RPP PAI SMK KLS X - BAB 1 - TH.2016-2017 - ASMAUL HUSNA

Video LKS PAI
Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
( Download RPP-X-Bab 1 Asmaul Husna )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : X / 1
Pertemuan Ke               : 1-4
Semester                      : 1
Alokasi Waktu               : 3x45 menit      : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------


Kompetensi Inti                                    :

(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;

(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;

(KI-3)      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
  Kompetensi Dasar                  :
3.3        Menganalisis makna Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-          
             Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
 4.3       Menyajikan hubungan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-
  Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku  keluhuran 
  budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil.
I.    INDIKATOR
1.         Mengidentifikasi Makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min
2.        Memverifikasi makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min (menjelaskan hubungan Makna Al-Karim atau Al-Mu’min dengan berbagai Sumber.
3.        Membuat Peta Konsep mengenai Makna Asmaul Husna Al-Jami, Al-Adil dan Al-Akhir, dan mempresentasikan di depan kelas.
4.        Mengidentifikasi hubungan makna asmaul husna dengan perilaku sehari-hari
II.  MATERI POKOK
a.    Makna Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir )
b.    Hubungan makna Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir )
c.    Contoh perilaku: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
d.   Sikap yang mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
e.    Hubungan makna Asmaul Husna dengan perilaku sehari-hari
III.   PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan  : Scientific ( 5 M )
Model          : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 4-7  tentang : Makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min.
2.    Mengidentifikasi Makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min
3.    Menggali data tentang Makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min dari berbagai sumber
4.    Memverifikasi makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min (menjelaskan hubungan Makna Al-Karim atau Al-Mu’min dengan berbagai Sumber.
5.    Mengkomunikasikan hasil verifikasi

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Peserta didik dan guru sama-sama membuat kesimpulan akhir
d.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’
KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 7-9  tentang : Makna Asmaul Husna Al-Wakil dan Al-Matin.
2.    Membuat pertanyaan terkait Makna Asmaul Husna Al Wakil dan Al-Matin
3.    Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber
4.    Mengolah data sehubungan dengan pertanyaan
5.    Membuat kesimpulan hasil pengolahan data (jawaban pertanyaan)
6.    Mengkomunikasikan dengan guru dan teman di kelas

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Peserta didik dan guru sama-sama membuat kesimpulan akhir
d.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’
KETIGA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 7-9  tentang :
2.    Memfokuskan permasalahan (Makna Asmul Husna Al-Jami, Al-Adil, Al-Akhir)
3.    Membuat Peta Konsep mengenai Makna Asmaul Husna Al-Jami, Al-Adil dan Al-Akhir, dan mempresentasikan di depan kelas.
4.    Menggali data dari berbagai sumber
5.    Mengkomunikasikan hasil pekerjaan dengan guru dan teman
105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Peserta didik dan guru sama-sama membuat kesimpulan akhir
d.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’
KEEMPAT
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 16 – 17
2.    Mengidentifikasi hubungan makna asmaul husna dengan perilaku sehari-hari
3.    Mengumpulkan data dari berbagai sumber dan
4.    Membuat Peta Konsep dalam rangka memverifikasi hubungan makna asmaul husna dengan perilaku.
5.    Kemudian mempresentasikan (memverifikasi) di depan kelas
105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Peserta didik dan guru sama-sama membuat kesimpulan akhir
d.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’


V.    SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar

VI.   PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari

3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI


...................................................................................................................

LKS BAB I
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS MAKNA ASMAUL HUSNA

Mengidentifikasi Makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min
No.
MAKNA ASMAUL HUSNA
AL-KARIM
SUMBER
1.
Allah SWT yang memberikan segala nikmat kepada manusia
-Buku PAI Kls X
-QS. Al Infithar : 6
-Hadits Nabi SAW
-Internet
2.




3.






AL-MU’MIN
SUMBER
1.




2.





5.    Memverifikasi makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min (menjelaskan hubungan Makna Al-Karim atau Al-Mu’min dengan berbagai Sumber.


LKS BAB I
PERTEMUAN KE-2

MENGANALISIS MAKNA ASMAUL HUSNA


Membuat pertanyaan terkait Makna Asmaul Husna Al Wakil dan Al-Matin
No.
PERTANYAAN MAKNA ASMAUL HUSNA
AL-WAKIL
AL-MATIN
1.
Bagaimana cara Allah SWT memlihara seluruh alam ini ?


2.




3.




4.




5.





    Kesimpulan untuk pertanyaan ke……….

LKS BAB I
PERTEMUAN KE-3

MENGANALISIS MAKNA ASMAUL HUSNA

Membuat Peta Konsep mengenai Makna Asmaul Husna Al-Jami, Al-Adil
kemudian Al-Akhir, dan mempresentasikan di depan kelas.


LKS BAB I
PERTEMUAN KE-4

MENYAJIKAN HUBUNGAN ASMAUL HUSNA DENGAN KELUHURAN BUDI


Mengidentifikasi hubungan makna asmaul husna dengan perilaku sehari-hari
No.
MAKNA ASMAUL HUSNA
AL-KARIM
PERILAKU SEHARI-HARI
1.
Allah swt Maha dermawan

Mengembangkan sifat dermawan
2.




AL-WAKIL

1.



2.




AL-MATIN

1.



2.




AL-JAMI

1.



2.




AL-ADIL

1.



2.




AL-AKHIR

1.



2.




Mengumpulkan data dari berbagai sumber dan Membuat Peta Konsep dalam rangka memverifikasi hubungan makna asmaul husna dengan perilaku. Kemudian mempresentasikan (memverifikasi) di depan kelas.

No comments:

Post a Comment