Pendidikan Agama Islam
(PAI) SMK - Anang Saepudin, MPdI
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               :
SMK-MJPS 1 Tasikmalaya
Program Keahlian          :
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas                            : XII
Pertemuan Ke               :
1-4
Semester                      : 5
Alokasi Waktu               :
 3x45 menit    
: 1 Minggu
---------------------------------------------------------------------
Kompetensi Inti                         :
(KI-1)     Menghayati dan
mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3)     Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan 
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak  terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar                     :
3.2       Menganalisis
dan mengevaluasi makna
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-
Baqarah:83, serta hadis tentang kewajiban
beribadah dan bersyukur 
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
4.2.1   
Membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah:83 
4.2.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan  Q.S. Al
Baqarah: 83
4.2.3   
Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur
             kepada
Allah dengan berbuat baik terhadap  sesama manusia
sesuai 
             pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 
dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.
I.   
INDIKATOR
Menganalisis Q.S. Luqman (31): 13-14 dan
Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits tentang saling menasihati dan berbuat
baik (ihsan).
Mengidentifikasi
permasalahan yang ada pada QS. Luqman : 13-14 dan Hadits Nabi Muhammad SAW ditinjau  dari segi tazwid
Mengidentifikasi  pesan-pesan yang terdapat
pada gambar  di atas kaitannya dengan
saling menasihati
II. 
MATERI POKOK
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah:83, serta hadis tentang kewajiban
beribadah dan bersyukur 
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
Keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur   kepada
Allah dengan berbuat baik terhadap  sesama manusia
sesuai  Pesan Q.S. Luqman/31: 13-14  dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.
III. PENDEKATAN, MODEL DAN
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan  : Scientific ( 5 M )
Model          : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base
Learing
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Rincian Kegiatan 
 | 
  
Waktu 
( menit ) 
 | 
 |
PERTAMA 
 | 
  
A. Kegiatan Awal 
- Salam, berdo’a, tadarus 
- Memeriksa kesiapan siswa, dan mengabsen 
- Apersepsi 
- Motivasi 
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan. 
 | 
  
15’ 
 | 
 
B. Kegiatan Inti 
1.       
  Mengamati gambar di bawah ini, terdapat pada Buku PAI Kelas
  XII halaman 78 
2.       
  Mengidentifikasi  pesan-pesan yang terdapat pada gambar  di atas kaitannya dengan saling menasihati 
3.       
  Mencari data pendukung
  terkait dengan pesan-pesan yang teridentifikasi mislnya : dari Alqur’an, Hadits Nabi Saw,
  Buku Agama, Internet, dll. 
4.       
  Membuat Peta Konsep  kemudian mempresentasikan di depan kelas 
 | 
  
105’ 
 | 
 |
C. Kegiatan Akhir 
a.  
  Refleksi 
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran  
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya 
b.  
  Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman 
 | 
  
15’ 
 | 
 
KEDUA 
 | 
  
A. Kegiatan Awal 
- Salam, berdo’a, tadarus 
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi 
- Apersepsi 
- Motivasi 
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & Rencana Kegiatan. 
 | 
  
15’ 
 | 
 
B. Kegiatan Inti 
1.    Mengamati TULISAN QS. Luqman : 13-14 pada BUKU PAI Kels XII
  halaman 81. 
2.    Mengidentifikasi permasalahan yang ada pada QS. Luqman : 13-14 dan
  Hadits Nabi Muhammad SAW ditinjau  dari
  segi tazwid. 
3.    Memverifikasi permasalahan dengan bantuan data-data dan memberikan
  solusi terkait permasalahan yang ditemukan, KEMUDIAN mempresentasikan di
  depan kelas 
 | 
  
105’ 
 | 
 |
C. Kegiatan Akhir 
a.  
  Refleksi 
Kesan dan pesan selama proses pembelajaran  
Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya 
b.  
  Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman 
 | 
  
15’ 
 | 
 
V.  SUMBER
BELAJAR
Al-Qur’an
dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar
VI. PENILAIAN
1.  
Teknik : Tes Tulis, Observasi
2.  
Bentuk : Uraian
3.  
Intrumen Penilaian
a.  
Penilaian Sikap (Afektif)
No 
 | 
  
Nama
  Siswa/ Kelompok 
 | 
  
Jujur 
 | 
  
Tanggung
  Jawab 
 | 
  
Disiplin 
 | 
  
Santun 
 | 
  
Nilai Akhir 
 | 
 ||||||||||||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
 |||
1. 
 | 
  ||||||||||||||||||
2. 
 | 
  ||||||||||||||||||
Dst 
 | 
  ||||||||||||||||||
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.     Tertib
mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan
tugas tepat waktu
c.      Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.    
Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
b.    
Tidak menutupi kesalahan yang
terjadi
c.    
Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain 
d.    
Mencantumkan sumber belajar dari
yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a   
Pelaksanaan tugas
piket secara teratur.
b   
Peran serta aktif
dalam kegiatan diskusi kelompok
c   
Mengajukan usul
pemecahan masalah.
d   
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.  
Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.  
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
c.  
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.  
Berperilaku sopan
Nilai
akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat
aspek sikap di atas. 
Kategori
nilai sikap:
a.     Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.     Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.     Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.     Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.  
Penilaian Proses (Keterampilan)
NO 
 | 
  
Nama Siswa 
 | 
  
Aspek
  yang dinilai 
 | 
  
Nilai Akhir 
 | 
 ||||
Mengamati 
 | 
  
Menanya 
 | 
  
Mengumpulkan
  data 
 | 
  
Mengasosiasi 
 | 
  
Mengkomunikasikan 
 | 
 |||
(10 % ) 
 | 
  
(20 %) 
 | 
  
(30 %) 
 | 
  
(20%) 
 | 
  
(20) 
 | 
 |||
1 
 | 
  |||||||
2 
 | 
  |||||||
3 
 | 
  |||||||
     Indikator
Penilaian Keterampilan
Aspek 
 | 
   
Skor 
 | 
   
Kriteria 
 | 
  
Mengamati 
 | 
  
4 
 | 
  |
3 
 | 
  ||
2 
 | 
  ||
1 
 | 
  ||
Menanya 
 | 
  
4 
 | 
  |
3 
 | 
  ||
2 
 | 
  ||
1 
 | 
  ||
Mengumpulkan data  
 | 
  
4 
 | 
  |
3 
 | 
  ||
2 
 | 
  ||
1 
 | 
  ||
Mengasosiasi  
 | 
  
4 
 | 
  |
3 
 | 
  ||
2 
 | 
  ||
1 
 | 
  ||
Mengkomunikasikan 
 | 
  
4 
 | 
  |
3 
 | 
  ||
2 
 | 
  ||
1 
 | 
  
Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja,
Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1
s.d. 4
c. 
Penilaian Pengetahuan
NO 
 | 
  
Nama Siswa 
 | 
  
NILAI
  ULANGAN/UTS/UAS 
 | 
  |||||||
UH 
 | 
  
UH 
 | 
  
UTS 
 | 
  
UH 
 | 
  
UH 
 | 
  
UAS 
 | 
  
JUMLAH 
 | 
  
RATA-RATA 
 | 
 ||
1 
 | 
  |||||||||
2 
 | 
  |||||||||
3 
 | 
  |||||||||
     Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar 
 | 
  
Indikator 
 | 
  
Indikator Soal 
 | 
  
Jenis Soal 
 | 
  
Soal 
 | 
 
-  
    
 | 
  
             Jawaban 
No 
 | 
  
Kunci
  Jawaban 
 | 
  
Skor 
 | 
 
Skor
  maksimal 
 | 
  
12 
 | 
 
            Indikator penilaian 
     1.. Tinjauan makna iman pada
Rasul Allah Swt.
1)   Jika menjawab empat dengan  benar skor 4
2)   Jika menjawab tiga dengan benar skor 3
3)   Jika menjawab dua 
dengan benar skor 2
4)   Jika menjawab satu dengan benar skor 1
2.     
Perbedaan iman
pada 1 rasul dengan kepada banyak rasul
1)   Jika menjawab dua 
dengan benar skor 4
2)   Jika menjawab satu dengan benar skor 2
3)   Kaitan antara
iman pada rasul dengan perilaku sehari-hari
3.   Jika menjawab dua 
dengan benar skor 4
1). Jika menjawab satu dengan benar skor 2
Diketahui oleh :                                                                                        Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. SIRADJUDIN, MM                                                                          ANANG
SAEPUDIN, MPdI
...................................................................................................................
LKS BAB V 
PERTEMUAN KE-1
SALING
MENASIHATI
(ANALISIS
DAN EVALUASI QS. LUQMAN : 13-14)
Mengamati gambar di bawah ini, terdapat
pada Buku PAI Kelas XII halaman 78
Mengidentifikasi  pesan-pesan yang terdapat pada gambar  di atas kaitannya dengan saling menasihati
1.     
  GAMBAR 
 | 
  
PESAN
  PADA GAMBAR 
 | 
 
1.     
  GAMBAR 
 | 
  
PESAN
  PADA GAMBAR 
 | 
 
Mencari data pendukung terkait dengan pesan-pesan yang
teridentifikasi mislnya
: dari Alqur’an, Hadits Nabi Saw, Buku Agama, Internet, dll.
Membuat Peta
Konsep  kemudian mempresentasikan di
depan kelas
LKS BAB V 
PERTEMUAN KE-2
SALING
MENASIHATI
(ANALISIS
DAN EVALUASI QS. LUQMAN : 13-14)
Mengamati TULISAN QS. Luqman : 13-14 pada BUKU
PAI Kels XII halaman 81.
Hadits Nabi Muhammad Saw : Buku PAI Kelas XII
Halaman 85.
QS. Al Baqoroh : 83  ( Buku PAI Kelas XII Halaman 102 )
Mengidentifikasi permasalahan yang ada pada
QS. Luqman : 13-14 dan Hadits Nabi Muhammad SAW ditinjau  dari segi tazwid.
NO. 
 | 
  
PROBLEM 
 | 
  
PADA
  KATA/KALIMAT 
 | 
  
SOLUSI
  AWAL 
 | 
 
1. 
 | 
  
Huruf WAWU ada sukun 
 | 
  
Huruf wawu tidak pakai tanda
  sukun 
 | 
 |
2. 
 | 
  
Memverifikasi permasalahan dengan bantuan
data-data dan memberikan solusi terkait permasalahan yang ditemukan, KEMUDIAN mempresentasikan
di depan kelas

No comments:
Post a Comment