BAB I
PERTEMUAN
KE-1
MENGANALISIS
DAN MENGEVALUASI
MAKNA IMAN
KEPADA HARI AKHIR
KOMPETENSI
DASAR :
3.3
Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir.
4.3 Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku
4.3 Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku
jujur, tanggung jawab, dan
berbuat adil.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati Gambar halaman 2
Buku GPAI Kelas XII
2. Mengamati bacaan yang
ada pada Buku
PAI Kelas XII
Halaman 3 -11 tentang Beriman kepada hari akhir.
3. Mengidentifikasi MAKNA-MAKNA
Iman kepada hari akhir sebagai hasil
dari pengamatan. Misalnya :
No.
|
BAHAN
YANG DIAMATI
|
MAKNA
YANG TERKANDUNG
|
1.
|
Gambar gempa
|
Meyakini
kehancuran dunia
|
2.
|
Gambar meteor
|
|
3.
|
Gambar
gunung meletus
|
|
4.
|
Gambar
timbangan
|
|
5.
|
Buku
PAI hal 3
|
|
6.
|
Buku
PAI hal 7
|
|
7.
|
Buku
PAI s.d. hal 11
|
5. Melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap makna yang
ditemukan tadi. Jangan lupa terlebih dahulu mengumpulkan data-data dari
berbagai sumber terkait MAKNA yang ditemukan untuk melakukan verifikasi
terhadap makna yang ditemukan tadi. Misalnya : Sumber 1 dari QS. Al Zalzalah :
1-8 ; Sumber 2 : Hadits Rasulullah saw
“; Sumber 3 : Buku PAI Kelas XII ; dan Sumber 4 dari www.anangsaepudin.com
Contoh : Verifikasi Makna ke-1 : “Dari hasil pengamatan tadi telah diidentifikasi makna Iman kepada hari
akhir yaitu meyakini akan kehancuran alam semesta…”. Makna ini diambil dan di
dukung oleh data-data sebagai berikut :
QS. Al-Zalzalah 1-8 dimana didalamnya dijelaskan bahwa ………dst
Hadits Rasulullah Saw ”……………………………..”
Buku PAI Kelas XII”……………………..”
VERIFIKASIKE ………………………………………………………………………………..…….
…………………………………………………………………………………………………………..
BAB I
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KETERKAITAN IMAN KEPADA
HARI AKHIR DENGAN TANGGUNG JAWAB
KOMPETENSI
DASAR :
3.3
Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir.
4.3 Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku
4.3 Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku
tanggung jawab, dan berbuat adil.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati buku PAI Halaman 12-13 tentang
Menerapkan perilaku mulia.
2. Setelah mengamati buku PAI halaman 12-13 ,
Buatkan TABEL dan Mind Mapping yang dapat menggambarkan keterkaitan antara
BERIMAN KEPADA HARI AKHIR dengan
PERILAKU TANGGUNG JAWAB.
No.
|
PERILAKU IMAN PADA HARI
AKHIR
|
PERILAKU
TANGGUNG
JAWAB
|
KETERKAITAN
|
1
|
Menyadari bahwa semua
perbuatan selama di dunia akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SW
|
Menjaga amanat
|
Amanat akan selalu dijaga karena disadari bahwa semua
perbuatan akan dipinta tanggung jawabnya.
|
2
|
Menyadari bahwa manusia
itu sangat kecil dihadapan kebesaran Allah SWT sehingga diharapkan dapat
menghilangkan sikap takabur atau sombong dalam dirinya.
|
||
3
|
Selalu
berusaha melakukan amal salih dan menghindari semua perbuatan yang
bertentangan dengan norma agama
|
||
4
|
Membiasakan diri dengan
akhlak karimah seperti mawas diri, rendah hati & peduli kepada sesama
|
||
No.
|
PERILAKU IMAN PADA HARI
AKHIR
|
PERILAKU
TANGGUNG
JAWAB
|
KETERKAITAN
|
5
|
Selalu berusaha mendektkan diri kepada Allah SWT
baik dengan melakukan ibadah ritual (solat) maupun ibadah sosial, yaitu semua
kegiatan yg bermanfaat bagi sesama.
|
||
6
|
Termotivasi untuk selalu bekerja
keras dan menjauhi kemalasan.
|
3.
Membuat Peta Konsep Keterkaitan iman pd hari akhir dengan tanggung jawab
kemudian mem
presentasi di depan kelas
MEMBUAT PETA PEMIKIRAN/PETA KONSEP
………………………………………………………………………
BAB I
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KETERKAITAN IMAN KPD HARI AKHIR
DENGAN SIKAP ADIL
KOMPETENSI
DASAR :
3.3
Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir.
4.3 Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku
4.3 Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku
jujur, tanggung jawab, dan
berbuat adil.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati buku PAI Halaman 12-13 tentang
Menerapkan perilaku mulia.
2.
Setelah mengamati buku PAI halaman 12-13 , Buatkan TABEL dan Mind Mapping yang
dapat menggambarkan keterkaitan antara BERIMAN
KEPADA HARI AKHIR dengan PERILAKU ADIL
No.
|
PERILAKU IMAN PADA HARI
AKHIR
|
PERILAKU
ADIL
|
KETERKAITAN
|
1
|
Menyadari bahwa semua
perbuatan selama di dunia akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT
|
Memberikan hak yang sesuai kepada orang lain
|
Dengan menyadari pertanggung jawaban di akhirat secara adil,
maka akan selalu memberikan hak secara adil.
|
2
|
Menyadari bahwa manusia
itu sangat kecil dihadapan kebesaran Allah SWT sehingga diharapkan dapat
menghilangkan sikap takabur atau sombong dalam dirinya.
|
||
3
|
Selalu berusaha melakukan
amal salih dan menghindari semua perbuatan yang bertentangan dengan norma
agama
|
||
No.
|
PERILAKU IMAN PADA HARI
AKHIR
|
PERILAKU
ADIL
|
KETERKAITAN
|
4
|
Membiasakan diri dengan
akhlak karimah seperti mawas diri, rendah hati & peduli kepada sesama
|
||
5
|
Selalu
berusaha mendektkan diri kepada Allah SWT baik dengan melakukan ibadah ritual
(solat) maupun ibadah sosial, yaitu semua kegiatan yg bermanfaat bagi sesama.
|
||
6
|
Termotivasi untuk selalu
bekerja keras dan menjauhi kemalasan.
|
3. Membuat Peta Konsep Keterkaitan iman pd hari
akhir dengan tanggung jawab kemudian
mempresentasikan di depan kelas.
PETA KONSEP ……………………………………………
BAB II
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI MAKNA IMAN KEPADA
QADA DAN QADAR
KOMPETENSI
DASAR :
3.4
Menganalisis dan mengevaluasimakna iman kepada qada dan qadar
4.4
Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. dengan
sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.
Mengamati gambar pada Buku PAI KELAS XII Halaman 19.
2. Setelah mengamati gambar tersebut, jelaskan dari masing-masing
gambar PESAN apa yang terkandung di dalamnya berkaitan dengan Iman kepada Qadha
dan Qadar?
GAMBAR
|
PESAN
PADA GAMBAR
|
Perbuatan orang tersebut tidak sesuai dengan konsep ikhtiar
yang telah ditentukan Allah SWT
|
|
GAMBAR
|
PESAN
PADA GAMBAR
|
3. Mengevaluasi Pesan-pesan dengan Mengumpulkan data-data terlebih
dahulu.
NO.
|
PESAN
– PESAN
|
EVALUASI
|
1.
|
Perbuatan orang tersebut tidak sesuai dengan konsep ikhtiar
yang telah ditentukan Allah SWT
|
Pesan ini dapat dibenarkan, Karena telah sesuai dengan QS……
dan Hadits…… serta…… dimana manusia wajib berikhtiar dan berusaha.
|
1. Mempresentasikan
di depan kelas
BAB II
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI MAKNA IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
KOMPETENSI
DASAR :
3.4
Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada qada dan qadar
4.4
Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan
sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.
Mengamati Buku PAI Halaman 26 - 29
tentang MAKNA Iman kepada takdir
Allah SWT
2.
Mengidentifikasi makna iman kepada taqdir
dan memverifikasinya.
No.
|
Makna
Iman Pada Takdir
|
Sumber
Data
|
Hasil
Verifikasi
|
1.
|
Meyakini
segala sesuatu merupakan Ketentuan dari Allah Swt
|
QS…….
Hadits…..
Buku PAI
|
Meyakini segalanya dari Allah merupakan hal yg benar sesuai dg
data-data sbb :…………………………………
|
2.
|
|||
3. Buatkan
peta pemikiran tentang MAKNA iman kepada takdir Allah SWT ! dan
mempresentasikan !
BAB II
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KAITAN ANTARA IMAN KEPADA QADHA-QADAR DENGAN SIKAP OPTIMIS-IKHTIAR-TAWAKAL
KOMPETENSI
DASAR :
3.4
Menganalisis dan mengevaluasimakna iman kepada qada dan qadar
4.4
Menyajikan kaitan antara beriman
kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan
sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
Buatkan PETA PEMIKIRAN (Peta Konsep) tentang
KETERKAITAN antara Beriman kepada Qadha-Qadar dengan Sikap OPTIMIS, IKHTIAR dan
BERTAWAKAL kemudian Presentasikanlah di depan kelas !
JUDUL PETA PEMIKIRAN/PETA KONSEP : ………………………………………………………………………..
BAB III
PERTEMUAN KE-1
BERFIKIR KRITIS DAN DEMOKRATIS
(ANALISIS DAN EVALUASI QS. ALI IMRAN :
190-191)
KOMPETENSI
DASAR :
3.1 Menganalisis dan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S.
Ali
Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis.
4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran / 3: 159; sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/
3: 159 dengan lancar.
4.1.3
Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-
orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/190-191.
4.1.4
Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak
Memaksakan
kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159.
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN:
Tertulis di Buku PAI SMK Kelas XII halaman 41
: QS. ALI IMRAN 190-191 :
1. Perhatikan dan amatilah cuplikan Ayat Al
Qur'an di atas yang terdapat pada buku PAI SMK Kelas XII halaman
41 !
2. Melalui pengamatan anda, temukanlah PROBLEM
apa saja yang ada, jika ditinjau dari
segi kaidah ILMU TAZWID !
NO.
|
PROBLEM
|
PADA
KATA/KALIMAT
|
SOLUSI
AWAL
|
1.
|
Huruf WAWU ada sukun
|
Huruf wawu tidak pakai tanda sukun
|
|
3. Mengumpulkan data-data
berkaitan dengan problem tersebut : ( dari
Al-Qur'an dan buku ilmu tazwid ) atau dari sumber lain : (hasil diskusi dg teman,
dan pendapat guru)
4. Melakukan
pembuktian (verifikasi) (evaluasi)
Contoh :
Verifikasi pada problem ke-1 :
Setelah
mengamati QS. Ali Imran 190-191
ditemukan satu problem yaitu Huruf wawu memakai tanda sukun. Hal ini merupakan
benar-benar problem berdasarkan data-data sebagai berikut :
a.
Data dari Al Qur’an QS.
Ali Imran 190-191, dimana huruf wawu tidak memakai tanda sukun (mati) berarti
terjadi perbedaan dan inilah yang disebut problem
b.
Data dari Ilmu Tazwid
…………
Jadi kesimpulannya…………………………………….
VERIFIKASI KE ……………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB III
PERTEMUAN KE-2
BERFIKIR KRITIS DAN DEMOKRATIS
(ANALISIS DAN EVALUASI QS. ALI IMRAN :
190-191)
KOMPETENSI
DASAR :
3.1
Menganalisisdan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S.
Ali
Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis.
4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran / 3: 159; sesuai dengan
kaidah tajwid
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
4.1.3
Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-
orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/190-191.
4.1.4 Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak
Memaksakan
kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati ayat Al-Qur'an berikut : QS. Ali Imran :
190-191
190. Sesungguhnya dalam penciptaan
langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda
bagi orang-orang yang berakal,
191. (yaitu) orang-orang yang mengingat
Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka
memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan
Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka
peliharalah Kami dari siksa neraka.
2. Menganalisis ayat (QS. Ali Imran : 190-191)
Langkah-langkah :
a. Identifikasi terlebih dahulu isi
kandungan ayat tersebut !
NO.
|
TAHAP 2
MEMILIH INDUK
|
TAHAP 1
MENGURAI AYAT
|
TAHAP 3
MEMILIH CABANG
|
1
|
Tanda Kekuasaan Allah SWT
|
Penciptaan
|
Langit
|
b. Membuat peta konsep (peta pemikiran) TENTANG AYAT DI
ATAS ! kemudian presentasikan di depan
kelas.
PETA KONSEP …………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAB III
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KETERKAITAN ANTARA SIKAP KRITIS
DENGAN CIRI ORANG BERAKAL
KOMPETENSI
DASAR :
3.1 Menganalisisdan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S.
Ali
Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis.
4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran / 3: 159; sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/
3: 159 dengan lancar.
4.1.3
Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-
orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/190-191.
4.1.4
Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak
Memaksakan
kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati Buku PAI KELAS XII halaman 44-49
2. Mengidentifikasi ciri-ciri orang berakal dan ciri
orang berfikir kritis
3. Membuat tabel keterkaitan antara sikap
kritis dengan ciri orang berakal
KETERKAITAN ANTARA BERFIKIR KRITIS
DAN CIRI ORG BERAKAL
|
CIRI BERFIKIR KRITIS
|
|||
Berfikir Kedepan
|
||||
CIRI
BERAKAL
|
Berzikir
|
Beramal
untuk akhirat
|
||
4. Pengumpulan data-data tentang sikap kritis dan ciri
orang berakal
5. Mempresentasikan di depan kelas
BAB IV
PERTEMUAN KE-1
BERFIKIR KRITIS DAN DEMOKRATIS
(ANALISIS QS. ALI IMRAN : 159)
KOMPETENSI
DASAR :
3.1 Menganalisis dan mengevaluasi makna
Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S.
Ali
Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis.
4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran / 3: 159; sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/
3: 159 dengan lancar.
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-
orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/190-191.
4.1.4
Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak
Memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Amatilah ayat Al-Qur'an berikut : QS. Ali Imran :
159 :
159.
Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap
mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka
menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah
ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246].
kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada
Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.
2. Analisislah ayat di atas (dari segi isi kandungan)
:
Langkah-langkah :
a. Mengidentifikasi isi kandungan ayat
tersebut !
No.
|
ISI KANDUNGAN
QS. ALI IMRAN 159
|
MAKNA
QS. ALI IMRAN 159
|
1.
|
||
a. Membuat peta konsep (peta pemikiran)
ayat tersebut ! DAN Mempresentasikan di depan kelas.
BAB IV
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KETERKAITAN ANTARA DEMOKRATIS DENGAN SIKAP TIDAK MEMAKSA
KOMPETENSI
DASAR :
3.1 Menganalisisdan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S.
Ali
Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis.
4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran / 3: 159; sesuai dengan
kaidah tajwid
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/ 3: 159
4.1.3
Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-
orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/190-191.
4.1.4
Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak
Memaksakan
kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati Buku PAI KELAS XII halaman 44-49
2. Mengidentifikasi
sikap demokratis dan sikap tidak memaksakan kehendak
3. Membuat tabel/peta keterkaitan antara sikap demokratis
dengan sikap tidak memaksakan kehendak
No.
|
SIKAP DEMOKRATIS
|
SIKAP TIDAK
MEMAKSAKAN KEHENDAK
|
KETERKAITAN
|
1
|
Bermusyawarah
|
Menghormati pendapat orang lain
|
Dapat menerima hasil musyawarah
|
4. Pengumpulan data-data tentang sikap demokrasi
dan tidak memaksakan kehendak
5. Mempresentasikan di depan kelas
BAB V
PERTEMUAN KE-1
SALING MENASIHATI
(ANALISIS DAN EVALUASI QS. LUQMAN : 13-14)
KOMPETENSI
DASAR :
3.2 Menganalisis dan mengevaluasi makna
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-
Baqarah:83, serta hadis tentang kewajiban
beribadah dan bersyukur
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
4.2.1 Membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah:83
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al
Baqarah: 83
4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur
kepada
Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia
sesuai
pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1.
Mengamati gambar di bawah ini, terdapat pada Buku PAI
Kelas XII halaman 78
2.
Mengidentifikasi pesan-pesan yang terdapat pada gambar di atas kaitannya dengan saling menasihati
1.
GAMBAR
|
PESAN
PADA GAMBAR
|
1.
GAMBAR
|
PESAN
PADA GAMBAR
|
3.
Mencari data pendukung terkait dengan
pesan-pesan yang teridentifikasi mislnya : dari Alqur’an, Hadits Nabi Saw,
Buku Agama, Internet, dll.
2.
Membuat Peta Konsep kemudian mempresentasikan di depan kelas
PETA KONSEP
…………………………………………………………….
BAB V
PERTEMUAN KE-2
SALING MENASIHATI
(ANALISIS DAN EVALUASI QS. LUQMAN : 13-14)
KOMPETENSI
DASAR :
3.2 Menganalisisdan mengevaluasi makna
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-
Baqarah:83, serta hadis tentang kewajiban
beribadah dan bersyukur
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
4.2.1 Membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah:83 sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijulhuruf.
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al
Baqarah:
Ayat 83 dengan lancar.
4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur
kepada
Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia
sesuai
pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati TULISAN QS. Luqman : 13-14 pada BUKU
PAI Kels XII halaman 81.
Hadits Nabi
Muhammad Saw : Buku PAI Kelas XII Halaman 85.
QS. Al Baqoroh :
83 ( Buku PAI Kelas XII Halaman 102 )
2. Mengidentifikasi permasalahan yang ada pada
QS. Luqman : 13-14 dan Hadits Nabi Muhammad SAW ditinjau dari segi tazwid.
NO.
|
PROBLEM
|
PADA
KATA/KALIMAT
|
SOLUSI
AWAL
|
1.
|
Huruf WAWU ada sukun
|
Huruf wawu tidak pakai tanda sukun
|
|
2.
|
|||
3.
|
|||
3. Memverifikasi permasalahan dengan bantuan
data-data dan memberikan solusi terkait permasalahan yang ditemukan, KEMUDIAN mempresentasikan
di depan kelas
VERIFIKASI KE
……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
BAB VI
PERTEMUAN KE-1
IHSAN
(ANALISIS DAN EVALUASI QS. AL BAQOROH : 83)
KOMPETENSI
DASAR :
3.2 Menganalisis dan mengevaluasi maknaQ.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-
Baqarah:83, serta hadis tentang kewajiban
beribadah dan bersyukur
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al
Baqarah:
Ayat 83 dengan lancar.
4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur
kepada
Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia
sesuai
pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN :
1.
Mengamati Gambar (Buku PAI Kelas XII Halaman 99)
2.
Mengidentifikasi
dan menjelaskan Nilai-Nilai Ihsan yang terkandung dalam Gambar di atas.
GAMBAR
|
NILAI-NILAI
IHSAN (kebajikan)
|
1.
2.
3.
|
|
1. Menyayangi orang tua
2.
3.
4.
|
|
1.
2.
3.
|
|
1.
2.
3.
|
BAB VI
PERTEMUAN KE-2
IHSAN (KETERKAITAN ANTARA KEWAJIBAN BERIBADAH
DENGAN BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA)
KOMPETENSI
DASAR :
3.2 Menganalisisdan mengevaluasi makna
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-
Baqarah:83, serta hadis tentang kewajiban
beribadah dan bersyukur
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur
kepada
Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia
sesuai
pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN :
1.
Mengamati QS. Al Baqoroh : 83 (Buku PAI halaman 102)
øÎ)ur $tRõs{r& t,»sVÏB ûÓÍ_t/ @ÏäÂuó Î) w tbrßç7÷ès? wÎ) ©!$# Èûøït$Î!ºuqø9$$Î/ur $ZR$|¡ômÎ) Ïur 4n1öà)ø9$# 4yJ»tGuø9$#ur ÈûüÅ6»|¡uKø9$#ur (#qä9qè%ur Ĩ$¨Y=Ï9 $YZó¡ãm (#qßJÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# (#qè?#uäur no4q2¨9$# §NèO óOçFø©9uqs? wÎ) WxÎ=s% öNà6ZÏiB OçFRr&ur cqàÊÌ÷èB
83. dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil
(yaitu): janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada
ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta
ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan
tunaikanlah zakat. kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian
kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.
2.
Membuat Konsep
keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur kepada
Allah SWT dengan berbuat Baik terhadap sesama
manusia sesuai pesan Q.S. Al-Baqarah:83
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
3.
Mempeta
konsepkan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur kepada
Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia.
BAB VII
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS DAN EVALUASI KETENTUAN PERNIKAHAN
DALAM ISLAM
KOMPETENSI
DASAR :
3.6 Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam islam
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN :
1.
Mengamati gambar berikut ini. (Buku
PAI Halaman 117)
2.
Membuat pertanyaan dari gambar
tersebut.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
3.
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
Misalnya : Sumber 1 dari QS. Al Zalzalah :
1-8 ; Sumber 2 : Hadits Rasulullah saw
“;
4.
Menyimpulkan data sebagai jawaban
pertanyaan di atas
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAB VII
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS DAN EVALUASI KETENTUAN PERNIKAHAN
DALAM ISLAM
KOMPETENSI
DASAR :
3.6 Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan da
lam Islam.
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN :
1.
Membaca/Mengamati Buku PAI Kelas XII Halaman 117-132
2.
Mengidentifikasi Ketentuan Nikah dalam Islam
No.
|
KETENTUAN
NIKAH
|
KETERANGAN
|
1.
|
Harus ada resepsi pernikahan
|
-Buku PAI Kls XII hal.
117
|
3.
Memverifikasi temuan terkait Ketentuan
Nikah
VERIFIKASI
KE …………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAB VII
PERTEMUAN KE-3
MENGANALISIS DAN EVALUASI KETENTUAN PERNIKAHAN
DALAM ISLAM
KOMPETENSI
DASAR :
3.6 Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
:
1. Mengamati BUKU PAI KELAS XII Halaman 127-128 tentang NIKAH BATHIL .
2. Menemukan problem dari tiap-tiap jenis
nikah bathil
No.
|
NIKAH BATHIL
|
PROBLEM
|
1.
|
Nikah Mut’ah
|
-
Adanya batas waktu nikah
-
|
3. Mengevaluasi dan mengkritisi KEMUDIAN mempresentasi di depan kelas
Nikah mut’ah ini sangatlah tidak sesuai dengan ajaran Islam yang
sebenarnya dimana dalam Islam melakukan pernikahan bertujuan untuk
melanggengkan hubungan yang baik dan harmonis,
sedangkan jika nikah dibatasi waktunya………………………………………………………
VERIFIKASI
KE …………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
No comments:
Post a Comment