Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : XII
Pertemuan Ke :
1-3
Semester : 5
Alokasi Waktu :
3x45 menit : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis dan
mengevaluasimakna iman kepada qada dan qadar
4.4 Menyajikan kaitan antara
beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. dengan
sikap
optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
I.
INDIKATOR
1. Menganalisis Iman kepada Qadha dan Qadar?
2. Mengevaluasi Pesan-pesan dengan Mengumpulkan data-data
terlebih dahulu.
3. Mengidentifikasi makna iman kepada taqdir dan memverifikasinya.
4.
Mempeta konsepkan tentang
KETERKAITAN antara Beriman kepada Qadha-Qadar dengan Sikap OPTIMIS, IKHTIAR dan
BERTAWAKAL kemudian Presentasikanlah di depan kelas !
II.
MATERI POKOK
Iman kepda Qodho dan Qodar
Makna Iman kepada qodho dan qodar
Keterkaitan antara iman kepada taqdir dengan sikap optimis, ikhtiar dan
tawakal
III.
PENDEKATAN, MODEL DAN
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base
Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati gambar pada Buku
PAI KELAS XII Halaman 19.
2. Setelah mengamati gambar tersebut, jelaskan dari masing-masing
gambar PESAN apa yang terkandung di dalamnya berkaitan dengan Iman kepada
Qadha dan Qadar?
3. Mengevaluasi Pesan-pesan dengan Mengumpulkan data-data terlebih
dahulu.
4. Mempresentasikan di depan kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
|
Pertemuan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Buku PAI
Halaman 26 - 29 tentang MAKNA Iman kepada takdir
Allah SWT
2. Mengidentifikasi makna iman kepada taqdir dan memverifikasinya.
3. Buatkan peta pemikiran tentang MAKNA iman kepada takdir Allah
SWT ! dan
mempresentasikan !
|
105’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
15’
|
KETIGA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
105’
|
Buatkan PETA PEMIKIRAN
(Peta Konsep) tentang KETERKAITAN antara Beriman kepada Qadha-Qadar dengan
Sikap OPTIMIS, IKHTIAR dan BERTAWAKAL kemudian Presentasikanlah di depan
kelas !
|
15’
|
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b. Umpan balik
c. Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
|
V.
SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI.
PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG SAEPUDIN, MPdI
...................................................................................................................
LKS BAB II
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI MAKNA IMAN KEPADA
QADA DAN QADAR
KOMPETENSI DASAR :
3.4 Menganalisis dan
mengevaluasimakna iman kepada qada dan qadar
4.4 Menyajikan kaitan antara
beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. dengan
sikap
optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.
Mengamati gambar pada Buku PAI KELAS XII Halaman 19.
2. Setelah mengamati gambar tersebut, jelaskan dari masing-masing
gambar PESAN apa yang terkandung di dalamnya berkaitan dengan Iman kepada Qadha
dan Qadar?
GAMBAR
|
PESAN
PADA GAMBAR
|
Perbuatan orang tersebut tidak sesuai dengan konsep ikhtiar
yang telah ditentukan Allah SWT
|
|
GAMBAR
|
PESAN
PADA GAMBAR
|
3. Mengevaluasi Pesan-pesan dengan Mengumpulkan data-data terlebih
dahulu.
NO.
|
PESAN
– PESAN
|
EVALUASI
|
1.
|
Perbuatan orang tersebut tidak
sesuai dengan konsep ikhtiar yang telah ditentukan Allah SWT
|
Pesan ini dapat dibenarkan, Karena telah sesuai dengan QS……
dan Hadits…… serta…… dimana manusia wajib berikhtiar dan berusaha.
|
1.
Mempresentasikan di depan kelas
LKS BAB II
PERTEMUAN KE-2
MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI MAKNA IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
KOMPETENSI DASAR :
3.4 Menganalisis dan mengevaluasi
makna iman kepada qada dan qadar
4.4 Menyajikan kaitan antara
beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan
sikap
optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN :
1. Mengamati
Buku PAI Halaman 26 - 29 tentang MAKNA Iman kepada takdir
Allah SWT
2. Mengidentifikasi makna iman kepada
taqdir dan memverifikasinya.
No.
|
Makna Iman Pada
Takdir
|
Sumber Data
|
Hasil Verifikasi
|
1.
|
Meyakini segala sesuatu merupakan Ketentuan
dari Allah Swt
|
QS…….
Hadits…..
Buku
PAI
|
Meyakini
segalanya dari Allah merupakan hal yg benar sesuai dg data-data sbb
:…………………………………
|
2.
|
3. Buatkan peta pemikiran tentang MAKNA iman
kepada takdir Allah SWT ! dan
mempresentasikan !
LKS BAB II
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KAITAN ANTARA IMAN KEPADA QADHA-QADAR DENGAN SIKAP OPTIMIS-IKHTIAR-TAWAKAL
KOMPETENSI DASAR :
3.4 Menganalisis dan
mengevaluasimakna iman kepada qada dan qadar
4.4
Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan
sikap
optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
Buatkan
PETA PEMIKIRAN (Peta Konsep) tentang KETERKAITAN antara Beriman kepada
Qadha-Qadar dengan Sikap OPTIMIS, IKHTIAR dan BERTAWAKAL kemudian Presentasikanlah
di depan kelas !
JUDUL
PETA PEMIKIRAN/PETA KONSEP : ………………………………………………………………………..
No comments:
Post a Comment