Pendidikan
Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK-MJPS 1
Tasikmalaya
Program Keahlian :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas :
XII
Pertemuan
Ke : 1-4
Semester : 5
Alokasi
Waktu : 3 x 45
: 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.1
Menganalisisdan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S.
Ali
Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis.
4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran / 3: 159; sesuai dengan
kaidah tajwid
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/ 3: 159
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-
orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/190-191.
4.1.4 Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak
Memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159.
I.
INDIKATOR
Menganalisisdan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali
Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis
II. MATERI POKOK
1.
Q.S. Ali Imran (3): 190-191,
dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits
tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
2.
Perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro- aktif.
III. PENDEKATAN, MODEL DAN
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base
Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, dan mengabsen
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Amatilah ayat Al-Qur'an
berikut : QS. Ali Imran : 159 :
2. Analisislah ayat di atas
(dari segi isi kandungan) :
3. Membuat peta konsep (peta
pemikiran) ayat tersebut ! DAN
4. Mempresentasikan di depan
kelas.
|
105’
|
|
C. Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.
Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman
|
15’
|
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, dan mengabsen
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana
Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Buku PAI KELAS
XII halaman 44-49
2. Mengidentifikasi sikap demokratis dan sikap tidak memaksakan
kehendak
3. Membuat tabel/peta keterkaitan antara sikap demokratis
dengan sikap tidak memaksakan kehendak
4. Pengumpulan data-data tentang sikap
demokrasi dan tidak memaksakan kehendak
5. Mempresentasikan di depan kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.
Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman
|
15’
|
V. SUMBER
BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
LKS BAB IV
PERTEMUAN KE-1
BERFIKIR
KRITIS DAN DEMOKRATIS
(ANALISIS
QS. ALI IMRAN : 159)
1.
Amatilah ayat Al-Qur'an berikut : QS. Ali Imran : 159 :
159. Maka disebabkan rahmat
dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu
bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari
sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan
bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. kemudian apabila kamu
telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah
menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.
2.
Analisislah ayat di atas (dari segi isi kandungan) :
Langkah-langkah :
a.
Mengidentifikasi isi kandungan ayat tersebut !
No.
|
ISI KANDUNGAN
QS. ALI IMRAN 159
|
MAKNA
QS. ALI IMRAN 159
|
1.
|
||
a.
Membuat peta konsep (peta pemikiran) ayat tersebut ! DAN Mempresentasikan
di depan kelas.
LKS BAB IV
PERTEMUAN KE-2
MENYAJIKAN KETERKAITAN ANTARA DEMOKRATIS DENGAN SIKAP TIDAK MEMAKSA
1.
Mengamati Buku PAI KELAS XII halaman 44-49
2. Mengidentifikasi sikap demokratis dan sikap tidak memaksakan
kehendak
3. Membuat tabel/peta keterkaitan antara sikap demokratis dengan sikap
tidak memaksakan kehendak
No.
|
SIKAP DEMOKRATIS
|
SIKAP TIDAK MEMAKSAKAN KEHENDAK
|
KETERKAITAN
|
1
|
Bermusyawarah
|
Menghormati pendapat orang lain
|
Dapat menerima hasil musyawarah
|
4.
Pengumpulan data-data tentang sikap demokrasi dan tidak memaksakan
kehendak
5. Mempresentasikan di depan kelas
No comments:
Post a Comment