PEER TEACHING DI SMK TASIKMALAYA

Menyajikan perangkat pembelajaran ketika melaksanakan Peer Teaching di SMK Negeri 3 dalam pembelajaran PAI = Pendidikan Agama Islam Bab Beriman kepada Rasul-Rasul Allah Swt
1. Menyiapkan RPP untuk peer teaching ( terlampir )
2. Menyiapkan slide presentasi (power point)
3. Menyiapkan LKS (terlampir)
Slide 1 : Judul Bab yang akan di kaji bersama
Kita dapat melakukan apersepsi melalui judul
pada slide 1 ini.
Pendidikan Agama Islam

Slide 2 : Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Pada Pendahuluan Pembelajaran dapat  
diinformasikan Kompetensi apa
yang akan dicapai
 Pendidikan Agama Islam
Slide : 3
Ini tidak wajib hanya sekedar ingin
memberi informasi kepada siswa bahwa
buku yang relevan adalah buku
Pendidikan Agama Islam Tingkat X
Pendidikan Agama Islam 
Slide : 5  Peta Konsep, yang menggambarkan
konten (materi/bahaan) serta proses yang akan dilaksankan

Pendidikan Agama Islam
Slide : 6  Media Gambar
Sebagai bahan untuk pengamatan siswa
yang relevan dengan isi KI-KD
 Pendidikan Agama Islam
 Slide : 7  Video sebagai bahan pengamatan
atau sebagai bahan explorasi data
Pendidikan Agama Islam
Slide : 8  Proses Menanya
Siswa dipersilahkan membuat pertanyaan
dengan syarat-srat pertanyaan.
Pendidikan Agama Islam
Slide : 9  Eksplorasi data
Siswa ditugaskan untuk mencari data dari berbagai
sumber dengan menyebut sumbernya.
 Pendidikan Agama Islam
Buku Paket PAI merupakan salah satu
data yang dapat digunakan
dalam ekplorasi data
 Pendidikan Agama Islam
Slide : 10  Proses Pengolahan Data/Analisa Data
sehingga mendapatkan kesimpulan
 Pendidikan Agama Islam
Slide : 11
Siswa mempersiapkan Peta Konsep dari hasil
proses tadi (hasil analisa tadi)
Pendidikan Agama Islam
Slide  : 12
Siswa melakukan presentasi baik kelompok 
maupun perorangan
 Pendidikan Agama Islam


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


(BERIMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH SWT)











DISUSUN OLEH :

NAMA
:
ANANG SAEPUDIN, MPdI
MATA PELAJARAN
:
Pendidikan Agama Islam
KELAS
:
XI









MAJELIS JUANG PENDIDIKAN SWADAYA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MJPS 1
KELOMPOK TEKNOLOGI DAN INDUSTRI
Jl. Cigeureung No. 19 Telp. (0265) 331356


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian          :
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas                            : XI
Pertemuan Ke               : 1-3
Semester                      : 3
Alokasi Waktu               : 3x45 menit      : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti                         :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar                     :
1.2. Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT
3.4 Memahami makna iman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
4.6 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
I.    INDIKATOR
1.  Memahami makna iman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
2.  Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
II.  MATERI POKOK
IMAN KEPADA RASUL ALLAH
A.  Fungsi Iman kepada Rasul Allah
B.  Sikap Mengimani Rasul Allah
C.     Penghayatan Iman kepada Rasul Allah
III. PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan  : Scientific ( 5 M )
Model          : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi

IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1. TAHAPAN MENGAMATI
-       Mencermati teks bacaan tentang makna dan ketentuan beriman kepada Rasul-rasul Allah SWTsecara individu maupun kelompok.

2. TAHAPAN MENANYA
-       Mengajukan pertanyaan, misalnya tentang makna dan ketentuan beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?

3. TAHAPAN EKSPLORASI
-       Diskusi tentang makna bagaimana cara mengimani Rasul-rasul Allah SWT? dalam persfektif Islam,
-       Diskusi tentang cara beriman terhadap Rasul-rasul Allah SWT?

4. TAHAPAN MENGASOSIASI
-       Menyimpulkan makna beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?

5. TAHAPAN MENGKOMUNIKASIKAN
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang  makna berimanm kepada Rasul-rasul Allah SWT?
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·      Refleksi
-       Menampilkan sikap sidiq, amanah, tabligh dan fathonah  sebagai refleksi dari iman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
Menunjukkan sikap  ketauladanan sebagai cerminan penghayatan terhadap iman kepada Rasul-rasul Allah SWT?

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1. TAHAPAN MENGAMATI
-       Mencermati teks bacaan tentang hikmah  beriman kepada Rasul-rasul Allah SWTsecara individu maupun kelompok.

2. TAHAPAN MENANYA
-        Mengajukan pertanyaan, misalnya tentang hikmah apa yang diperoleh dari beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT

3. TAHAPAN EKSPLORASI
-       Menganalisa hikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?

4. TAHAPAN MENGASOSIASI
-       Menyimpulkanhikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?

5. TAHAPAN MENGKOMUNIKASIKAN
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang tentang hikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.

105
KETIGA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1. TAHAPAN MENGAMATI
-       Mencermati teks bacaan tentang hikmah  beriman kepada Rasul-rasul Allah SWTsecara individu maupun kelompok.

2. TAHAPAN MENANYA
-        Mengajukan pertanyaan, misalnya tentang hikmah apa yang diperoleh dari beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT

3. TAHAPAN EKSPLORASI
-       Menganalisa hikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?

4. TAHAPAN MENGASOSIASI
-       Menyimpulkanhikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?

5. TAHAPAN MENGKOMUNIKASIKAN
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang tentang hikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.

105

V.  SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI. PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
a.   Penilaian Proses (Format)
NO
NAMA SISWA
KETERAMPILAN PROSES
NILAI
MENGAMATI
MENANYA
EKSPLORASI
ASOSIASI
KOMUNIKASI
1







2







3







4







5








b.   Penilaian Hasil Belajar ( Format )


NO


NAMA SISWA

NILAI
1


2


3


4


5



2.      Instrumen Penilaian

a.     Soal Pengamatan
No
Pernyataan
Pilihan Jawaban
Skor
Ya
Ragu-Ragu
Tidak
1.





2.





3.





4.





5.






Jumlah Skor





Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Ya
Ragu-Ragu
Tidak


= Skor 2
= Skor 1
= Skor 0

Skor yang
diperoleh
-------- X  100  = ----                               
Skor maksimal










b.    Soal Essay dan Soal PG


No


Butir – butir Soal

Kunci Jawaban
1


2


3


4


5



Tasikmalaya,
Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,


Drs. SIRADJUDIN,MM                                                                           ANANG SAEPUDIN, MPdI

No comments:

Post a Comment