RPP PAI SMK KLS X - BAB 3 - TH.2016-2017 - KEJUJURAN



 Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : X / 1
Pertemuan Ke               : 1-2
Alokasi Waktu               : 2 x 45     : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
KOMPETENSI INTI :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR :
3.6        Menganalisismanfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
  4.6        Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-    
                Hari dengan keimanan

I.    INDIKATOR
Mengidentifikasi  manfaat-manfaat Kejujuran !
Mengevaluasi penerapan perilaku jujur

II.  MATERI POKOK
    QS. At-Taubah 119 :
    Kejujuran
    Manfaat Kejujuran
    Penerapan perilaku jujur

III.   PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan  : Scientific ( 5 M )
Model          : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi


IV.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi

15’

B. Kegiatan Inti
1. Mengamati artikel di Buku halaman 32 s.d. 39
    QS. At-Taubah 119 :
2. Mengidentifikasi  manfaat-manfaat Kejujuran !
3. Mengumpulkan data-data berkaitan dengan hasil identifikasi tersebut !
4. Melakukan Pembuktian / Verifikasi !
5. Membuat Peta Konsep dan Presentasi
105

C. Kegiatan Penutup
a.   Bersama siswa membuat kesimpulan pelajaran
b.   Memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
b.   Merencanakan rencana tindak lanjut

15’


KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi

15’

B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Buku Halaman 41 : Menerapkan Perilaku Mulia
2. Mengevaluasi penerapan perilaku jujur pada halaman 41 di atas,     
    apakah ke-11 point tersebut benar-
3. Membuat Peta Konsep  dan 
4. Mempresentasikan di depan kelas

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Bersama siswa membuat kesimpulan pelajaran
b.   Memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
b.   Merencanakan rencana tindak lanjut

15’

V.    SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar

VI.   PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017                                                                      NIP.197209102007011019

...................................................................................................................





LKS BAB III
PERTEMUAN KE-1

MENGANALISIS MANFAAT KEJUJURAN


1. Mengamati artikel di Buku halaman 32 s.d. 39
    Contoh mengamati buku halaman 37  : yaitu :
    QS. At-Taubah 119 :
$pkšr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qà)®?$# ©!$# (#qçRqä.ur yìtB šúüÏ%Ï»¢Á9$# ÇÊÊÒÈ  
119. Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.
2. Mengidentifikasi  manfaat-manfaat Kejujuran !
No.
MANFAAT KEJUJURAN
KETERANGAN
1
Digolongkan kepada orang beriman dan bertakwa


Buku halaman 35
QS. At Taubah : 119
2




3




4




4. Kumpulkan data-data berkaitan dengan hasil identifikasi tersebut !
5. Lakukan Pembuktian / Verifikasi !

LKS BAB III
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KAITAN PERILAKU JUJUR DENGAN KEIMANAN

1. Mengamati Buku Halaman 41 : Menerapkan Perilaku Mulia
2. Mengevaluasi penerapan perilaku jujur pada halaman 41 di atas, apakah ke-11 point tersebut benar-benar merupakan Penerapan Perilaku Jujur ? Berikan alasan dengan di dukung data-data yang ada.
NO
PERILAKU JUJUR
VERIFIKASI
KETERKAITAN DENGAN KEIMANAN
1.
Meminta izin / pamitan




2.
Tidak minta sesuatu diluar kemampuan ort
Bukan merupakan indikator perilaku jujur karena…………..



Tidak ada keterkaitan dengan keimanan karena…………………..
3.
Mengembalikan uang sisa belanja walau tak diketahui



4.





5.







6.







7.







8.







9.







10.







11.







  Membuat Peta Konsep  dan  Mempresentasikan di depan kelas

No comments:

Post a Comment