RPP PAI SMK KLS XII - BAB 02 - TH.20016-2017 - IMAN PADA QODHO DAN QODAR



Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian          :
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas                            : XII
Pertemuan Ke               : 1-3
Semester                      : 5
Alokasi Waktu               : 3x45 menit      : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti                         :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar                     :
3.4    Menganalisis dan mengevaluasimakna iman kepada qada dan qadar
4.4     Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. dengan
          sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.


I.    INDIKATOR
1.      Menganalisis Iman kepada Qadha dan Qadar?
2.      Mengevaluasi Pesan-pesan dengan Mengumpulkan data-data terlebih dahulu.
3.      Mengidentifikasi makna iman kepada taqdir  dan memverifikasinya.
4.      Mempeta konsepkan tentang KETERKAITAN antara Beriman kepada Qadha-Qadar dengan Sikap OPTIMIS, IKHTIAR dan BERTAWAKAL kemudian Presentasikanlah di depan kelas !

II.  MATERI POKOK
Iman kepda Qodho dan Qodar
Makna Iman kepada qodho dan qodar
Keterkaitan antara iman kepada taqdir dengan sikap optimis, ikhtiar dan tawakal

III. PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan            : Scientific ( 5 M )
Model          : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode       : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi

IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.    Mengamati gambar  pada Buku PAI KELAS XII Halaman 19.
2.    Setelah mengamati gambar tersebut, jelaskan dari masing-masing gambar PESAN apa yang terkandung di dalamnya berkaitan dengan Iman kepada Qadha dan Qadar?
3.    Mengevaluasi Pesan-pesan dengan Mengumpulkan data-data terlebih dahulu.
4.    Mempresentasikan di depan kelas

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’
Pertemuan
Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1. Mengamati  Buku PAI Halaman 26 - 29 tentang MAKNA Iman kepada takdir         
    Allah SWT
2. Mengidentifikasi makna iman kepada taqdir  dan memverifikasinya.
3. Buatkan peta pemikiran tentang MAKNA iman kepada takdir Allah SWT ! dan         
     mempresentasikan !

105

C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’

KETIGA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

105

Buatkan PETA PEMIKIRAN (Peta Konsep) tentang KETERKAITAN antara Beriman kepada Qadha-Qadar dengan Sikap OPTIMIS, IKHTIAR dan BERTAWAKAL kemudian Presentasikanlah di depan kelas !

15’




C. Kegiatan Penutup
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran, Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.



V.  SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar

VI. PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI


...................................................................................................................




LKS BAB II
PERTEMUAN KE-1

MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI MAKNA IMAN KEPADA

QADA DAN QADAR

KOMPETENSI DASAR :
3.4    Menganalisis dan mengevaluasimakna iman kepada qada dan qadar
4.4     Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadarAllah Swt. dengan
          sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1.    Mengamati gambar  pada Buku PAI KELAS XII Halaman 19.
     
2. Setelah mengamati gambar tersebut, jelaskan dari masing-masing gambar PESAN apa yang terkandung di dalamnya berkaitan dengan Iman kepada Qadha dan Qadar?

GAMBAR
PESAN PADA GAMBAR


Perbuatan orang tersebut tidak sesuai dengan konsep ikhtiar yang telah ditentukan Allah SWT










GAMBAR
PESAN PADA GAMBAR














3. Mengevaluasi Pesan-pesan dengan Mengumpulkan data-data terlebih dahulu.
NO.
PESAN – PESAN
EVALUASI
1.
Perbuatan orang tersebut tidak sesuai dengan konsep ikhtiar yang telah ditentukan Allah SWT
Pesan ini dapat dibenarkan, Karena telah sesuai dengan QS…… dan Hadits…… serta…… dimana manusia wajib berikhtiar dan berusaha.























1.       Mempresentasikan di depan kelas
LKS BAB II
PERTEMUAN KE-2

MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI MAKNA IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR

KOMPETENSI DASAR :
3.4    Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada qada dan qadar
4.4     Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan
          sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
1. Mengamati  Buku PAI Halaman 26 - 29 tentang MAKNA Iman kepada takdir         
    Allah SWT
2. Mengidentifikasi makna iman kepada taqdir  dan memverifikasinya.

No.
Makna Iman Pada Takdir
Sumber Data
Hasil Verifikasi
1.
Meyakini segala sesuatu merupakan Ketentuan dari Allah Swt

QS…….
Hadits…..
Buku PAI
Meyakini segalanya dari Allah merupakan hal yg benar sesuai dg data-data sbb :…………………………………
2.







3. Buatkan peta pemikiran tentang MAKNA iman kepada takdir Allah SWT ! dan         
     mempresentasikan !



LKS BAB II
PERTEMUAN KE-3

MENYAJIKAN KAITAN ANTARA IMAN KEPADA QADHA-QADAR DENGAN SIKAP OPTIMIS-IKHTIAR-TAWAKAL

KOMPETENSI DASAR :
3.4    Menganalisis dan mengevaluasimakna iman kepada qada dan qadar
4.4    Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan
          sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN :
Buatkan PETA PEMIKIRAN (Peta Konsep) tentang KETERKAITAN antara Beriman kepada Qadha-Qadar dengan Sikap OPTIMIS, IKHTIAR dan BERTAWAKAL kemudian Presentasikanlah di depan kelas !

JUDUL PETA PEMIKIRAN/PETA KONSEP : ………………………………………………………………………..




No comments:

Post a Comment