RPP PAI SMK KLS XII - BAB 04 - TH.2016-2017 - BERFIKIR DEMOKRATIS



Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian          :
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas                            : XII
Pertemuan Ke               : 1-4
Semester                      : 5
Alokasi Waktu               : 3 x 45     : 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1)     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar :
3.1       Menganalisisdan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. 
             Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis.
4.1.1    Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran / 3: 159; sesuai  dengan kaidah tajwid 
4.1.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/ 3: 159 
4.1.3    Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-                      
          orang berakal (ulil albab) sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/190-191.
4.1.4   Menyajikan keterkaitan antara demokrasi dengan sikap tidak 
             Memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 159.


I.    INDIKATOR
     Menganalisisdan mengevaluasi maknaQ.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan demokratis

II.  MATERI POKOK
1.        Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits  tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
2.        Perilaku  jujur, disiplin, tanggungjawab,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif.

III. PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan  : Scientific ( 5 M )
Model          : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi


IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Rincian Kegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, dan mengabsen
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
     1. Amatilah ayat Al-Qur'an berikut : QS. Ali Imran : 159 :
     2. Analisislah ayat di atas (dari segi isi kandungan) :
3. Membuat peta konsep (peta pemikiran) ayat tersebut ! DAN
4. Mempresentasikan di depan kelas.

105

C. Kegiatan Akhir
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.   Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman

15’
KEDUA
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, dan mengabsen
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.

15’

B. Kegiatan Inti
1. Mengamati Buku PAI KELAS XII halaman 44-49
2. Mengidentifikasi  sikap demokratis dan sikap tidak memaksakan kehendak
3. Membuat tabel/peta keterkaitan antara sikap demokratis dengan sikap tidak memaksakan kehendak
4.  Pengumpulan data-data tentang sikap demokrasi dan tidak memaksakan kehendak     
 5. Mempresentasikan di depan kelas

105

C. Kegiatan Akhir
a.   Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.   Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman

15’


V.  SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar











LKS BAB IV
PERTEMUAN KE-1
BERFIKIR KRITIS DAN DEMOKRATIS
(ANALISIS QS. ALI IMRAN : 159)

1. Amatilah ayat Al-Qur'an berikut : QS. Ali Imran : 159 :

159. Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

2. Analisislah ayat di atas (dari segi isi kandungan) :
    Langkah-langkah :
a.       Mengidentifikasi isi kandungan ayat tersebut !
No.
ISI KANDUNGAN
QS. ALI IMRAN 159
MAKNA
QS. ALI IMRAN 159
1.











a.       Membuat peta konsep (peta pemikiran) ayat tersebut ! DAN Mempresentasikan di depan kelas.


LKS BAB IV
PERTEMUAN KE-2

MENYAJIKAN KETERKAITAN ANTARA DEMOKRATIS DENGAN SIKAP TIDAK MEMAKSA


1. Mengamati Buku PAI KELAS XII halaman 44-49
2. Mengidentifikasi  sikap demokratis dan sikap tidak memaksakan kehendak
3. Membuat tabel/peta keterkaitan antara sikap demokratis dengan sikap tidak memaksakan kehendak

No.

SIKAP DEMOKRATIS
SIKAP TIDAK MEMAKSAKAN KEHENDAK

KETERKAITAN
1
Bermusyawarah
Menghormati pendapat orang lain

Dapat menerima hasil musyawarah









4.  Pengumpulan data-data tentang sikap demokrasi dan tidak memaksakan kehendak     
 5. Mempresentasikan di depan kelas

No comments:

Post a Comment