RPP PAI SMK KLS X - BAB 7 - TH.2016-2017 - BERIMAN KEPADA MALAIKAT




Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian          :
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : X / 1
Pertemuan Ke               : 1-3
Semester                      : 1
Alokasi Waktu               : 3 x 3JP
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti                         :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar                     :
3.4    Menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
4.4    Menyajikan hubungan antara beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
            dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada.


I.    INDIKATOR
1.    Mengidentifikasi Makna beriman kepada Malaikat dari berbagai tinjauan
2.    Mengidentifikasi Hikmah beriman kepada Malaikat dari berbagai tinjauan
3.    Menganalisis Hubungan antara Beriman kepada Malaikat dengan Perilaku Teliti, Disiplin dan Waspada

II.  MATERI POKOK
1.    Tanda-tanda keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
2.    Makna beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
3.    Hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
4.    Contoh perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
5.    Hubungan antara Beriman kepada Malaikat dengan Perilaku Teliti, Disiplin dan Waspada
 III. PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan  : Scientific ( 5 M )
Model          : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi


IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Buku PAI SMK Kelas  X Halaman 102-112
2.    Mengidentifikasi Makna beriman kepada Malaikat dari berbagai tinjauan
3.    Melakukan verifikasi terkait makna iman kepada malaikat  dengan dukungan berbagai macam data dari berbagai sumber.
4.    Kemudian mempresentasikan di depan kelas.

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
15’
KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 113-114
2.    Mengidentifikasi Hikmah dari Kisah tersebut
3.    Melakukan verifikasi terhadap HIKMAH yang ditemukan (dengan menggunakan berbagai sumber )
4.    Kemudian Mempeta konsepkan hasil verifikasi dan
5.    mempresentasikan di depan kelas.

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
15’

KETIGA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati Video tentang Iman kepada Malaikat
2.    Membuat pertanyaan tentang Hubungan antara Beriman kepada Malaikat dengan Perilaku Teliti, Disiplin dan Waspada
3.    Mengumpulkan data-data berkaitan dengan pertanyaan,
4.    Mengolah data dan membuat kesimpulan sebagai jawaban.
5.    Kemudian mempresentasikan di depan kelas.

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
15’
V.  SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar

VI. PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI
NIP.196002121986031017                                                                      NIP.197209102007011019

...................................................................................................................


LKS BAB VII
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS MAKNA IMAN KEPADA MALAIKAT

Mengamati Buku PAI SMK Kelas  X Halaman 102-112
Mengidentifikasi Makna beriman kepada Malaikat dari berbagai tinjauan
NO.
MAKNA IMAN PADA MALAIKAT
KETERANGAN

1.

Meyakini  bahwa malaikat selalu mengawasi manusia


Analisis Buku Halaman 102
2.


























5.    Melakukan verifikasi terkait makna iman kepada malaikat  dengan dukungan berbagai macam data dari berbagai sumber. Kemudian mempresentasikan di depan kelas.
Verifikasi  makna no.1 “meyakini bahwa malaikat selalu mengawasi manusia”. Berdasarkan data yang kami dapatkan yaitu Al-Qur’an  QS…………………………  bahwa malaikat diberi tugas oleh Allah SWT untuk mengawasi manusia, dan data lain bahwa malaikat selalu mencatat segala apa yang diperbuat manusia, maka dapat dikuatkan bahwa “meyakini ……………dst..? adalah benar merupakan makna dari iman kepada malaikat.

Verifikasi ke ……………………………………………………………………………….…………………………………


LKS BAB VII
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS MAKNA IMAN KEPADA MALAIKAT

Mengamati Buku PAI SMK Kelas X halaman 113-114
Mengidentifikasi Hikmah dari Kisah tersebut
NO.
HIKMAH
KETERANGAN

1.

................


Artikel alinea ke…….
2.










Melakukan verifikasi terhadap HIKMAH yang ditemukan (dengan menggunakan berbagai sumber )
Kemujdian Mempeta konsepkan hasil verifikasi dan mempresentasikan di depan kelas.

Verifikasi ke ……………………………………………………………………………….…………………………………


LKS BAB VII
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN HUBUNGAN ANTARA BERIMAN KEPADA MALAIKAT DENGAN PERILAKU TELITI, DISIPLIN DAN WASPADA

Mengamati Video tentang Iman kepada Malaikat

Membuat pertanyaan tentang Hubungan antara Beriman kepada Malaikat dengan Perilaku Teliti, Disiplin dan Waspada

NO.
PERTANYAAN TENTANG :

PERILAKU TELITI
PERILAKU DISIPLIN
PERILAKU WASPADA
1.
Mengapa dalam hal mengimani kepada para malaikat terdapat hubungan atau kaitan dengan perilaku teliti?











Mengumpulkan data-data berkaitan dengan pertanyaan, mengolah data dan membuat kesimpulan sebagai jawaban. Kemudian mempresentasikan di depan kelas.
Mengolah data …………………………………………………………………….…………………………………………………………….
      ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

No comments:

Post a Comment