RPP PAI SMK KLS X - BAB 6 - TH.2016-2017 - KONTROL DIRI



Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : X / 1
Pertemuan Ke               : 1-4
Alokasi Waktu               : 4 x 45     : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
 A.     KOMPETENSI INTI :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
 B.     KOMPETENSI DASAR
3.1    Menganalisis Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12serta hadis  tentang 
          kontrol diri (mujahadah annafs), prasangka baik    (husnuzzan), 
          dan persaudaraan (ukhuwah).
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan
            makharijul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih
4.1.3 Menyajikan hubunganantara kualitas keimanan dengan kontrol diri
          (mujahadahan-anafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan 
          (ukhuwah) sesuai  dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta 
           hadis terkait.
I.       INDIKATOR
1.      Menganalisis ayat tinjauan dari segi Tazwid dan Kandungan ayat
2.      Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri
3.      Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan prasangka baik.
4.      Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan persaudaraan.

II.      MATERI PEMBELAJARAN
-          QS. Al-Anfal (8) : 72
-          QS. Al-Hujurat/49 : 10
-          QS. Al-Hujurat/49 : 12

III.    PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan            : Scientific ( 5 M )
Model                    : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi



IV.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati QS. AL-ANFAL : 72
2.    Menganalisis ayat di atas dengan cara membuat PETA PEMIKIRAN (PETA KONSEP) tinjauan dari segi Tazwid dan Kandungan ayat, kemudian mempresentasikan di depan kelas. Contoh :

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Bersama siswa membuat kesimpulan pelajaran
b.   Memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
b.   Merencanakan rencana tindak lanjut

15’


KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi

15’


B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati QS. Al Hujurot : 12
2.    Mengidentifikasi Isi Kandungan ayat
3.    Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber terkait Isi Kandungan yang ditemukan tadi.
4.    Memverifikasi Isi Kandungan yang telah ditemukan dengan dukungan data-data dari berbagai sumber :
5.    Mempresentasikan di depan kelas

105


C. Kegiatan Penutup
a.   Bersama siswa membuat kesimpulan pelajaran
b.   Memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
b.   Merencanakan rencana tindak lanjut

15’


KETIGA
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati  QS. Al Hujurot : 10
2.    Membuat pertanyaan dari ayat di atas
3.    Mengumpulkan data-data terkait pertanyaan yang diajukan
4.    Mengolah data (menganalisis data) dan membuat kesimpulan sebagi jawaban dari pertanyaan yang diajukan dilanjutkan dengan mempresentasikan di depan kelas.

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Bersama siswa membuat kesimpulan pelajaran
b.   Memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
b.   Merencanakan rencana tindak lanjut

15’
KEEMPAT
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi

15’


B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 95-96
2.    Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri :
3.    Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan prasangka baik.
4.    Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan persaudaraan.
5.    Mempresentasikan di depan kelas

105


C. Kegiatan Penutup
a.   Bersama siswa membuat kesimpulan pelajaran
b.   Memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
b.   Merencanakan rencana tindak lanjut

15’








V.     SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar

VI.    PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017                                                                      NIP.197209102007011019

...................................................................................................................




LKS BAB VI
PERTEMUAN KE-1
MENITI HIDUP DENGAN KEMULIAAN
(ANALISIS QS. AL  ANFAL : 72 – MUJAHADAH ANNAFS-KONTROL DIRI)


Mengamati QS. AL-ANFAL : 72
¨bÎ) z`ƒÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#rãy_$ydur (#rßyg»y_ur óOÎgÏ9ºuqøBr'Î/ öNÍkŦàÿRr&ur Îû È@Î6y «!$# tûïÏ%©!$#ur (#rur#uä (#ÿrçŽ|ÇtR¨r y7Í´¯»s9'ré& öNåkÝÕ÷èt/ âä!$uÏ9÷rr& <Ù÷èt/ 4 tûïÏ%©!$#ur (#qãZtB#uä öNs9ur (#rãÅ_$pkç $tB /ä3s9 `ÏiB NÍkÉJu»s9ur `ÏiB >äóÓx« 4Ó®Lym (#rãÅ_$pkç 4 ÈbÎ)ur öNä.rçŽ|ÇZoKó$# Îû ÈûïÏd9$# ãNà6øn=yèsù çŽóǨZ9$# žwÎ) 4n?tã ¤Qöqs% öNä3oY÷t/ NæhuZ÷t/ur ×,»sVŠÏiB 3 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎ÅÁt/ ÇÐËÈ  
72. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertoIongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi[624]. dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, Maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, Maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada Perjanjian antara kamu dengan mereka. dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.

3.     Menganalisis ayat di atas dengan cara membuat PETA PEMIKIRAN (PETA KONSEP) tinjauan dari segi Tazwid dan Kandungan ayat, kemudian mempresentasikan di depan kelas. Contoh :

MEMBUAT PETA PEMIKIRAN
………………………………………………………



LKS BAB VI
PERTEMUAN KE-2
MENITI HIDUP DENGAN KEMULIAAN
(ANALISIS QS. AL HUJUROT 12 – HUSNUDZON)


Mengamati QS. Al Hujurot : 12
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qç7Ï^tGô_$# #ZŽÏWx. z`ÏiB Çd`©à9$# žcÎ) uÙ÷èt/ Çd`©à9$# ÒOøOÎ) ( Ÿwur (#qÝ¡¡¡pgrB Ÿwur =tGøótƒ Nä3àÒ÷è­/ $³Ò÷èt/ 4 =Ïtär& óOà2ßtnr& br& Ÿ@à2ù'tƒ zNóss9 ÏmŠÅzr& $\GøŠtB çnqßJçF÷d̍s3sù 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 ¨bÎ) ©!$# Ò>#§qs? ×LìÏm§ ÇÊËÈ  
12. Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.



Mengidentifikasi Isi Kandungan ayat
NO.
ISI KANDUNGAN
KETERANGAN












Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber terkait Isi Kandungan yang ditemukan tadi.

Memverifikasi Isi Kandungan yang telah ditemukan dengan dukungan data-data dari berbagai
sumber :
NO.
ISI KANDUNGAN
VERIFIKASI
KET/SUMBER


























Mempresentasikan di depan kelas


LKS BAB VI
PERTEMUAN KE-3
MENITI HIDUP DENGAN KEMULIAAN
(ANALISIS QS. AL HUJUROT 10 –PERSAUDARAAN)

Mengamati  QS. Al Hujurot : 10
$yJ¯RÎ) tbqãZÏB÷sßJø9$# ×ouq÷zÎ) (#qßsÎ=ô¹r'sù tû÷üt/ ö/ä3÷ƒuqyzr& 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# ÷/ä3ª=yès9 tbqçHxqöè? ÇÊÉÈ  
orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

Membuat pertanyaan dari ayat di atas
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.    Mengumpulkan data-data terkait pertanyaan yang diajukan
6.    Mengolah data (menganalisis data) dan membuat kesimpulan sebagi jawaban dari pertanyaan yang diajukan dilanjutkan dengan mempresentasikan di depan kelas.
Mengolah data untuk pertanyaan ke……
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………


LKS BAB VI
PERTEMUAN KE-4
MENYAJIKAN HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KEIMANAN DENGAN PERSAUDARAAN, KHUSNUDZON DAN MUZAHADAH

1.    Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 95-96
2.    Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri :
No.
PENGENDALIAN DIRI/KONTROL DIRI
VERIFIKASI TERHADAP NILAI KONTROL DIRI
HUBUNGAN DENGAN KUALITAS IMAN
1.
Bersabar tidak membalas ejekan





Bisa dibenarkan sebagai sikap kontrol diri karena…




Kulitas keimanan org tersebut sangat hebat karena …
2.
Memaafkan kesalahan orang lain






3.
Ikhlas terhadap cobaan dengan memperbaiki diri






4.
Menjauhi sikap dengki, iri hati






5.
Mensyukuri nikmat dan tdk merusak lingkungan




Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan prasangka baik.

No.
KHUSNUDZON
VERIFIKASI TERHADAP NILAI-NILAI KHUSNUDZON
HUBUNGAN DENGAN KUALITAS IMAN
1.
Memberikan apresiasi atas prestasi teman








2.
Menghargai pendapat teman yg bertentangan








3.
Memberi sumbangan kpd peminta-minta









4.
Turut serta dalam kegiatan sosial









5.
Mengerjakan tugas yang diberikan kpd kita







Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan persaudaraan.
No.
PERSAUDARAAN
VERIFIKASI TERHADAP NILAI-NILAI PERSAUDARAAN
HUBUNGAN DENGAN KUALITAS IMAN
1.
Menjenguk/membantu teman yang sakit








2.
Mendamaikan teman yg berselisih








3.
Bergaul tanpa memandang suku dll









4.
Menghindari permusuhan, tawuran,dll









5.
Menghargai perbedaan suku, bangsa daan agama







Mempresentasikan di depan kel

No comments:

Post a Comment