Pendidikan
Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK-MJPS 1
Tasikmalaya
Program Keahlian :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas :
XII
Pertemuan
Ke : 1-4
Semester : 5
Alokasi
Waktu : 3 x 45
: 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.1
Menganalisis dan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S.
Ali
Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis.
4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran / 3: 159; sesuai
dengan
kaidah tajwid dan makharijulhuruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/
3: 159 dengan lancar.
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-
orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/190-191.
4.1.4 Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak
Memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159.
I.
INDIKATOR
1.
Menjelaskan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang berakal
2.
Mengidentifikasi ciri-ciri orang berakal dan ciri orang
berfikir kritis
3.
Menganalisis ayat (QS. Ali Imran : 190-191)
4.
Menemukan PROBLEM dari ayat
II. MATERI POKOK
1.
Q.S.
Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis.
2.
Sikap Jujur, disiplin,
tanggungjawab, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro- aktif)
III. PENDEKATAN, MODEL DAN
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem
Base Learning, Project Base Learing
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, dan mengabsen
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati cuplikan Ayat Al Qur'an di atas yang terdapat pada buku PAI
SMK Kelas XII
halaman 41 !
2. Melalui pengamatan ,
temukanlah PROBLEM apa saja yang ada, jika
ditinjau dari segi kaidah ILMU
TAZWID !
3. Mengumpulkan data-data
berkaitan dengan problem tersebut : ( dari Al-Qur'an dan buku ilmu tazwid )
4. Melakukan pembuktian
(verifikasi) (evaluasi)
|
105’
|
|
C. Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.
Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman
|
15’
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati ayat Al-Qur'an berikut : QS. Ali Imran :
190-191
2. Menganalisis ayat (QS.
Ali Imran : 190-191)
3. Membuat peta konsep (peta pemikiran) TENTANG AYAT
DI ATAS ! kemudian presentasikan di
depan
|
105’
|
|
C. Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.
Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman
|
15’
|
KETIGA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Buku PAI KELAS
XII halaman 44-49
2. Mengidentifikasi
ciri-ciri orang berakal dan ciri orang berfikir kritis
3. Membuat tabel keterkaitan
antara sikap kritis dengan ciri orang berakal
4. Pengumpulan data-data
tentang sikap kritis dan ciri orang berakal
5. Mempresentasikan di
depan kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.
Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman
|
15’
|
V. SUMBER
BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI. PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
...................................................................................................................
LKS BAB III
PERTEMUAN KE-1
BERFIKIR
KRITIS DAN DEMOKRATIS
(ANALISIS
DAN EVALUASI QS. ALI IMRAN : 190-191)
Tertulis di Buku PAI SMK Kelas XII halaman 41
: QS. ALI IMRAN 190-191 :
1. Perhatikan dan amatilah cuplikan Ayat Al
Qur'an di atas yang terdapat pada buku PAI SMK Kelas XII halaman
41 !
2. Melalui pengamatan anda, temukanlah PROBLEM
apa saja yang ada, jika ditinjau dari
segi kaidah ILMU TAZWID !
NO.
|
PROBLEM
|
PADA
KATA/KALIMAT
|
SOLUSI
AWAL
|
1.
|
Huruf WAWU ada sukun
|
Huruf wawu tidak pakai tanda
sukun
|
|
3. Mengumpulkan data-data
berkaitan dengan problem tersebut : ( dari
Al-Qur'an dan buku ilmu tazwid ) atau dari sumber lain : (hasil diskusi dg
teman, dan pendapat guru)
4. Melakukan
pembuktian (verifikasi) (evaluasi)
Contoh :
Verifikasi pada problem ke-1 :
Setelah
mengamati QS. Ali Imran 190-191
ditemukan satu problem yaitu Huruf wawu memakai tanda sukun. Hal ini merupakan
benar-benar problem berdasarkan data-data sebagai berikut :
a.
Data dari Al Qur’an QS.
Ali Imran 190-191, dimana huruf wawu tidak memakai tanda sukun (mati) berarti
terjadi perbedaan dan inilah yang disebut problem
b.
Data dari Ilmu Tazwid
…………
Jadi
kesimpulannya…………………………………….
LKS BAB III
PERTEMUAN KE-2
BERFIKIR
KRITIS DAN DEMOKRATIS
(ANALISIS
DAN EVALUASI QS. ALI IMRAN : 190-191)
1.
Mengamati ayat Al-Qur'an berikut : QS.
Ali Imran : 190-191
190. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi,
dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang
yang berakal,
191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil
berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang
penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah
Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami
dari siksa neraka.
2. Menganalisis
ayat (QS. Ali Imran : 190-191)
Langkah-langkah :
a.
Identifikasi terlebih dahulu isi kandungan ayat tersebut !
NO.
|
TAHAP 2
MEMILIH INDUK
|
TAHAP 1
MENGURAI AYAT
|
TAHAP 3
MEMILIH CABANG
|
1
|
Tanda Kekuasaan Allah
SWT
|
Penciptaan
|
Langit
|
Membuat peta konsep ! dan
Presentasi
BAB
III
PERTEMUAN KE-3
MENYAJIKAN
KETERKAITAN ANTARA SIKAP KRITIS
DENGAN
CIRI ORANG BERAKAL
1.
Mengamati Buku PAI KELAS XII halaman 44-49
2.
Mengidentifikasi ciri-ciri orang berakal dan ciri orang berfikir kritis
3.
Membuat tabel keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang berakal
KETERKAITAN
ANTARA BERFIKIR KRITIS DAN CIRI ORG BERAKAL
|
CIRI BERFIKIR KRITIS
|
|||
Berfikir Kedepan
|
||||
CIRI BERAKAL
|
Berzikir
|
Beramal
untuk akhirat
|
||
4.
Pengumpulan data-data tentang sikap kritis dan ciri orang berakal
5.
Mempresentasikan di depan kelas
No comments:
Post a Comment