Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke :
1-3
Semester : 1
Alokasi Waktu :
3 x 3JP
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
4.4 Menyajikan hubungan antara beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada.
I.
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi Makna beriman kepada Malaikat dari berbagai
tinjauan
2.
Mengidentifikasi Hikmah beriman kepada Malaikat dari berbagai
tinjauan
3.
Menganalisis Hubungan antara Beriman kepada Malaikat dengan Perilaku
Teliti, Disiplin dan Waspada
II.
MATERI POKOK
1.
Tanda-tanda keimanan kepada Malaikat-malaikat
Allah SWT.
2.
Makna beriman kepada Malaikat-malaikat Allah
SWT.
3.
Hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah
SWT.
4.
Contoh perilaku yang mencerminkan kesadaran
beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
5.
Hubungan antara Beriman
kepada Malaikat dengan Perilaku Teliti, Disiplin dan Waspada
III.
PENDEKATAN, MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base
Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Buku PAI SMK Kelas X Halaman 102-112
2.
Mengidentifikasi Makna beriman kepada Malaikat dari
berbagai tinjauan
3.
Melakukan verifikasi terkait makna iman kepada
malaikat dengan dukungan berbagai
macam data dari berbagai sumber.
4.
Kemudian mempresentasikan di depan kelas.
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 113-114
2.
Mengidentifikasi Hikmah dari Kisah tersebut
3.
Melakukan verifikasi terhadap HIKMAH yang ditemukan (dengan
menggunakan berbagai sumber )
4.
Kemudian Mempeta konsepkan hasil verifikasi dan
5.
mempresentasikan di depan kelas.
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
KETIGA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati Video tentang Iman kepada Malaikat
2.
Membuat pertanyaan tentang Hubungan antara Beriman kepada
Malaikat dengan Perilaku Teliti, Disiplin dan Waspada
3.
Mengumpulkan data-data berkaitan dengan pertanyaan,
4.
Mengolah data dan membuat kesimpulan sebagai jawaban.
5.
Kemudian mempresentasikan di depan kelas.
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
V.
SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI.
PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017 NIP.197209102007011019
...................................................................................................................
LKS BAB VII
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS MAKNA IMAN KEPADA MALAIKAT
Mengamati Buku
PAI SMK Kelas X Halaman 102-112
Mengidentifikasi
Makna beriman kepada Malaikat dari berbagai tinjauan
NO.
|
MAKNA IMAN
PADA MALAIKAT
|
KETERANGAN
|
1.
|
Meyakini bahwa malaikat selalu mengawasi manusia
|
Analisis Buku Halaman
102
|
2.
|
||
5.
Melakukan verifikasi terkait makna iman kepada malaikat dengan dukungan berbagai macam data dari
berbagai sumber. Kemudian mempresentasikan di depan kelas.
Verifikasi makna no.1 “meyakini bahwa malaikat selalu
mengawasi manusia”. Berdasarkan data yang kami dapatkan yaitu Al-Qur’an QS…………………………
bahwa malaikat diberi tugas oleh Allah SWT untuk mengawasi manusia, dan
data lain bahwa malaikat selalu mencatat segala apa yang diperbuat manusia,
maka dapat dikuatkan bahwa “meyakini ……………dst..? adalah benar merupakan makna
dari iman kepada malaikat.
Verifikasi ke ……………………………………………………………………………….…………………………………
LKS BAB VII
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS MAKNA IMAN KEPADA MALAIKAT
Mengamati Buku
PAI SMK Kelas X halaman 113-114
Mengidentifikasi
Hikmah dari Kisah tersebut
NO.
|
HIKMAH
|
KETERANGAN
|
1.
|
................
|
Artikel alinea ke…….
|
2.
|
||
Melakukan verifikasi
terhadap HIKMAH yang ditemukan (dengan menggunakan berbagai sumber )
Kemujdian Mempeta konsepkan hasil
verifikasi dan mempresentasikan di depan kelas.
Verifikasi ke ……………………………………………………………………………….…………………………………
LKS BAB VII
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN HUBUNGAN ANTARA BERIMAN KEPADA
MALAIKAT DENGAN PERILAKU TELITI, DISIPLIN DAN WASPADA
Mengamati Video
tentang Iman kepada Malaikat
Membuat
pertanyaan tentang Hubungan antara Beriman kepada Malaikat dengan Perilaku
Teliti, Disiplin dan Waspada
NO.
|
PERTANYAAN
TENTANG :
|
||
PERILAKU
TELITI
|
PERILAKU
DISIPLIN
|
PERILAKU
WASPADA
|
|
1.
|
Mengapa dalam hal
mengimani kepada para malaikat terdapat hubungan atau kaitan dengan perilaku
teliti?
|
Mengumpulkan data-data
berkaitan dengan pertanyaan, mengolah data dan membuat kesimpulan sebagai
jawaban. Kemudian mempresentasikan di depan kelas.
Mengolah data …………………………………………………………………….…………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
No comments:
Post a Comment