PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS
DAN MENGEVALUASI
MAKNA
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT
KOMPETENSI
DASAR :
3.3 Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.3 Menyajikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt,
dengan perilaku sehari-hari.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati Bagan berikut ini.
Buku PAI Kelas XI SMK Halaman 1
2. Mengidentifikasi MAKNA Iman
kepada kitab-kitab Allah swt
No.
|
KITAB-KITAB
ALLAH SWT
|
MAKNA IMAN
|
1.
|
Taurat
|
1.
Meyakini keberadaan
kitab taurat
2.
……………………………
3.
|
2.
|
Zabur
|
|
3.
|
Injil
|
|
4.
|
Al-Qur’an
|
3. Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber terkait MAKNA
yang ditemukan untuk melakukan verifikasi terhadap makna yang ditemukan tadi.
Misalnya : Sumber 1 dari QS. ……… ; Sumber 2 : Hadits Rasulullah saw “; Sumber 3
: Buku PAI Kelas XI ; dan Sumber 4 dari www.anangsaepudin.com : “………..………..”
4. Melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap makna yang
ditemukan tadi.
Tahapan ini akan
membuktikan bahwa makna yang ditemukan tidak keliru karena di dukung oleh
data-data dari berbagai sumber tadi.
Contoh : Verifikasi Makna ke-1 : “Dari hasil pengamatan tadi telah diidentifikasi makna Iman kepada kitab
Allah swt yaitu meyakini keberadaan kitab tersbut…”. Makna ini diambil dan di
dukung oleh data-data sebagai berikut :
1.
QS. Al-Zalzalah 1-8 dimana didalamnya
dijelaskan bahwa ………dst
2.
Hadits Rasulullah Saw ”……………………………..”
3.
Buku PAI Kelas XII”……………………..”
4.
dst
Verifikasi Ke………………………………………………………………………………………………
PERTEMUAN
KE-2
MENGANALISIS MAKNA IMAN KEPADA KITAB-KITAB
ALLAH SWT
KOMPETENSI
DASAR :
3.3 Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.3 Menyajikan keterkaitan antaraberiman kepada kitab-kitab suci Allah Swt,
dengan perilaku sehari-hari.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati buku PAI Halaman 4 … “Mengkritisi
Sekitar Kita”
2. Mengkritisi perilaku berikut ini, kemudian
memberikan tanggapan dari beberapa sudut pandang (contoh dari sisi agama,
sosial, budaya, dsb), dengan menyertakan alasan-alasan serta data-data yang
memperkuat.
a).
Pada bulan suci ramadhan, hampir diseluruh masjid dan mushala terdengar suara
lantunan al-Qur’an, tidak terkecuali di rumah-rumah orang Islam. Sungguh pengalaman
yang menakjubkan. Akan tetapi, setelah selesai Ramadhan, selesai pula tradisi
tersebut. Mengapa, ya ? padahal Rasulullah Saw menegaskan bahwa “sebaik-baik
kamu adalah orang yang belajar al-Qur’an dan mengamalkannya”.
b).
Dalam kehidupan sehari-hari masih kita rasakan banyaknya problem
kehidupan yang sulit diatasi. Berbagai
macam penyakit timbul seolah-olah tanpa diketahui cara pengobatannya. Bencana
yang terjadi tidak disangka-sangka, tawuran antarwarga, tawuran antarpelajar,
dll. Semua ini merupakan dampak perilaku manusia yang sudah meninggalkan
al-Qur’an.
c).
Perlu disadari, bahwa membaca dan mempelajari al-Qur’an akan meminimalisir
kegelisahan batin, bahkan gangguan jiwa yang erat kaitannya dengan penyakit
jasmani. Memperbanyak membaca dan mempelajari al-Qur’an akan meningkatkan
kewaspadaan diri dan termotivasi untuk selalu taat kepada Allah SWT dan
Rasul-rasulnya. Dengan banyak mengkaji dan mengamalkan isi al-Qur’an kehidupan
akan menjadi aman, tenteram, damai, sejahtera, selamat dunia dan akhirat serta
mendapat ridha Allah SWT. Betulkah demikian adanya ?
3. Mempresentasikan
di depan kelas
Mengkritisi Perilaku ke……………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………...
BAB I
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KETERKAITAN IMAN KPD KITAB DENGAN PERILAKU SEHARI-HARI
KOMPETENSI
DASAR :
3.3 Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.3 Menyajikan keterkaitan antara
beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt,
dengan perilaku sehari-hari.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati buku PAI Halaman 13 tentang
Menerapkan perilaku mulia.
2.
Setelah mengamati buku PAI halaman 13 , VERIFIKASILAH TABEL keterkaitan antara
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT
dengan PERILAKU SEHARI-HARI DI BAWAH INI !
No.
|
KAITAN BERIMAN KEPADA
KITAB-KITAB DENGAN PERILAKU
SEHARI-HARI
|
VERIFIKASI
KETERKAITAN
|
1
|
Meyakini
bahwa kitab-kitab suci sebelum al-Qur’an datang dari Allah swt, tetapi
akhirnya tidak murni lagi sebab dicampuradukan dengan ide-ide manusia di
zamannya
|
Belum ada keterkaitan antara iman pd kitab dengan perilaku sehari-hari,
seharusnya ditambah dengan riil perilakunya. Misalnya …………….
|
2
|
Al-Qur’an
sudah dijaga kemurniannya oleh Allah Swt sampai sekarang. Umat Islam juga
sebagai penjaganya. Menjaga kemurnian al-Qur’an adalah tugas kita sebagai
muslim. Salah satu cara menjaga al-Qur’an adalah dengan berusaha menghormati,
memuliakan dan menjunjung tinggi al-Qur’an
|
|
3
|
Menjadikan
al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup, dan tidak sekali-kali
berpedoman kepada selain al-Qur’an.
|
|
4
|
Berusaha
untuk membaca al-Qur’an dalam segala kesempatan dikala suka maupun duka,
kemudian belajar memahami arti dan isinya.
|
|
5
|
Berusaha
untuk mengamalkan isi Al-Qur’an di dalam kehidupan sehari-hari, baik di waktu
sempit maupun di waktu lapang.
|
3.
Membuat Peta Pemikiran Keterkaitan iman pd kitab dengan perilaku
sehari-hari
4.
Melakukan konfirmasi baik dengan guru atau teman diskusi.
5. Presentasi di depan kelas
BAB II
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS MANFAAT KEJUJURAN
KOMPETENSI
DASAR :
3.6 Menganalisismanfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
4.6
Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-
Hari dengan keimanan
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati
artikel di Buku halaman 20 - 27
Contoh mengamati halaman 23 : yaitu :
QS. At-Taubah 119 :
$pkr'¯»t úïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qà)®?$# ©!$# (#qçRqä.ur yìtB úüÏ%Ï»¢Á9$# ÇÊÊÒÈ
119. Hai orang-orang
yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang
yang benar.
2. Mengidentifikasi
manfaat-manfaat Kejujuran !
No.
|
MANFAAT KEJUJURAN
|
KETERANGAN
|
1
|
- Digolongkan kepada orang beriman dan bertakwa
-
|
Buku halaman 23
QS. At Taubah : 119
|
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
3. Kumpulkan
data-data berkaitan dengan hasil identifikasi tersebut ! Lakukan Pembuktian / Verifikasi !
Contoh
: Setelah diadakan pengamatan terhadap ayat di atas maka dapat diambil salah
satu manfaat kejujuran yaitu :“Akan digolongkan kepada orang beriman dan orang
yang bertakwa”. Hal ini dapat di benarkan karena ……………
(alasan
diambil dari data-data yang dikumpulkan)
Verifikasi ke
…………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
BAB II
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN
KAITAN PERILAKU JUJUR DENGAN KEIMANAN
KOMPETENSI
DASAR :
3.6 Menganalisis
manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
4.6
Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-
Hari dengan keimanan
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati Buku
Halaman 28 : Menerapkan Perilaku Mulia
2. Mengevaluasi penerapan perilaku jujur pada halaman 28 di atas, apakah
ke-3 point tersebut benar-benar merupakan Penerapan Perilaku Jujur ? Berikan
alasan dengan di dukung data-data yang ada.
NO
|
PERILAKU
JUJUR (PADA BUKU HALAMAN 28)
|
VERIFIKASI
|
KETERKAITAN
|
1.
|
Di
sekolah : meluruskan niat menuntut ilmu, mengerjakan tugas-tugas tdk
menyontek, piket, mentaati peraturan,bicara baik pd guru, dan teman.
|
||
2.
|
Di
rumah : meluruskan niat untuk berbakti pd orang tua, memberi tahu hal benar,
tidak menutupi atau melebihkan sesuatu
agar ort senang.
|
||
3
|
Di
masyarakat : meluruskan niat membangun lingkungan yg baik, tenang dan
tenteram tdk mengarang cerita bohong,
gosip, melaksanakan amanat
|
4. Mempresentasikan di depan
kelas
BAB III
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS PENYELENGGARAAN JENAZAH
KOMPETENSI
DASAR :
3.7 Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
4.7 Menyajikan
prosedur penyelenggaraan jenazah.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1.
Mengamati Buku PAI KELAS X Halaman 37
“Mengkritisi Sekitar Kita”
2.
Mengkritisi peristiwa di atas dari
beberapa sudut pandang (sudut agama, social)
Kemudian Mempresentasikan di depan kelas
Mengkritisi artikel di atas (Buku Halaman 37)
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB III
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN
JENAZAH
KOMPETENSI
DASAR :
3.7 Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
4.7 Menyajikan
prosedur penyelenggaraan jenazah.
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN :
1.
Mengamati
Buku PAI KELAS X Halaman 38-40 tentang Perawatan jenazah, memandikan jenazah
dan mengkafani jenazah
2.
Mencari
data (dasar hukum) atau dalil Qur’an dan Hadits untuk ketiga kegiatan perawatan
jenazah tersebut.
NO.
|
NAMA KEGIATAN
|
DATA-DATA ( DALIL-DALIL ) DARI AL-QUR’AN,
HADITS DAN PENDAPAT-PENDAPAT
|
1.
|
Perawatan
Jenazah (sebelum meninggal dunia)
|
|
2.
|
Memandikan
jenazah
|
|
3.
|
Mengkafani
Jenazah
|
3.
Membuat
Peta Pemikiran DAN
Mempresentasikan di depan kelas
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
BAB III
PERTEMUAN KE-3
MENGANALISIS PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN
JENAZAH
KOMPETENSI
DASAR :
3.7 Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah.
4.7 Menyajikan
prosedur penyelenggaraan jenazah.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1.
Mengamati
Buku PAI KELAS X Halaman 40 - 43 tentang menshalati jenazah dan menguburnya.
2.
Mencari
data (dasar hukum) atau dalil Qur’an dan Hadits untuk ketiga kegiatan perawatan
jenazah tersebut.
NO.
|
NAMA KEGIATAN
|
DATA-DATA ( DALIL-DALIL ) DARI AL-QUR’AN,
HADITS DAN PENDAPAT-PENDAPAT
|
1.
|
Menshalati
jenazah
|
|
2.
|
Mengubur
jenazah
|
|
3.
|
Ta’ziyah
dan Ziarah Kubur
|
3. Membuat Peta Pemikiran DAN Mempresentasikan di depan kelas
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB IV
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS PELAKSANAAN KHUTBAH, TABLIGH DAN
DAKWAH
KOMPETENSI
DASAR :
3.8 Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah.
4.8
Menyajikan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati
Buku PAI SMK Kelas X Halaman 55 “Mengkritisi Sekitar Kita”
2. Menanggapi tiga perilaku masyarakat di atas
disertai alasan-alasan dan data-data yang ada.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB IV
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KETENTUAN KHUTBAH, TABLIGH DAN
DAKWAH
KOMPETENSI
DASAR :
3.8 Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah.
4.8
Menyajikan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati Buku PAI KELAS XI Halaman 60-62
2. Mendesain Perencanaan proyek “PEMBUATAN NASKAH
KHUTBAH JUM’AT”
3. Menyusun jadwal proyek
NO.
|
JENIS
KEGIATAN
|
WAKTU
|
TEMPAT
|
1.
|
Menentukan
Proyek (JUDUL)
|
||
2.
|
Mengumpulkan
data-data berkaitan proyek
a.
Data tentang produk
b.
Data tentang isi (berkaitan
dengan KI/KD)
|
||
3.
|
Menyusun
Langkah-langkah proses pembuatan
|
||
3.
|
Membuat
laporan
|
||
4.
|
Mempresentasikan
|
||
5.
|
Evaluasi
|
4. Mengumpulkan data-data terkait
proyek yang akan dikerjakan
5. Melaksanakan proyek Pembuatan
Naskah Khutbah Jum’at kemudian Presentasi di depan kelas
KHUTBAH
JUM’AT :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB V
PERTEMUAN KE-1
PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM MASA KEJAYAAN
KOMPETENSI
DASAR :
3.10 Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
4.10 Menyajikan kaitan antara perkembangan peradaban Islam pada masa keja
Yaan dengan prinsip-prinsip yang mempengaruhinya.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati Buku PAI Kelas XI Halaman 70 -78
2. Mempeta Konsepkan Buku PAI
Kelas XI Halaman 70 -78 tentang “PERADABAN ISLAM PADA MASA KEJAYAAN”. Kemudian
mempresentasikan di depan kelas.
Contoh sbb :
MEMBUAT PETA PEMIKIRAN/PETA KONSEP
…………………………………………………………………………………………
BAB V
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KAITAN ANTARA PERKEMBANGAN MASA
KEJAYAAN DENGAN PRINSIP YG MEMPENGARUHINYA
KOMPETENSI
DASAR :
3.10 Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
4.10 Menyajikan kaitan antara perkembangan peradaban Islam pada masa keja
Yaan dengan prinsip-prinsip yang mempengaruhinya.
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati BUKU PAI Kels XI halaman 72 - 74
2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong
Kemajuan Peradaban Islam
NO.
|
PERKEMBANGAN MASA KEJAYAAN
|
FAKTOR
PENDORONG
|
KETERKAITAN
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
dst
|
3. Mengumpulkan data-data terkait hal-hal yang
ditemukan, misalnya : dari Al-Qur’an, Hadits, Buku PAI dan dari Internet.
4. Memverifikasi dan mengevaluasi dengan bantuan
data-data dan memberikan solusi terkait permasalahan yang ditemukan.
Verifikasi ke………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB VI
PERTEMUAN KE-1
TA’AT ATURAN
KOMPETENSI
DASAR :
3.1 Menganalisismakna Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-
Taubah/9 : 105, serta hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam
kebaikan, dan etos kerja.
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Maidah/5 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan
makharijulhuruf.: 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-taubah 122
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa59, dan
Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan fasih dan lancar.
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan
Dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan
Q.S. Al-Maidah/5 :48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9: 105.
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN :
1.
Mengamati Buku PAI Kelas XI Halaman 86 “Mengkritisi Sekitar Kita”
2.
Mengkritisi Bahan
Kajian (gambar) terkait “Taat Aturan”
DATA YG
DIAMATI
|
PERMASLAHAN
DAN TANGGAPAN
|
TATA
TERTIB
(Buku
halaman 86)
|
1.
Sejauh mana kamu mengetahui tata
tertib di sekolahmu?
|
2.
Apa relevansinya antara aturan yg
dibuat dengan kondisi di lapangan?
|
|
3.
Bagaimana dampak yang terjadi
apabila aturan itu tidak dilaksanakan ?
|
|
4.
Bagaimana dampak yang terjadi
apabila aturan itu di taati
|
Mempresentasikan di depan kelas.
DATA YG
DIAMATI
|
PERMASLAHAN
DAN TANGGAPAN
|
GAMBAR
YG SEDANG SEPAK BOLA
(Buku
halaman 86)
|
1.
Apa yang kamu pahami dari gambar
disamping ?
|
2.
Apa yang harus dilakukan agar
kesebelasannyaa unggul dalam kompetisi ?
|
|
3.
Mengapa dalam berkompetisi
diperlukan kolaborasi ?
|
DATA YG
DIAMATI
|
PERMASLAHAN
DAN TANGGAPAN
|
GAMBAR
MENANAM PADI (Buku halaman 86)
|
1.
Apa yang kamu simpulkan dari gambar
di samping ini?
|
2.
Apakah Pa Tani bekerja hanya dengan
menggunakan otot tanpa memakai otak? Mengapa ?
|
|
3.
Apa hubungannya antara kerja keras
dan kerja cerdas?
|
Mempresentasikan di depan kelas.
PERTEMUAN KE-2
Mengkritisi Bahan Kajian (Buku PAI Halaman 87 tentang “Taat Aturan”
PERILAKU
SOSIAL :
Akhir-akhir ini sering kita saksikan melalui media, tentang
banyaknya peelanggaran terhadap norma-norma agama, seperti pencuri, penipuan,
perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya. Pelkunya merasa tidak berdosa
dan tidak ada beban sama sekali. Bahkan, dilaporkan seorang anak tega
membunuh ibu kandungnya sendiri lantaran persoalan sepele, yaitu tidak diberi
uang jajan pada saat mau berangkat sekolah.
|
Tanggapan
Anda :
dari
berbagai sudut pandang (dari sisi agama, sosial, budaya, dll)
Tanggapan saya………………………………………………………..
|
PERILAKU
SOSIAL :
Sejak dulu dalam dunia pendidikan sudah ada ujian. Hal ini
dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pendidikan di negeri ini.
Ironisnya setiap kegiatan ujian nasional berlangsung, terjadi perilaku
negative, seperti bocornya soal, saling menyontek dan tipu daya lainnya yang
menjadikan kualitas pendidikan menjadi dipertanyakan. Semangat untuk
berkompetensi sudah musnah, yang ada adalah saling berkompetensi dalam hal
kejahatan atau keburukan. Semangat untuk mendapatkan yang terbaik tidak
pernah tertanam.
|
Tanggapan
Anda :
dari
berbagai sudut pandang (dari sisi agama, sosial, budaya, dll)
Tanggapan saya………………………………………………………..
|
PERILAKU
SOSIAL :
Banyak
peminta-minta di jalan, ada yang dengan membawa bayi di gendongannya, ada
yang pura-puraa tangannya diikat, kakinya diikat sehingga dikira ia cacat,
dan berbagai modus lain untuk mengelabui orang lain agar merasa iba lalu
memberi selembar uang rupiah sebagai tanda simpati. Perilaku ini sudah
meresahkan pengguna jalan, sampai-sampai salah seorang kepala daerah membuat
kebijakan “dilarang keras memberi sumbangan kepada peminta-minta di jalan”
|
Tanggapan
Anda :
dari
berbagai sudut pandang (dari sisi agama, sosial, budaya, dll)
Tanggapan saya………………………………………………………..
|
BAB VI
PERTEMUAN KE-3
KOMPETISI DALAM KEBAIKAN
KOMPETENSI
DASAR :
3.1 Menganalisismakna Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At- Taubah/9 : 105,
serta hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Maidah/5 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf.: 48;
Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-taubah 122
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa59, dan Q.S. At-Taubah/9: 105
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan Dengan kepatuhan
terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. Al-Maidah/5 :48; Q.S. An-Nisa/4: 59
dan Q.S. At-Taubah/9: 105.
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN :
1.
Mengamati QS. Al Maidah : 48 (Buku PAI Kelas XI halaman
95)
48.
dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan
apa yang sebelumnya, Yaitu Kitab-Kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu
ujian[421] terhadap Kitab-Kitab yang lain itu; Maka putuskanlah perkara mereka
menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka
dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. untuk tiap-tiap umat
diantara kamu[422], Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah
menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak
menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, Maka berlomba-lombalah berbuat
kebajikan. hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya
kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,
2.
Membuat peta pemikiran berdasarkan QS.
Al maidah ayat 48 dengan JUDUL “KOMPETISI DALAM KEBAIKAN” kemudian Mempresentasikan
di depan kelas.
MEMBUAT PETA PEMIKIRAN (PETA KONSEP)
………………………………………………………………
BAB VI
PERTEMUAN KE-3
ETOS KERJA
KOMPETENSI
DASAR :
3.1 Menganalisismakna Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-
Taubah/9 : 105, serta hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam
kebaikan, dan etos kerja.
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Maidah/5 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan
makharijulhuruf.: 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-taubah 122
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa59, dan
Q.S. At-Taubah/9: 105 dengan fasih dan lancar.
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan
Dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan
Q.S. Al-Maidah/5 :48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9: 105.
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN :
1.
Mengamati Hadits Rasulullah Saw - Buku PAI halaman 101
2.
Membuat keterkaitan antara Makna
Hadits Nabi Saw tentang ETOS KERJA di
atas dengan makna yang ada pada gambar tersebut !
KETERKAITAN ANTARA MAKNA GB & MAKNA HADITS
|
Gb :
Peminta-minta
|
Gb.
Sedang menghayal
|
3.
Mempresentasikan di depan kelas.
TIDAK BISA DI DOWNLOAD
ReplyDeleteBANYAK JUGA LINK TIDAK BISA DI AKSES PAK
ReplyDeletecara downloadnya giamana ya
ReplyDeletetidak bisa didownload pak
ReplyDeletetidak bisa didownload pak
ReplyDelete