Pendidikan Agama
Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke :
1-4
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad
saw. di Makkah
4.10 Menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan
dakwah Nabi Muhammad saw.di Makkah.
I.
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi Substansi Dakwah di Mekah
2. Mempetakan Substansi Dakwah di Mekkah
kemudian mempresentasikan
3.
Melakukan analisis (Pengolahan
Data) tentang substansi dakwah di Mekah
II. MATERI
POKOK
Dakwah
Rasulullah Saw di Mekah
Substansi Dakwah Rasulullah
di Mekkah
III.
PENDEKATAN DAN METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem
Base Learning, Project Base Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Buku PAI KELAS X
Halaman 63 - 65
2.
Mengidentifikasi Substansi Dakwah di Mekah
3.
Memverifikasi/Evaluasi
4. Membuat Peta Konsep tentang Substansi Dakwah di Mekkah kemudian
mempresentasikan
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Buku PAI KELAS X
Halaman 65 - 78
2.
Membuat Peta Konsep
tentang Strategi Dakwah di Mekkah kemudian Mempresentasikan di depan kelas.
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
|
KETIGA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Video / Gambar waktu “Pembebasan Kota Mekkah”
2.
Membuat 5 pertanyaan terkait keberhasilan dakwah Rasul di
Mekkah dengan substansi dan strategi yang
dilakukan oleh Rasulullah SAW di Mekkah.
3.
Mengumpulkan data-data pendukung dan
4.
Melakukan analisis (Pengolahan Data), selanjutnya membuat
kesimpulan kemudian mempresentasikannya.
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
V. SUMBER
BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI. PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017 NIP.197209102007011019
...................................................................................................................
LKS BAB V
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS SUBSTANSI DAKWAH RASULULLAH
SAW
DI
MEKKAH
Mengamati
Buku PAI KELAS X Halaman 63 - 65
Mengidentifikasi
Substansi Dakwah di Mekah
NO.
|
SUBSTANSI
DAKWAH DI MEKKAH
|
KETERANGAN
|
1.
|
Dalam bidang Tauhid
(Keesaan Allah SWT)
|
Buku PAI Halaman 63
|
Memverifikasi/Evaluasi
Memverifikasi
Hasil identifikasi substansi dakwah pada No. 2 yang didukung oleh data-data
dari berbagai sumber.
Verifikasi
ke .............................................................................................................................
Membuat
Peta Konsep tentang Substansi Dakwah di Mekkah kemudian mempresentasikan
LKS BAB V
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS STRATEGI DAKWAH RASULULLAH SAW
DI MEKKAH
Mengamati Buku PAI KELAS X Halaman
65 - 78
Membuat Peta Konsep tentang Strategi Dakwah di
Mekkah kemudian
Mempresentasikan di depan kelas.
Contoh :
MEMBUAT PETA KONSEP/PETA PEMIKIRAN
……………………………………………………………………….
STRATEGI
DAKWAH
|
UMUM
DIKETAHUI
|
BELUM
DIKETAHUI
|
SEMBUNYI2
|
TERANG2AN
|
LKS BAB V
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KETERKAITAN ANTARA SUBSTANSI DAN
STRATEGI DAKWAH DENGAN KEBERHASILAN DAKWAH RASULULLAH SAW DI MEKKAH
Mengamati Video / Gambar
waktu “Pembebasan Kota Mekkah”
Video : Pembebasan Kota Makkah (Putuh Makkah)
Membuat 5 pertanyaan terkait keberhasilan dakwah Rasul di Mekkah dengan substansi dan strategi yang dilakukan
oleh Rasulullah SAW di Mekkah.
1.
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
2.
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
3.
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
4.
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
5.
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Mengumpulkan
data-data pendukung dan Melakukan analisis
(Pengolahan Data), selanjutnya membuat kesimpulan kemudian mempresentasikannya.
Pengolahan data dan
menyimpulkannya sebagai jawaban untuk pertanyaan ke.…..
No comments:
Post a Comment