Video LKS PAI |
( Download RPP-X-Bab 1 Asmaul Husna )
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 TasikmalayaMata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Semester : 1
Alokasi Waktu : 3x45 menit : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis makna Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-
Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir.
4.3 Menyajikan hubungan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-
Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku
keluhuran
budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil.
I.
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi Makna
Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min
2.
Memverifikasi makna Asmaul
Husna Al-Karim dan Al-Mu’min (menjelaskan hubungan Makna Al-Karim atau
Al-Mu’min dengan berbagai Sumber.
3.
Membuat Peta Konsep mengenai
Makna Asmaul Husna Al-Jami, Al-Adil dan Al-Akhir, dan mempresentasikan di depan
kelas.
4.
Mengidentifikasi hubungan
makna asmaul husna dengan perilaku sehari-hari
II.
MATERI POKOK
a. Makna Asmaul
Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan
al-akhiir )
b. Hubungan makna Asmaul
Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan
al-akhiir )
c. Contoh perilaku: keluhuran budi, kokoh pendirian, member
rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
d. Sikap yang mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian,
member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
e. Hubungan makna Asmaul Husna dengan perilaku sehari-hari
III.
PENDEKATAN, MODEL DAN
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base
Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 4-7 tentang : Makna Asmaul Husna Al-Karim dan
Al-Mu’min.
2. Mengidentifikasi Makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min
3. Menggali data tentang Makna Asmaul Husna
Al-Karim dan Al-Mu’min dari berbagai sumber
4. Memverifikasi makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min
(menjelaskan hubungan Makna Al-Karim atau Al-Mu’min dengan berbagai Sumber.
5. Mengkomunikasikan hasil verifikasi
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c.
Peserta didik dan guru sama-sama membuat kesimpulan akhir
d. Berdo’a dan mengucapkan
hamdalah.
|
15’
|
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 7-9 tentang : Makna Asmaul Husna Al-Wakil dan
Al-Matin.
2. Membuat pertanyaan terkait Makna Asmaul Husna Al Wakil dan
Al-Matin
3. Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber
4. Mengolah data sehubungan dengan pertanyaan
5. Membuat kesimpulan hasil pengolahan data
(jawaban pertanyaan)
6. Mengkomunikasikan dengan guru dan teman di
kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c.
Peserta didik dan guru sama-sama membuat kesimpulan akhir
d. Berdo’a dan mengucapkan
hamdalah.
|
15’
|
|
KETIGA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 7-9 tentang :
2. Memfokuskan permasalahan (Makna Asmul Husna Al-Jami, Al-Adil,
Al-Akhir)
3. Membuat Peta Konsep mengenai Makna Asmaul Husna Al-Jami, Al-Adil
dan Al-Akhir, dan mempresentasikan di depan kelas.
4. Menggali data dari berbagai sumber
5. Mengkomunikasikan hasil pekerjaan dengan guru
dan teman
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c.
Peserta didik dan guru sama-sama membuat kesimpulan akhir
d. Berdo’a dan mengucapkan
hamdalah.
|
15’
|
|
KEEMPAT
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 16 – 17
2. Mengidentifikasi hubungan makna asmaul husna dengan perilaku
sehari-hari
3. Mengumpulkan data dari berbagai sumber dan
4. Membuat Peta Konsep dalam rangka memverifikasi hubungan makna
asmaul husna dengan perilaku.
5. Kemudian mempresentasikan (memverifikasi) di depan kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c.
Peserta didik dan guru sama-sama membuat kesimpulan akhir
d. Berdo’a dan mengucapkan
hamdalah.
|
15’
|
V.
SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI.
PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
...................................................................................................................
LKS BAB I
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS MAKNA ASMAUL HUSNA
Mengidentifikasi
Makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min
No.
|
MAKNA ASMAUL HUSNA
|
|
AL-KARIM
|
SUMBER
|
|
1.
|
Allah SWT yang memberikan segala nikmat kepada manusia
|
-Buku PAI Kls X
-QS. Al Infithar : 6
-Hadits Nabi SAW
-Internet
|
2.
|
||
3.
|
||
AL-MU’MIN
|
SUMBER
|
|
1.
|
||
2.
|
5. Memverifikasi makna Asmaul Husna Al-Karim dan
Al-Mu’min (menjelaskan hubungan Makna Al-Karim atau Al-Mu’min dengan berbagai
Sumber.
LKS BAB I
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS MAKNA ASMAUL HUSNA
Membuat
pertanyaan terkait Makna Asmaul Husna Al Wakil dan Al-Matin
No.
|
PERTANYAAN MAKNA ASMAUL HUSNA
|
|
AL-WAKIL
|
AL-MATIN
|
|
1.
|
Bagaimana cara Allah SWT memlihara seluruh alam ini ?
|
|
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
Kesimpulan untuk pertanyaan ke……….
LKS BAB I
PERTEMUAN KE-3
MENGANALISIS MAKNA ASMAUL HUSNA
Membuat
Peta Konsep mengenai Makna Asmaul Husna Al-Jami, Al-Adil
kemudian
Al-Akhir, dan mempresentasikan di depan kelas.
LKS BAB I
PERTEMUAN KE-4
MENYAJIKAN HUBUNGAN ASMAUL HUSNA DENGAN KELUHURAN BUDI
Mengidentifikasi
hubungan makna asmaul husna dengan perilaku sehari-hari
No.
|
MAKNA ASMAUL HUSNA
|
|
AL-KARIM
|
PERILAKU SEHARI-HARI
|
|
1.
|
Allah swt Maha dermawan
|
Mengembangkan sifat dermawan
|
2.
|
||
AL-WAKIL
|
||
1.
|
||
2.
|
||
AL-MATIN
|
||
1.
|
||
2.
|
||
AL-JAMI
|
||
1.
|
||
2.
|
||
AL-ADIL
|
||
1.
|
||
2.
|
||
AL-AKHIR
|
||
1.
|
||
2.
|
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber dan Membuat Peta Konsep dalam rangka memverifikasi
hubungan makna asmaul husna dengan perilaku. Kemudian mempresentasikan
(memverifikasi) di depan kelas.
No comments:
Post a Comment