RPP PAI SMK KLS X - BAB 2 - TH.2016-2017 - PAKAIAN ISLAMI



Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
( Download RPP-X-Bab 2 Berpakaian Islami )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : X / 1
Pertemuan Ke               : 1-4
Alokasi Waktu               : 4 x 45     : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
KOMPETENSI INTI :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR  
3.5    Menganalisisketentuan berpakaian sesuai syariat Islam.
4.5    Menyajikan keutamaan tata cara berpakaian sesuai syariat Islam.


I.    INDIKATOR
1.         Mengidentifikasi problem (masalah)
2.         Mengolah data untuk mencari solusi dengan dukungan dat-data dari berbagai sumber :
3.         Membuat pertanyaan berkaitan “Berpakaian Islami ”
4.         Memverifikasi dan mengevaluasi  Keutamaan (Fungsi) Berpakaian sesuai syari’at islam (Pada halaman 28)
II.   MATERI PEMBELAJARAN
        Berpakaian Islami
        Fungsi Berpakaian Islami

III.  PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan       : Scientific ( 5 M )
Model               : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode             : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi

I     V.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi

15’

B. Kegiatan Inti
5.   Mengamati Video atau Gambar orang sedang membakar jilbab
6.   Mengidentifikasi problem (masalah)
7.   Mengumpulkan data-data dari Buku Halaman 21-29, dan dari media lain
8.   Mengolah data untuk mencari solusi dengan dukungan data-data dari berbagai sumber :
9.   Dilanjutkan dengan membuat Peta Konsep dan Presentasi di depan kelas

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Bersama siswa membuat kesimpulan pelajaran
b.   Memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
b.   Merencanakan rencana tindak lanjut

15’

KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati gambar-gambar berikut ini !
2.    Setelah mengamati gambar tersebut di atas, Buatkan minimal  5 pertanyaan berkaitan “Berpakaian Islami ”
3.    Mengumpulkan data-data terkait pertanyaan yang diajukan dari berbagai sumber.
4.    Mengolah data dan menyimpulkannya dilanjutkan dengan membuat Peta Pemikiran dan Presentasi
105

C. Kegiatan Penutup
a.   Bersama siswa membuat kesimpulan pelajaran
b.   Memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
b.   Merencanakan rencana tindak lanjut

15’

KETIGA
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi

15’

B. Kegiatan Inti
1.        Mengamati Menerapkan perilaku mulia pada BUKU PAI SMK Kelas XII  halaman 28.
2.        Memverifikasi dan mengevaluasi  Keutamaan (Fungsi) Berpakaian sesuai syari’at islam (Pada halaman 28)

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Bersama siswa membuat kesimpulan pelajaran
b.   Memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
b.   Merencanakan rencana tindak lanjut

15’
I.                                                             
V.    SUMBER BELAJAR
      Al-Qur’an dan Hadits
      Buku PAI
      Lingkungan/Peristiwa
      Video/Slide/Gambar

VI.   PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian


a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017                                                                      NIP.197209102007011019

...................................................................................................................

LKS BAB II
PERTEMUAN  KE-1

MENGANALISIS KETENTUAN BERPAKAIAN SESUAI SYARIAT ISLAM


Mengamati Video atau Gambar
 
Gb. Orang Sedang membakar Jilbab
Mengidentifikasi Problem (Masalah)
1.      Masalah ke-1 ……………………………………………………………………………………………
2.      Masalah ke-2 ……………………………………………………………………………………………
3.      Masalah ke-3 ……………………………………………………………………………………………
4.      Masalah ke-4 ……………………………………………………………………………………………
5.      Masalah ke-5 ……………………………………………………………………………………………
6.      Mengumpulkan data-data dari Buku Halaman 21-29, dan dari media lain
Mengolah data untuk mencari solusi dengan dukungan data-data dari berbagai sumber :
Dilanjutkan dengan membuat Peta Konsep dan Presentasi di depan kelas.

Solusi dari masalah ke-     
…………………………………………………………………………………………………………


LKS BAB II.
PERTEMUAN KE-2

MENGANALISIS KETENTUAN BERPAKAIAN SESUAI SYARIAT ISLAM


Mengamati gambar-gambar berikut ini !










       Setelah mengamati gambar tersebut di atas, Buatkan minimal  5 pertanyaan berkaitan “Berpakaian Islami ”
1.      Pertanyaan ke-1 ………………………………………………………………………………………
2.      Pertanyaan ke-2…………………………………………………………………………………………
3.      Pertanyaan ke-3…………………………………………………………………………………………
4.      Pertanyaan ke-4…………………………………………………………………………………………
5.      Pertanyaan ke-5…………………………………………………………………………………………
Mengumpulkan data-data terkait pertanyaan yang diajukan dari berbagai sumber.
Mengolah data dan menyimpulkannya dilanjutkan dengan membuat Peta Pemikiran dan Presentasi.
     Kesimpulan pertanyaan ke 

LKS BAB II

PERTEMUAN KE-3

MENYAJIKAN KEUTAMAAN TATA CARA BERPAKAIAN SESUAI SYARIAT ISLAM

 

Mengamati Menerapkan perilaku mulia pada BUKU PAI SMK Kelas XII  halaman 28.
Memverifikasi dan mengevaluasi  Keutamaan (Fungsi) Berpakaian sesuai syari’at islam
(Pada halaman 28)

No.
PERILAKU MULIA
 BERPAKAIAN ISLAMI
VERIFIKASI
1.
Sopan santun dan ramah

Merupakan manfaat dari berpakaian Islami karena…………….. (didukung data dari berbagai sumber)







2.
Jujur dan amanah







3.
Gemar beribadah







4.
Gemar Menolong







5.
Amar Ma’ruf Nahi Munkar













Mempresentasikan di depan kelas

No comments:

Post a Comment