Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke :
1-2
Alokasi Waktu :
2 x 45 : 1
Minggu
---------------------------------------------------------------------
KOMPETENSI INTI :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR :
3.6 Menganalisismanfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-
Hari dengan keimanan
I.
INDIKATOR
Mengidentifikasi
manfaat-manfaat Kejujuran !
Mengevaluasi penerapan perilaku jujur
II.
MATERI POKOK
QS. At-Taubah 119 :
Kejujuran
Manfaat Kejujuran
Penerapan perilaku jujur
III.
PENDEKATAN, MODEL DAN
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base
Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan
pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati artikel di Buku halaman 32 s.d. 39
QS. At-Taubah 119 :
2. Mengidentifikasi manfaat-manfaat Kejujuran !
3. Mengumpulkan data-data berkaitan dengan hasil identifikasi tersebut !
4. Melakukan Pembuktian / Verifikasi !
5. Membuat Peta Konsep dan Presentasi
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama siswa membuat kesimpulan
pelajaran
b. Memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
b. Merencanakan rencana tindak lanjut
|
15’
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan
pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Buku Halaman 41 : Menerapkan Perilaku Mulia
2. Mengevaluasi penerapan
perilaku jujur pada halaman 41 di atas,
apakah ke-11 point tersebut benar-
3. Membuat Peta Konsep dan
4. Mempresentasikan di depan
kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama siswa membuat kesimpulan
pelajaran
b. Memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
b. Merencanakan rencana tindak lanjut
|
15’
|
V.
SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI.
PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017 NIP.197209102007011019
...................................................................................................................
LKS BAB III
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS MANFAAT KEJUJURAN
1. Mengamati
artikel di Buku halaman 32 s.d. 39
Contoh mengamati buku halaman 37 :
yaitu :
QS. At-Taubah 119 :
$pkr'¯»t úïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qà)®?$# ©!$# (#qçRqä.ur yìtB úüÏ%Ï»¢Á9$# ÇÊÊÒÈ
119. Hai orang-orang yang beriman
bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.
2. Mengidentifikasi
manfaat-manfaat Kejujuran !
No.
|
MANFAAT KEJUJURAN
|
KETERANGAN
|
1
|
Digolongkan kepada orang
beriman dan bertakwa
|
Buku halaman 35
QS. At Taubah : 119
|
2
|
||
3
|
||
4
|
4. Kumpulkan
data-data berkaitan dengan hasil identifikasi tersebut !
5. Lakukan
Pembuktian / Verifikasi !
LKS BAB III
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KAITAN PERILAKU JUJUR DENGAN
KEIMANAN
1. Mengamati Buku Halaman 41 : Menerapkan Perilaku
Mulia
2.
Mengevaluasi penerapan perilaku jujur pada halaman 41 di atas, apakah ke-11
point tersebut benar-benar merupakan Penerapan Perilaku Jujur ? Berikan alasan
dengan di dukung data-data yang ada.
NO
|
PERILAKU
JUJUR
|
VERIFIKASI
|
KETERKAITAN
DENGAN KEIMANAN
|
1.
|
Meminta izin / pamitan
|
||
2.
|
Tidak minta sesuatu diluar kemampuan ort
|
Bukan merupakan indikator perilaku jujur karena…………..
|
Tidak ada keterkaitan dengan keimanan karena…………………..
|
3.
|
Mengembalikan uang sisa belanja walau tak diketahui
|
||
4.
|
|||
5.
|
|||
6.
|
|||
7.
|
|||
8.
|
|||
9.
|
|||
10.
|
|||
11.
|
Membuat Peta Konsep dan
Mempresentasikan di depan kelas
No comments:
Post a Comment