Pendidikan
Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke :
1-3
Semester : 2
Alokasi Waktu :
3x45 menit
: 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
Kompetensi Dasar :
1.8
Menganalisis kedudukan al-Qur’an, hadis, dan ijtihad sebagai sumber
Hukum Islam.
4.8 Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam.
I.
INDIKATOR
II.
MATERI POKOK
1.
Pengertian Al-Qur’an,
Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber Hukum Islam
2.
Kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits,
dan Ijtihad sebagai sumber Hukum Islam
3.
Fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits,
dan Ijtihad sebagai sumber Hukum Islam
4.
Fungsi Al-Hadits terhadap
Al-Qur’an
5.
Macam-macam Al-Hadits
6.
Fungsi ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
7.
Hasil ijtihad di masa lampau
dan sekarang
III.
PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Model : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base
Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan
Ceramah
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati buku PAI Kelas X halaman 45 - 49
2.
Mengidentifikasi bukti-bukti dan alasan bahwa Al-Qur'an
berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam atau sebagai sumber hukum Islam.
3.
Mencari data pendukung lainnya untuk proses Verifikasi dan
Evaluasi
4.
Melakukan Proses Verifikasi
5.
Mengkonfirmasikan
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati buku
PAI Kelas X halaman 49-52
2. Mengidentifikasi bukti-bukti dan alasan bahwa Al-Hadits
berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam.
3. Mencari data pendukung
lainnya untuk proses Verifikasi dan Evaluasi
4. Melakukan Proses Verifikasi
5. Mempresentasikan di depan kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
|
KETIGA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati
buku PAI Kelas X halaman 52 - 56
2. Mengidentifikasi bukti-bukti dan alasan bahwa Ijtihad
berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam.
3. Mencari data
pendukung lainnya untuk proses Verifikasi dan Evaluasi
4. Melakukan Proses Verifikasi
5. Mengkomunikasikan
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
V.
SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI.
PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017 NIP.197209102007011019
...................................................................................................................
LKS BAB IV
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS KEDUDUKAN ALQUR'AN SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
1. Mengamati buku PAI Kelas X halaman
45 - 49
2.
Mengidentifikasi bukti-bukti dan alasan
bahwa Al-Qur'an berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam atau sebagai sumber
hukum Islam.
No.
|
BUKTI/ALASAN AL-QUR’AN
SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
|
KETERANGAN
|
1.
|
Ditetapkan Allah SWT
untuk mentaati Allah SWT ( Al-Qur’an)
|
- Buku PAI Kelas XII
hal.47
- QS. An-nisa : 59
- Hadits Riwayat…………..
|
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
3.. Mencari data pendukung lainnya untuk proses
Verifikasi dan Evaluasi
4.. Melakukan Proses Verifikasi : Contoh sbb :
Pada buku tertulis :"Allah
SWT berfirman dalam QS. An-Nisa : 59 - Wahai orang-orang yang beriman, taatlah
kepada Allah dan taatlah kepada Rasul-Nya (Muhammad saw) dan ulil amri diantara
kamu. Kemudian jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah
kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.....". Maka dapat diidentifikasi
bukti/alasan Al-Qur'an sebagai sumber hukum Islam, yaitu disebabkan telah
ditetapkan oleh Allah SWT untuk mentaati Allah SWT dan taat kepada Allah SWT
dilakukan melalui Al-Qur'an yg di bawakan oleh Rasul-Nya. Jadi Al-Qur'an
berkedudukan sebagai sumber hukum Islam.
VERIFIKASI
KE-
LKS BAB IV
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS KEDUDUKAN AL-HADITS SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
1. Mengamati buku PAI Kelas X halaman 49-52
2.
Mengidentifikasi bukti-bukti dan alasan
bahwa Al-Hadits berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam.
No.
|
BUKTI/ALASAN AL-HADITS
SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
|
KETERANGAN
|
1.
|
Ditetapkan Allah SWT
untuk mentaati Rasul-Nya ( Al-Hadits)
|
- Buku PAI Kelas XII
hal.47
- QS. An-nisa : 59
|
3.. Mencari data pendukung lainnya untuk proses
Verifikasi dan Evaluasi
4.. Melakukan Proses Verifikasi : Contoh sbb :
Pada buku tertulis
:"Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa : 59 - Wahai orang-orang yang
beriman, taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul-Nya (Muhammad saw) dan
ulil amri diantara kamu. Kemudian jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu,
maka kembalikanlah kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.....".
Maka dapat diidentifikasi
bukti/alasan Al-Hadits sebagai
sumber hukum Islam, yaitu disebabkan telah ditetapkan oleh Allah SWT untuk
mentaati Rasul-Nya dan taat kepada Rasul-Nya dilakukan melalui Al-Hadits
(Sunnah) yg di bawakan oleh Rasul-Nya.
Jadi Al-Hadits berkedudukan sebagai
sumber hukum Islam.
VERIFIKASI
KE-
LKS BAB IV
PERTEMUAN KE-3
MENGANALISIS KEDUDUKAN IJTIHAD SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
1. Mengamati buku PAI Kelas X halaman
52 - 56
2.
Mengidentifikasi bukti-bukti dan alasan
bahwa Ijtihad berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam.
No.
|
BUKTI/ALASAN IJTIHAD
SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
|
KETERANGAN
|
1.
|
Rasulullah Saw
membolehkan kepada Muad Bin Jabal untuk melakukan Ijtihad jika tidak ada di
Qur’an-Hadits
|
- Buku PAI Kelas X hal …..
- Hadits
Rasulullah Saw
|
3.. Mencari data pendukung lainnya untuk proses
Verifikasi dan Evaluasi
4.. Melakukan Proses Verifikasi : Contoh sbb :
Pada buku tertulis
:"………………......".
Maka dapat diidentifikasi
bukti/alasan Al-Qur'an sebagai sumber hukum Islam, yaitu ……………………………………………………………
Jadi Ijtihad berkedudukan sebagai sumber hukum Islam.
VERIFIKASI
KE-
No comments:
Post a Comment