalan-kegagalan yang ditunjukkan dengan rendahnya prestasi siswa dalam pembelajaran  IJTIHAD pada khususnya.
Rendahnya tingkat prestasi siswa dalam pembelajaran  IJTIHAD merupakan hal yang sering ditemukan dan merupakan salah satu bukti bahwa pembelajaran ilmu ini kurang terserap dengan baik. Hal ini terjadi diakibatkan beberapa faktor penghambat baik dari diri siswa itu sendiri, guru, maupun faktor lingkungan atau media yang ada hubungannya dengan pembelajaran Ilmu waris.
Menyadari bahwa faktor penyebab terjadinya hal ini sangat banyak, maka perlu mengadakan penelitian dimana letak faktor penghambat itu berada.
Hal utama yang harus dilakukan adalah mengadakan gerakan baru baik penambahan media pembelajaran atau hal lainya yang dapat membantu meningkatkan prestasi pembelajaran  IJTIHAD, misalnya dengan mencoba menggunakan buku multi sumber. Dengan menggunakan buku  ini dirasa akan lebih memicu dan merangsang siswa untuk lebih mendalami materi dan meningkatkan prestasi pembelajaran, karena buku multi sumber ini merupakan buku yang sangat bermanfaat dalam upaya menambah hasanah keilmuan, kedewasaan berfikir, maupun menambah ketajaman analisa data bagi para siswa, sehingga pada akhirnya kualitas pembelajaran ilmu IJTIHAD ini akan meningkat.
  1. RUMUSAN MASALAH DAN PEMECAHANNYA
1. Rumusan Masalah
Idealnya para siswa memiliki prestasi yang baik dalam pembelajaran  IJTIHAD, seiring dengan banyaknya pendidikan keagamaan yang sudah didapatkan dirumah atau dilingkungan mereka sendiri, akan tetapi tidak demikian adanya, bahkan prestasi pendidikan  IJTIHAD cukup mengkhawatirkan, dan ini merupakan permasalahan yang akan dicari penyelesaiannya melalui penelitian tindakan kelas ini. Adapun Permasalahan ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.  Bagaimana keadaan prestasi siswa dalam pembelajaran  IJTIHAD?
2.  Apakah prestasi siswa lebih baik jika digunakan buku multi sumber ?
3.  Apa ada perbedaan antara antara prestasi siswa yang menggunakan buku multi sumber dibanding siswa yang menggunakan buku mono sumber?

            2. Pemecahan Masalah
Masalah ini memerlukan penanganan yang serius dan mendesak diantaranya adalah dengan mengadakan penambahan sumber pembelajaran yaitu dengan menggunakan buku multi sumber dimana ketika pembelajaran dimulai siswa dapat mengeksplorasi data dari satu buku berbagai sumber.
Disamping itu kontrol guru yang melekat sangat diperlukan yaitu dengan mengadakan pemeriksaan terhadap tugas yang diberikan kepada siswa termasuk tugas presentasi.
Dengan digunakannya buku multi sumber ini akan timbul harapan baru dimana pembelajaran yang dilakukan di kelas akan lebih kaya materi dari satu buku. Disamping itu adanya setengah paksaan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil analisa data setelah adanya tugas presentasi, yang pada akhirnya lebih adanya kecenderungan siswa memahami secara mendalam tentang materi pembelajaran itu.



  1. TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menemukan cara atau media dan sumber dalam  pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan prestasi pembelajaran  IJTIHAD.
Tujuan lain untuk mendapatkan cara-cara lain yang dapat menunjang keberhasilan jika dipadukan dengan media dan metode  pembelajaran yang disajikan.

  1. MANFAAT PENELITIAN
Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah agar bertambahnya ilmu pengetahuan ataupun wawasan-wawasan yang dapat mendorong tercapainya keberhasilan pembelajaran yaitu tercapainya prestasi pembelajaran  yang tinggi.
Disamping itu dengan tercapainya hasil penelitian dapat dimanfaatkan dan dipraktikkan dalam keseharian yaitu waktu pembelajaran di kelas.
Mudah-mudahan proses pembelajaran di sekolah dapat berhasil dan lebih maju baik tingkat keilmuannya maupun mentalnya.

  1. HIPOTESIS TINDAKAN
Pada umumnya prestasi siswa dalam pembelajaran  IJTIHAD kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa factor, yaitu kemungkinan kurang tepatnya penggunaan buku sumber pembelajaran.
Dalam rangka meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajara  IJTIHAD memerlukan usaha-usaha serius yag diantaranya adalah dengan menggunakan buku multi sumber.
Berdasarkan uraian di atas maka diajukan hipotesis tindakan yaitu :
 Buku Muti Sumber dalam upaya Meningkatkan  Kemampuan menganalisa data pada  Pembelajaran IJTIHAD di SMK MJPS 1 Tasikmalaya”.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Materi ..........................................................................................................................................
C) Temuan
a.                                 Manfaat
Manfaat yang akan diraih adalah adanya peningkatan kemampuan menganalisa data bagi siswa yang bisa ditunjukan dengan hasil test yang tinggi. Dengan dimilikinya buku multi sumber pembelajaran siswa akan merasa lebih tenang dalam memperdalam dan memahami pengetahuan, karena tidak ada rasa takut materi yang diperlukan tidak ada sebagai bahan analisa dengan berbagaisumber.
b.        Kendala
Masih banyak siswa yang masih belum sadar untuk membaca dan mencari data dari buku.
Kendala lain yang didapati adalah masih adanya siswa yang leha-leha dan merasa cukup dengan hanya memiliki bahan ajar berupa buku mono sumber, padahal ini tidak akan cukup jika dimaksudkan untuk menggali dan menganalisa data yang memerlukan adanya hubungan-hungan antar sumber yang satu dengan yang lainnya.
c.                                 Alternatif pemecahan
Sebagai alternatif agar penggunaan buku multi sumber ini maksimal perlu diadakan upaya-upaya maksimal juga dari guru yang bersangkutan. Upaya tersebut harus mengarah kepada pemanfaatan buku tersebut, misalnya dengan memberikan tugas kepada siswa untuk merangkum apa yang ada dalam buku tersebut.
Insya Allah dengan memaksimalkan penggunaan media tersebut hasil pembelajaranpun akan meningkat dan prestasi siswa akan meningkat.

BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN

A.      Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SMK-MJPS 1 Tasikmalaya, Jl. Cigeureung No.19 Tasikmalaya.

B. Subjek Penelitian
Sebagai alternatif agar penggunaan buku multi sumber ini maksimal perlu diadakan upaya-upaya maksimal juga dari guru yang bersangkutan. Upaya tersebut harus mengarah kepada pemanfaatan buku tersebut, misalnya dengan memberikan tugas kepada siswa untuk merangkum apa yang ada dalam buku tersebut.
Insya Allah dengan memaksimalkan penggunaan media tersebut hasil pembelajaranpun akan meningkat dan prestasi siswa akan meningkat.

C. Setting Penelitian
     1) Menentukan variable penelitian    
Variabel yang menjadi pokok utama dalam PTK ini adalah peningkatan kemampuan menganalisa data pada pembelajaran  IJTIHAD.
 Disamping itu ada beberapa variable yang diajukan yaitu : 1) input: sarana pembelajaran, lingkungan belajar, bahan ajar, guru, siswa, prosedur evaluasi dsb. 2) proses KMB:  Interaksi belajar, gaya guru mengajar, implementasi berbagai metode perbaikan dsb. 3) Out put : Hasil belajar siswa berupa peningkatan prestasi dalam bentuk penilaian.

2)  Pelaksanaan Penelitian
a.    Prosedur Tindakan
Sesuai dengan jenis penelitian yang dipilih, yaitu penelitian tindakan, maka penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart (dalam Sugiarti, 1997), yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Langkah pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum masuk pada siklus 1 dilakukan tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi permasalahan. Siklus spiral dari tahap-tahap penelitian tindakan kelas dapat dilihat pada gambar berikut.



 
b.    Implementasi Tindakan
Agar pelaksanaan presentasi berhasil maka disusun scenario pelaksanaan pembelajaran, mulai dari persiapan, pelaksanaan dan sampai kepada pembuatan pelaporannya.
Tahap awal dilakukan proses pembelajaran dan dilakukan perekaman dengan software camtasia oleh guru.
Setelah selesai pembelajaran hasil rekaman dibagikan kepada seluruh siswa untuk diputar ulang dirumah masing-masing dalam rangka mengerjakan tugas dari guru untuk meresume hasil pembelajaran dan presentasi hasil resume.
Selanjutnya pada waktu yang lain dilakukan test prestasi dengan cara diberikan soal ulangan.
3)        Pengumpulan Data
Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi atau penilaian dari hasil test.
Observasi dilakukan dalam rangka memperoleh data tentang adanya perubahan situasi pembelajaran.
Sedangkan test pembelajaran dilakukan untuk memperoleh data dan mengukur tingkat keberhasilan prestasi sswa.

1.         Indikator kinerja
Sebagai tolok ukur keberhasilan dalam menjalankan pembelajaran dengan buku multi sumbert ini  adalah meningkatnya prosentase hasil test dari masing-masing siswa.
2.         Personalia
Nama                                : Anang Saepudin, MPdI (Ketua)
NIP.                                 : 197209102007011019
Alamat                             : Tasikmalaya
Lulusan                            : S1 PAI

Nama                                : Drs.H. Dadang Suparhan (Anggota)
NIP.                                 : 197209102007011019
Alamat                             : Tasikmalaya
Lulusan                            : S1 PAI
3.         Waktu Penelitian  : Selama 2 bulan ( Oktober 2013 s.d. November 2013 )
4.         Jadwal Penelitian
Tidak ada penjadwalan khusus dalam penelitian ini, yaitu dilakukan mengikuti jadwal pembelajaran di sekolah.
No
KEGIATAN
MINGGU KE……..
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1
Perencanaan












2
Proses pembelajaran












3
Evaluasi












4
Pengumpulan Data












5
Analisis Data












6
Penyusunan Hasil












7
Pelaporan Hasil














5.         Biaya
Biaya penelitian ditanggung oleh lembaga pendidikan tempat mengadakan penelitian yaitu SMK-MJPS 1 Tasikmalaya.
NO.
ALAT/BAHAN
JML
HARGA
JUMLAH HARGA
1
Kertas
1
  30.000,-
  30.000,-
2
Ples Disk
1
  45.000,-
  45.000,-
3
Katrid
1
110.000,-
110.000,-
4
Tinta
1
  40.000,-
  40.000,-
5
Kertas Jilid
1
  25.000,-
  25.000,-
6
Cutter
1
    3.500,-
    3.500,-
7
Mistar
1
    2.500,-
    2.500,-
8
Konsumsi


500.000,-
9
Transportasi


750.000,-

JUMLAH


1.506.000,-




BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Proses penelitian telah selesai dilakukan dengan seperangkat alat penilaian yang dilakukan oleh peneliti. Tahap awal peneliti mengadakan tes awal awal (t0) dengan hasil jumlah nilai 2224, rata-rata 74,11
Tabel 1
Hasil pembelajaran secara Konvensional (t0)

No.

NAMA SISWA

HASIL TES PERHITUNGAN HARTA WARIS
1.
Agus Salim
70
2.
Ahmad
75
3.
Andri
70
4.
Candra
70
5.
Dadang
70
6..
Giri
73
7.
Handika
77
8
Handika
75
9
Hayat
73
10
Helmi
74
11
Ilham
75
12
Indra
74
13
Irham
75
14
Jakaria
76
15
Jarwanto
76
16
Kamaludin
75
17
Kansa
75
18
Komarudin
74
19
Kusnadi
75
20
Kuswanto
70
21
Maman
74
22
Manda
73
23
Maulana
76
24
Muhammad
76
2t5
Munir
75
26
Novi
76
27
Purwanto
75
28
Sandi
76
29
Sandra
76
30
Sulaiman
75

JML
2224

RATA-RATA
74,11

Selanjutnya peneliti membagi tahapan-tahapan penelitian dengan menggunakan 3 (tiga) siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

A.    Siklus-siklus
Siklus 1
1) Perencanaan
Untuk mendukung terlaksananya Penelitian Tindakan Kelas ini, dibuatlah segala sesuatu yang diperlukan seperti: Perangkat Pembelajaran (RP), dan observasi.

2) Pelaksanaan
Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan  buku Multi sumber, setelah proses pembelajaran dilakukan kemudian dilakukan test (ulangan) dan ini disebut sebagai tes-1 (t-1)

3) Pengamatan
Dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti maka di dapatkan hasil sebagai berikut : jumlah nilai yang didapat untuk seluruh siswa satu kelas = 2260 rata-rata = 75,33 dengan table sbb :
Tabel 2
Prestasi Siswa  dengan Menggunakan Buku Multi Sumber

No.

NAMA SISWA

HASIL TES PERHITUNGAN HARTA WARIS
1.
Agus Salim
76
2.
Ahmad
72
3.
Andri
72
4.
Candra
74
5.
Dadang
72
6..
Giri
76
7.
Handika
77
8
Handika
76
9
Hayat
72
10
Helmi
75
11
Ilham
75
12
Indra
76
13
Irham
75
14
Jakaria
76
15
Jarwanto
75
16
Kamaludin
78
17
Kansa
77
18
Komarudin
76
19
Kusnadi
74
20
Kuswanto
74
21
Maman
75
22
Manda
76
23
Maulana
77
24
Muhammad
77
25
Munir
77
26
Novi
77
27
Purwanto
76
28
Sandi
76
29
Sandra
76
30
Sulaiman
75

JML
2260

RATA-RATA
75,33

Dengan demikian dari siklus pertama dapat diketahui adanya peningkatan prestasi siswa.

4) Refleksi
Dari hasil pengamatan pertama ada beberapa hal yang masih belum tercapai yaitu: hasil nilai masih belum memuaskan.
Adapun hal lain yang terjadi adalah banyaknya siswa yang tidak ikut mencari data dari buku. Hal ini dimungkinkan karena kurangnya kesadaran dari siswa itu sendiri.
Untuk mengurangi masalah tersebut pada siklus ke dua diberikan tambahan perangkat yaitu diberikan informasi bahwa dalam pembelajaran akan di berikan nilai bagi siswa yang mencari data dan menemukan data serta tercatat dalam LKS.

Siklus 2
1) Perencanaan
Pada siklus ke dua ini di siapkan perangkat tambahan yaitu informasi bahwa dalam pembelajaran akan di berikan nilai bagi siswa yang mencari data dan menemukan data serta tercatat dalam LKS
2) Pelaksanaan
Berdasarkan refleksi pada siklus pertama, maka pada siklus ke dua ini ditambahkan perangkat  belajar yaitu informasi bahwa dalam pembelajaran akan di berikan nilai bagi siswa yang mencari data dan menemukan data serta tercatat dalam LKS Setelah selesai pembelajaran kemudian kemudian diadakan test berikutnya, dan ini disebut sebagai tes-2 (t-2)

3) Pengamatan
Dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti maka di dapatkan hasil sebagai berikut : jumlah nilai yang didapatkan adalah 2283 rata-rata 76,10  dengan table sbb :
Tabel 3
Prestasi Siswa  dengan Menggunakan Buku Multi Sumber dan Penilaian hasil pencarian

No.

NAMA SISWA

HASIL TES PERHITUNGAN HARTA WARIS
1.
Agus Salim
77
2.
Ahmad
75
3.
Andri
74
4.
Candra
75
5.
Dadang
75
6..
Giri
76
7.
Handika
78
8
Handika
76
9
Hayat
77
10
Helmi
76
11
Ilham
75
12
Indra
76
13
Irham
76
14
Jakaria
76
15
Jarwanto
77
16
Kamaludin
78
17
Kansa
77
18
Komarudin
77
19
Kusnadi
75
20
Kuswanto
75
21
Maman
75
22
Manda
76
23
Maulana
77
24
Muhammad
77
2t5
Munir
77
26
Novi
77
27
Purwanto
76
28
Sandi
76
29
Sandra
76
30
Sulaiman
75

JML
2283

RATA-RATA
76,10

Dengan demikian pada siklus kedua dapat diketahui prestasi siswa meningkat menjadi 76,10.

4) Refleksi
Dari hasil pengamatan pertama ada beberapa hal yang masih belum tercapai yaitu: peningkatan nilai prestasi masih belum memuaskan seluruhnya.
Adapun hal lain yang terjadi adalah banyaknya siswa yang setengah hati dalam mengerjakan tugas pencarian data. Hal ini dimungkinkan karena  kurangnya  kontrol dari guru untuk melaksanakan tugas tersebut selain daripada hasilnya yang dikumpulkan.
Untuk mengurangi masalah tersebut pada siklus ketiga diberikan tugas tambahan yaitu adanya nilai bagi siswa yang memberikan komentar terhadap hasil pencarian data.

Siklus 3
1) Perencanaan
Pada siklus ke tiga ini di siapkan dijelaskan kepada para siswa bahwa adanya nilai bagi siswa yang memberikan komentar terhadap hasil pencarian data.
2) Pelaksanaan
Berdasarkan refleksi pada siklus kedua, maka pada siklus ke tiga ini diinformasikan kepada siswa adanya nilai bagi siswa yang memberikan komentar terhadap hasil pencarian data..
Setelah selesai pembelajaran, kemudian diadakan test berikutnya, dan ini disebut sebagai tes-3 (t-3)

3) Pengamatan
Dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti maka di dapatkan hasil sebagai berikut : jumlah nilai yang didapat adalah 2341 rata-rata 78,03 dengan table sbb :





Tabel 4
Prestasi Siswa  dengan Menggunakan Buku Muti Sumber dan tugas memberi komentar pada setiap data yang ditemukan.



No.

NAMA SISWA

HASIL TES PERHITUNGAN HARTA WARIS

1.
Agus Salim
78

2.
Ahmad
76

3.
Andri
76

4.
Candra
76

5.
Dadang
76

6..
Giri
77

7.
Handika
80

8
Handika
80

9
Hayat
80

10
Helmi
80

11
Ilham
77

12
Indra
79

13
Irham
80

14
Jakaria
78

15
Jarwanto
79

16
Kamaludin
80

17
Kansa
80

18
Komarudin
80

19
Kusnadi
77

20
Kuswanto
77

21
Maman
77
22
Manda
77
23
Maulana
78
24
Muhammad
78
25
Munir
78
26
Novi
78
27
Purwanto
77
28
Sandi
77
29
Sandra
77
30
Sulaiman
78

JML
2341

RATA-RATA
78,03




Dengan demikian pada siklus ketiga dapat diketahui prestasi nilai siswa meningkat menjadi rata-rata 78,03.
4) Refleksi
Dari hasil observasi selama siklus tiga berlangsung, didapatkan kondisi berikut ini: setelah tugas tambahan dilakukan, maka siswa lebih meningkat prestasinya, yakni peningkatannya sudah menyeluruh tidak sebagian siswa saja.


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut :
Sebelum dijalankannya Buku Muti Sumber prestasi siswa sangat rendah dibuktikan dengan nilai yang didapatkan sangat kecil.
Setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan Buku Multi Sumber  ini maka prestasi siswa meningkat dan lebih baik nilainya setelah ditambah dengan tugas mencari data bagi setiap anggota kelompok tersebut. Bahkan prestasi mereka signifikan bertambah ketika diberikan tugas tambahan yaitu adanya penilaian bagi mereka yang mengomentari hasil pencasrian data.
Jadi pada akhirnya bahwa pembelajaran dengan menggunakan Buku Multi Sumber lebih baik daripada pembelajaran konvensional biasa.

B. Saran
Berdasarkan temuan-temuan yang didapat, maka peneliti memberikan saran kepada pihak sekolah agar lebih memperhatikan Sumber pembelajaran sebagai inventaris pembelajaran di sekolah ini.
Demikian mudah-mudahan pembelajaran lebih maju dan bermanfaat.



DAFTAR PUSTAKA


Endro, 2011, BUKU SEBAGAI SUMBER PENGETAHUAN, From : https://edoendrikaputra.wordpress.com/2011/05/29/buku-sebagai-sumber-pengetahuan/

Ali, Mukti, Ijtihad dalam Pandangan Muhammad Abduh, Ahmad Dakhlan, dan Muhammad Iqbal, Jakarta: PT Bulan Bintang, 1990
Basyir, Ahmad Azhar, dkk, Ijtihad dalam Sorotan, Bandung: Penerbit Mizan, 1988
Lismanto dalam Pembaharuan Hukum Islam Berbasis Tradisi: Upaya Meneguhkan Universalitas Islam dalam Bingkai Kearifan Lokal
Qardawi,Yusuf, Ijtihad dalam Syariat Islam, Jakarta: PT Bulan Bintang, 1987

 
DAFTAR HADIR
SEMINAR PTK
PENGGUNAAN BUKU MULTI SUMBER
UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA
DALAM MENGANALISA DATA 
PADA PEMBELAJARAN IJTIHAD
DI SMK MJPS 1 TASIKMALAYA


NO.
NAMA
TANDA TANGAN


























































No comments:

Post a Comment