RPP PAI SMK KLS X - BAB 5 - TH.2016-2017 - SUBSTANSI DAKWAH DI MEKAH



 Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian          :
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : X / 1
Pertemuan Ke               : 1-4
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti                         :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar                     :
3.10  Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah
4.10  Menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan
dakwah Nabi Muhammad saw.di Makkah.


I.  INDIKATOR
           1.      Mengidentifikasi Substansi  Dakwah di Mekah
           2.      Mempetakan Substansi Dakwah di Mekkah kemudian mempresentasikan
           3.     Melakukan analisis (Pengolahan Data) tentang substansi dakwah di Mekah

II. MATERI POKOK
      Dakwah Rasulullah Saw di Mekah
      Substansi Dakwah Rasulullah di Mekkah
     
III.  PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
   Pendekatan           : Scientific ( 5 M )
   Model                   : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
   Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi

IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Buku PAI KELAS X  Halaman  63 - 65
2.    Mengidentifikasi Substansi  Dakwah di Mekah
3.    Memverifikasi/Evaluasi
4.    Membuat Peta Konsep tentang Substansi Dakwah di Mekkah kemudian mempresentasikan

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Buku PAI KELAS X  Halaman  65 - 78
2.    Membuat Peta Konsep tentang Strategi Dakwah di Mekkah kemudian Mempresentasikan di depan kelas.

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’
KETIGA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Video / Gambar waktu “Pembebasan Kota Mekkah”
2.    Membuat 5 pertanyaan terkait keberhasilan dakwah Rasul di Mekkah  dengan substansi dan strategi yang dilakukan oleh Rasulullah SAW di Mekkah.
3.    Mengumpulkan data-data pendukung  dan
4.    Melakukan analisis (Pengolahan Data), selanjutnya membuat kesimpulan kemudian mempresentasikannya.

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

V.  SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar

VI. PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017                                                                      NIP.197209102007011019

...................................................................................................................


LKS BAB V
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS SUBSTANSI DAKWAH RASULULLAH SAW    
 DI MEKKAH

Mengamati Buku PAI KELAS X  Halaman  63 - 65
Mengidentifikasi Substansi  Dakwah di Mekah
NO.
SUBSTANSI DAKWAH DI MEKKAH
KETERANGAN
1.
Dalam bidang Tauhid (Keesaan Allah SWT)
Buku PAI Halaman 63









Memverifikasi/Evaluasi
Memverifikasi Hasil identifikasi substansi dakwah pada No. 2 yang didukung oleh data-data dari berbagai sumber.
Verifikasi ke .............................................................................................................................

Membuat Peta Konsep tentang Substansi Dakwah di Mekkah kemudian mempresentasikan

LKS BAB V
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS STRATEGI DAKWAH RASULULLAH  SAW
DI MEKKAH

Mengamati Buku PAI KELAS X  Halaman  65 - 78
Membuat Peta Konsep tentang Strategi Dakwah di Mekkah kemudian Mempresentasikan di depan kelas.
Contoh :

MEMBUAT PETA KONSEP/PETA PEMIKIRAN
……………………………………………………………………….
STRATEGI DAKWAH
UMUM DIKETAHUI
BELUM DIKETAHUI
SEMBUNYI2
TERANG2AN
 


























LKS BAB V
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KETERKAITAN ANTARA SUBSTANSI DAN STRATEGI DAKWAH DENGAN KEBERHASILAN DAKWAH RASULULLAH SAW DI MEKKAH
Mengamati Video / Gambar waktu “Pembebasan Kota Mekkah”

 
Video : Pembebasan Kota Makkah (Putuh Makkah)
Membuat 5 pertanyaan terkait keberhasilan dakwah Rasul di Mekkah  dengan substansi dan strategi yang dilakukan oleh Rasulullah SAW di Mekkah.
1.      ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
2.      ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
3.      ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
4.      ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
5.      ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Mengumpulkan data-data pendukung  dan Melakukan analisis (Pengolahan Data), selanjutnya membuat kesimpulan kemudian mempresentasikannya.
Pengolahan data dan menyimpulkannya sebagai jawaban untuk pertanyaan ke.…..

No comments:

Post a Comment