Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : XII
Pertemuan Ke :
1-4
Semester : 5
Alokasi Waktu :
3x45 menit
: 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti :
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis
dan mengevaluasi makna
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-
Baqarah:83, serta hadis tentang kewajiban
beribadah dan bersyukur
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
4.2.1
Membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah:83
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al
Baqarah: 83
4.2.3
Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur
kepada
Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia
sesuai
pesan Q.S. Luqman/31: 13-14
dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.
I.
INDIKATOR
Menganalisis Q.S. Luqman (31): 13-14 dan
Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits tentang saling menasihati dan berbuat
baik (ihsan).
Mengidentifikasi
permasalahan yang ada pada QS. Luqman : 13-14 dan Hadits Nabi Muhammad SAW ditinjau dari segi tazwid
Mengidentifikasi pesan-pesan yang terdapat
pada gambar di atas kaitannya dengan
saling menasihati
II.
MATERI POKOK
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah:83, serta hadis tentang kewajiban
beribadah dan bersyukur
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
Keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur kepada
Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia
sesuai Pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.
III. PENDEKATAN, MODEL DAN
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base
Learing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Rincian Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
|
PERTAMA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, dan mengabsen
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1.
Mengamati gambar di bawah ini, terdapat pada Buku PAI Kelas
XII halaman 78
2.
Mengidentifikasi pesan-pesan yang terdapat pada gambar di atas kaitannya dengan saling menasihati
3.
Mencari data pendukung
terkait dengan pesan-pesan yang teridentifikasi mislnya : dari Alqur’an, Hadits Nabi Saw,
Buku Agama, Internet, dll.
4.
Membuat Peta Konsep kemudian mempresentasikan di depan kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.
Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman
|
15’
|
KEDUA
|
A. Kegiatan Awal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan.
|
15’
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati TULISAN QS. Luqman : 13-14 pada BUKU PAI Kels XII
halaman 81.
2. Mengidentifikasi permasalahan yang ada pada QS. Luqman : 13-14 dan
Hadits Nabi Muhammad SAW ditinjau dari
segi tazwid.
3. Memverifikasi permasalahan dengan bantuan data-data dan memberikan
solusi terkait permasalahan yang ditemukan, KEMUDIAN mempresentasikan di
depan kelas
|
105’
|
|
C. Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
b.
Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman
|
15’
|
V. SUMBER
BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI. PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.
Bentuk : Uraian
3.
Intrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Nama
Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
Santun
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a. Tertib
mengikuti instruksi
b. Mengerjakan
tugas tepat waktu
c. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
d.
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas.
Kategori
nilai sikap:
a. Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c. Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
|||
(10 % )
|
(20 %)
|
(30 %)
|
(20%)
|
(20)
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Mengamati
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Menanya
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengumpulkan data
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengasosiasi
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
||
Mengkomunikasikan
|
4
|
|
3
|
||
2
|
||
1
|
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c.
Penilaian Pengetahuan
NO
|
Nama Siswa
|
NILAI
ULANGAN/UTS/UAS
|
|||||||
UH
|
UH
|
UTS
|
UH
|
UH
|
UAS
|
JUMLAH
|
RATA-RATA
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
-
|
Jawaban
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Skor
maksimal
|
12
|
Indikator penilaian
1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1) Jika menjawab empat dengan benar skor 4
2) Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3) Jika menjawab dua
dengan benar skor 2
4) Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1) Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
2) Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3) Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3. Jika menjawab dua
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh : Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM ANANG
SAEPUDIN, MPdI
...................................................................................................................
LKS BAB V
PERTEMUAN KE-1
SALING
MENASIHATI
(ANALISIS
DAN EVALUASI QS. LUQMAN : 13-14)
Mengamati gambar di bawah ini, terdapat
pada Buku PAI Kelas XII halaman 78
Mengidentifikasi pesan-pesan yang terdapat pada gambar di atas kaitannya dengan saling menasihati
1.
GAMBAR
|
PESAN
PADA GAMBAR
|
1.
GAMBAR
|
PESAN
PADA GAMBAR
|
Mencari data pendukung terkait dengan pesan-pesan yang
teridentifikasi mislnya
: dari Alqur’an, Hadits Nabi Saw, Buku Agama, Internet, dll.
Membuat Peta
Konsep kemudian mempresentasikan di
depan kelas
LKS BAB V
PERTEMUAN KE-2
SALING
MENASIHATI
(ANALISIS
DAN EVALUASI QS. LUQMAN : 13-14)
Mengamati TULISAN QS. Luqman : 13-14 pada BUKU
PAI Kels XII halaman 81.
Hadits Nabi Muhammad Saw : Buku PAI Kelas XII
Halaman 85.
QS. Al Baqoroh : 83 ( Buku PAI Kelas XII Halaman 102 )
Mengidentifikasi permasalahan yang ada pada
QS. Luqman : 13-14 dan Hadits Nabi Muhammad SAW ditinjau dari segi tazwid.
NO.
|
PROBLEM
|
PADA
KATA/KALIMAT
|
SOLUSI
AWAL
|
1.
|
Huruf WAWU ada sukun
|
Huruf wawu tidak pakai tanda
sukun
|
|
2.
|
Memverifikasi permasalahan dengan bantuan
data-data dan memberikan solusi terkait permasalahan yang ditemukan, KEMUDIAN mempresentasikan
di depan kelas
No comments:
Post a Comment