RPP PAI SMK KLS XII - BAB 03 - TH.2016-2017 - BERFIKIR KRITIS



Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian          :
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas                            : XII
Pertemuan Ke               : 1-4
Semester                      : 5
Alokasi Waktu               : 3 x 45     : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar :
3.1       Menganalisis dan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. 
             Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis.
4.1.1    Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran / 3: 159;     sesuai 
             dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf.
4.1.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/
           3: 159 dengan lancar.
4.1.3    Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-                      
          orang berakal (ulil albab) sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/190-191.
4.1.4   Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak 
             Memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159.


I.    INDIKATOR
1.    Menjelaskan  keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang berakal
2.    Mengidentifikasi ciri-ciri orang berakal dan ciri orang berfikir kritis
3.    Menganalisis ayat (QS. Ali Imran : 190-191)
4.    Menemukan PROBLEM dari ayat

II.  MATERI POKOK
1.        Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits  tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
2.        Sikap Jujur, disiplin, tanggungjawab,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif)

III. PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan            : Scientific ( 5 M )
Model                      : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode                   : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi



IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, dan mengabsen
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1.  Mengamati cuplikan Ayat Al Qur'an di atas yang terdapat pada buku PAI SMK   Kelas  XII  halaman 41 !
2.  Melalui pengamatan , temukanlah PROBLEM apa saja yang ada, jika  ditinjau dari segi kaidah  ILMU TAZWID !
3.  Mengumpulkan data-data berkaitan dengan problem tersebut : ( dari Al-Qur'an dan buku ilmu tazwid )
4.  Melakukan pembuktian (verifikasi) (evaluasi)

105

C. Kegiatan Akhir
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.   Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman

15’

KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1. Mengamati  ayat Al-Qur'an berikut : QS. Ali Imran : 190-191
2. Menganalisis ayat (QS. Ali Imran : 190-191)
3. Membuat  peta konsep (peta pemikiran) TENTANG AYAT DI ATAS !  kemudian presentasikan di depan

105

C. Kegiatan Akhir
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.   Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman

15’

KETIGA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’


B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Buku PAI KELAS XII halaman 44-49
2. Mengidentifikasi ciri-ciri orang berakal dan ciri orang berfikir kritis
3. Membuat tabel keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang berakal
4. Pengumpulan data-data tentang sikap kritis dan ciri orang berakal
5. Mempresentasikan di depan kelas

105

C. Kegiatan Akhir
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.   Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman

15’

V.  SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar

VI. PENILAIAN
1.   Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.   Bentuk : Uraian
3.   Intrumen Penilaian
a.   Penilaian Sikap (Afektif)
No
Nama Siswa/ Kelompok
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.     Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.     Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.     Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c    Mengajukan usul pemecahan masalah.
d    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.   Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.   Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








     Indikator Penilaian Keterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4

c.  Penilaian Pengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




             Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor








Skor maksimal
12
           
            Indikator penilaian
     1.. Tinjauan makna iman pada Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.      Perbedaan iman pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua  dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2


Diketahui oleh :                                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,




Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG SAEPUDIN, MPdI


...................................................................................................................

LKS BAB III
PERTEMUAN KE-1
BERFIKIR KRITIS DAN DEMOKRATIS
(ANALISIS DAN EVALUASI QS. ALI IMRAN : 190-191)


Tertulis di Buku PAI SMK Kelas XII halaman 41 : QS. ALI IMRAN 190-191 :
1.  Perhatikan dan amatilah cuplikan Ayat Al Qur'an di atas yang terdapat pada buku PAI SMK   Kelas  XII  halaman 41 !
2.  Melalui pengamatan anda, temukanlah PROBLEM apa saja yang ada, jika  ditinjau dari segi kaidah  ILMU TAZWID !
NO.
PROBLEM
PADA KATA/KALIMAT
SOLUSI AWAL
1.
Huruf WAWU ada sukun
Huruf wawu tidak pakai tanda sukun







3.  Mengumpulkan data-data berkaitan dengan problem tersebut : ( dari Al-Qur'an dan buku ilmu tazwid ) atau dari sumber lain : (hasil diskusi dg teman, dan pendapat guru)
4.  Melakukan pembuktian (verifikasi) (evaluasi)
     Contoh :
     Verifikasi pada problem ke-1 :
Setelah mengamati  QS. Ali Imran 190-191 ditemukan satu problem yaitu Huruf wawu memakai tanda sukun. Hal ini merupakan benar-benar problem berdasarkan data-data sebagai berikut :
a.      Data dari Al Qur’an QS. Ali Imran 190-191, dimana huruf wawu tidak memakai tanda sukun (mati) berarti terjadi perbedaan dan inilah yang disebut problem
b.      Data dari Ilmu Tazwid …………
       Jadi kesimpulannya…………………………………….

LKS BAB III
PERTEMUAN KE-2
BERFIKIR KRITIS DAN DEMOKRATIS
(ANALISIS DAN EVALUASI QS. ALI IMRAN : 190-191)

1. Mengamati  ayat Al-Qur'an berikut : QS. Ali Imran : 190-191
190. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,
191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka.

2. Menganalisis ayat (QS. Ali Imran : 190-191)
    Langkah-langkah :
a.       Identifikasi terlebih dahulu isi kandungan ayat tersebut !
NO.
TAHAP 2
MEMILIH INDUK
TAHAP 1
MENGURAI AYAT
TAHAP 3
MEMILIH CABANG
1
Tanda Kekuasaan Allah SWT
Penciptaan
Langit








Membuat peta konsep ! dan  Presentasi

BAB III
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN KETERKAITAN ANTARA SIKAP KRITIS
DENGAN CIRI ORANG BERAKAL

1. Mengamati Buku PAI KELAS XII halaman 44-49
2. Mengidentifikasi ciri-ciri orang berakal dan ciri orang berfikir kritis
3. Membuat tabel keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang berakal
KETERKAITAN ANTARA BERFIKIR KRITIS DAN CIRI ORG BERAKAL
CIRI BERFIKIR KRITIS
Berfikir Kedepan



CIRI BERAKAL
Berzikir




Beramal untuk akhirat
































4. Pengumpulan data-data tentang sikap kritis dan ciri orang berakal
5. Mempresentasikan di depan kelas

No comments:

Post a Comment