Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke :
1-4
Alokasi Waktu :
4 x 45 : 1
Minggu
---------------------------------------------------------------------
A. KOMPETENSI INTI :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta hadis tentang
kontrol diri
(mujahadah annafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah).
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan
makharijul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12
dengan fasih
4.1.3 Menyajikan hubunganantara kualitas keimanan dengan kontrol diri
(mujahadahan-anafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan
(ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta
hadis terkait.
I.
INDIKATOR
1.
Menganalisis ayat tinjauan dari segi
Tazwid dan Kandungan ayat
2.
Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol
diri
3.
Menyajikan hubungan antara kualitas
keimanan dengan prasangka baik.
4.
Menyajikan hubungan antara kualitas
keimanan dengan persaudaraan.
II.
MATERI PEMBELAJARAN
-
QS. Al-Anfal (8) : 72
-
QS. Al-Hujurat/49 : 10
-
QS. Al-Hujurat/49 : 12
III.
PENDEKATAN, MODEL DAN
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem Base Learning,
Project Base Learing
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan
pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati QS. AL-ANFAL : 72
2.
Menganalisis ayat di atas dengan cara
membuat PETA PEMIKIRAN (PETA KONSEP) tinjauan dari segi Tazwid dan Kandungan
ayat, kemudian mempresentasikan di depan kelas. Contoh :
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama siswa membuat kesimpulan
pelajaran
b. Memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
b. Merencanakan rencana tindak lanjut
|
15’
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan
pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi
|
15’
|
|||
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati QS. Al Hujurot : 12
2. Mengidentifikasi Isi Kandungan ayat
3. Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber terkait Isi Kandungan yang
ditemukan tadi.
4. Memverifikasi Isi Kandungan yang telah ditemukan dengan dukungan
data-data dari berbagai sumber :
5. Mempresentasikan di depan kelas
|
105’
|
||||
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama siswa membuat kesimpulan
pelajaran
b. Memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
b. Merencanakan rencana tindak lanjut
|
15’
|
||||
KETIGA
|
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan pertanyaan
ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi
|
15’
|
|||
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati QS. Al
Hujurot : 10
2.
Membuat pertanyaan dari ayat di atas
3.
Mengumpulkan data-data terkait pertanyaan yang diajukan
4.
Mengolah data (menganalisis data) dan membuat kesimpulan
sebagi jawaban dari pertanyaan yang diajukan dilanjutkan dengan
mempresentasikan di depan kelas.
|
105’
|
||||
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama siswa membuat kesimpulan
pelajaran
b. Memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
b. Merencanakan rencana tindak lanjut
|
15’
|
||||
KEEMPAT
|
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan peserta didik ( salam, berdo’a, mengabsen)
- Mengajukan
pertanyaan ttg materi lalu dan kaitannya dg pel. yg akan
- Menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Menyampaikan garis besar materi
|
15’
|
|||
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 95-96
2.
Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol
diri :
3.
Menyajikan hubungan antara
kualitas keimanan dengan prasangka baik.
4.
Menyajikan hubungan antara
kualitas keimanan dengan persaudaraan.
5.
Mempresentasikan di depan kelas
|
105’
|
||||
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama siswa membuat kesimpulan
pelajaran
b. Memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
b. Merencanakan rencana tindak lanjut
|
15’
|
||||
V.
SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI.
PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017 NIP.197209102007011019
...................................................................................................................
LKS BAB VI
PERTEMUAN KE-1
MENITI HIDUP DENGAN KEMULIAAN
(ANALISIS QS. AL
ANFAL : 72 – MUJAHADAH ANNAFS-KONTROL DIRI)
Mengamati QS. AL-ANFAL : 72
¨bÎ) z`Ï%©!$# (#qãZtB#uä (#rãy_$ydur (#rßyg»y_ur óOÎgÏ9ºuqøBr'Î/ öNÍkŦàÿRr&ur Îû È@Î6y «!$# tûïÏ%©!$#ur (#rur#uä (#ÿrç|ÇtR¨r y7Í´¯»s9'ré& öNåkÝÕ÷èt/ âä!$uÏ9÷rr& <Ù÷èt/ 4
tûïÏ%©!$#ur (#qãZtB#uä öNs9ur (#rãÅ_$pkç $tB /ä3s9 `ÏiB NÍkÉJu»s9ur `ÏiB >äóÓx« 4Ó®Lym (#rãÅ_$pkç 4
ÈbÎ)ur öNä.rç|ÇZoKó$# Îû ÈûïÏd9$# ãNà6øn=yèsù çóǨZ9$# wÎ) 4n?tã ¤Qöqs% öNä3oY÷t/ NæhuZ÷t/ur ×,»sVÏiB 3
ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ×ÅÁt/ ÇÐËÈ
72.
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta
dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman
dan pertoIongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu sama lain
lindung-melindungi[624]. dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum
berhijrah, Maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka,
sebelum mereka berhijrah. (akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan
kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, Maka kamu wajib memberikan pertolongan
kecuali terhadap kaum yang telah ada Perjanjian antara kamu dengan mereka. dan
Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.
3. Menganalisis ayat di atas dengan cara membuat PETA PEMIKIRAN
(PETA KONSEP) tinjauan dari segi Tazwid dan Kandungan ayat, kemudian
mempresentasikan di depan kelas. Contoh :
MEMBUAT PETA PEMIKIRAN
………………………………………………………
LKS BAB VI
PERTEMUAN KE-2
MENITI HIDUP DENGAN KEMULIAAN
(ANALISIS QS. AL HUJUROT 12 – HUSNUDZON)
Mengamati QS. Al Hujurot : 12
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qç7Ï^tGô_$# #ZÏWx. z`ÏiB Çd`©à9$# cÎ) uÙ÷èt/ Çd`©à9$# ÒOøOÎ) (
wur (#qÝ¡¡¡pgrB wur =tGøót Nä3àÒ÷è/ $³Ò÷èt/ 4
=Ïtär& óOà2ßtnr& br& @à2ù't zNóss9 ÏmÅzr& $\GøtB çnqßJçF÷dÌs3sù 4
(#qà)¨?$#ur ©!$# 4
¨bÎ) ©!$# Ò>#§qs? ×LìÏm§ ÇÊËÈ
12. Hai orang-orang yang
beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari
purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah
menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan
daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya.
dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha
Penyayang.
Mengidentifikasi Isi Kandungan ayat
NO.
|
ISI KANDUNGAN
|
KETERANGAN
|
Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber
terkait Isi Kandungan yang ditemukan tadi.
Memverifikasi Isi Kandungan yang telah
ditemukan dengan dukungan data-data dari berbagai
sumber :
NO.
|
ISI KANDUNGAN
|
VERIFIKASI
|
KET/SUMBER
|
Mempresentasikan di depan kelas
LKS BAB VI
PERTEMUAN KE-3
MENITI HIDUP DENGAN KEMULIAAN
(ANALISIS QS. AL HUJUROT 10 –PERSAUDARAAN)
Mengamati QS. Al Hujurot : 10
$yJ¯RÎ) tbqãZÏB÷sßJø9$# ×ouq÷zÎ) (#qßsÎ=ô¹r'sù tû÷üt/ ö/ä3÷uqyzr& 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# ÷/ä3ª=yès9 tbqçHxqöè? ÇÊÉÈ
orang-orang beriman itu Sesungguhnya
bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu
itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.
Membuat pertanyaan dari ayat di atas
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.
Mengumpulkan data-data terkait pertanyaan yang diajukan
6.
Mengolah data (menganalisis data) dan membuat kesimpulan
sebagi jawaban dari pertanyaan yang diajukan dilanjutkan dengan
mempresentasikan di depan kelas.
Mengolah data untuk
pertanyaan ke……
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………
LKS BAB VI
PERTEMUAN KE-4
MENYAJIKAN HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KEIMANAN
DENGAN PERSAUDARAAN, KHUSNUDZON DAN MUZAHADAH
1.
Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 95-96
2.
Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol
diri :
No.
|
PENGENDALIAN DIRI/KONTROL
DIRI
|
VERIFIKASI TERHADAP NILAI
KONTROL DIRI
|
HUBUNGAN DENGAN KUALITAS
IMAN
|
1.
|
Bersabar tidak membalas ejekan
|
Bisa dibenarkan sebagai sikap kontrol diri karena…
|
Kulitas keimanan org tersebut sangat hebat karena …
|
2.
|
Memaafkan kesalahan orang lain
|
||
3.
|
Ikhlas terhadap cobaan dengan memperbaiki diri
|
||
4.
|
Menjauhi sikap dengki, iri hati
|
||
5.
|
Mensyukuri nikmat dan tdk merusak lingkungan
|
Menyajikan hubungan antara kualitas
keimanan dengan prasangka baik.
No.
|
KHUSNUDZON
|
VERIFIKASI TERHADAP
NILAI-NILAI KHUSNUDZON
|
HUBUNGAN DENGAN KUALITAS
IMAN
|
1.
|
Memberikan apresiasi atas prestasi teman
|
||
2.
|
Menghargai pendapat teman yg bertentangan
|
||
3.
|
Memberi sumbangan kpd peminta-minta
|
||
4.
|
Turut serta dalam kegiatan sosial
|
||
5.
|
Mengerjakan tugas yang diberikan kpd kita
|
Menyajikan hubungan antara kualitas
keimanan dengan persaudaraan.
No.
|
PERSAUDARAAN
|
VERIFIKASI TERHADAP
NILAI-NILAI PERSAUDARAAN
|
HUBUNGAN DENGAN KUALITAS
IMAN
|
1.
|
Menjenguk/membantu teman yang sakit
|
||
2.
|
Mendamaikan teman yg berselisih
|
||
3.
|
Bergaul tanpa memandang suku dll
|
||
4.
|
Menghindari permusuhan, tawuran,dll
|
||
5.
|
Menghargai perbedaan suku, bangsa daan agama
|
No comments:
Post a Comment