Menyajikan perangkat pembelajaran ketika melaksanakan Peer Teaching di SMK Negeri 3 dalam pembelajaran PAI = Pendidikan Agama Islam Bab Beriman kepada Rasul-Rasul Allah Swt
1. Menyiapkan RPP untuk peer teaching ( terlampir )
2. Menyiapkan slide presentasi (power point)
3. Menyiapkan LKS (terlampir)
Slide 1 : Judul Bab yang akan di kaji bersama
Kita dapat melakukan apersepsi melalui judul
pada slide 1 ini.
Kita dapat melakukan apersepsi melalui judul
pada slide 1 ini.
Pendidikan Agama Islam
Slide 2 : Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Pada Pendahuluan Pembelajaran dapat
diinformasikan Kompetensi apa
yang akan dicapai
Pendidikan Agama Islam
Slide : 3
Ini tidak wajib hanya sekedar ingin
memberi informasi kepada siswa bahwa
buku yang relevan adalah buku
Pendidikan Agama Islam Tingkat X
Pendidikan Agama Islam
Slide : 5 Peta Konsep, yang menggambarkan
konten (materi/bahaan) serta proses yang akan dilaksankan
Pendidikan Agama Islam
konten (materi/bahaan) serta proses yang akan dilaksankan
Pendidikan Agama Islam
Slide : 6 Media Gambar
Sebagai bahan untuk pengamatan siswa
yang relevan dengan isi KI-KD
Pendidikan Agama Islam
Sebagai bahan untuk pengamatan siswa
yang relevan dengan isi KI-KD
Pendidikan Agama Islam
Slide : 7 Video sebagai bahan pengamatan
atau sebagai bahan explorasi data
Pendidikan Agama Islam
atau sebagai bahan explorasi data
Pendidikan Agama Islam
Slide : 8 Proses Menanya
Siswa dipersilahkan membuat pertanyaan
dengan syarat-srat pertanyaan.
Pendidikan Agama Islam
Siswa dipersilahkan membuat pertanyaan
dengan syarat-srat pertanyaan.
Pendidikan Agama Islam
Slide : 9 Eksplorasi data
Siswa ditugaskan untuk mencari data dari berbagai
sumber dengan menyebut sumbernya.
Pendidikan Agama Islam
Siswa ditugaskan untuk mencari data dari berbagai
sumber dengan menyebut sumbernya.
Pendidikan Agama Islam
Buku Paket PAI merupakan salah satu
data yang dapat digunakan
dalam ekplorasi data
Pendidikan Agama Islam
data yang dapat digunakan
dalam ekplorasi data
Pendidikan Agama Islam
Slide : 10 Proses Pengolahan Data/Analisa Data
sehingga mendapatkan kesimpulan
Pendidikan Agama Islam
sehingga mendapatkan kesimpulan
Pendidikan Agama Islam
Slide : 11
Siswa mempersiapkan Peta Konsep dari hasil
proses tadi (hasil analisa tadi)
Pendidikan Agama Islam
Siswa mempersiapkan Peta Konsep dari hasil
proses tadi (hasil analisa tadi)
Pendidikan Agama Islam
Slide : 12
Siswa melakukan presentasi baik kelompok
maupun perorangan
Pendidikan Agama Islam
Siswa melakukan presentasi baik kelompok
maupun perorangan
Pendidikan Agama Islam
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
(BERIMAN KEPADA
RASUL-RASUL ALLAH SWT)
DISUSUN OLEH :
NAMA
|
:
|
ANANG SAEPUDIN, MPdI
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
KELAS
|
:
|
XI
|
MAJELIS JUANG
PENDIDIKAN SWADAYA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
(SMK) MJPS 1
KELOMPOK TEKNOLOGI
DAN INDUSTRI
Jl. Cigeureung No.
19 Telp. (0265) 331356
e-mail : smkmjps1@gmail.com
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian :
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas : XI
Pertemuan Ke :
1-3
Semester : 3
Alokasi Waktu :
3x45 menit : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
1.2. Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT
3.4
Memahami makna iman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
4.6 Berperilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
I.
INDIKATOR
1. Memahami makna iman kepada
Rasul-rasul Allah SWT.
2. Berperilaku yang mencerminkan
kesadaran beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
II.
MATERI POKOK
IMAN KEPADA RASUL ALLAH
A. Fungsi Iman kepada Rasul Allah
B. Sikap Mengimani Rasul Allah
C. Penghayatan Iman kepada Rasul Allah
III.
PENDEKATAN, MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base
Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
TAHAPAN MENGAMATI
-
Mencermati teks bacaan tentang makna dan ketentuan beriman kepada Rasul-rasul Allah SWTsecara individu maupun
kelompok.
2.
TAHAPAN MENANYA
- Mengajukan
pertanyaan, misalnya tentang makna dan ketentuan beriman kepada Rasul-rasul Allah
SWT?
3.
TAHAPAN EKSPLORASI
- Diskusi tentang
makna bagaimana cara mengimani Rasul-rasul Allah SWT? dalam persfektif Islam,
- Diskusi tentang cara beriman
terhadap Rasul-rasul Allah SWT?
4.
TAHAPAN MENGASOSIASI
- Menyimpulkan makna
beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
5.
TAHAPAN MENGKOMUNIKASIKAN
- Menyajikan/melaporkan
hasil diskusi tentang makna berimanm
kepada Rasul-rasul Allah SWT?
- Menanggapi hasil
presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
- Membuat resume
pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·
Refleksi
- Menampilkan sikap sidiq,
amanah, tabligh dan fathonah sebagai
refleksi dari iman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
Menunjukkan sikap ketauladanan sebagai cerminan penghayatan terhadap iman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
TAHAPAN MENGAMATI
-
Mencermati teks bacaan tentang hikmah beriman
kepada Rasul-rasul Allah SWTsecara
individu maupun kelompok.
2.
TAHAPAN MENANYA
-
Mengajukan pertanyaan, misalnya tentang hikmah apa yang
diperoleh dari beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT
3.
TAHAPAN EKSPLORASI
- Menganalisa hikmah
beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
4.
TAHAPAN MENGASOSIASI
- Menyimpulkanhikmah
beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
5.
TAHAPAN MENGKOMUNIKASIKAN
- Menyajikan/melaporkan
hasil diskusi tentang tentang hikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
- Menanggapi hasil
presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
- Membuat resume
pembelajaran di bawah bimbingan guru.
|
105’
|
|
KETIGA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
TAHAPAN MENGAMATI
-
Mencermati teks bacaan tentang hikmah beriman
kepada Rasul-rasul Allah SWTsecara
individu maupun kelompok.
2.
TAHAPAN MENANYA
-
Mengajukan pertanyaan, misalnya tentang hikmah apa yang
diperoleh dari beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT
3.
TAHAPAN EKSPLORASI
- Menganalisa hikmah
beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
4.
TAHAPAN MENGASOSIASI
- Menyimpulkanhikmah
beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
5.
TAHAPAN MENGKOMUNIKASIKAN
- Menyajikan/melaporkan
hasil diskusi tentang tentang hikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
- Menanggapi hasil
presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
- Membuat resume
pembelajaran di bawah bimbingan guru.
|
105’
|
V.
SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilaian Proses (Format)
NO
|
NAMA SISWA
|
KETERAMPILAN PROSES
|
NILAI
|
||||
MENGAMATI
|
MENANYA
|
EKSPLORASI
|
ASOSIASI
|
KOMUNIKASI
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
b.
Penilaian Hasil Belajar ( Format )
NO
|
NAMA SISWA
|
NILAI
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
2.
Instrumen Penilaian
a.
Soal Pengamatan
No
|
Pernyataan
|
Pilihan Jawaban
|
Skor
|
||||
Ya
|
Ragu-Ragu
|
Tidak
|
|||||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
|||||||
5.
|
|||||||
Jumlah Skor
|
|||||||
Keterangan
|
Nilai
|
Nilai Akhir
|
|||||
Ya
Ragu-Ragu
Tidak
|
= Skor 2
= Skor 1
= Skor 0
|
Skor yang
diperoleh
--------
X 100
= ----
Skor maksimal
|
|||||
b.
Soal Essay dan Soal PG
No
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
Tasikmalaya,
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN,MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
No comments:
Post a Comment