LEMBAR KERJA SISWA (LKS) - PAI - KELAS XII - KURIKULUM 2013



BAB I
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI
MAKNA IMAN KEPADA HARI AKHIR
KOMPETENSI DASAR :
3.3    Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir.
4.3    Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku
         jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.  Mengamati Gambar halaman 2 Buku GPAI Kelas XII

     
    
2.  Mengamati  bacaan  yang  ada  pada  Buku  PAI  Kelas  XII  Halaman            3 -11  tentang Beriman kepada hari akhir.

3. Mengidentifikasi  MAKNA-MAKNA Iman kepada hari akhir  sebagai hasil dari pengamatan. Misalnya :

No.
BAHAN YANG DIAMATI
MAKNA YANG TERKANDUNG
1.
Gambar  gempa
Meyakini kehancuran dunia


2.
Gambar  meteor




3.
Gambar gunung meletus




4.
Gambar timbangan




5.
Buku PAI hal 3




6.
Buku PAI hal 7




7.
Buku PAI  s.d. hal 11





5. Melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap makna yang ditemukan tadi. Jangan lupa terlebih dahulu mengumpulkan data-data dari berbagai sumber terkait MAKNA yang ditemukan untuk melakukan verifikasi terhadap makna yang ditemukan tadi. Misalnya : Sumber 1 dari QS. Al Zalzalah : 1-8  ; Sumber 2 : Hadits Rasulullah saw “; Sumber 3 : Buku PAI Kelas XII ; dan Sumber 4 dari www.anangsaepudin.com
     Contoh : Verifikasi Makna ke-1 :  “Dari hasil pengamatan tadi  telah diidentifikasi makna Iman kepada hari akhir yaitu meyakini akan kehancuran alam semesta…”. Makna ini diambil dan di dukung oleh  data-data sebagai berikut :
QS. Al-Zalzalah 1-8 dimana didalamnya dijelaskan bahwa ………dst
Hadits Rasulullah Saw ”……………………………..”
Buku PAI Kelas XII”……………………..”

VERIFIKASIKE ………………………………………………………………………………..…….
…………………………………………………………………………………………………………..



BAB I
 PERTEMUAN KE-2

MENYAJIKAN KETERKAITAN IMAN KEPADA

 HARI AKHIR DENGAN TANGGUNG JAWAB

KOMPETENSI DASAR :
3.3    Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir.
4.3    Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku
         tanggung jawab, dan berbuat adil.
KEGIATAN INTI  PEMBELAJARAN :
1.  Mengamati buku PAI Halaman 12-13 tentang Menerapkan perilaku mulia.
2.  Setelah mengamati buku PAI halaman 12-13 , Buatkan TABEL dan Mind Mapping yang dapat menggambarkan keterkaitan antara BERIMAN  KEPADA HARI AKHIR dengan PERILAKU TANGGUNG JAWAB.
No.
PERILAKU IMAN PADA HARI AKHIR
PERILAKU
TANGGUNG JAWAB
KETERKAITAN
1
Menyadari bahwa semua perbuatan selama di dunia akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SW


Menjaga amanat



Amanat akan selalu dijaga karena disadari bahwa semua perbuatan akan dipinta tanggung jawabnya.
2
Menyadari bahwa manusia itu sangat kecil dihadapan kebesaran Allah SWT sehingga diharapkan dapat menghilangkan sikap takabur atau sombong dalam dirinya.













3
Selalu berusaha melakukan amal salih dan menghindari semua perbuatan yang bertentangan dengan norma agama








4
Membiasakan diri dengan akhlak karimah seperti mawas diri, rendah hati & peduli kepada sesama






No.
PERILAKU IMAN PADA HARI AKHIR
PERILAKU
TANGGUNG JAWAB
KETERKAITAN
5
Selalu berusaha mendektkan diri kepada Allah SWT baik dengan melakukan ibadah ritual (solat) maupun ibadah sosial, yaitu semua kegiatan yg bermanfaat bagi sesama.








6
Termotivasi untuk selalu bekerja keras dan menjauhi kemalasan.










3.  Membuat Peta Konsep Keterkaitan iman pd hari akhir dengan tanggung jawab kemudian mem      
      presentasi di depan kelas
   
MEMBUAT PETA PEMIKIRAN/PETA KONSEP
………………………………………………………………………














BAB I
PERTEMUAN KE-3

MENYAJIKAN KETERKAITAN IMAN KPD HARI AKHIR

DENGAN SIKAP ADIL

KOMPETENSI DASAR :
3.3    Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir.
4.3    Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku
         jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil.
KEGIATAN INTI  PEMBELAJARAN :
1.  Mengamati buku PAI Halaman 12-13 tentang Menerapkan perilaku mulia.
2. Setelah mengamati buku PAI halaman 12-13 , Buatkan TABEL dan Mind Mapping yang dapat menggambarkan keterkaitan antara BERIMAN  KEPADA HARI AKHIR dengan PERILAKU ADIL
No.
PERILAKU IMAN PADA HARI AKHIR
PERILAKU
ADIL
KETERKAITAN
1
Menyadari bahwa semua perbuatan selama di dunia akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT




Memberikan hak yang sesuai kepada orang lain







Dengan menyadari pertanggung jawaban di akhirat secara adil, maka akan selalu memberikan hak secara adil.
2
Menyadari bahwa manusia itu sangat kecil dihadapan kebesaran Allah SWT sehingga diharapkan dapat menghilangkan sikap takabur atau sombong dalam dirinya.








3
Selalu berusaha melakukan amal salih dan menghindari semua perbuatan yang bertentangan dengan norma agama











No.
PERILAKU IMAN PADA HARI AKHIR
PERILAKU
ADIL
KETERKAITAN
4
Membiasakan diri dengan akhlak karimah seperti mawas diri, rendah hati & peduli kepada sesama




5
Selalu berusaha mendektkan diri kepada Allah SWT baik dengan melakukan ibadah ritual (solat) maupun ibadah sosial, yaitu semua kegiatan yg bermanfaat bagi sesama.




6
Termotivasi untuk selalu bekerja keras dan menjauhi kemalasan.







3.  Membuat Peta Konsep Keterkaitan iman pd hari akhir dengan tanggung jawab  kemudian mempresentasikan di depan kelas.
         PETA KONSEP ……………………………………………















BAB II
PERTEMUAN KE-1

MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI MAKNA IMAN KEPADA

QADA DAN QADAR

KOMPETENSI DASAR :
3.4    Menganalisis dan mengevaluasimakna iman kepada qada dan qadar
4.4     Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. dengan
          sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.    Mengamati gambar  pada Buku PAI KELAS XII Halaman 19.
     
2. Setelah mengamati gambar tersebut, jelaskan dari masing-masing gambar PESAN apa yang terkandung di dalamnya berkaitan dengan Iman kepada Qadha dan Qadar?

GAMBAR
PESAN PADA GAMBAR


Perbuatan orang tersebut tidak sesuai dengan konsep ikhtiar yang telah ditentukan Allah SWT






























GAMBAR
PESAN PADA GAMBAR






















3. Mengevaluasi Pesan-pesan dengan Mengumpulkan data-data terlebih dahulu.
NO.
PESAN – PESAN
EVALUASI
1.
Perbuatan orang tersebut tidak sesuai dengan konsep ikhtiar yang telah ditentukan Allah SWT
Pesan ini dapat dibenarkan, Karena telah sesuai dengan QS…… dan Hadits…… serta…… dimana manusia wajib berikhtiar dan berusaha.


















































1.       Mempresentasikan di depan kelas
BAB II
PERTEMUAN KE-2

MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI MAKNA IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR

KOMPETENSI DASAR :
3.4    Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada qada dan qadar
4.4     Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan
          sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati  Buku PAI Halaman 26 - 29 tentang MAKNA Iman kepada takdir         
    Allah SWT
2. Mengidentifikasi makna iman kepada taqdir  dan memverifikasinya.

No.
Makna Iman Pada Takdir
Sumber Data
Hasil Verifikasi
1.
Meyakini segala sesuatu merupakan Ketentuan dari Allah Swt

QS…….
Hadits…..
Buku PAI
Meyakini segalanya dari Allah merupakan hal yg benar sesuai dg data-data sbb :…………………………………
2.


































3. Buatkan peta pemikiran tentang MAKNA iman kepada takdir Allah SWT ! dan         
     mempresentasikan !


BAB II
PERTEMUAN KE-3

MENYAJIKAN KAITAN ANTARA IMAN KEPADA QADHA-QADAR DENGAN SIKAP OPTIMIS-IKHTIAR-TAWAKAL

KOMPETENSI DASAR :
3.4    Menganalisis dan mengevaluasimakna iman kepada qada dan qadar
4.4    Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan
          sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
Buatkan PETA PEMIKIRAN (Peta Konsep) tentang KETERKAITAN antara Beriman kepada Qadha-Qadar dengan Sikap OPTIMIS, IKHTIAR dan BERTAWAKAL kemudian Presentasikanlah di depan kelas !

JUDUL PETA PEMIKIRAN/PETA KONSEP : ………………………………………………………………………..






































BAB III
PERTEMUAN KE-1
BERFIKIR KRITIS DAN DEMOKRATIS
(ANALISIS DAN EVALUASI QS. ALI IMRAN : 190-191)
KOMPETENSI DASAR :
3.1       Menganalisis dan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. 
             Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis.
4.1.1    Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran / 3: 159;     sesuai 
             dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf.
4.1.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/
           3: 159 dengan lancar.
4.1.3    Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-                      
          orang berakal (ulil albab) sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/190-191.
4.1.4   Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak 
             Memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN:
Tertulis di Buku PAI SMK Kelas XII halaman 41 : QS. ALI IMRAN 190-191 :
1.  Perhatikan dan amatilah cuplikan Ayat Al Qur'an di atas yang terdapat pada buku PAI SMK   Kelas  XII  halaman 41 !
2.  Melalui pengamatan anda, temukanlah PROBLEM apa saja yang ada, jika  ditinjau dari segi kaidah  ILMU TAZWID !
NO.
PROBLEM
PADA KATA/KALIMAT
SOLUSI AWAL
1.
Huruf WAWU ada sukun
Huruf wawu tidak pakai tanda sukun






















3.  Mengumpulkan data-data berkaitan dengan problem tersebut : ( dari Al-Qur'an dan buku ilmu tazwid ) atau dari sumber lain : (hasil diskusi dg teman, dan pendapat guru)
4.  Melakukan pembuktian (verifikasi) (evaluasi)
     Contoh :
     Verifikasi pada problem ke-1 :
Setelah mengamati  QS. Ali Imran 190-191 ditemukan satu problem yaitu Huruf wawu memakai tanda sukun. Hal ini merupakan benar-benar problem berdasarkan data-data sebagai berikut :
a.      Data dari Al Qur’an QS. Ali Imran 190-191, dimana huruf wawu tidak memakai tanda sukun (mati) berarti terjadi perbedaan dan inilah yang disebut problem
b.      Data dari Ilmu Tazwid …………
       Jadi kesimpulannya…………………………………….

      VERIFIKASI KE ……………………………………………………………………………………………………………………………………..
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

BAB III
PERTEMUAN KE-2
BERFIKIR KRITIS DAN DEMOKRATIS
(ANALISIS DAN EVALUASI QS. ALI IMRAN : 190-191)
KOMPETENSI DASAR :
3.1       Menganalisisdan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. 
             Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis.
4.1.1    Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran / 3: 159;     sesuai dengan kaidah tajwid 
4.1.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 
4.1.3    Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-                      
          orang berakal (ulil albab) sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/190-191.
4.1.4    Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak 
             Memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati  ayat Al-Qur'an berikut : QS. Ali Imran : 190-191
190. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,
191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka.

2. Menganalisis ayat (QS. Ali Imran : 190-191)
    Langkah-langkah :
a.       Identifikasi terlebih dahulu isi kandungan ayat tersebut !
NO.
TAHAP 2
MEMILIH INDUK
TAHAP 1
MENGURAI AYAT
TAHAP 3
MEMILIH CABANG
1
Tanda Kekuasaan Allah SWT
Penciptaan
Langit





































b.      Membuat  peta konsep (peta pemikiran) TENTANG AYAT DI ATAS !  kemudian presentasikan di depan kelas.
PETA KONSEP …………………………………………………………………………………………………………………………………..







BAB III
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KETERKAITAN ANTARA SIKAP KRITIS
DENGAN CIRI ORANG BERAKAL
KOMPETENSI DASAR :
3.1       Menganalisisdan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. 
             Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis.
4.1.1    Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran / 3: 159;     sesuai 
             dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf.
4.1.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/
           3: 159 dengan lancar.
4.1.3    Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-                       
          orang berakal (ulil albab) sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/190-191.
4.1.4   Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak 
             Memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati Buku PAI KELAS XII halaman 44-49
2. Mengidentifikasi ciri-ciri orang berakal dan ciri orang berfikir kritis
3. Membuat tabel keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang berakal
KETERKAITAN ANTARA BERFIKIR KRITIS DAN CIRI ORG BERAKAL
CIRI BERFIKIR KRITIS
Berfikir Kedepan



CIRI BERAKAL
Berzikir




Beramal untuk akhirat
































4. Pengumpulan data-data tentang sikap kritis dan ciri orang berakal
5. Mempresentasikan di depan kelas
BAB IV
PERTEMUAN KE-1
BERFIKIR KRITIS DAN DEMOKRATIS
(ANALISIS QS. ALI IMRAN : 159)
KOMPETENSI DASAR :
3.1       Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. 
             Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis.
4.1.1    Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran / 3: 159;     sesuai 
             dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf.
4.1.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/
           3: 159 dengan lancar.
4.1.3    Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-                      
          orang berakal (ulil albab) sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/190-191.
4.1.4   Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak 
             Memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Amatilah ayat Al-Qur'an berikut : QS. Ali Imran : 159 :

159. Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

2. Analisislah ayat di atas (dari segi isi kandungan) :
    Langkah-langkah :
a.       Mengidentifikasi isi kandungan ayat tersebut !
No.
ISI KANDUNGAN
QS. ALI IMRAN 159
MAKNA
QS. ALI IMRAN 159
1.

























a.       Membuat peta konsep (peta pemikiran) ayat tersebut ! DAN Mempresentasikan di depan kelas.

BAB IV
PERTEMUAN KE-2

MENYAJIKAN KETERKAITAN ANTARA DEMOKRATIS DENGAN SIKAP TIDAK MEMAKSA

KOMPETENSI DASAR :
3.1       Menganalisisdan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. 
             Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis.
4.1.1    Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran / 3: 159; sesuai  dengan kaidah tajwid 
4.1.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/ 3: 159 
4.1.3    Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-                      
          orang berakal (ulil albab) sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/190-191.
4.1.4   Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak 
             Memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati Buku PAI KELAS XII halaman 44-49
2. Mengidentifikasi  sikap demokratis dan sikap tidak memaksakan kehendak
3. Membuat tabel/peta keterkaitan antara sikap demokratis dengan sikap tidak memaksakan kehendak

No.

SIKAP DEMOKRATIS
SIKAP TIDAK MEMAKSAKAN KEHENDAK

KETERKAITAN
1
Bermusyawarah
Menghormati pendapat orang lain

Dapat menerima hasil musyawarah




































4.  Pengumpulan data-data tentang sikap demokrasi dan tidak memaksakan kehendak     
 5. Mempresentasikan di depan kelas

BAB V
PERTEMUAN KE-1
SALING MENASIHATI
(ANALISIS DAN EVALUASI QS. LUQMAN : 13-14)
KOMPETENSI DASAR :
3.2       Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-
Baqarah:83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur 
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
4.2.1    Membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah:83 
4.2.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan  Q.S. Al Baqarah: 83
4.2.3    Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur
             kepada Allah dengan berbuat baik terhadap  sesama manusia sesuai
             pesan Q.S. Luqman/31: 13-14  dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.        Mengamati gambar di bawah ini, terdapat pada Buku PAI Kelas XII halaman 78
    
2.         Mengidentifikasi  pesan-pesan yang terdapat pada gambar  di atas kaitannya dengan saling menasihati
1.       GAMBAR
PESAN PADA GAMBAR

















1.       GAMBAR
PESAN PADA GAMBAR














3.         Mencari data pendukung terkait dengan pesan-pesan yang teridentifikasi mislnya : dari Alqur’an, Hadits Nabi Saw, Buku Agama, Internet, dll.
2.         Membuat Peta Konsep  kemudian mempresentasikan di depan kelas
PETA KONSEP
…………………………………………………………….












BAB V
PERTEMUAN KE-2
SALING MENASIHATI
(ANALISIS DAN EVALUASI QS. LUQMAN : 13-14)

KOMPETENSI DASAR :
3.2       Menganalisisdan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-
Baqarah:83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur 
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
4.2.1    Membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah:83 sesuai dengan
             kaidah tajwid dan makharijulhuruf.
4.2.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan  Q.S. Al Baqarah: 
             Ayat 83 dengan lancar.
4.2.3    Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur
             kepada Allah dengan berbuat baik terhadap  sesama manusia sesuai
             pesan Q.S. Luqman/31: 13-14  dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.

KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.    Mengamati TULISAN QS. Luqman : 13-14 pada BUKU PAI Kels XII halaman 81.


Hadits Nabi Muhammad Saw : Buku PAI Kelas XII Halaman 85.

QS. Al Baqoroh : 83  ( Buku PAI Kelas XII Halaman 102 )




2.    Mengidentifikasi permasalahan yang ada pada QS. Luqman : 13-14 dan Hadits Nabi Muhammad SAW ditinjau  dari segi tazwid.
NO.
PROBLEM
PADA KATA/KALIMAT
SOLUSI AWAL
1.
Huruf WAWU ada sukun




Huruf wawu tidak pakai tanda sukun
2.




3.










3.    Memverifikasi permasalahan dengan bantuan data-data dan memberikan solusi terkait permasalahan yang ditemukan, KEMUDIAN mempresentasikan di depan kelas
VERIFIKASI KE ……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………..……………………………………………………………………………………………………………………….
BAB VI
PERTEMUAN KE-1
IHSAN
(ANALISIS DAN EVALUASI QS. AL BAQOROH : 83)
KOMPETENSI DASAR :
3.2       Menganalisis dan mengevaluasi maknaQ.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-
Baqarah:83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur 
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
4.2.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan  Q.S. Al Baqarah: 
             Ayat 83 dengan lancar.
4.2.3    Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur
             kepada Allah dengan berbuat baik terhadap  sesama manusia sesuai
             pesan Q.S. Luqman/31: 13-14  dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.    Mengamati  Gambar (Buku PAI Kelas XII Halaman 99)
2.    Mengidentifikasi dan menjelaskan Nilai-Nilai Ihsan yang terkandung dalam Gambar di atas.
GAMBAR
NILAI-NILAI IHSAN (kebajikan)

1.        
2.        
3.        
1.       Menyayangi orang tua
2.        
3.        
4.        

1.        
2.        
3.        


1.        
2.        
3.        








BAB VI
PERTEMUAN KE-2
IHSAN (KETERKAITAN ANTARA KEWAJIBAN BERIBADAH DENGAN BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA)
KOMPETENSI DASAR :
3.2       Menganalisisdan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-
Baqarah:83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur 
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
4.2.3    Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur
             kepada Allah dengan berbuat baik terhadap  sesama manusia sesuai
             pesan Q.S. Luqman/31: 13-14  dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.      Mengamati  QS. Al Baqoroh : 83 (Buku PAI halaman 102)
øŒÎ)ur $tRõs{r& t,»sVÏB ûÓÍ_t/ Ÿ@ƒÏäÂuŽó Î) Ÿw tbrßç7÷ès? žwÎ) ©!$# Èûøït$Î!ºuqø9$$Î/ur $ZR$|¡ômÎ) ÏŒur 4n1öà)ø9$# 4yJ»tGuŠø9$#ur ÈûüÅ6»|¡uKø9$#ur (#qä9qè%ur Ĩ$¨Y=Ï9 $YZó¡ãm (#qßJŠÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# (#qè?#uäur no4qŸ2¨9$# §NèO óOçFøŠ©9uqs? žwÎ) WxŠÎ=s% öNà6ZÏiB OçFRr&ur šcqàÊ̍÷èB
83. dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.

2.         Membuat Konsep keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur    kepada  Allah SWT dengan berbuat Baik  terhadap  sesama manusia sesuai  pesan  Q.S. Al-Baqarah:83
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
3.         Mempeta konsepkan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur              kepada Allah dengan berbuat baik terhadap  sesama manusia.
BAB VII
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS DAN EVALUASI KETENTUAN PERNIKAHAN DALAM ISLAM
KOMPETENSI DASAR :
3.6    Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam islam  
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.       Mengamati gambar berikut ini. (Buku PAI Halaman 117)
2.       Membuat pertanyaan dari gambar tersebut.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
3.       Mengumpulkan data dari berbagai sumber
       Misalnya : Sumber 1 dari QS. Al Zalzalah : 1-8  ; Sumber 2 : Hadits Rasulullah saw “;          
       Sumber 3 : Buku PAI Kelas XII ; dan Sumber 4 dari www.anangsaepudin.com  :
4.       Menyimpulkan data sebagai jawaban pertanyaan di atas
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAB VII
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS DAN EVALUASI KETENTUAN PERNIKAHAN DALAM ISLAM
KOMPETENSI DASAR :
3.6    Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan da  
        lam Islam.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.    Membaca/Mengamati  Buku PAI Kelas XII Halaman 117-132
2.    Mengidentifikasi  Ketentuan Nikah dalam Islam

No.
KETENTUAN NIKAH
KETERANGAN
1.
Harus ada resepsi pernikahan
-Buku PAI Kls XII  hal. 117








































3.    Memverifikasi temuan terkait Ketentuan Nikah
VERIFIKASI KE …………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAB VII
PERTEMUAN KE-3
MENGANALISIS DAN EVALUASI KETENTUAN PERNIKAHAN DALAM ISLAM
KOMPETENSI DASAR :
3.6    Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam   Islam
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.    Mengamati  BUKU PAI KELAS XII Halaman 127-128 tentang  NIKAH BATHIL .
2.    Menemukan problem dari tiap-tiap jenis nikah bathil

No.
NIKAH BATHIL
PROBLEM

1.

Nikah Mut’ah

-          Adanya batas waktu nikah
-           

























3.    Mengevaluasi dan mengkritisi  KEMUDIAN mempresentasi di depan kelas
Nikah mut’ah ini sangatlah tidak sesuai dengan ajaran Islam yang sebenarnya dimana dalam Islam melakukan pernikahan bertujuan untuk melanggengkan hubungan yang baik dan harmonis,
sedangkan jika nikah dibatasi waktunya………………………………………………………
     VERIFIKASI KE …………………………………………………………………………………………………………………………………
     ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
     ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
     ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
     ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
     ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
     ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

No comments:

Post a Comment