RPP PAI SMK KLS X - BAB 4 - TH.2016-2017 - AL-QUR'AN PEDOMAN



 Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah         : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran         : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester      : X / 1
Pertemuan Ke          : 1-3
Semester                   : 2
Alokasi Waktu          : 3x45 menit      : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti                                :
(KI-1)  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)  Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)  Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar               :
1.8      Menganalisis kedudukan al-Qur’an, hadis, dan  ijtihad sebagai sumber
Hukum Islam.
     4.8  Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam.


I.    INDIKATOR

II.  MATERI POKOK
1.        Pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber Hukum Islam   
2.        Kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber Hukum Islam 
3.        Fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan  Ijtihad sebagai sumber   Hukum Islam 
4.        Fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an
5.        Macam-macam Al-Hadits 
6.        Fungsi ijtihad sebagai sumber   hukum Islam 
7.        Hasil ijtihad di masa lampau dan sekarang 

III. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan  : Scientific
Model          : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah



 IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati buku PAI Kelas X halaman 45 - 49
2.    Mengidentifikasi  bukti-bukti dan alasan bahwa Al-Qur'an berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam atau sebagai sumber hukum Islam.
3.    Mencari data pendukung lainnya untuk proses Verifikasi dan Evaluasi
4.    Melakukan Proses Verifikasi
5.    Mengkonfirmasikan

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1. Mengamati buku PAI Kelas X halaman 49-52
2. Mengidentifikasi  bukti-bukti dan alasan bahwa Al-Hadits berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam.
3. Mencari data pendukung lainnya untuk proses Verifikasi dan Evaluasi
4.  Melakukan Proses Verifikasi
5.  Mempresentasikan di depan kelas

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’
KETIGA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1. Mengamati buku PAI Kelas X halaman 52 - 56
2. Mengidentifikasi  bukti-bukti dan alasan bahwa Ijtihad berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam.
3. Mencari data pendukung lainnya untuk proses Verifikasi dan Evaluasi
4.  Melakukan Proses Verifikasi
5.  Mengkomunikasikan


105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

V.  SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar

VI. PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017                                                                      NIP.197209102007011019

...................................................................................................................










LKS BAB IV
PERTEMUAN KE-1

MENGANALISIS KEDUDUKAN ALQUR'AN SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM


1. Mengamati buku PAI Kelas X halaman 45 - 49
2. Mengidentifikasi  bukti-bukti dan alasan bahwa Al-Qur'an berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam atau sebagai sumber hukum Islam.
No.
BUKTI/ALASAN AL-QUR’AN SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
KETERANGAN
1.
Ditetapkan Allah SWT untuk mentaati Allah SWT ( Al-Qur’an)
- Buku PAI Kelas XII hal.47
- QS. An-nisa : 59
- Hadits Riwayat…………..
2.




3.




4.




5.





3.. Mencari data pendukung lainnya untuk proses Verifikasi dan Evaluasi
4.. Melakukan Proses Verifikasi :  Contoh sbb :
Pada buku tertulis :"Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa : 59 - Wahai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul-Nya (Muhammad saw) dan ulil amri diantara kamu. Kemudian jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.....". Maka dapat diidentifikasi bukti/alasan  Al-Qur'an sebagai sumber hukum Islam, yaitu disebabkan telah ditetapkan oleh Allah SWT untuk mentaati Allah SWT dan taat kepada Allah SWT dilakukan melalui Al-Qur'an yg di bawakan oleh Rasul-Nya. Jadi Al-Qur'an berkedudukan sebagai sumber hukum Islam.
VERIFIKASI KE-


LKS BAB IV
PERTEMUAN KE-2

MENGANALISIS KEDUDUKAN AL-HADITS SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM


1. Mengamati buku PAI Kelas X halaman 49-52
2. Mengidentifikasi  bukti-bukti dan alasan bahwa Al-Hadits berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam.
No.
BUKTI/ALASAN AL-HADITS SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
KETERANGAN
1.
Ditetapkan Allah SWT untuk mentaati Rasul-Nya ( Al-Hadits)
- Buku PAI Kelas XII hal.47
- QS. An-nisa : 59















3.. Mencari data pendukung lainnya untuk proses Verifikasi dan Evaluasi
4.. Melakukan Proses Verifikasi : Contoh sbb :
Pada buku tertulis :"Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa : 59 - Wahai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul-Nya (Muhammad saw) dan ulil amri diantara kamu. Kemudian jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.....".
Maka dapat diidentifikasi bukti/alasan  Al-Hadits  sebagai sumber hukum Islam, yaitu disebabkan telah ditetapkan oleh Allah SWT untuk mentaati Rasul-Nya dan taat kepada Rasul-Nya dilakukan melalui Al-Hadits (Sunnah)  yg di bawakan oleh Rasul-Nya. Jadi Al-Hadits  berkedudukan sebagai sumber hukum Islam.
VERIFIKASI KE-

LKS BAB IV
PERTEMUAN KE-3

MENGANALISIS KEDUDUKAN IJTIHAD SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM


1. Mengamati buku PAI Kelas X halaman 52 - 56
2. Mengidentifikasi  bukti-bukti dan alasan bahwa Ijtihad berkedudukan sebagai Sumber Hukum Islam.

No.
BUKTI/ALASAN IJTIHAD SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
KETERANGAN
1.
Rasulullah Saw membolehkan kepada Muad Bin Jabal untuk melakukan Ijtihad jika tidak ada di Qur’an-Hadits
- Buku PAI Kelas  X hal …..
- Hadits
 Rasulullah Saw















3.. Mencari data pendukung lainnya untuk proses Verifikasi dan Evaluasi
4.. Melakukan Proses Verifikasi : Contoh sbb :
Pada buku tertulis :"………………......".
Maka dapat diidentifikasi bukti/alasan  Al-Qur'an sebagai sumber hukum Islam, yaitu …………………………………………………………… Jadi Ijtihad berkedudukan sebagai sumber hukum Islam.
VERIFIKASI KE-

No comments:

Post a Comment