RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke :
1-4
Alokasi Waktu :
4 x 45 : 1
Minggu
---------------------------------------------------------------------
KOMPETENSI INTI :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
3.5 Menganalisisketentuan berpakaian sesuai syariat Islam.
4.5 Menyajikan keutamaan tata cara berpakaian sesuai syariat Islam.
I. INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi
problem (masalah)
2.
Mengolah data untuk mencari solusi dengan dukungan dat-data dari berbagai
sumber :
3.
Membuat
pertanyaan berkaitan “Berpakaian Islami ”
4.
Memverifikasi dan mengevaluasi Keutamaan (Fungsi) Berpakaian sesuai syari’at
islam (Pada halaman 28)
II. MATERI PEMBELAJARAN
Berpakaian Islami
Fungsi Berpakaian Islami
III. PENDEKATAN,
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem
Base Learning, Project Base Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
I V.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan
pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
5. Mengamati Video atau Gambar orang
sedang membakar jilbab
6. Mengidentifikasi problem (masalah)
7. Mengumpulkan data-data dari Buku Halaman 21-29, dan dari media lain
8. Mengolah data untuk mencari solusi dengan dukungan data-data dari berbagai sumber
:
9. Dilanjutkan dengan membuat Peta Konsep dan Presentasi di depan
kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama siswa membuat kesimpulan
pelajaran
b. Memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
b. Merencanakan rencana tindak lanjut
|
15’
|
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan pertanyaan
ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati gambar-gambar berikut ini !
2.
Setelah mengamati gambar tersebut di atas, Buatkan minimal 5 pertanyaan berkaitan “Berpakaian
Islami ”
3.
Mengumpulkan data-data terkait pertanyaan yang diajukan dari
berbagai sumber.
4. Mengolah
data dan menyimpulkannya dilanjutkan dengan membuat Peta Pemikiran dan Presentasi
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama siswa membuat kesimpulan
pelajaran
b. Memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
b. Merencanakan rencana tindak lanjut
|
15’
|
|
KETIGA
|
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan
pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Menerapkan perilaku mulia pada BUKU PAI SMK Kelas
XII halaman 28.
2.
Memverifikasi dan mengevaluasi Keutamaan (Fungsi) Berpakaian sesuai
syari’at islam (Pada halaman 28)
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama siswa membuat kesimpulan
pelajaran
b. Memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
b. Merencanakan rencana tindak lanjut
|
15’
|
I.
V.
SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI.
PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017 NIP.197209102007011019
...................................................................................................................
LKS BAB II
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS KETENTUAN BERPAKAIAN SESUAI SYARIAT ISLAM
Mengamati
Video atau Gambar
Gb. Orang Sedang membakar Jilbab
Mengidentifikasi
Problem (Masalah)
1. Masalah ke-1
……………………………………………………………………………………………
2. Masalah ke-2
……………………………………………………………………………………………
3. Masalah ke-3
……………………………………………………………………………………………
4. Masalah ke-4 ……………………………………………………………………………………………
5. Masalah ke-5
……………………………………………………………………………………………
6. Mengumpulkan data-data dari Buku Halaman
21-29, dan dari media lain
Mengolah data
untuk mencari solusi dengan dukungan data-data
dari berbagai sumber :
Dilanjutkan dengan membuat Peta Konsep dan Presentasi di
depan kelas.
Solusi dari
masalah ke-
…………………………………………………………………………………………………………
LKS BAB II.
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS KETENTUAN BERPAKAIAN SESUAI SYARIAT ISLAM
Mengamati gambar-gambar
berikut ini !
Setelah mengamati gambar
tersebut di atas, Buatkan minimal 5
pertanyaan berkaitan “Berpakaian Islami ”
1. Pertanyaan ke-1
………………………………………………………………………………………
2. Pertanyaan ke-2…………………………………………………………………………………………
3. Pertanyaan ke-3…………………………………………………………………………………………
4. Pertanyaan ke-4…………………………………………………………………………………………
5. Pertanyaan ke-5…………………………………………………………………………………………
Mengumpulkan
data-data terkait pertanyaan yang diajukan dari berbagai sumber.
Mengolah data dan
menyimpulkannya dilanjutkan dengan membuat Peta Pemikiran dan Presentasi.
Kesimpulan pertanyaan ke
LKS BAB II
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KEUTAMAAN TATA CARA BERPAKAIAN SESUAI SYARIAT ISLAM
Mengamati
Menerapkan perilaku mulia pada BUKU PAI SMK Kelas XII halaman 28.
Memverifikasi
dan mengevaluasi Keutamaan (Fungsi)
Berpakaian sesuai syari’at islam
(Pada halaman
28)
No.
|
PERILAKU
MULIA
BERPAKAIAN ISLAMI
|
VERIFIKASI
|
1.
|
Sopan santun dan ramah
|
Merupakan manfaat dari
berpakaian Islami karena…………….. (didukung data dari berbagai sumber)
|
2.
|
Jujur dan amanah
|
|
3.
|
Gemar beribadah
|
|
4.
|
Gemar Menolong
|
|
5.
|
Amar Ma’ruf Nahi Munkar
|
Mempresentasikan di depan
kelas
No comments:
Post a Comment