LEMBAR KERJA SISWA (LKS) - PAI - KELAS XI - KURIKULUM 2013



BAB I
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI
MAKNA IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT
KOMPETENSI DASAR :
3.3    Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.3    Menyajikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt,
          dengan perilaku sehari-hari.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.  Mengamati Bagan berikut ini. Buku PAI Kelas XI SMK Halaman 1
2. Mengidentifikasi  MAKNA Iman kepada kitab-kitab Allah swt
No.
KITAB-KITAB ALLAH SWT
MAKNA IMAN
1.
Taurat
1.   Meyakini keberadaan kitab taurat
2.   ……………………………
3.    
2.
Zabur





3.
Injil



4.
Al-Qur’an






3. Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber terkait MAKNA yang ditemukan untuk melakukan verifikasi terhadap makna yang ditemukan tadi. Misalnya : Sumber 1 dari QS. ……… ; Sumber 2 : Hadits Rasulullah saw “; Sumber 3 : Buku PAI Kelas XI ; dan Sumber 4 dari www.anangsaepudin.com  : “………..………..”             
    
4. Melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap makna yang ditemukan tadi.
    Tahapan ini akan membuktikan bahwa makna yang ditemukan tidak keliru karena di dukung oleh data-data dari berbagai sumber tadi.
     Contoh : Verifikasi Makna ke-1 :  “Dari hasil pengamatan tadi  telah diidentifikasi makna Iman kepada kitab Allah swt yaitu meyakini keberadaan kitab tersbut…”. Makna ini diambil dan di dukung oleh  data-data sebagai berikut :
1.    QS. Al-Zalzalah 1-8 dimana didalamnya dijelaskan bahwa ………dst
2.    Hadits Rasulullah Saw ”……………………………..”
3.    Buku PAI Kelas XII”……………………..”
4.    dst

 Verifikasi Ke………………………………………………………………………………………………
   
 PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS MAKNA IMAN KEPADA KITAB-KITAB
ALLAH SWT
KOMPETENSI DASAR :
3.3    Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.3    Menyajikan keterkaitan antaraberiman kepada kitab-kitab suci Allah Swt,
          dengan perilaku sehari-hari.
KEGIATAN INTI  PEMBELAJARAN :
1.   Mengamati buku PAI Halaman 4 … “Mengkritisi Sekitar Kita”
2.  Mengkritisi perilaku berikut ini, kemudian memberikan tanggapan dari beberapa sudut pandang (contoh dari sisi agama, sosial, budaya, dsb), dengan menyertakan alasan-alasan serta data-data yang memperkuat.
a). Pada bulan suci ramadhan, hampir diseluruh masjid dan mushala terdengar suara lantunan al-Qur’an, tidak terkecuali di rumah-rumah orang Islam. Sungguh pengalaman yang menakjubkan. Akan tetapi, setelah selesai Ramadhan, selesai pula tradisi tersebut. Mengapa, ya ? padahal Rasulullah Saw menegaskan bahwa “sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar al-Qur’an dan mengamalkannya”.
b). Dalam kehidupan sehari-hari masih kita rasakan banyaknya problem
       kehidupan yang sulit diatasi. Berbagai macam penyakit timbul seolah-olah tanpa diketahui cara pengobatannya. Bencana yang terjadi tidak disangka-sangka, tawuran antarwarga, tawuran antarpelajar, dll. Semua ini merupakan dampak perilaku manusia yang sudah meninggalkan al-Qur’an.
c). Perlu disadari, bahwa membaca dan mempelajari al-Qur’an akan meminimalisir kegelisahan batin, bahkan gangguan jiwa yang erat kaitannya dengan penyakit jasmani. Memperbanyak membaca dan mempelajari al-Qur’an akan meningkatkan kewaspadaan diri dan termotivasi untuk selalu taat kepada Allah SWT dan Rasul-rasulnya. Dengan banyak mengkaji dan mengamalkan isi al-Qur’an kehidupan akan menjadi aman, tenteram, damai, sejahtera, selamat dunia dan akhirat serta mendapat ridha Allah SWT. Betulkah demikian adanya ?
3.  Mempresentasikan di depan kelas

Mengkritisi Perilaku ke……………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
  ……………………………………………………………………………………………………………...
BAB I
PERTEMUAN KE-3

MENYAJIKAN KETERKAITAN IMAN KPD KITAB DENGAN PERILAKU SEHARI-HARI

KOMPETENSI DASAR :
3.3    Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.3    Menyajikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt,
          dengan perilaku sehari-hari.
KEGIATAN INTI  PEMBELAJARAN :
1.  Mengamati buku PAI Halaman 13 tentang Menerapkan perilaku mulia.
2. Setelah mengamati buku PAI halaman 13 , VERIFIKASILAH TABEL keterkaitan antara BERIMAN  KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT dengan PERILAKU SEHARI-HARI DI BAWAH INI !

No.
KAITAN BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB  DENGAN PERILAKU SEHARI-HARI

VERIFIKASI KETERKAITAN
1
Meyakini bahwa kitab-kitab suci sebelum al-Qur’an datang dari Allah swt, tetapi akhirnya tidak murni lagi sebab dicampuradukan dengan ide-ide manusia di zamannya
Belum ada keterkaitan antara iman pd kitab dengan perilaku sehari-hari, seharusnya ditambah dengan riil perilakunya. Misalnya …………….
2
Al-Qur’an sudah dijaga kemurniannya oleh Allah Swt sampai sekarang. Umat Islam juga sebagai penjaganya. Menjaga kemurnian al-Qur’an adalah tugas kita sebagai muslim. Salah satu cara menjaga al-Qur’an adalah dengan berusaha menghormati, memuliakan dan menjunjung tinggi al-Qur’an

3
Menjadikan al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup, dan tidak sekali-kali berpedoman kepada selain al-Qur’an.

4
Berusaha untuk membaca al-Qur’an dalam segala kesempatan dikala suka maupun duka, kemudian belajar memahami arti dan isinya.

5
Berusaha untuk mengamalkan isi Al-Qur’an di dalam kehidupan sehari-hari, baik di waktu sempit maupun di waktu lapang.

3.  Membuat Peta Pemikiran Keterkaitan iman pd kitab dengan perilaku sehari-hari 
4.  Melakukan konfirmasi baik dengan guru atau teman diskusi.
5.  Presentasi di depan kelas
BAB II
PERTEMUAN KE-1

MENGANALISIS MANFAAT KEJUJURAN

KOMPETENSI DASAR :
3.6        Menganalisismanfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
  4.6        Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-    
                Hari dengan keimanan
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati artikel di Buku halaman 20 - 27
    Contoh mengamati halaman 23  : yaitu :
    QS. At-Taubah 119 :
$pkšr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qà)®?$# ©!$# (#qçRqä.ur yìtB šúüÏ%Ï»¢Á9$# ÇÊÊÒÈ  
119. Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.
2. Mengidentifikasi  manfaat-manfaat Kejujuran !
No.
MANFAAT KEJUJURAN
KETERANGAN
1
-   Digolongkan kepada orang beriman dan bertakwa

-    


Buku halaman 23
QS. At Taubah : 119
2





3





4





5





3. Kumpulkan data-data berkaitan dengan hasil identifikasi tersebut !  Lakukan Pembuktian / Verifikasi !
Contoh : Setelah diadakan pengamatan terhadap ayat di atas maka dapat diambil salah satu manfaat kejujuran yaitu :“Akan digolongkan kepada orang beriman dan orang yang bertakwa”. Hal ini dapat di benarkan karena ……………
(alasan diambil dari data-data yang dikumpulkan)
Verifikasi ke …………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
BAB II
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KAITAN PERILAKU JUJUR DENGAN KEIMANAN
KOMPETENSI DASAR :
3.6        Menganalisis manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
  4.6        Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-    
                Hari dengan keimanan
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati Buku Halaman 28 : Menerapkan Perilaku Mulia
2. Mengevaluasi penerapan perilaku jujur pada halaman 28 di atas, apakah ke-3 point tersebut benar-benar merupakan Penerapan Perilaku Jujur ? Berikan alasan dengan di dukung data-data yang ada.
NO
PERILAKU JUJUR (PADA BUKU HALAMAN 28)
VERIFIKASI
KETERKAITAN
1.
Di sekolah : meluruskan niat menuntut ilmu, mengerjakan tugas-tugas tdk menyontek, piket, mentaati peraturan,bicara baik pd guru, dan teman.







2.
Di rumah : meluruskan niat untuk berbakti pd orang tua, memberi tahu hal benar, tidak menutupi atau melebihkan sesuatu  agar ort senang.









3
Di masyarakat : meluruskan niat membangun lingkungan yg baik, tenang dan tenteram tdk mengarang cerita bohong,  gosip, melaksanakan amanat








4.    Mempresentasikan di depan kelas
BAB III
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS PENYELENGGARAAN JENAZAH
KOMPETENSI DASAR :
3.7    Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
4.7    Menyajikan prosedur penyelenggaraan jenazah.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.    Mengamati Buku PAI KELAS X Halaman 37 “Mengkritisi Sekitar Kita”
2.    Mengkritisi peristiwa di atas dari beberapa sudut pandang (sudut agama, social)
Kemudian Mempresentasikan di depan kelas
Mengkritisi artikel di atas (Buku Halaman 37)
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB III
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN JENAZAH
KOMPETENSI DASAR :
3.7    Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
4.7    Menyajikan prosedur penyelenggaraan jenazah.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.         Mengamati Buku PAI KELAS X Halaman 38-40 tentang Perawatan jenazah, memandikan jenazah dan mengkafani jenazah
2.         Mencari data (dasar hukum) atau dalil Qur’an dan Hadits untuk ketiga kegiatan perawatan jenazah tersebut.
NO.
NAMA KEGIATAN
DATA-DATA ( DALIL-DALIL ) DARI AL-QUR’AN, HADITS DAN PENDAPAT-PENDAPAT
1.
Perawatan Jenazah (sebelum meninggal dunia)










2.
Memandikan jenazah













3.
Mengkafani Jenazah











3.         Membuat Peta Pemikiran DAN Mempresentasikan di depan kelas
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

BAB III
PERTEMUAN KE-3
MENGANALISIS PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN JENAZAH
KOMPETENSI DASAR :
3.7    Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
4.7    Menyajikan prosedur penyelenggaraan jenazah.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.         Mengamati Buku PAI KELAS X Halaman 40 - 43 tentang menshalati jenazah dan menguburnya.
2.         Mencari data (dasar hukum) atau dalil Qur’an dan Hadits untuk ketiga kegiatan perawatan jenazah tersebut.
NO.
NAMA KEGIATAN
DATA-DATA ( DALIL-DALIL ) DARI AL-QUR’AN, HADITS DAN PENDAPAT-PENDAPAT
1.
Menshalati jenazah










2.
Mengubur jenazah













3.
Ta’ziyah dan Ziarah Kubur














3.       Membuat Peta Pemikiran DAN Mempresentasikan di depan kelas
 …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
 …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
   ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB IV
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS PELAKSANAAN KHUTBAH, TABLIGH DAN DAKWAH
KOMPETENSI DASAR :
3.8    Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah.
4.8    Menyajikan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati  Buku PAI SMK Kelas X Halaman 55 “Mengkritisi Sekitar Kita”
2.  Menanggapi tiga perilaku masyarakat di atas disertai alasan-alasan dan data-data yang ada.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB IV
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KETENTUAN KHUTBAH, TABLIGH DAN DAKWAH
KOMPETENSI DASAR :
3.8    Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah.
4.8    Menyajikan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati Buku PAI KELAS XI Halaman 60-62
2. Mendesain Perencanaan proyek “PEMBUATAN NASKAH KHUTBAH JUM’AT”
3. Menyusun jadwal proyek

NO.

JENIS KEGIATAN

WAKTU


TEMPAT
1.
Menentukan Proyek (JUDUL)


2.
Mengumpulkan data-data berkaitan proyek
a.     Data tentang produk
b.     Data tentang isi (berkaitan dengan KI/KD)


3.
Menyusun Langkah-langkah proses pembuatan


3.
Membuat laporan


4.
Mempresentasikan


5.
Evaluasi



4.  Mengumpulkan data-data terkait proyek yang akan dikerjakan
5.  Melaksanakan proyek Pembuatan Naskah Khutbah Jum’at   kemudian  Presentasi di depan kelas
KHUTBAH JUM’AT  :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB V
PERTEMUAN KE-1
PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM MASA KEJAYAAN
KOMPETENSI DASAR :
3.10  Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
4.10  Menyajikan kaitan antara perkembangan peradaban Islam pada masa keja     
        Yaan dengan prinsip-prinsip yang mempengaruhinya.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.      Mengamati  Buku PAI Kelas XI Halaman 70 -78
2.      Mempeta Konsepkan Buku PAI Kelas XI Halaman 70 -78 tentang “PERADABAN ISLAM PADA MASA KEJAYAAN”. Kemudian mempresentasikan di depan kelas.
Contoh  sbb :
  
MEMBUAT PETA PEMIKIRAN/PETA KONSEP
…………………………………………………………………………………………





























BAB V
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KAITAN ANTARA PERKEMBANGAN MASA KEJAYAAN DENGAN PRINSIP YG MEMPENGARUHINYA
KOMPETENSI DASAR :
3.10  Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
4.10  Menyajikan kaitan antara perkembangan peradaban Islam pada masa keja     
        Yaan dengan prinsip-prinsip yang mempengaruhinya.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.    Mengamati BUKU PAI Kels XI halaman 72 - 74
2.    Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong Kemajuan Peradaban Islam
NO.
PERKEMBANGAN  MASA KEJAYAAN
FAKTOR PENDORONG
KETERKAITAN
1.







2.





3.





dst





3.    Mengumpulkan data-data terkait hal-hal yang ditemukan, misalnya : dari Al-Qur’an, Hadits, Buku PAI dan dari Internet.
4.    Memverifikasi dan mengevaluasi dengan bantuan data-data dan memberikan solusi terkait permasalahan yang ditemukan.
Verifikasi ke………………
     …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
     …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
     …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
     …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
     …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
     …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB VI
PERTEMUAN KE-1
TA’AT ATURAN
KOMPETENSI DASAR :
  3.1    Menganalisismakna Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-
          Taubah/9 : 105, serta hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam 
          kebaikan, dan etos kerja.
4.1.1 Membaca  Q.S.  Al-Maidah/5  105 sesuai dengan kaidah tajwid dan 
          makharijulhuruf.:  48;  Q.S.  An-Nisa/4:  59,  dan  Q.S.  At-taubah 122
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa59, dan 
          Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan fasih dan lancar.
4.1.3  Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan 
           Dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan
             Q.S. Al-Maidah/5 :48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9: 105.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.    Mengamati  Buku PAI Kelas XI Halaman 86  “Mengkritisi Sekitar Kita”
2.    Mengkritisi Bahan Kajian (gambar) terkait “Taat Aturan”
DATA YG DIAMATI
PERMASLAHAN DAN TANGGAPAN

TATA TERTIB
(Buku halaman 86)
1.     Sejauh mana kamu mengetahui tata tertib di sekolahmu?






2.     Apa relevansinya antara aturan yg dibuat dengan kondisi di lapangan?






3.     Bagaimana dampak yang terjadi apabila aturan itu tidak dilaksanakan ?








4.    Bagaimana dampak yang terjadi apabila aturan itu di taati






Mempresentasikan di depan kelas.

DATA YG DIAMATI
PERMASLAHAN DAN TANGGAPAN
GAMBAR YG SEDANG SEPAK BOLA
(Buku halaman 86)
1.    Apa yang kamu pahami dari gambar disamping ?






2.     Apa yang harus dilakukan agar kesebelasannyaa unggul dalam kompetisi ?






3.     Mengapa dalam berkompetisi diperlukan kolaborasi ?







DATA YG DIAMATI
PERMASLAHAN DAN TANGGAPAN
GAMBAR MENANAM PADI (Buku halaman 86)
1.       Apa yang kamu simpulkan dari gambar di samping ini?






2.       Apakah Pa Tani bekerja hanya dengan menggunakan otot tanpa memakai otak? Mengapa ?







3.       Apa hubungannya antara kerja keras dan kerja cerdas?







Mempresentasikan di depan kelas.

PERTEMUAN KE-2
Mengkritisi Bahan Kajian (Buku PAI Halaman 87  tentang “Taat Aturan”
PERILAKU SOSIAL :
Akhir-akhir ini sering kita saksikan melalui media, tentang banyaknya peelanggaran terhadap norma-norma agama, seperti pencuri, penipuan, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya. Pelkunya merasa tidak berdosa dan tidak ada beban sama sekali. Bahkan, dilaporkan seorang anak tega membunuh ibu kandungnya sendiri lantaran persoalan sepele, yaitu tidak diberi uang jajan pada saat mau berangkat sekolah.
Tanggapan Anda :
dari berbagai sudut pandang (dari sisi agama, sosial, budaya, dll)
Tanggapan saya………………………………………………………..






PERILAKU SOSIAL :
Sejak dulu dalam dunia pendidikan sudah ada ujian. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pendidikan di negeri ini. Ironisnya setiap kegiatan ujian nasional berlangsung, terjadi perilaku negative, seperti bocornya soal, saling menyontek dan tipu daya lainnya yang menjadikan kualitas pendidikan menjadi dipertanyakan. Semangat untuk berkompetensi sudah musnah, yang ada adalah saling berkompetensi dalam hal kejahatan atau keburukan. Semangat untuk mendapatkan yang terbaik tidak pernah tertanam.
Tanggapan Anda :
dari berbagai sudut pandang (dari sisi agama, sosial, budaya, dll)
Tanggapan saya………………………………………………………..












PERILAKU SOSIAL :

Banyak peminta-minta di jalan, ada yang dengan membawa bayi di gendongannya, ada yang pura-puraa tangannya diikat, kakinya diikat sehingga dikira ia cacat, dan berbagai modus lain untuk mengelabui orang lain agar merasa iba lalu memberi selembar uang rupiah sebagai tanda simpati. Perilaku ini sudah meresahkan pengguna jalan, sampai-sampai salah seorang kepala daerah membuat kebijakan “dilarang keras memberi sumbangan kepada peminta-minta di jalan”
Tanggapan Anda :
dari berbagai sudut pandang (dari sisi agama, sosial, budaya, dll)
Tanggapan saya………………………………………………………..




BAB VI
PERTEMUAN KE-3
KOMPETISI DALAM KEBAIKAN
KOMPETENSI DASAR :
  3.1    Menganalisismakna Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At- Taubah/9 : 105, 
            serta hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam  kebaikan, dan etos kerja.
4.1.1 Membaca  Q.S.  Al-Maidah/5  105 sesuai dengan kaidah tajwid dan   makharijulhuruf.:  48;  
Q.S.  An-Nisa/4:  59,  dan  Q.S.  At-taubah 122
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa59, dan  Q.S. At-Taubah/9: 105 
4.1.3  Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan Dengan kepatuhan 
           terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. Al-Maidah/5 :48; Q.S. An-Nisa/4: 59
             dan Q.S. At-Taubah/9: 105.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.      Mengamati  QS. Al Maidah : 48 (Buku PAI Kelas XI halaman 95)
48. dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, Yaitu Kitab-Kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian[421] terhadap Kitab-Kitab yang lain itu; Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. untuk tiap-tiap umat diantara kamu[422], Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, Maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,
2.    Membuat peta pemikiran berdasarkan QS. Al maidah ayat 48 dengan JUDUL “KOMPETISI DALAM KEBAIKAN” kemudian Mempresentasikan di depan kelas.
MEMBUAT PETA PEMIKIRAN (PETA KONSEP)
………………………………………………………………

 
BAB VI
PERTEMUAN KE-3
ETOS KERJA
KOMPETENSI DASAR :
  3.1    Menganalisismakna Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-
          Taubah/9 : 105, serta hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam 
          kebaikan, dan etos kerja.
4.1.1 Membaca  Q.S.  Al-Maidah/5  105 sesuai dengan kaidah tajwid dan 
          makharijulhuruf.:  48;  Q.S.  An-Nisa/4:  59,  dan  Q.S.  At-taubah 122
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa59, dan 
          Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan fasih dan lancar.
4.1.3  Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan 
           Dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan
             Q.S. Al-Maidah/5 :48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9: 105.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.      Mengamati  Hadits Rasulullah Saw - Buku PAI halaman 101

2.       Membuat keterkaitan antara Makna Hadits Nabi Saw  tentang ETOS KERJA di atas dengan makna yang ada pada gambar tersebut !


KETERKAITAN ANTARA MAKNA GB & MAKNA HADITS
 Gb : Peminta-minta

 Gb. Sedang menghayal


















3.       Mempresentasikan di depan kelas.

5 comments: